Top Social

Bring world into Words

Wisata Sehat di Pemandian Air Panas Ciater

Kamis, 09 Juni 2016
“Lebaran sebentar lagi…”
Hohohoho aduh Efi! Baru juga hari ke-4 udah bahas lebaran lagi, sih? Kayak anak kecil aja.

Iya, sih. Seminggu juga belum ya kita berpuasa. But time flies. Ga kerasa, lho. Tiba-tiba aja udah masuk pertengahan puasa lagi – which is selain sibuk menyambut malam ganjil buat mengejar pahala berlipat – kita akan disibukkan dengan segala persiapan lebaran. Bikin kue atau memesan, oleh-oleh buat mudik, dan tiket perjalanan yang biasanya sudah sold out jauh hari sebelum puasa, malah. Tuh, kan. Sebenarnya persiapan lebaran itu orang-orang sudah menyiapkan jauh-jauh hari, termasuk jalan-jalan ke Bandung, menghabiskan liburan di kota yang ngangenin ini.Uhuk :)
http://www.catatan-efi.com/2016/06/wisata-sehat-di-pemandian-air-panas.html
sumber foto: hingga.com
Saya pernah ngobrol sama seorang teman yang bekerja di sebuah hotel di kawasan Lembang. Kekepoan saya mengantarkan saya pada fakta kalau tingkat booking hotel untuk liburan lebaran sudah ramai. Dan seperti biasa, kalau memesan kamar hotel di Bandung di last minute di saat peak season seperti ini sangat riskan. Jangan sampai gigit jari ga kebagian kamar. Masa sih, harus pasang tenda di taman-taman gitu? Huehehe.. Jangan lah, ya. Sebenarnya harapan untuk mendapatkan kamar yang masih available sih masih ada, tapi ya gitu deh, perlu kesabaran ekstra sampai mendapatkannya.

Ngomong-ngomong soal destinasi wisata di Bandung, Kawasan Lembang dari dulu ga ada matinya. Selalu saja daerah Bandung utara ini dipadati turis lokal dan manca negara yang menghabiskan liburannya di sini. Kesejukan hawanya memang ngangenin. Saya aja yang orang Bandung asli serasa menekan tombol waktu, back to the past, merasakan sejuknya Bandung di masa kecil. Sesekali kabut yang turun meringkus jadi pengantar permainan yang mengasikan. Kapan lagi coba, bisa memainkan embusan uap dari mulut seperti di film-film Hollywood dengan seting winternya? Kalau saya di suruh liburan di Amrik atau Eropa sana di akhir tahun, belum tentu tahan dengan suhu yang bisa di bawah 0 derajat itu.

Tapi tenang saja. Sedingin-dinginnya hawa Bandung tetap masih cocok dengan iklim tropis Indnesia. Dan kalau ingin menghangatkan tubuh, Pemandian air panas Ciater di Subang, tidak jauh dari Lembang adalah salah satu itinerary yang sayang banget diabaikan dari check list. Enggak liburan biasa, long weekend atau seperti liburan Lebaran nanti, kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati hangatnya air yang menyehatkan.

Dengan menempuh jalur puncak dari Jakarta, membentang jarak sejauh 212 km untuk sampai ke sini. Tapi kalau mau ngambil jalur lebih pendek, bisa ditempuh via tol Cikampek, lumayan bisa memangkas hampir seperempatnya. Hanya berjarak 185 km. Apalagi nih, arus mudik dari Jakata ke arah Bandung dipastikan bakalan semakin merayap. Tetep keep up dengan pantauan arus mudik yang bisa diakses dari radio, twitter plus bantuan aplikasi seperti waze adalah tools penting yang harus selalu terkoneksi selama di perjalanan.

