Top Social

Bring world into Words

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor

Rabu, 27 Juli 2016
7 Spot Wisata Pilihan di Bogor - alau ditanya apa sih yang dulu petamakali teringat dari Bogor? Saya bakal bilang dua hal. Prasasti Batu Tulis dan talasnya :).  Jadi bukan Taman Safarinya, Kebun Raya atau kuliner lainnya dari Bogor yang pertama kali membenak.

Gara-garanya sih karena pelajaran sejarah yang masih  membekas (meski dikit) di kepala. As we know kalau prasasti Batutulis ini berasal dari peninggalan dari jamannya kerajaan Pajajaran pada  abad 16. Ratusan tahun sebelum blogpost ini ditulis :)
7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: indonesia-tourism.com

Sementara soal talas karena sejak kecil oleh-oleh yang paling sering dibawakan Apa (panggilan buat ayah saya) atau saudara seringnya  ya talas ini. Paling enak tuh kalau menikmati talas yang sudah dikukus dengan kelapa yang sudah diparut dan disajikan hangat-hangat. Temennya? cukup teh hangat, asik deh. *duh jadi lapar lagi*

Bisa dihitung dengan jari sebenarnya saya jalan-jalan ke Bogor. Paling tidak saya baru datang 5 kali seumur hidup ini ke Bogor. 3 kali ke Cisarua untuk berlibur ke Jungle Land, Taman Matahari, Taman Safari, 1 kali camping di Hulu Cai dan satu lagi ke Cibinong, menghadiri walimahan pernikahan teman saya. Padahal sama seperti di Bandung, masih banyak tempat wisata di Bogor yang menarik buat disambangi. Tapi karena waktunya ga cukup jadi ga keburu deh. Oke, mari siapkan budget buat ongkos dan itenerari pilihan buat jalan-jalan di Bogor.

Jadi inilah spot-spot di Bogor  yang masuk daftar pilihan saya. Ada yang mau nemenin? :)

1. Kebun Raya

Please jangan bilang saya ndeso, karena hari  gini belum kesampaian buat mampir tempat yang satu ini hihi... Abis waktunya ga cukup sih pas saya jalan ke Bogor. Sebagai salah satu ikon wisata di Bogor, kebun raya ini wajib banget buat dikunjungi. Belum ke Bogor kalau belum ke sini.

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: goodnewsfromindonesia.com

2. Kampung Budaya Sindang Barang

Meski sudah lama lulus dan detil pelajaran sejarah seperti kronologi peristiwa dan silsilah yang ngejelimet suka ketuker itu banyak yang menguap, inget dong dulu di Bogor pernah ada kerajaan Tarumanagara?

Nah, kampung Sindang Barang ini merupakan kawasan yang punya sejarah panjang, sudah eksis sekitar 100 tahun kerajaan Tarumanagara pecah.

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: kp-sindangbarang.com

Sejak tahun 2007, kampung Sindang Barang ditetapkan oleh Gubernur Jabar sebagai kawasan Budaya untuk mempertahan kearifan lokal yang masih ada.

Selain melihat situs purbakala dari dekat seperti Situs Taman Sri Bagenda, imah gede, pesanggrahan, lumbung padi, dan treking sejarah lainnya, para pengunjung bisa menyaksikan atraksi jaipongan, kesenian calung, dan nenyimak penuturan pemandu wisata tentang sejarah kampung yang legend ini. Asik, ya?

3. Prasasti Batu Tulis

Selain kampung Sindang Barang, masih banyak pilihan wisata sejarah lainnya di Bogor. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Prasasti Batu Tulis  yang terletak di selatan Bogor.   

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: nasional.news.viva.co.id

Jejak sejarah dari kerajaan bercorak Hindu Pajajaran ini punya  banyak latar cerita mengapa sang raja yang menggagasnya, Raja Surawisesa membuatnya. 

Biar ga penasaran mending saya kunjungi aja lokasinya di jalan Batu Tulis dan ngobrol langsung dengan kuncennya yang sudah 9 generasi menjaganya. Ssst.... Katanya Umi Maemunah, yang merupakan generasi ke-8 dari juru kunci di sini pernah melihat penampakan Prabu Siliwangi.


4. Agro Gunung Mas

Bogor yang dikenal sebagai kota hujan, pastinya punya bentang alam yang masih hijau. Salah satunya ya, Agro Gunung Emas. Meski cukup dekat dengan ibukota yang panas, di sini saya pengin merasakan sensasi rihlah sambil menikmati petualangan tea walk di perkebunan tehnya. Aroma eksotik dari pucuk daun tehnya saat bercanda dengan bulir embun pagi bisa bikin betah, deh.

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: ayo-kebogor.net

5. Taman Riung Gunung

Objek wisata yang satu ini adanya di jalan raya Puncak, tidak jauh dari Gunung Mas. Dengan membayar tiket masuk 5 ribu saja, selain berwisata tea walk, masih ada wahana play ground, kolam renang dan lahan untuk berkemah. Wah sip lah. Bisa ngajakin adik dan keponakan saya sekalian main di sini. Yuhuuu...

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: bogor.net

6. Taman Wisata Mekarsari

Sebenarnya sudah cukup lama saya menggemari buah-buahan, lho. Enak dan sehat pastinya kalau dimakan raw. Sejak aware punya banyak alergi, saya jadi lebih banyak mengonsumsi raw food terutama buah-buahan. So, spot yang satu ini wajib dong masuk list. Selain melihat dari dekat buah-buahan yang unik, dan musiman para pengunjung bisa ngobrol dengan para ahlinya di sini dan bisa beli bibitnya.

