Top Social

Bring world into Words

15 Rahasia Sehat dan Cantik Yang Harus Kamu Ketahui

Jumat, 08 April 2016
Cantik atau menarik dan sehat itu tidak bisa dipisahkan.  Siapa coba yang tidak ingin cantik?  Sehat?  Iya juga.  Ngomongin soal sehat biasanya ga jauh-jauh dari gaya hidup dan pola makan.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html
Soal makanan, siapa sih yang tidak suka makan? Setiap orang memang punya selera yang berbeda. Dari kebiasaan ternyata bukan saja berpengaruh pada kesehatan atau bentuk tubuh (gemuk, langsing atau kurus) saja. Efek yang tanpa kita sadari adalah pengaruhnya terhadap wajah yang cantik dan awet muda.  Mau, dong! 

Pertengahan bulan Maret kemarin saya mengikuti sebuah acara seminar yang membahas tentang Body Esthetic dan Kesehatan Tubuh. Yang menjadi narsumnya adalah dokter David, pakarnya anti aging yang sudah punya sertifikat internasinonal untuk latar belakang keilmuannya di bidang aesthetic dan antiaging. 

Selain memang cara penyampaian materinya yang asik dan ga bikin bosan untuk disimak, ada beberapa hal baru lho yang saya dapatkan hari itu. 

1. Cukupi kebutuhan air minum setiap hari

Yang dimaksud di sini adalah air minum putih. Bukan sirup, teh atau kopi. Setiap hari setidaknya kita membutuhkan 2.000-2.500 liter air. Kurang lebih setara dengan 8-10 gelas. Kan biasanya ukuran gelas itu suka beda-beda, ya. Manfaat minum air bukan cuma menghilangkan rasa haus atau melancarkan pencernaan biar ga kena sembelit saja. Asupan air yang cukup akan membuat kulit jadi lebih lembab.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

Bila tubuh mengalami kekurangan air, akan bereaksi dengan membentuk lapisan pertahanan yang mengandung minyak. So, jadi kulit yang berminyak itu adalah indikasi tubuh kekurangan cairan. Bila dibiarkan, kulit akan semakin kering dan terlihat kusam. Coba cek, sudah minum berapa gelas hari ini? 

2. Jebakan Karbo

Perhatikan menu makannya, let 's say untuk makan siang hari ini. Nasi? oke. Mie goreng? Perkedel kentang? Ayam Crispy? Atau mie bakso yang masih ditambahi nasi juga? Seperti ini adalah jebakan karbo. Mie goreng terbuat dari tepung yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi. Kentang? Sudah pasti. Daging ayam atau telur memang mengandung protein tapi kalau sudah diolah dengan tepung crispy, sama saja dengan semakin banyak menjejalkan karbo ke dalam tubuh. Better, ganti dengan lauk lainnya dan sayur, untuk mengimbangi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

Terlalu banyak makan makanan yang mengandung karbo bisa memicu meningkatnya risiko terkena penyakit gula. Belum lagi perlu waktu lebih lama untuk diproses. Akibatnya bisa menyebabkan kegemukan.  Meski dalam beberapa kasus kita bisa melihat penyandang diabetesi yang terlihat kurus.

Berbeda dengan penyakit serius lainnya, diabetes tidak disebabkan oleh virus atau bakteri. Selain bisa diturunkan dari orang tua ke anak, juga dikarenakan kebiasaan/pola makan. Biasanya diabetesi punya kecenderungan suka makan makanan yang manis atau mengandung karbo dalam jumlah dari yang dibutuhkan.

3. Makanan Pencetus Alergi

Apa yang kita makan belum tentu baik buat orang lain. Atau sebaliknya, makanan yang tidak bermasalah bagi orang lain belum tentu aman buat kita. Dalam semangkuk bakso lengkap dengan bihun dan pelengkap lainnya bisa jadi contoh.

Sebenarnya bukan bakso yang menjadi penyebab utama masalah alergi seseorang. Satu butir bakso misalnya, terbuat dari tepung sagu, daging, vetsin, dan bahan lainnya.

