Top Social

Bring world into Words

Preparing Healthy & Happy Mom and Baby

Rabu, 06 April 2016

Coba deh kasih satu kata kunci ibu hamil. Apa coba yang terbayang? Kalau saya sih perut yang mulai mancung, baju hamil yang lucu-lucu dan morning sickness! Ga semua ibu hamil memang mengalami yang satu ini, tapi umumnya banyak yang mengalami (cmiiw). Dan kalau sudah ngomongin mual-mual, masalah lain yang timbul dan dialami ibu hamil adalah masalah gizi. Ga bisa dong dengan alasan enggak enak makan terus pola makannya jadi bener. Ayolah, ada mahluk kecil di sana yang memerlukan asupan gizi. Ibu dan bayi harus sama-sama sehat. Iya, meski saya belum berpengalaman sebagai ibu hamil, ya hehehe. Udah jangan diperpanjang soal ini. 

Salah satu cara untuk memenuhi gizi bagi ibu hamil (dan tentu saja bayi dalam kandungan) adalah dengan mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil. Prenagen adalah brand susu formula yang familiar bagi ibu hamil dan recomended. 
Makanya, meski masih muka bantal dan datang agak telat, saya belain aja datang ke acara PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 “Siapkan Awal Kehidupan Terbaik si Kecil” diberbagai kota di Indonesia" yang berlangsung di Trans Luxury Hotel, jalan Gatot Subroto Bandung. 

Berhubung saya datang jam 09.30 jadinya ga kebagian mengikuti kelas-kelas  Prenagen Peduli yang diselenggarakan di beberapa booth semacam kelas melahirkan, kelas kehamilan, kelas nutrisi atau kelas menyusui. Padahal ilmu ini kan bakal berguna buat saya sebagai calon ibu nantinya ^_^. 

Tapi untungnya saya masih bisa mengikuti sesi utama yang menghadirkan 3 pembicara yang berkompeten di bidangnya. Plus Mona Ratuliu, artis cantik yang juga ibu dari 2 anak perempuan dan 1 laki-laki yang juga berbagi pengalamannya dengan audiens yang hadir. 



dr Boy Abidin SpOG(K) 

Dokter kebidanan dan ahli ginekologi yang sehari-harinya praktek di Jakarta ini membuka sesi diskusi tentang pentingnya kesehatan ibu dan anak. Pastinya semua orang tua menginginkan kalau anaknya yang lahir nanti dalam keadaan sehat, tidak mengalami cacat. Agak ngeri juga ketika slide di panggung memperlihatkan conton bayi yang lahir dalam keadaan tidak sehat alias cacat.

FYI, tanggung jawab mempersiapkan janin bayi yang sehat bukan hanya tanggung jawab calon ibu, tapi para calon ayah juga. So, kasih Capslock, dan kalau bisa tambahkan juga, bold dan italic, kewajiban bersama! 

Kalau calon ibu wajib memeriksakan kehamilannya secara rutin, menjaga pola makan dan gaya hidup serta kewajiban lainnya, bagi calon ayah juga ada hal lain yang harus diperhatikan. Misalnya, tidak merokok, tidak minum kopi, tidur yang cukup alias mengurangi begadang juga musti bin kudu diperhatikan. Kalau aturan ini sudah diperhatikan, sperma yang dihasilkan oleh calon ayah akan menjadikan calon anaknya nanti juga jadi janin yang sehat dan terhindar dari cacat.

Itu kewajiban buat para ayah. Hal menarik lainnya yang perlu diketahui oleh para ibu hamil misalnya ketika menyiapkan makanan bergizi. Cara pengolahan sayuran, menghindari kopi (karena akan menimbulkan efek kecanduan) juga menghindari polusi lainnya. Bahaya asap rokok bukan saja berasal dari rokok yang sedang menyala. Bahkan residu yang tertinggal pada pakaian atau bantal misalnya masih mempunyai efek buruk bagi ibu dan janin. Duh, ngeri nih. 

O, ya abaikan juga mitos larangan minum air es atau tidak boleh tidur siang buat bumil. Itu semua ga terbukti secara ilmiah. 