Oke noted, Fi. Tapi gimana nih kalau saya pengen jalan ke Bandung numpang angkutan umum kayak kereta, bus atau travel? Kan, ga da trayek yang langsung mengarah ke sana?
Tenang aja. Kalau memang datang ke Bandung ga bawa kendaran pribadi, kita bisa sampai ke kawasan Ciater dengan menumpang angkutan umum menuju terminal Ledeng. Ada jurusan Kalapa – Ledeng, Margahayu Ledeng, Stasiun – Lembang, dan Ciroyom – Lembang yang bisa kita gunakan. Dari Terminal Ledeng, perjalanan bisa dilanjutkan ke Ciater dengan menumpang angkot menju Ciater yang secara normal butuh waktu 15 menit saja buat sampai.

Sampai di sana, bisa dipastikan, semangat membara (ealah kesannya kayak mau lomba bakiak atau balap karung pas 17an aja ya), untuk segera berendam akan menapai level to max. Ga nahaaan, pengen buru-buru nyebur. As we know, Air panas dengan suhu 45แต’C ini beda dengan air pansa yang kita jerang di rumah atau yang biasa kita gunakan saat mandi dengan shower atau bathub. Kandungan belerang di dalam setiap partikelnya ampuh membantu otot dan syaraf tubuh jadi rleks. Ketegangan yang merecoki kita selama ini bakal segera ngibrit. Bye bye penat, pegal dan lemas!

Eh tapi bukan cuma mengandung mineral saja lho air panas yang kita nikmati saat berendam di Ciater sana. Masih ada kandung mineral lainnya seperti kalsium, magnesium, chloride, sulfat yang memiliki kadar aluminium yang tinggi plus tingkat keasaman yang juga tidak kalah tingginya. Jadinya selain membuat otot tubuh bebas pegal pun, dengan mandi di Ciater ternyata bisa mengobati penyakit kulit. Selain itu juga kalau punya keluhan lain seperti rematik, gangguan syaraf dan tulang, bisa terbantu dengan terapi mandi air panas di Ciater ini. Wohooo, asik, kan? Tamasya sehat ini namanya! 
http://www.catatan-efi.com/2016/06/wisata-sehat-di-pemandian-air-panas.html

Photoright: anekatempatwisata.com
Kalau punya saudara atau keluarga yang mengalami kelumpuhan akibat stroke atau penyakit darah tinggi juga bisa diajak ke sini. Pengelola pemandian air panas di Ciaer ini menyediakan fasilitasnya bagi yang ingin melakukan terapi secara rutin. No wonder kalau ternyata pemandian air panas Ciater selalu ramai dan jadi tujuan wisata saat berlibur ke Bandung.

FYI, Pemandian air panas Ciater ini selalu dikunjungi oleh lebih dari 60.000 orang yang rata-rata berasal dari Pulau Jawa, lho. Di sekitar kawasan ini juga tersedia fasilitas hotel yang bisa kita booking. Jadinya tidak perlu jauh-jauh turun ke Bandung untuk mencari penginapan agar bisa beristirahat setelah menghabiskan waktu mandi atau berendam di Ciater ini.

Gimana soal kulinernya? Kan, jalan ke Bandung ga komplit rasnya kalau tidak menjajal aneka makanan khasnya? Iyes, tenang aja. Hangatkan suasana kawasan Ciater yang sejuk dengna mencicipi olahan khasnya, sop dan sate kelinci. Banyak kok, di sepanjang jalan para penjaja hidangan ini. Mulai dari kaki lima sampai rumah makan.

Agar tidak ikut-ikutan pusing seperti Barbie, soal booking hotel di kawasan Ciater bisa kita atasi dengan mengakses situs Traveloka [disclosure] Saat kecemasan melanda tidak kebagian kamar atau menghabiskan pulsa untuk menelpon ke sana ke mari, dengan menmbuka aplikasi ini bisa membantu kita menemukan kamar yang masih available. Di situs ini kita akan mendapatkan berbagai referensi hotel atau bungalow dengan rate harga yang sesuai dengan budget yang sudah kita anggrkan. Mendukung pogram eco-friendy, booking hotel via Traveloka ini minim cetak tiket secara konvensional alias paperless. Cukup dengen memperlihatkan bukti booking kita saat check in.

