5 Tips Memilih Perguruan Tinggi di Jakarta [Infomercial]

Semakin bayak perguruan tinggi yang bermunculan sebenarnya membuat alternatif pilihan untuk mencari tempat kuliah semakin luas. Tapi… memilih perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta pun bukan perkara seperti menjentikan jari. Sim salabim, abrakadabra. Pastinya ada banyak pertimbangan kenapa kita maukuliah di kampus A, ketimbang kuliah di kampus B misalnya. Ya, kan? Waktu lulus sma dulusaya juga gitu. Kayak mau milih kecengan, terus menetapkan hati, fokus sama si X aja #ehgimana? Hihihi… 

Lagian kuliah kan bukan perkara gaya-gayaan aja. Ya sih ijazah bukan hal paling mutlak untuk menentukan masa depan. Ada faktor lainnya. Tapi masa dalam 4 tahun ke depan hidup kita mau disia-siakan begitu aja? Kan enggak juga. Dah gitu bayar kuliah pun lumayan, ga murah lah. Walau relatif sih. Maksudnya kalau membandingkan antarasatu kampus dengan kampus lain bisa kelihatan tuh selisih biayanya. Setelah seleksi masuk peguruan tinggi negeri ternyata kemudian kita tidak masuk (Cuma25-35% saja nih kapasitasnya), maka melanjutkan kuliah di kampus swasta adalah pilihannya.

Wait, walau kuliah di PTN itu emang lebih bergengsi, ga berarti kuliah di kampus swasta ga asik juga, kok. Bagi kalian yang mencari perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta pilihannya ada banyak, ga kalah juga kualitasnya sama universitas negeri. Biar ga gegana alias gelisa galau dan merana (apa coba?) Nih,saya punya 5 tipsnya.

Cari Tau Akreditasi PTS

Hari gini jaman digital, ga susah lah ya mengakses informasi. Ya termasuk peringat Perguruan Tinggi Swasta alias PTS. Coba tuh cari tau kalau kampus A misalnya. Akreditasinya gimana? Jangan salah loh, kampus swasta juga banyak yang berakreditasi A,setara sama kampus negeri. Emang penting? Iya dong. Buat kalian yang nyari kerja, ijazah yang dikeluarkan sama kampus juga bakal jadi bahan pertimbangan perusahaan di mana kita melamar kerja. Salah satu loh ya. Skill yang kita miliki tetep jangan asal, mentang-mentang nama baik kampusnya punya reputasi baik. 

Akreditasi Jurusan Juga Wajib Diperhatikan

Wait wait… selain akreditasi secara lembaga universitas, akreditasi jurusan juga jangan diabaikan. Ini juga menentukan kualitas pengajaran dan sistem didalamnya yang nantinya akan didapatkan. Mengetahui akreditasi jurusan akan member kita gambaran seperti apa sistem manajemennya, bagaimana proses belajar mengajar berlangsung serta seperti apa mata kuliah disampaikan. Sama halnya dengan akreditasi universitas, jurusan-jurusa kuliah di kampus swasta di Jakarta juga banyak yang terakreditasi A. Nah kalau ini akan menginformasikan sepeti apa nantinya kemampuan dan pengetahuan akademik yang bakal kita dapatkan.

Peringkat PTS Juga Penting 

Yup, akreditasi ok. Peringkat PTS juga penting. Yang ini akan jadi tolak ukur seberapa bagus kualitas PTS calon kampus tercinta. Terus jangan lupa juga cari tahu, apakah mereka punya link yang bagus dengan instansi luar? Misalnya saja apakah terhubung dengan Kemenristek, dikti, Webometrics, 4ICU dan sebagainya.

Biaya kuliah dan Beasiswa

Oke, akreditasi dan peringkat kampus udah sesuai. Gimana dengan biayanya? Setelah kualifikasi lainnya terpenuhi ternyata pas urusan biaya bikin kita bengong. Yaaa, mahal…. Ya…ga jadi deh. 

Eh jangan patah arang dulu. Coba cari tau. Di sana ada fasilitas bea siswa yang bisa kita daaptkan ga? Baik setelahkuliah nanti atau bahkan untuk calon mahasiswanya. Ada? Usahakan terus kalau gitu sampai dinyatakan diterima. 

Lokasi Kampus

Ini urusannya bakal berhubungan sama ongkos dan jarak tempuh. Syukur-syukur kalau memang dekat dan mudah diakses. Kalau ternyata lumayan jauh terus kitanyauah kepalang cocok dengan kampus itu, siapkan cara untuk mengantisipasinya. 

Apakah bakal tetep PP dari rumah atau memutuskan cari kos-kosan. Ujung-ujungnya ya ke biaya lagi, ya. Tapi kalau worth it dan udahjadi passion kita, ga salah dong ya kalau diperjuangkan.

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

1 komentar:

  1. lokasi kampus dan biaya kuliah jadi pertimbangan buat aku dulu teh karena kasian ortu sih buat biayaiinya meskipun bisa juga buru beasiswa kelak kalau sudah jadi mahasiswa tetap semuanya aku pertimbangin lokasi n biayana

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.