Top Social

Bring world into Words

Yoga in the Air: Stay Fresh and Healthy with Kiranti

Selasa, 07 Juni 2016
Selain menu buka bersama yang jadi trending topic di hari-hari pertama bulan puasa ini masih ada satu hal lagi yang biasanya ramai diobrolin, terutama oleh kaum perempuan. Iyes, mens. Jadi nih dalam beberapa  status di medsos atau grup chat seperti telegram atau WA yang saya ikuti, tamu bulanan yang rutin datang ini  jadi obrolan menarik. 
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html

Kecuali sedang hamil, perempuan yang memang masih dalam usia subur sudah bawaannya dong mengalami siklus bulanan yang satu ini. Ada yang biasa aja waktu mengalaminya, tapi ga sedikit juga yang dibuat helpless, karena sakit atau nyeri yang merecoki. Intesitas keluhan yang dialami setiap orang ga mesti selalu sama. Saya sendiri paling sering mengalami keluhan kembung dan moody. Kembung karena memang tubuh kita menahan cairan lebih banyak. Kadang suka parno juga pas mau nimbang badan, berasa perut jadi bunvit gitu hehehe. Soal moody kadang suka saya jadiin modus juga kalau lagi bete.  Alasan ketemu tamu bulanan itu adalah jawaban paling jitu kalau ditanya kenapa saya ujug-ujug uring-uringan :) Eh tapi beneran kok, kalau saat menstruasi, faktor hormonal bisa memengaruhi emosi.

Dulu waktu masih sekolah (SMP dan SMA) ga sedikit temen-temen saya yang minta dispensasi ga ikut olahraga (termasuk renang) dengan alasan mens. Saya juga suka pake alasan ini,  kalau lagi males olahraga. Padahal sih saya ngerasa fine-fine aja. Hohoho... dasar ya.  Sebenarnya saat menstruasi ini ga berarti jadi alasan buat kita mager atau ga olahraga, lho #selftoyor.  Ga mesti juga olahraga yang berat-berat  untuk menjaga tubuh tetap fit sebelum dan saat menstruasi. Yoga, misalnya. Olahraga yang identik dengan relaksasi dan meditasi ini jadi salah satu cara yang menyenangkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. 

Setelah sekian tahun teman-teman sekitar saya sudah ngeh dan menjalani duluan, akhirnya sabu 4 Juni 2016 kemarin kesampaian juga saya 'test drive' yoga. Apalagi jenis yoga yang diperkenalkan ini cocok banget dengan saya karena jurus-jurus yang diajarkan hari itu memang ditujukan  menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama menstruasi. 
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
merapikan matras biar nyaman saat pose. Pas yoga, matras saya suka bergeser ke samping, maju atau mundur :)
Thanks to Kiranti yang udah menggusur saya lebih alert menjaga aset yang paling berharga. Menyebalkan rasanya kalau ga bisa produktif dan kesehatan tubuh ga optimal saat menstruasi. Selama organ reproduksi masih dalam rentang subur, semua perempuan bakal mengalami terus setiap bulannya, kan?

Dipandu oleh instruktur Teh Yeni, saya dan puluhan peserta yoga lainnya sudah  berkumpul di rooftop Paris Van Java untuk ber-yoga ria bareng. Celetukan lucu sempat terdengar selama acara berlangsung.  Udara pagi yang bisa membuat kulit rada tanning atau cekikikan geli karena otot tubuh seperti ditarik. Pegel, tapi meyenangkan. Begitulah kira-kira suasana yang tergambar hari itu.

http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
masih pose dasar yoga, nih. credit: Kiranti
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
lupa ga bawa kacamata dan topi kayak Uwien, jadinya silau pisaaan
Sepintas beberapa gerakan terliha biasa saja, tapi setelah dijabani, bukan cuma 'sensasi baru' berupa sakit atau pegal yang dirasakan. Sambil memandu beberapa pose, Teh Yeni yang bernama lengkap Yeni Christine ini bercerita manfaat dari pose-pose yang diajarkan sangat baik untuk mengatasi ketegangan pada otot perut, memperbaiki posisi punggung, pinggul, kaki dan tentu saja rasa nyaman pada anggota tubuh saat mens dialami. Ngaku nih, kadang kalau keasikan duduk, apalagi pas nonton atau ngetik di depan laptop, suka seenaknya aja bersandar. Bahu yang turun atau punggung yang membungkuk sering tidak saya sadari.