Ngomong-ngomong soal Pemandian air panas Ciater yang posisinya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, sumber mata airnya berasal dari salah satu kawah aktif yang mengalir ke Ciater yang juga mengaliri sungai sepanjang 2000 meter yang dimanfaatkan untuk pengairan sawah oleh masyarakat di sekitar Ciater. Sistem irigasi yang didukung dari mata air ini ternyata membuat hasil panen mereka jadi mempunyai kualitas lebih baik. Keren, ya?

Kawasan Pemandian air panas Ciater atau Sari Ater ini dikelola oleh pemerintah setempat dan pihak swasta dengan menyediakan kolam-kolam khusus. Kalau malas berbaur dengan orang banyak, kita bisa meminta fasilitas kamar air panas yang lebih privacy. Cocok nih buat muslimah yang merasa risi karena mengenakan swim suit yang membentuk lekuk tubuh dan terlihat orang banyak yang bukan mahramnya.

Dengan membayar tiket yang murah, hanya Rp.14.000,00 saat memasuki pinu gerbang, (belum termasuk tiket masuk ke kolam pemandian yang ratenya berbeda satu sama lain). Rata-rata untuk tiket masuk ke kolam, kita akan dikenai charge antara Rp.20.000,00 – Rp.50.000.00 untuk setiap orangnya. Sementara untuk area yang lebih privat, charge yang dibebankan sebesar Rp.80.000,00 dengan durasi sepuasnya. Eh tapi, jangan sampai karena sepuasnya kita terus berendam dan bikin kulit kita jadi keriput, lho. Well, itu tandanya kita harus segera menyelesaikan rekreasinya. Pasti setelah mandi atau berendam, perut kita jadi keroncongan, kan? Saatnya makan!

Selesai mandi, kita masih akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sayang sekali untuk dilewatkan sebagi objek foto atau latar selfie/wefie. Kepulan asap dari u air hangat di sekitr sini, hijaunya pepohonan dan air terjun yang jatuh dengan gemiricik khasnya seakan jadi simfoni alam yang lembut dan menenangkan dari pemandian yang lokasinya berada di dataran dengan ketinggian 1.050 meter ini. 

http://www.catatan-efi.com/2016/06/wisata-sehat-di-pemandian-air-panas.html

Photoright: anekatempatwisata.com
Selain penginapan, kawasan ini masih dilengkapi oleh fasilitas lain seperti wahana bersepeda, berenang, naik perahu, arung jeram, berkuda, bermain tenis lapangan, golf dengna lapangannya yang luas, bermain voli atau basket. Untuk pengemar tantangan yang memicu adrenalin, jangan lewatkan arena outbond yang ada di sini.

Sementara itu, kalau datang bersama keluarga bersama gank krucilnya, tersedia juga wahana bagi mereka, sehingga tidak akan terasa membosankan menghabiskan waktu di sini. Selesai berlibur dan bersiap kembali pulang ke rumah masing-masing, jangan lupa juga untuk mampir memborong aneka oleh-oleh dan cendera mata yang bisa ditemukan di kawasan Ciater.

Yuk, berlibur ke Ciater.
30 komentar on "Wisata Sehat di Pemandian Air Panas Ciater"
  1. Wah wqjib di coba nih kalau nanti saya kuliah di bandung ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik. Semoga keterima kuliahnya di PT favorit yang ada di Bandung, ya :)

      Hapus
  2. Pengen banget ke Ciater belum kesampean hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga liburan lebaan sekarang kesampean maen ke sini ya, Mbak :)

      Hapus
  3. Untuk yg mau terapi disediakan tempat nginap juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sekitar pemandian ini banyak hotel/penginapan, mbak. Kalau akses satu paket (nginep sama masuk pemandiannya, aku ga hafal detilnya).

