Nyaman Dengan Azalea, Hijab Shampoo Yang Bebas SLS

Azalea Hijab Shampoo 
Pernah ga ngalamin situasi ketika kepala rasanya gatal, pengen garukin tapi ditahan.Harus. Karena kita lagi di luar, lagi bareng orang banyak pokoknya situasi dan waktunya ga memungkinkan.  Buat yang berhijab kayak saya alasannya bisa nambah lagi selain malu. Kerudung atau pashmina yang nutupin rambut  bisa jadi acak-acakan.   

"Kenapa garuk-garuk? Belum keramas?"

Pertanyaan macam gitu sih ya masih bisa dimaafkan walau mostly kita bakal bilang gini:  "Udah, kok! Saya rajin keramas."

*Terus kenapa kepalanya digarukin? Ada kutu? Iyuks, enggak*  

Ketombean? 

Nah ini masalah umum yang sering dialami. Apalagi masalah ketombe ini bisa dialami sama siapa saja. Laki-laki, perempuan, tua, muda, cantik enggak cantik (ganteng maksudnya), pake jilbab atau enggak, pokoknya bisa ngalamin.

Memenuhi kewajiban sebagai muslimah untuk menutup aurat termasuk berhijab bukan berarti kita mengabaikan perawatan rambut lho Justru malah perlu perhatian ekstra. Hmmm... Dulu saya cuek soal ginian. Lah kan ga keliatan ini. Alasan yang cetek sekali, padahal kalau dipikir-pikir sih itu mah males aja ya hahaha....

Ngomongin soal perawatan rambut, dulu kalau abis keramas saya cuma ngeringin pake handuk. Biasanya jeda waktu antara keramas dan berpakaian lalu pergi itu deket banget. Makanya rambut basah yang dibebat sama ciput udah jadi keseharian saya. Itu sih dulu.  Begitu balik ke rumah, rambut yang paginya udah dikeramas masih terasa basah, dan emmm.... smell not good! Khas bau rambut lepek gitu lah. Makanya ga aneh kalau akhirnya rambut dan kulit kepala yang lembab itu jadi tempat ketombe tumbuh dengan subur. Hiiiy... 

Soal keramas, saya ga membiarkan rambut dalam keadaan basah sebelum pake ciput dan kerudung atau pashmina. Biar ada waktu buat ngeringin,  ngira-ngira deh kapan harus mandi dan keramas. Ga keburu? Saya pilih sorenya aja atau besok lagi hehehe... Ya daripada rambutnya jadi bau, lepek dan ketombean terus gatal-gatal. Ya, kan?

Sabtu pekan kemarin saya dan teman-teman yang dominan para beauty blogger (duh saya mah aslinya bukan beauty blogger, tapi blogger yang pengan optimasiin ke-beauty-annya :P) dari Bandung dapat undangan dari Azalea Shampoo di Vermont Cafe, Karang Sari Bandung.
Azalea Hijabdating day di Bandung
Dengan dress code dan suasana yang dominan dengan nuansa hijau, saya tercerahkan kembali soal perawatan rambut bagi para muslimah  yang berhijab bersama Mbak Dita,  perwakilan dari Azalea yang mengisi sesi talk show hari itu.
Talkshow Azalea Hijab Shampoo
   Ngomong-ngomong soal Azalea, brand hair care dengan varian shampoo dan hair mist ini adalah produk perawatan rambut yang terinpirasi dari Natur, Gondonwangi. Tau dong ya kalau brand Natur ini identik dengan kandungan alaminya yang alami tanpa  bahan kimia. Komposisinya bebas SLS sehingga aman dipakai setiap hari. Catet, setiap hari lho.  Selama ini saya mengatur frekuensi keramas dua kali aja maksimal dalam seminggu kalau pake shampoo yang berbahan kimia.  Azalea tidak akan membuat kulit  kepala dan rambut kehilangan kelembaban alaminya. 

Karena no SLS itu, shampoo Azalea pas dipake ga banyak menghasilkan busa. Mindset kebanyakan kita nih, keramas hasilnya bakal lebih pol, mantap surantap kalau udah banyak busanya. Hihi.... padahal kalau banyak busa gitu selain ngilangin kelembaban alami rambut juga kan boros air. Mana enak kita  biarkan rambut kita teasa lengket karena masih ada shampoo yang stay tune alias nyisa? Sisa shampoo yang tertinggal ini juga yang jadi pencetus ketombe. Duh, ga beres-beres jadinya kasih treatment sama rambut. 