Kalau ditambahkan kecap dan saus akan lebih banyak lagi jenis makanan yang masuk ke dalam pencernaan tubuh kita. Kecap sendiri komposisinya terbuat dari kedelai (yang sayangnya hampir semuanya mengandung hormon), gula merah, air dan rempah lainnya. Pake lagi saus? Ada cabenya yang diolah meski tingkat kepedasannya tidak seberapa dibanding sambal. Bahan makanan yang tidak kasat mata ini tanpa kita sadari menjadi pencetus alergi.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html
seafood, salah satu makanan  yang bisa menyebabkan alergi
Beberapa orang bisa mengalami alergi tepung, sebagian lain alergi dengan kedelai, seafood,  susu, atau seperti saya, yang ternyata alergi pedas. Untuk mengetahuinya bisa dicoba dengan tes alergi mulai dari yang murah sampai yang mahal. Kalau budgetnya pas-pasan, tes alergi yang satu ini lumayan juga meski ga sevalid tes alergi lain yang biayanya bisa berjuta-juta tapi hasilnya lebih akurat. Pilih yang mana?

4. Ciri-ciri Alergi

Reaksi umumnya yang dikenal adalah gatal-gatal pada muka atau anggota tubuh lain misalnya. Selain seafood dan obat-obatan tertentu, penceus alergi juga bisa disebabkan oleh telur, daging ayam, makanan yang pedas, susu dan produk turunannya, cokelat, kopi dan masih banyak jenis makanan lainnya. Indikasi lain kalau tubuh punya alergi juga bisa timbul berupa jerawat (kalau saya cheating, ini yang sering muncul), ketombe (ga ngira, kan?), pigmentasi, luka yang sukar sembuh atau hidung meler ga jelas. 

5. Mitos Makan Malam dan Sarapan

Banyak yang menyarankan untuk tidak makan malam karena sama dengan menimbun lemak alias bikin gendut. Padahal makan malam malah dengan daging pun tidak masalah. Asal, tahu rahasianya. Dokter David mencontohkan dirinya yang makan sate pada malam hari sebelum tidur, minus nasi. Makanya tidak heran kalau tubuhnya tidak terlihat gendut. Dibanding makan pagi, ternyata makan malam jauh lebih penting.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html
Masa?
Iya serius. Soalnya pada malam hari tubuh sedang melakukan proses pembentukan hormon, makanya dibutuhkan nutrisi yang mendukung agar hasilnya optimal. Tentu saja jumlahnya jangan berlebih dan jangan dicampur dengan karbo. So? No feel guilty lagi untuk makan malam. Sementara soal sarapan itu opsional.  Tergantung kebutuhan atau kebiasaan. Ada yang baru merasa lapar setelah jam 11 siang. Jadi ga butuh sarapan. Terus gimana kalau udah terbiasa sarapan?  Ya,  mangga.  Pilih sarapan yang sehat,  ya.  

6. Kenapa ada yang tetap langsing meski makannya banyak?

Pernah envy alias iri lihat orang lain yang makannya banyak tapi tetap aja segitu badanya? Maunya sih kayak gitu. Sialnya cita-cita ini tidak gampang diraih setiap orang.  Beruntung deh kalau bisa kayak gini.  Cita-cita yang umumnya dimiliki para wanita :).
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html
tinggi lemak dan kalori nih
Ternyata ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Seseorang yang mempunyai kondisi hormon yang kuat, lebih 'enak' soal makan. Kalau dirunut lagi ke belakang, fungsi hormon dalam tubuhnya bisa begitu  dikarenakan pola makan yang baik dan gaya hidupnya yang sehat. Menghindari begadang, mengurangi konsumsi gula serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandum bad fat (contohnya gorengan) adalah syarat utama kalau ingin sistem hormonnya kuat dan sehat. O,  ya perbanyak juga konsumsi sayur dan kurangi makan makanan yang diproses dengan cara digoreng. 

7. Rahasia Tentang Hormon

Masih soal hormon, sebenarnya pada pria atau wanita mempunyai struktur hormon yang sama persis dengan proporsi yang berbeda. Pada wanita, hormon estrogennya lebih dominan, dengan hormon progesteron yang tergantung siklus serta hormon testosteron yang stabil. Kebalikannya, pada laki-laki hormon testosteronnya yang lebih dominan.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

Secara normal, seharusnya seorang perempuan mengalami haid pertama pada usia 14 tahun ke atas. Ke depannya dia akan mengalami masa menopause pada usia normal menjelang usia 50an. Sedangkan anak perempuan yang mengalami haid pertama pada usia antara 12-14 tergolong dalam kelompok beware alias siaga. Yang mengalami haid jauh lebih awal pada usia sebelum 12 tahun kondisinya tidak lebih baik dari kelompok usia sebelumnya.

Mereka bisa mengalami pra menopause lebih awal pada usia awal 40an.  Akibat sel ovum yang dilepas terlalu cepat dari seharisnya. 