7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Huaaaa pengen deh bercocok tanam buahh-buahan. Sayangnya halaman rumah saya ga punya space lagi untuk mengakomodasi keinginan saya. Hiks hiks...

7. Air Terjun Bidadari

Kok, jadi inget legenda Jaka Tarub, ya? Huehehe... Dari ceritanya tentu saja kisah sang jejaka pencuri selendang bidadari itu bukan terjadi di Bogor, ya.
Credit: bogor.net
7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor
Credit: tempatwisatadibogor.net

Terus kenapa pengen ke sini?
Salah satu wisata alam yang saya sukai adalah mengunjungi air terjun. Merasakan tampias butiran airnya yang mengenai wajah itu menyenangkan sekali.

Lebih cihuynya lagi buat yang ga bisa renang kayak saya bisa bermain-main dengan air karena tersedia kolan yang dongkal. Horeee... Ga usah latihan renang, dong :)

Hotel yang Murah di Bogor

Berwisata menelusuri Bogor begini tentu tidak cukup dilalui dalam satu hari saja. Paling tidak, perlu waktu luang selama 3-4 hari buat 'ngajarambah' di sini. Itu belum dihitung sama wisata kulinernya hihihi. Jadi genapin aja sampai seminggu aja, gitu? :D

Ya deh, yang jelas perlu tempat untuk beristirahat alias nginap.  Nah, pertanyaannya, di mana coba  hotel murah di Bogor yang nyaman? [disclosure]
Airy Rooms Bogor
Credit: airyrooms.con

Pengalaman yang udah-udah, saya ga mau nyari tempat nginep dadakan. Biar lah tahu bulat aja yang dadakan mah :). Masa iya mau berspekulasi cari penginapan asal aja. Kalau ga terpaksa dapat yang mahal, ya ga maulah kalau harus gelar tikar di stasiun atau terminal. Makanya biar tenang, saya nemu rekomendasi hotel murah yang oke, Airy Rooms.

Soalnya hotel Airy Rooms itu murah, terjangkau. Bayangin aja, fasilitasnya oke dan menyediakan 7 jaminan fasilitas di setiap kamar. 
 Airy Rooms Bogor
Airy Rooms Bogor
Credit: airyrooms.com
Untuk booking kamar di Airy Rooms caranya sangat gampamg. Bisa diakses via telepon, pesan di web dan chat dengan customer servicenya yang lagi on duty atau kalau punya aplikasi whatsapp, bisa juga lho pesan kamar dengan aplikasi chat yang rata-rata pada punya di smartphonenya. Ya, kan? 

http://www.catatan-efi.com/2016/07/7-spot-wisata-pilihan-di-bogor.html

http://www.catatan-efi.com/2016/07/7-spot-wisata-pilihan-di-bogor.html
http://www.catatan-efi.com/2016/07/7-spot-wisata-pilihan-di-bogor.html
 Ga usah galau, dan envy sama kamar yang punya rate mahal. Di Airy Rooms, setiap kamar punya fasilitas AC, TV flat alias layar datar, perlengkapan mandi yang, tempat tidur yang dijamin selalu bersih biar enak tidur,  shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis pula. Ga asik lah, saat leyeh-leyeh istirahat dan pengen update di medsos ga jadi, gara-gara ga ada koneksi internet.

Selain di Bogor, hotel Airy Rooms juga bisa dijumpai di Jakarta, Bali, Yogya dan Bandung. Dengan budget mulai seratus ribuan,  kita - iya, kita - udah bisa staycation cantik dan asik ga pake mahal. Asik, kan?




17 komentar on "7 Spot Wisata Pilihan Selama di Bogor "
  1. Jadi ikutan laper, ngebayangin tales Bogor di seupan plus teh anget *yummy....
    Saya juga baru beberapa kali ke Bogor, baru ke Taman Safari, Mekarsari sama ke Istana Bogor. Pengen ke Kampung Budaya Sindang Barang, kayaknya banyak nemuin yang unik, di sana ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah maen ke Istana Bogor nih, teh huhuhu.... Yuk ke Bogor lagi, yuk?

      Hapus
  2. ternyata di negeri sendiri, masih banyak yang perlu dikunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, entah perlu waktu berapa lama buat ngunjungin semuanya, ya.

      Hapus
  3. Saya sudah pernah ke Kampung Budaya Sindang Barang ... dan pengin balik ke sana lagi. Saya ke sana di bulan Februari dan pas musim Menteng. Jadi, di kiri kanan jalan setapak pohon-pohon menteng berbuah. Hayo ... pernah lihat pohon menteng, belum?

    BalasHapus
  4. bulan februari kemarin saya ke bogor Mba, tapi gak sempat jalan-jalan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah agendain yuk, mbak. Siapa tau waktunya matching terus ketemuan di sana hehehe

      Hapus
  5. Aku pernah ke Bogor tapi berhubung dalam rangka tugas jadi yaa gak bisa ke mana-mana. Sayang yah, padahal banyak spot bagus begitu. Harus balik ke sini dan keliling balas dendam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau urusanya tugas emang susah mau jalan-jalan, kalau bisa juga bentaran banget biasanya. Semoga kesampaian jalan-jalan ke Bogornya ya, Mbak Evylia.

      Hapus
  6. Tunggu saya di Bogor! Keren..

    BalasHapus
  7. Sebagian sudah, sebagian belum. Waktu ke Bogor lebih banyak makannya heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga seru jalan-jalan kalau ga pake kulineran ya, Mak.

      Hapus
  8. Hotelnya airy rooms mmg lumayan selisij harganyaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa mangkas biaya penginapan kan bisa subsidi pos lain ya, Mak. :)

      Hapus
  9. Good blog mbak! Mampir-mampir di ramerameserusite.wordpress.com

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.