6 Hal Yang Perlu diperhatikan Saat Membeli TV

6 Hal Yang Perlu diperhatikan Saat Membeli TV [infomercial] - Dalam sebuah seminar, saya mendapatkan informasi statistik kalau akses hiburan masyarakat melalui televisi (tv) masih besar. Yes, walaupun keberadaan gadget udah banyak mengalihkan perhatian  untuk mendapatkan sarana hiburan, persentase tv masih numeru uno, nomer satu. 

Ngomong-ngomong soal tv, kira-kira apa sih yang biasanya jadi alasan kita saat memutuskan untuk membeli tv?  Cek poin-poin berikut ini, yuk.  Sama, ga?

Harga

Sama saja ketika kita akan membeli produk elektronik lainnya, untuk urusan harga biasanya akan nangkring di posisi pertama. Kalau sesuai budget, hayu. Bungkus. Kalau lebih, apalagi selisih lumayan jauh ya… engke heula alias entar dulu. Ya, kan?  Tapi kita juga ga bisa memungkiri kalau ada kualitas  ya ada harganya juga. Bahasa ceteknya harga mah ga boong.
Tapi sebenarnya di luar harga itu kita juga harus mempertimbangkan  spesifikasi dari tv yang kita butuhkan. Coba deh sebelum membulatkan keputusan mau beli tv merk tertentu, cari tahu dulu seperti apa  kualitas yang ditawarkan. Kira-kira worth it, ga? Jangan sampai nyesel setelah membeli tv eh ga taunya ada merk lain yang kualitasnya sama tapi harganya lebih murah. Kan sayang. 

Konsumsi Listrik

Ini juga yang harus diperhatikan. TV sih keren. Harga pun cincai. Eh gilliran dinyalain bikin listrik jadi sering byar pet. Olalala.. ternyata wattnya maruk, boros.  Gimana mau enjoy nonton kalau dikit-dikit alirannya padam? Biasanya nih, TV  yang punya ukuran lebih kecil dan merupakan rilis terbaru dengan  teknologi yang joss lebih hemat listrik.
.

Rasio Kontras

Kenyamanan saat menonton juga perlu diperhaitikan. Kalau rasionya mengharukan alias bikin sakit mata ya skip aja lah. Ngapain juga kan,  mau cari hiburan eh malah nyiksa.  No way.  TV yang baik adalah tv yang fleksibel soal pengaturan kontrasnya. Pendek katanya gini TV yang  kontras layarnya tinggi akan menghasilkan gambar yang berkualitas dan nyaman di mata.

Half Life

Maksudnya gimana? Banyak lho yang ga kepikiran soal ini. Half life adalah paruh hidup yang terdapat dalam perangkat TV. Masih pusing? Saya perjelas lagi, deh.  Half life adalah kemampuan tv  dalam satu rentang waktu tertentu untuk menyajikan layar yang cerah. Semakin besar nilai half life-nya,  semakin lama tv itu mampu menampilkan gambar yang cerah. Nah, jelas, kan?

 Garansi Perangkat

Ah ya ini juga dong. Jangan sampai belum lama beli, eh rusak. Udah gitu ga bisa diapa-apain. Duh rugi dong, ya. TV yang bagus mestinya bisa memberikan jaminan dalam jangka waktu tertentu masih bisa menyala dengan baik.

Layanan Purna Jual 

Jangan abaikan juga yang satu ini. Baik ketika tv yang kita beli masih punya garansi atau sudah habis, kita ga dibuat kerepotan mendapatkan layanan konsumen atau service centre untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Biasanya  merek-merek yang sudah punya good will akan memberikan layanan purna jual yang  maksimal bagi para konsumennya. Jadi jangan sampai lupa untuk menanyakan hal ini ketika kita memutuskan iyes membeli tv.

Kalau sudah yakin akan membeli tv merk x, misalnya, pertanyaaan berikutnya adalah di mana sih membeli TVnya? Hei, jangan kayak orang susah ah. Belinya di ES.id aja. Kenapa? Karena Toko online ES.id memberikan penawaran perangkat TV yang lengkap. Kualitasnya juga ga diragukan. Coba deh cek http://www.es.id/jual-tv.html

O, ya khusus untuk pertengahan bulan maret ini ES.id  punya promo menarik. Yaitu, promo white day yang akan  jatuh pada 14 Maret. Saat promo ini berlangsung kita bisa menapatkan diskon special sampai Rp 500.000, harga spesial Rp 143.017 dan Diskon spesial 14% + 3%.  Coba cek katalog produk lengkap ES.id http://www.es.id/


Yuk, ah.  Buruan lengkapi perangkat elektronik rumah tangga lengkapnya dengan berbelanja online yang menyenangkan cuma di ES.id

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

6 komentar:

  1. Kebetulan sekarang lagi mau nyari TV baru nih, pertimbangannya adalah besar TV dibanding sama jarak pandang/besar ruangan ruang tamu. Soalnya TV yang sekarang merasa udah kekecilan karena dulu belinya disesuaikan sama besar rumah kontrakan, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luas ruangan emang ngaruh ya ke kenyamanan nonton. Asiik semoga sekarang dapat tv yang pas biar nyaman nontonnya.

      Hapus
  2. Sudah hampir 8 tahun ga ada TV... tapi suatu saat nanti pasti perlu beli hehe.. makasih informasinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat, salut teh bisa tahan ga ada tv. Aku seringnya buat nonton bola sih. Berita ataau film jarang banget.

      Hapus
  3. Aplikasi yang pakai font teksnya brush seperti di gambar itu pakai aplikasi apa mbaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nama fontnya selima, aplikasinya pake fonto. Fontnya download dulu. harus googling dulu, baru install ke aplikasinya.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.