Top Social

Bring world into Words

Seseruan Aerial Yoga di Sitara Studio Bandung

Senin, 18 Juli 2016
Seseruan Aerial Yoga di Sitara Studio Bandung - Yoga. Kalau mendengar kata yang satu ini, bayangan yang membenak di kepala saya adalah pose yang ekstrim dan riskan, tapi juga bikin penasaran. Suka amaze aja kalau lihat pose-pose yoga, melihat tubuh yang terlihat lentur dan enjoy memeragakan pose seperti head stand,  menekuk kaki dan tangan yang bisa bikin saya meringis. Duh, patah enggak ya itu persendian?

Kengerian saya akhirnya terjawab juga. Ini adalah kali keduanya saya ber-yoga tia. Sebelumnya, menjelang puasa kemarin saya mengikuti yoga di sebuah mall, minggu kemarin saya barengan teman-teman blogger Bandung mencoba nomor baru dalam yoga, Aerial Yoga. Yoga yang satu ini termasuk jenis yoga modern yang melibatkan properti semacam selendang atau dikenal juga dengan hammock.

Baca juga pengalaman yoga pertama kali bersama KEB Bandung
 
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
kolase berbagai pose di kelas Aerial Yoga
Sebelum menjalani kelas Aerial Yoga ini, kami udah diwanti-wanti kalau 2 jam sebelumnya jangan makan dulu. Just in case nantinya sebagian pose yang dilakukan bisa memancing mual dan muntah. Duh, masa pas yoga jadi muntah? Ga dong. Nahan lapar 2 jam situ sebentar,  kok. Kuat lah.

Seperti olahraga lainnya,  untuk melakukan pose-pose yang challenging ini juga ga ujug-ujug.  Ada beberapa gerakan pemanasan yang dipandu oleh Instruktur Pak Gito yang dibantu oleh dua asistennya. So, jangan khwatir, ya. Everything is under control, meski saya jadi satu-satunya peserta yang sempat kejungkel :P. Itu pun gara-gara saya salah memposisikan swing atau hammock malah di perut. Padahal harusnya diletakan di depan kandung kenih. Well, kita belajar dari kesalahan, kan? Hehehe... Sakit? Ga seberapa, malunya itu lho :D Nah salah satu pemanasannya seperti ini.
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
Pemanasan dulu
Gimana dengan pose yang ini?  Asik juga, 'tensi ketegangannya' udah mulai naik level. Perhatikan letak hammocknya.
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
ini juga salah satu pose awal yang asik. 
Jangan khawatir soal berat badan. Soalnya propertinya sudah dirancang bisa menahan beban maksimal 200 kilogram! Jadi bukan hanya karena saya kecil mungil bisa 'nyantel' asik kayak gini.

Please note,  bahan yang dipakai untuk swing ini tentu beda dengan kain biasa. Jangan samakan dengan kain biasa yang suka dipake nimbang balita di posyandu itu, lho. Bisa-bisa kalau maksain jadi robek, dan menyebabkan cedera. Duuuh, jangan nekat, Cyiin...
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
Pola dan warna matrasnya lucu-lucu :)
Dengan durasi selama satu jam, perlahan-lahan kami diajari  pose-pose lainnya. Sambil menahan geli deg-degan, kami tetap mengikuti arahan dari instruktur.  Otot-otot tubuh terasa ketarik dan tetesan keringat mulai menetes. Cape, sedikit pegal tapi seru. 
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
Yeay, bisa!
Ini juga:
Aliran darah dipompa ke kepala, walhasil muka saya jadi kelihatan agak merah
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
Berbagai pose yang dicoba oleh para Blogger Bandung yang dipandu insruktur
Gimana tertarik, kan?  Kalau kamu tinggal atau lagi di Bandung, datang aja ke studio yoga di Bandung yang beralamat di komplek Holis Regency Blok C-51 Bandung. Patokannya biar ga bingung, tidak jauh dari jembatan tol Holis, sekitar 300 meteran setelahnya (dari arah Puskesmas Cibuntu). 
http://www.catatan-efi.com/2016/07/seseruan-ariel-yoga-di-sitara-studio-bandung.html
pilih kelas mana?
By the way ber-yoga ria bukan cuma mengikuti tren atau ikutan kekinian saja, lho. Seni olah tubuh yang diadaptasi dari India ini mempunyai tujuan untuk membantu mencapai hidup yang lebih  berkualitas dengan kondisi tubuh yang sehat, stamina yang kuat,  kondisi kulit yang bagus dan  awet muda serta  memberi sugesti  positif dan attitude yang baik. Makanya yang dari awal saya tidak membayangkan bisa melakukan pose-pose tadi, ternyata bisa melakukannya. 