Roslina Verauli, M.Psi 

Karena ibu hamil juga secara psikologis tidak boleh tertekan, acara yang diramaikan di media sosial dengan tahar #PRENAGRAM menghadirkan narsum lainnya, Mbak Vera yang sehari-harinya disibukan dengan aktivitasnya sebagai ibu dari 1 anak, mengajar, praktivisi privat dan mengisi rubrik majalah, acara televisi penulis dan mengisi berbagai acara seminar. Wih, meski sibuk tapi Mbak Vera ini terlihat tetap energik dan ceria selama acara berlangsung. Bahkan ketika sei games pun terlihat tetap semangat. 

Menurut beliau, sebagai seorang suami yang baik (ehm), harusnya juga menjaga emosi istriya tetap stabil. Mood yang buruk atau stress yang dialami calon ibu akan membuat produksi kortisol lebih banyak. Akibatnya, darah jadi lebih banyak mengalir ke otot dan jantung akan berdetak lebih cepat. So, make them happy, please :) 


Irene F Mongkar 

Narsum lainnya, Mbak Irene juga tidak kalah serunya menghangatkan susana. Jadi nih, ada 1.000 hari masa penting menyiapkan momen penting untuk bayi yang sehat. Seribu hari yang penting ini terbagi dalam 2 peiode yaitu 270 hari usia kehamilan dan 730 sisanya adalah masa menyusui. Selain asupan gizi yang cukup dan seimbang bagi ibu dan bayi, hal lain yang perlu diperhatikan selain tumbuh kembang bayi secara fisik juga pemberian stimulasi.
Beberapa video yang ditampilkan di layar sangat menerahkan saya. Tanpa kita sadari, ternyata anak bayi itu punya kemampuan luar biasa. Salah satu video memperlihatkan seorang bayi yang hanya menggenggam telunjuk ibunya tidak terjatuh ketika diangkat. 

Begitu juga larangan orang tua dulu soal mengagetkan anak bayi. Ternyata cara ini adalah stimulasi yang sebenarnya dianjurkan. Membuat bayi terkaget akan membuat mereka terlatih untuk memberi sinyal kalau sedang terancam. Justru kita harus khawatir kalau seorang bayi terlihat anteng saja. 

Beberapa stimulasi lainnya yang juga dibahas misalnya memberi sentuhan geli pada telapak kakinya dengan jari kita, mengayun bayi dalam berbagai pose an mengarahkan senter pada matanya dengan jarak tertentu. Sama halnya dengan dua narsum lainnya, Mbak Irene menganjurkan stimulasi yang diberikan pada bayi dilakukan berpasangan, melibatkan ayah dan ibu. Disela-sela diskusi, Mbak Irenejuga mengingatkan  audiens kalau anak-anak sesungguhnya membutuhkan pelukan dan kasih sayang orang tua. Bukan pemberian gadget atau materi lainnya yang berlimpah. 

Sesi penutupan acara yang mengajak semua peserta yang memenuhi ruangan untuk menyanyi bersama "Hanya Satu Pintaku" sukses menghadirkan suasana yang mengharu biru dalam ruangan. Kalau peserta lain yang datang bersama pasangan saling merangkul satu sama lain, saya dan para blogger yang hadir saling merangkul bahu teman di sebelahnya. Duh, saya jadi kangen masa kecil ini mah :) *susut air mata* 


Prenagen Store 

Kurang afdol kalau saya cuma cerita keseruan event PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 saja. Selama acara berlangsung di ruang utama dan beberapa kelas edukasi di hari yang sama, ada juga lho booth yang menggelar bebagai variasi produk pendamping nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui  yang kental dengan nuansa pink dan ungu ini. 
Prenagen Esensis: Produk ini ditujukan bagi para wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Dengan kandungan lemak yang rendak, Prenagen Enesis diperkaya dengan kebaikan nutrisi lainnya berupa Zat Besi, tinggi Asam Folat, tinggi Kalsium , Serat Pangan (Inulin) dan Vtamin E. Prnagen Enesis tersedia dalam tiga rasa yaitu Coklat, Vanilla, dan moka. Bisa dibeli dengan ukuran 180 gram dan 360 gram. 