Keluhan kembung dan nyeri pinggul (akibat berkurangnya kalsium saat menstruasi) juga bisa diatasi dengan pose-pose yoga ini. Mengingat usia saya yang udah gak muda (lagi) saya semangat untuk fokus  sebisa mungkin menghafalkan  beberapa gerakan agar bisa dipraktikan di rumah.
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
pose asik  buat duet
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
ga enak perut saat mens? lalukan pose ini daripada guling-guling ga jelas. credit: Winursih
Pose berikut ini juga termasuk pose yang saya sukai.  Kita bisa menombinaasikan gerakan lain dengan mengangkat salah satu kaki dengan posisi telapak kaki lurus. Saat salah satu kaki terangkat, kepala kita bersandar pada lipatan tangan dan dilakukan bergantian setiap sisi. Teh Yeni menghitung samai 20 untuk mengukur kekuatan peserta Yoga in The Air. Pose lainnya juga yang bisa dilakukan dengan dasar pose ini dengan menarik tungkai kaki kebelakang, ditahan dengan tangan yang menjulur ke belakang alias backbend atau disebut Dhanurasana.
Pose ini juga sekilas enteng, baik ketika sedang berbaring di bawah atau menjadi pertner yang berdiri dengan menekan telapak tangan ke lutut seperti yang dilakukan oleh saya dan Uwien di sini. Cobain deh ajakin adik, kakak atau siapa saja jadi partner. Enakeun, lho.
difotoin sama Nchie. Saya merem karena ga kuat panas dan silau :)
Gimana dengan pose di bawah ini? perlu keseimbangan untuk menarik posisi kaki dan tangan setiap sisi secara bergantian namun tetap seimbang. Pokoknya seru, lah.
Selesai berpeluh keringat dan kerap memicingkan mata karena matahari semakin hangat memandikan peserta, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow.  Masih bareng dan Teh Yeni, kali ini MC juga mendaulat Michael Bliss selaku Public Relationsnya grup Orang Tua dan Donny, Managing Director Kiranti untuk  berbincang seputar Kiranti sebagai produk minuman tadisional  sahabatnya para wanita kala menstruasi datang menghampiri.
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
Kiranti aman lho kalau diminum cowok.  begitu salah satu fakta menarik yang saya dapatkan pas sesi talk show
Dulu kita cuma mengenal Kiranti dengan varian original, dengan rasa jamunya yang kentara. Buat sebagian orang, mungkin rasa jamu ini jadi mengibaskan tangan karena udah males duluan.  Setelah 22 tahun eksis sebagai jamu tradional yang dikemas secara modern, kali ini Kiranti hadir dengan rasa  baru, yaitu Kiranti Plus Orange Juice. 

Masih tetap dengan komposisi bahan seperti kunyit yang berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri (pemicu keputihan dan bau tidak sedap), antioksidan dan imunostimulan, Kiranti Plus Orange Juice  rasanya lebih segar dan jamunya tidak sekuat varian sebelumnya. Lebih enak diminum setelah disimpan dulu di kulkas. Komposisi lain berupa kencur, gula jawa, jaee dan asam jawa serta rasa jeruk yang segar membuat


FYI, Kiranti ini diproses dengan teknologi modern dan mendapat sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional  yang Baik dan Benar) sehingga kehigienisan dan keamanannya tetap terjaga.  Selain  itu, dibanding minuman sejenis lainnya, cuma Kiranti saja lho, minuman datang bulan dengan bahan baku yang sudah standar dan memiliki sertifikasi Obat Herbal Terstandar (OHT). Ini sudah dibuktikan melalui uji pra klinis. 

Ada  fakta unik lainnya dari Kiranti yang perlu diketahui. Rasa segar dari Kiranti ini mungkin bikin para pria kepo ingin mencicipinya. Eh, gimana? Emang ga papa? Aman, kok. Ga akan bikin hamil hehehe. Ya jelas dong, secara pria ga punya organ rahim, ya. Tapi beneran tidak akan menimbulkan indikasi apa-apa karena Kiranti tidak mengandung hormon dalam setiap varian rasanya, baik yang Original, Plus Orange Juice atau varian lainnya dalam kemasan botol berwarna biru, Pegal Linu.
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
bakal jadi varian favorit saya setiap datang bulan
Selesai acara talk show, MC, pengisi acara dan para peserta mencoba bersama-sama minuman ini sembari melepaskan balon, sebagai tanda produk baru ini sudah  diluncurkan. Meski panas semakin menyengat, segarnya Kiranti tetap menceriakan suasana.

http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
para pendukung acara ngajakin semua peserta mencicipi Kiranti Plus Orange Juice
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
Para peserta dengan Yoga Tee kuning yang ceria
http://www.catatan-efi.com/2016/06/oga-in-air-stay-fresh-and-healthy-with-kiranti.html
Tetep semangat pose-pose buat difoto, meski cahaya matahari semakin siang semakin silau :)
Ssst.... setelah Jakarta dan Bandung yang menggelar acara ini rencananya setelah lebaran nanti, bakal ada 3 kota lagi yang akan menggelar acara serupa. Jadi jangan sampai kelewatan eventnya, ya. Pantengin terus media sosial dan situs resminya Kiranti agar tetap update.