Selesai  berakrobat dan bergelantungan ria dengan bantuan selendang biru, tidak lupa juga kami melakukan cooling down dengan olah nafas yang teratur, mengondisikan seluruh anggota tubuh dalam keadaan rileks di dalam selendang itu (iya, beneran kayak bayi dalam buaian gitu). 

Kalau dilakukan dengan teratur, Aerial Yoga yang berkembang sejak tahun 2005 ini punya banyak manfaat bagus untuk kita yang menginginkan postur tubuh lebih baik. Punya tubuh yang mungil kayak saya bisa jadi terlihat lebih tinggi karena tulang punggung jadi lebih  tegak, juga meluruskan tulang-tulang lainnya seperti tulang kaki yang bengkok,  mengikis lemak dan memadatkan otot sehingga tubuh jadi tampak lebih ramping walaupun jarum timbangan atau layar digital timbangan tetap menunjukan angka yang sama. Selain itu, Aerial Yoga juga membantu kita lebih mudah dan enak tidur, cocok juga buat yang mengalami keluhan insomnia.

Baca juga Penyakit Insomnia dan Cara Mengatasinya

Selain kelas Aerial Yoga,di Sitara Studio  masih ada kelas lainnya seperti berikut:

Hatha Yoga

Yoga yang satu ini ditujukan untuk latihan penguasaan badan. Saat menjalaninya dilakukan dengan tenang sambil bermeditasi dengan gerakan yang harus presisi.

Acro Yoga

Jenis yoga yang satu ini lebih menekankan pada unsur akrobatik, biasanya dibutuhkan partner atau pasangan untuk melakukannya. Pernah liat foto atau videonya di medsos kayak instagram, kan?

Power Yoga

Hampir sama dengan Hatha Yoga, namun lebih fokus pada gerakan yang presisi, dilakukan secara simultan dan nyaris tanpa jeda. So, siapakan stamina ekstra agar ga kehabisan tenaga selama mengikuti kelas ini.

Belly Dance

Mungkin kalau mendengar istilah yang satu yang terbayang dalah tarian perut ala-ala gurun pasir seperti yang dinyanyikan Ahmad Albar dulu. "Sakia Sakia... penari gurun pasir ternama... *halah* Di sini, Belly Dance sudah dimodifikasi, jadi feelnya ga aduhai gitu karena lebih menitikberatkan pada aspek cardio.Saya sempet ngobrol sama Koko yang perform ini. Belly Dance bangus dan direkomendasikan buat bumil,lho.

Fun Dance

Kalau suka dance, cocok deh ikut kelas ini. Tetap asik mengikuti kelas yang mengombinasikan tarian modern dengan gerakan aerobik.

Zumba

Seni olah tubuh yang satu ini juga lagi banyak peminatnya dan cukup ngehits. Tertarik ikutan? Sambil fitness, kita juga bisa ngulik gerakan tarian khas ala Amerika Latin semacam Tango dari Argentina, Samba dari Brasil, Plena dari Puerto Rico), Mambo dan Cha Cha Cha dari kampung halamannya Fidel Castro alias Kuba, atau Merenque khas Republik Dominika) serta Salsa, tarian yang lahir di Amerika namun sarat dengan sentuhan budaya Amerika Latin.

Aerobik

Ga usah diceritakan panjang lebar lagi, ya. Pasti udah pada familiar. Sambil mengikuti senam kebugaran modern dari instruktur, selama kelas berlangsung akan diiringi irama musik yang dinamis, cepat dan terukur.