8. Hormon pencetus alergi

Masalah anti aging bukan soal kulit yg keriput atau flek, lho.  Pencernaan yang kacau dan alergi juga termasuk di dalamnya. Penyebabnya bisa ditimbulkan dari daging ayam, telur, susu, dan alat kontrasepsi. Saya merinding ngeri pas tahu alat kontrasepsi sekarang diambil dari kuda betina. Hiy, padahal kita manusia, bukan mamalia berkaki empat yang kadang identik dengan hewan liar dan harus dijinakkan itu, ya. 

Untuk mengatur kehamilan, selain sistem kalender bisa menggunakan KB generasi ke-4 (jasmine dan diane) yang aman dan bebas hormon. Konsekuensinya adalah harga yang lebih mahal. Tapi kalau dibandingkan dengan tingkat keamanan dan kesehatan tubuh pada tahun-tahun mendatang, pilihan terakhir ini adalah investasi, ya. Bukan biaya. Setuju? Tosss dulu.


9. Testosteron dan pemimpin

Sementara pada pria, hormon testosteron, selain membentuk ciri-ciri fisik dan kualitas sperma, ternyata juga berpengaruh pada mentalitas. Mereka yang yang mempunyai kualitas hormon testosteron yang tinggi akan membuat kemampuan berpikir yang cemerlang, konsentrasi yang bagus dan mempunyai kecakapan jadi pemimpin. So, mungkin ini salah satu alasannya kenapa  laki-laki lebih pantas  jadi pemimpin, ya.


10. Hubungan estrogen, mood dan transgender

Eits, tenang, jangan negatif thinking dulu. Bisanya kan wanita itu identik dengan mahluk yang moody. Bingung deh, menentukan apa maunya mereka. Ini ternyata dipengaruhi hormon estrogennya tadi. Karena memang proporsinya beda, sebenarnya ga heran kalau laki-laki susah ngerti maunya perempuan. Lain ceritanya dengan kaum trnsgender. Mereka ini punya kandungan hormon estrogen yang lebih banyak dibanding laki-laki normal. Mereka lebih peka dan mengerti perasaan wanita. Tapi. Ga harus berubah jadi transgender juga kalau ingin memahami atau paling tidak, ogah berkonflik dengan perempuan. Mengalah aja adalah cara diplomasi yang paling aman.

11. Pengaruh hormon pada kulit

Hormon yang bagus bukan hanya berpengaruh pada organ dalam saja. Kondisi kulit juga akan merasakan akibatnya, tergantung bagaimana kita membuat hormon dalam tubuh menjadi baik atau jelek.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

Pada wanita, biasanya pada fase ovulasi akan merasakan kondisi terbaik pada kulitnya. Wajah jadi terlihat lebih cantik dan kulit yang lebih lembab. Ini dikarenakan hormon estrogen dalam kondisi puncak dan bisa mengikat air dalam tubuh. Pada saat mengalami menstruasi, kondisi estrogen ngedrop dan membuat air yang diikat oleh hormon tidak maksimal. Makanya kalau ngaca kita merasa kurang cantik dan kusam.

12. Fungsi  lever  dan asupan kolagen

Selain beberapa cara di atas masih ada hal lainnya yang harus diperhatikan kalau ingin memiliki kulit yang sehat. Jaga baik-baik kesehatan lever kita. Bila pola makan terjaga dengan baik, lever akan bekerja dengan baik untuk menghasilkan glutation.

Glutation ini yang membuat kulit jadi sehat dan cantik. Ga ush lagi repot-repot cari pelembab yang bisa mencerahkan kulit kalau organ tubuh kita bisa menghasilkannya secara alami. Cukup kok dengan pelembab biasa saja, tentunya yang kandungan bahannya aman, ya.

Kalau punya kebiasaan minum perasan lemon hanagt setiap pagi juga bagus, lho. Selain aman bagi lambung, tinggi vitamin c  dan diet juga membantu memperbaiki fungsi  hati.

Asupan kolagen yang cukup juga harus diperhatikan. Nutrisi yang kandungan kolagennya tinggi diantaranya bisa didapatkan dari daging yang rendah kandungan lemaknya, rumput laut, gelatin dan kikil.