Prenagen Mommy Emesis: Produk yang satu ini ditujukan untuk mengurangi keluhan mual dan muntah yang umumnya dialami oleh ibu hamil. Prenagen Mommy Emesis mengandung vitamin B 6 & Protein yang telah teruji secara klinis dapat mengurangi gejala mual dan muntah pada masa-masa awal kehamilan. Prenagen Emesi juga mengandung Zat Besi, Asam Folat, Tinggi Kalsium. Tersedia dalam rasa coklat dan plain dengan ukuran 200 gram & 400 gram. 
Prenagen Mommy: Juga ditujukan bagi para bumil inimengandung Zat Besi, Asam Folat, Vitamin B12 untuk membantu pembentukan sel darah merah, Insulin untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, serta Kalsium dan Asam Follat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak. Prenagen Mommy tersedia dalam kemasan praktis yang siap diminum (UHT) atau Stick Pack Varian untuk susu ini bisa dipilih untuk rasa yang lebih variatif. Ada rasa coklat, vanilla, strawberry, Moka, dan rasa Kacang hijau.Bisa dibeli dengan kemasan 200 gram, 400 gram, 600 gram, 900 gram (dus), 45 gram (Stick Pack), 200 ml (UHT). 

Prenagen Lactamom: Nutrisi ini berguna bagi para ibu yang memasuki masa menyusui untuk meningkatkan kualitas ASI. Diperkaya dengan Zat Besi, Asam Folat, Inulin, Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si kecil. Ada tiga pilihan rasa untuk Prenagen Lactamom: Coklat, Vanilla, Moka dengan ukuran 200gram dan 400 gram. 
Prenagen Juice: Yang satu ini bisa dinikmati baik oleh bumil atau busui. Merupakan produk sari buah asli Pomegranate dan Anggur. Prenagen Juice mengandung Asam Folat dan kadar vitamin C yang tinggi. Bisa dinikmati dimana saja, kapan saja, baik selama masa persiapan kehamilan, hamil dan memasuki masa menyusui. Prenagen juice tersedia dalam satu ukuran tetrapak (300 ml) yang lebih nikmat dalam keadaan dingin. 

Tunggu kehadiran acara ini di kota lainnya. Untuk reservasi tiket bisa klik di sini

Lebih  jauh kenali Prenagen di:
website: prenagen.com
Facebook: facebook.com/PRENAGENworl
twitter: PRENAGENworld, 
Instagram: PRENAGENworld
Youtube: YouTube.com/PRENAGENworld
12 komentar on "Preparing Healthy & Happy Mom and Baby"
  1. Balasan
    1. Sok atuh, kasih ade buat Neng Awah (angger)

      Hapus
  2. menarik isi-isi sesinya..jadi pengen hamil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Undang aku kalau nanti mau aqiqahan, ya :D.

      Hapus
  3. Seru banget nih acaranya, pengen deh ikutan kalo ada di Jakarta soalnya aku peminum susu Prenagen juga, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi semoga bisa ikutan di event berikutnya. Aku ga minum karena belum merit. :)

      Hapus
  4. Jadi pengen hamil.lagi... hehehe
    dan aku udah konsumsi kode nagan dr sebelum hamil.. esensis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik. Semoga cepat isi. Terus emak dan debaynya sehat selalu, ya.

      Hapus
  5. Ibu kena selalu pastikan berada dalam keadaan gembira supaya anak blh dilahirkan dengan sehat dan kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mak. Pengalaman adikku, tuh. Waktu dia hamil ketawa ketiwi aja, dan anaknya hepi banget. Kadang suka iseng juga hehehe. But anyway she is such a lovely niece.

      Hapus
  6. ternyata semenjak dalam kandungan harus benar - benar diperhatikan nutrisnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, karena selama dalam kandungan juga pembentukan fisik, organ sampai emosionalnya sangat penting.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.