      Hapus
  4. ciater memang enggak ada matinya...terakhir kesana waktu 2009, sekarang pasti udah bagus banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah banyak berubah. Ayo ke sini lagi :)

      Hapus
  5. Boleh juga nih dijadikan tempat hiburan sesekali. Lumayan buat menghilangkan penat sekaligus merefresh pikiran dengan berendam di air panasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, Mas Timur. Kalau ada kesempatan main ke Bandung, masukin ke list itenerary, ya :)

      Hapus
  6. Orang2 kantor suka banget kesini Teh

    BalasHapus
  7. Orang2 kantor suka banget kesini Teh

    BalasHapus
  8. Dari aku sd ciater tuh terkenal banget sama air panasnya. Bagus ya sampe sekarang tetep eksis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Eksis terus, ya. Manajemennya bagus berarti.

      Hapus
  9. Aku pernah berendem di sinii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbak Linda, kita ke sini lagi :)

      Hapus
  10. Waw ini mah keurus ya teh tempat wisatanya kalau ditasik mah belum teh euy baru sebagian tempat yang sudah keurus juga, tapi ini bagus sekali ya tempatnya bersih dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Tasik deket ke pemandian air panas Garut, ya? Tapi kalau ka Bandung ada bonusnya. Jalan-jalan kulineran sama maen ke taman-tamannya yang lagi ngehits. Yuk maen ke sini, Kang :)

      Hapus
  11. aaaahaaaa, Sudah cukup lama saya nda mampir ke blog keren dari pemiliknya yang cantik hihihi. Apa kabarnya mbakyu? Ini Kang Asep, blogger Pontianak. Saya mohon maaf karena kesibukan bisnis dan urusan dunia nyata jadi nda sempat nengokin kawan kawan blogger hiheihehiehiehee.

    Kalau nda salah sekitar tahun 2009 yang lalu saya dan kawan kawan pernah mampir ke CIATER ini. Ada atraksi juga apa gitu ya namanya, yang ada anak kecil di atasnya. Lalu kami juga dibagikan topi berloho CIATER dan 1 paket CD wisata Pemandian CIater. Keren juga hieiheiehiee Duh duh jadi kangen main ke Ciater lagi deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Kang Asep. Kabar baik, alhamdulillah. HIhihi, sekarang udah comeback lagi ke dunia maya ini, dong. Ayo atuh Kang, maen lagi ke sini.

      Hapus
  12. Yuuk berlibuur, relaksasi berendam di pemandian air panas
    Sekarang mah udah keren uy ciateur nyaa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Nchie, ke sini sama para pengurus Blogger Bandung. Deket ini dari Bandung mah.

      Hapus
  13. aku kesini 2 tahun lalu... tapi bingung mau pake baju renang muslimah apa baju biasa kalo mau berendam... hahahha... akhirnya nyewa bak berendam pribadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Risi ya pake baju yang ngepas depan umum, Mbak Ade :) Kalau mau liburan ke Bandung, mampir ke Ciater, yes :)

      Hapus
  14. Tempat pemandian air panas yang emang beneran niat sih cuma sari ater, belum tau yg lain, paling oke disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, kesannya yang lain gimana gitu :) Hayu atuh maen ke Ciater, Elisa.

      Hapus
  15. Dulu waktu sekolah pernah ke sini.. tapi kok lupa rasanya ya...#hatus ke sini lagi sepertinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba direwind lagi rasanya :D Kalau masih ga berasa berarti emang harus balik lagi ke sini.

      Hapus
  16. Terakhir ke Ciater waktu belum punya Vito. hehehehe Ahhh liat reviewnya teteh aku jadi pengen ngajak ke sana. Biasanya kalo pemandian air pana ke garut terus, nanti mah mau ke Ciater. Asyik pisan yah teh. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke sini lagi. Aku juga pengen berenang ini.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.