koleksi foto Madame Vivera
Sementara itu, mulai hari ini dan nanti, pastikan saat menstruasinya tetap sehat, segar dan nyaman beraktivitas, ya. Karena selalu ada Kiranti dan tentu saja usahakan untuk sempat berolahraga. Yoga bisa jadi alternatif menarik dan mengasikan. Sya juga kepengen ini  meluangkan waktu untuk ber-yoga ria agar tetap sehat, cantik dan memiliki postur tubuh yang baik sampai tua nanti :)


Kiranti
twitter & Instagram: @DiaryKiranti
Facebook: https://web.facebook.com/diarykiranti
website: http://www.diarykiranti.com


28 komentar on "Yoga in the Air: Stay Fresh and Healthy with Kiranti"
  1. Iya dong aku siap sedia topi, kaca mata dan masker. qiqiqi

    Aku juga teh, bulan depan mau melakukan gerakan-gerakan yang kemarin sudah diajarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan depan, yes. Bulan puasa ini masih mager *LOL* Hahaha... enggak ding, pengennya pas puasa sekarang juga mulai jalan, enggak tarsok tarsok :D

      Hapus
  2. Akuuuuu pengin ikut, mbaaaa
    Sekarang aku lagi tergila2 yoga dan pilates.

    Ikut pilates di youtube sih :) By Denise Austin

    Pengin deh, yoga off air gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga di kotamu ad eventnya ya, Mak. Duh hebat euy jabanin dua, aku satu lagi pengen belajar taichi (banyak maunya ini).

      Hapus
  3. Fix aku jadi lebih suka yg plus orange juice hehe. Yang posisi tengkurep paling enak teh. Tapi yang di atas juga suka, kayak lagi sujud :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga paling suka yang orange juice. Jamunya ga beras. Yang tengkurep atau 'ngadapang' Gilang? :D

      Hapus
  4. Pengen banget senam yoga kayak gini 😂😂
    Minum kiranti saat menstruasi emang lebih nyaman badannya, Mbak.
    Kaum pria emang penasaran deh rasa kiranti, apalagi yg rasa orange juice

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak, yoga. Kalau ada eventnya ikutan, ya :) Nah kalau ada temen atau keluarga yang cowok mau cicipin Kiranti no worry lagi sekarang. Aman :)

      Hapus
  5. aku suka semuaa ke 3 variantnya..
    apalagi diminum sewaktu dingin, maknyooss..
    makin fresh n.healty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disajikan dingin emang lebih enak. Kayaknya pake es batu lebih enak ya hehehe

      Hapus
  6. asyik nih kegiatannya kiranti mbk, sdh diajak yoga, dpet ilmu pulak, duhh senengnyooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Seneng pake banget :)

      Hapus
  7. Wah serunya mba :D nungguin acaranya juga di Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru, mbak. Semoga bisa digelar di Surabaya, ya :)

      Hapus
  8. Aku suka banget sama yang Pegal Linu skrg pas kemarin coba enak dibadan.
    Trus child pose itu favorit banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Child pose itu suka aku lakukan kalau abis soalt subuh, ga sama persis, sih. Tapi suka ketiduran dan pas kebangun posenya udah berubah. Kakinya manjang atau ditekuk hahaha.

      Hapus
  9. Yogaannya emang asyik banget ya, Fi? Dan kuning-kuningnya itu emang sangat colorful yaa? Aku pelanggan tetap Kiranti setiap bulannya, dan varian barunya itu seger banget euy! Sukak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss mbak. Suka varian barunya juga. Kuningnya kece, biasanya aku ga pede pake warna kuning, nih. Jadi referensi ah kalau cari baju atau pashmina nanti hehehe.

      Hapus
  10. Yoga itu ternyata ga hanya bikin jiwa tenang dan fresh ya, tapi juga bisa redakan nyeri haid. Wow, coba dari dulu udah mulai pelajari Yoga, pasti sekarang udah kece deh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Coba dari dulu kenal Yoga, udah lebih kece dari sekarang, ya hehehe

      Hapus
  11. Baru pertama kali ikutan yoga juga. It's fun ^_^. Aku juga suka nyeri haid di hari pertama. Makanya cocok banget dapat wawasan dari Kiranti ini :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiiik, ga sia-sia ya ikutan acara ini :)

      Hapus
  12. Ih seru banget ini mah teh acara Yoganya. Pas acara ini neh, saya lagi lewat ke Bandung neh. Coba ikutan seru kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah coba pas aku woroin di grup dirimu daftar, Lis. Moga-moga Kiranti ngadain lagi acara Yoga ini, ya :)

      Hapus
  13. kirantinya gede banget tuh! awas kejatuhan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Kiantinya ringan, kok. Bisa saya pindahin juga :)

      Hapus
  14. Pengen nyobain Kiranti yang pegel linunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. CObain Mbaaaak. Cari di toko atau supermarket, ya. Enak buat redain keluhan pegel linu.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.