Untuk pemakaiannya, saya pake metode feeling *ish* Ya kira-kira aja secukupnya  agar kulit kepala sampai ujung rambut bisa dapet semuanya. Kan kebutuhan pemakaian shampoo buat yang rambutnya pendek dan rambut yang panjang ga sama. 
pakai  shampoo  Azaleanya secukupnya saja ya.

Segini cukup lho buat saya yang rambutnya lumayan panjang
Hal lain yang saya sukai dalam perawatan rambut selain penggunaan shampoo juga saya membutuhkan semacam leave on care.Ga perlu dibilas kapan pun diaplikasikan. Rasanya semacam makan  sayur tanpa garam kalau cuma ngerawat rambut hanya ngandelin keramas aja. Untuk itu, Azalea juga ada produk lainnya berapa hair mist. 

Sama kayak shampoonya, komposisi bahannya alami, bebas bahan kimia termasuk SLS dan bisa dispray ke kepala tanpa harus membuka hijab kapan saja kita merasa butuh. Yes, kapan aja kita mau. Saya udah nyobain lho dan ga meninggalkan bekas. Wiiih asik ini. 

abaikan cup cakenya, ya. Fokus ke hair mistnya aja :D
O,ya saran saya kalau keramas sore hari pun  jangan lupa untuk mengeringkan rambutnya, ya. Saya pernah keramas sore dan membiarkan rambut dalam keadaan basah malam hari alias ga dikeringkan. Eh besok paginya pas bangun saya ngeras sakit kepala yang sangat anoying. Selidik punya selidik ternyata penyebabnya karena saya  membiarkan rambut dan kulit kepala tetap basah walau lagi di rumah. Besok-besoknya pas saya keramas sore lagi dan mengeringkan rambut sesudahnya keluhan pusingnya ga muncul besok paginya. 

Jadi masih merasa kalau berhijab cuek aja soal perawatan rambut? Enggak lah. Walau ga keliatan sama orang lain ketika beraktivitas, perawatan rambut yang baik akan membuat kita tetap nyaman dan itu tadi  tuh, ga malu-maluin lagi pake garuk-garuk kepala karena gatal. Foto-fotoan di acara apa pun selow, ga riweuh karena udah nyaman dengan rambut.
credit foto: Nesa

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

13 komentar:

  1. Wah saya belum nyoba nih, nanti pas stok shampo abis mau coba ah. Tfs ya Teh^^

    BalasHapus
  2. Wah wajib dicoba nih rangkaian dari Azalea hijab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh, Tian. Aku suka aromanya.

      Hapus
  3. Aku juga belom nyobain, teh...
    Deeuh,
    Rambutku sering banget aku siksa.

    Abis keramas, langsung iket trus pake jilbab.
    Hasilnya?
    Lepek maksimal.

    Coba kalo pake Azalea yaa..dirawat yang baik biar tetep menawan meskipun ditawan (di rumah, maksudnya..haaha..*garink)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh kasian rambutnya, *puk puk puk*

      Ga garing kok, Teh. Biar berima alias catchy hahaha

      Hapus
  4. Fokus pertamaku tetep sama cup cakenya yang cantik dan bikin ileran hihi. Penasaran sama hair spraynya aku teh. Bisa disemprot dari luar kerudung kan praktis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... Gilang nih antara salfok dan ngidam cupcake kali ya?
      Ayo cari hair mistnya di Yogya terdekat.

      Hapus
  5. aku juga punya masalah ketombe kadang2 mba, penegn deh nyobain shampoo ini, apalagi SLS free..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain Mbak Zata, enakeun nih.

      Hapus
  6. Kayanya belum dijual bebas di supermarket ya? Heuehuu di toko samping rumah (baca:Gi*nt Express) belom ada, qiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Bandung baru ada di supermarket grup Yogya, Mbak. Mudah-mudahan pasarnya makin meluas nih.

      Hapus
  7. wahhh ini cocok kayaknya jadi solusi ketombean ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, makanya pake Azalea. Biar ketombenya pada ngabur.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.