Muay Thai

Istilah lain dari kick boxing, sebagai olahraga bela diri yang populer ala Thailand. Kalau di Sitara Studio, Muay Thai lebih bernuansa body combat dan penekanan pada aspek kardio, yaitu senam yang gerakannya terinspirasi dari material art. Jadi bukan ditujukan untuk muay thai ini bukan dimaksudkan untuk gagah-gagahan, ya.

TRX

Merupakan singkatan dari Total body Resistance eXercise. Masih merupakan jenis fitness dengan bantuan properti tali khusus (talinya berbeda dengan tali yang digunakan untuk aerial yoga) yang teksturnya lebih tebal, lebih panjang dan tentunya lebih kuat. Bedanya dengan Aerial Yoga, pada TRX menggunakan tali minus swing (hammock) dengan gerakan tanpa henti seperti yoga,alias HIIT (High Intensity Interval Training).

Aerial Fit

Dibanding TRX, yang satu ini lebih enteng, tidak terlalu cepat dan masih memiliki jeda waktu untuk beristirahat. Direkomendasikan untuk peserta berusia 45 tahun ke atas.

So, sampai ketemu di Sitara Studio. Nameste.
21 komentar on "Seseruan Aerial Yoga di Sitara Studio Bandung"
  1. kereeen Neng Effi, kalau udah sepuh masih bisa nggak ikut yoga begini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe mumpung sehat, Bu. Kebetulan pengen olah nafas yang asik juga. Kangeeen ih,udah lama ga ketemu, ya.

      Hapus
  2. ariel yoga, luna maya yoga, cut tari yoga :P

    *spam detected*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah Jeng, plisss atuh lah. Kan udan dibenerin typonya :)

      Hapus
  3. Ihhhh, suka kagum deh kalo liat gaya2 yoga yg ajaib2 gini ;D.. Temenku ada yg jago bgt mbak... kdg ngeliat foto2 dia lg yoga, aku sampe speechless sendiri, itu bljrnya susah ga sihhh :D.. jd pgn, tp mikir kapan waktunya secara pulang kantor di atas jam 8 keatas mulu dan weekendpun masuk -__-..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera ada di Jakarta ya,Mbak.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Aduhhh mba Evi, aku pengen banget ikutannn hihihih. Murah banget ituuu ih, gemes deh. Sayang banget di Jakarta ngga ada yang se-terjangkau itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, murce deket rumah lagi. Masa sih di Jakarta mahal banget?

      Hapus
  6. Mba Evi, aku biasanya udah takut sendiri kalau kepala di bawah. Kebayang vertigo. Ini bisa nggak ya bagi penderita vertigo seperti aku?
    Menarik mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku punya darah rendah lho,,mak. Pas nyoba pose kelelawar yang terbalik itu mukaku jadi merah karena darah mengalir lebih banyak ke kepala. Sedikit pusing tapi gapapa. Ada hitungannya kok jadi ga lama-lama. Tapi kalau mau coba pose ekstrim gini mending konsultasikan dulu sama instrukturnya. Untuk meminimalkab risiko.

      Hapus
  7. Mantaaaaaap! Kalo ulu kayaknya bakal kesusahan berayun2 di kain itu, teh. Bobotnya ulu euy wkwkwkwk Harus nyobain ah yoga, pengen langsing (dan sehat) hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amaaan kok Lu. Hammocknya masih strong hehe

      Hapus
  8. Haduuh, Teeh.. lihat aja deg-degan. Bayangin kekuatan tangan yg menggantung di kain itu lho.. Pengen nyobain ah klo ada Yoga beginian.. syukur klo gratis bayar review eaaaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fun kok, Yun. Meski beberapa pose tampak sedap-sedap ngeri huehehe.. Ayo cari di Surabaya terus endorsin *eeh

      Hapus
  9. seruuu banget, jadi ketagihan uy

    BalasHapus
  10. loh ternyata ada si iko lagi belly dance....
    kok aku gak liat ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abisnya Jeng Clara sibuk di bawah hehehe

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.