13. Vitamin D3 wajib buat hijaber

Semakin bertambah usia seseorang, risiko osteoporosis akan semakin meningkat. Ya,  kan?  Apalagi pada kaum wanita nih, risikonya lebih tinggi terutama setelah melewati usia 50an.
Untuk mencegah atau memperlambat terjadinya osteoporosis, mendapat sinar matahari yang cukup bisa membantu mengatasinya. Hanya saja sinar matahari yang ideal untuk mencegah masalah ini adalah sinar matahari yang langsung mengenai kulit, tidak terhalang pakaian. Sun bath di pantai jelas tidak mungkin, kan?
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

Untuk aktivitas sehari-hari saja hanya muka dan telapak tangan yang terkena langsung. Mau berjemur di mana yang aman tanpa terlihat aurat? Ditambah lagi sebagian besar dari kita itu beraktivitas di dalam ruangan, sedikit sekali terkena paparan sinar matahari. Makanya bagi para hijaber, wajib banget untuk mengonsumsi suplemen vitamin D3.

14.Exercise is a must

Suka tidak suka, olahraga itu wajib. Meski aktivitas sehari-harinya tidak banyak mengeluarkan tenaga. Selain menjaga kebugaran, aktivitas olahraga juga membantu kuli t tetap sehat dan tidak cepat kendor.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

15. Jangan lupa pelembab

Semua saran di atas sudah di jalani? Oke, sip! Jangan lupa untuk tetap memberi nutrisi untuk kulit dari luar. Gunakan pelembab yang sesuai dengan karakter dan jenis kulit. 
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html

Cuci muka pun sebenarnya cukup sekali saja pada malam hari. Pagi harinya kita tidak membutuhkan sabun karena sesungguhnya bila sudah cuci muka sebelum tidur dan mengapilkasikan krim malam, wajah sudah dalam keadaan bersih. Jadi kenapa meski cuci muka lagi? Cukup dibasuh saja. Lagian terlalu banyak mencuci muka, kandungan deterjen dari sabun muka bisa mengikis kelembaban alami kulit.

Jelas, ya. Sehat dan cantik itu sangat erat berhubungan. Memiliki tubuh dan pola hidup yang sehat akan mendapat bonus kulit dan wajah yang cantik. Mau, kan? Maulah, cuma memang perlu komitmen yang tinggi untuk menjalankannya. Dan ini memang masih PR juga buat saya ^_^
34 komentar on "15 Rahasia Sehat dan Cantik Yang Harus Kamu Ketahui"
  1. Hahaha... Poin nomor 3 dan 6 saya banget. Nggak suka makanan yang buat alergi dan jujur saya nggak suka cumi meski lahir di Wakatobi yang hasil lautnya melimpah serta segar-segar.

    Sedangkan untuk poin nomor benar-benar kena sama saya juga. Udah capek makan banyak plus banyak tidur tetap nggak gemuk-gemuk, sampai orang-orang heran.

    Untuk poin nomor satu, saya malah udah kaya galon kalau di rumah. Doyan bangad sama yang namanya air putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga alergi sea food, Mas. Duh suka pengen deh makan sea food tapi kalau inget risikonya, ya ga kepengennya jadi menguap.

      Hapus
  2. Kenapa harus pakai cantik sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau ditambah ganteng juga ya? Abis ga enakeun bacanya hahaha

      Hapus
  3. Jebakankarbo.. saaayyyaaaa banget...sukaterjebak.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun. Baru nyadarnya sekarang-sekarang (dicubit lulusan sekolah gizi ini mah).

      Hapus
  4. Wuaaaaaaa.... Gua banget nih... Wokelah sudah di ingatkan hehehhe thanks sharingnyaaa.... Musti selalu sedia alarm pengingat heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Cha. Aku juga masih perlu alarm buat reminder.

      Hapus
  5. Kalau saya malah nggak pernah melewatkan sarapan,meski hanya sereal/roti tawar=)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sarapannya ga tentu sekarang. Waktu masih jalanin food combining sih rajin sarapan meski cuma sama buah. Sekarang sarapannya buah sama ngemil hehehe. Ampun, deh.

      Hapus
  6. Aku slalu terjebak karbo dan mitos sarapan. Tapi klo ngga nyarap rasanya perut ngga shanggup teeh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan setelah ini enggak terjebak lagi. Jangan enggak sarapan kalau emang ga kuat, Ci. Segimana kebiasaan kita aja. Yang harus diperhatikan itu apa yang kita makan.

      Hapus
  7. No 6, saya selalu iri dengan orang yang makan banyak tetap kurus :( sedangkan saya kena jebakan karbo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi Iya ya, Mak. Asik banget lah yang bisa makan terus badannya ga gendut-gendut.

      Hapus
  8. Ya ampunn... no 1 dan 2 itu aku bangettt... Makan mie pake nasi, makan gorengan. Guilty pleasure banget ituu. Trus kadang lupa minum air putih krn kesibukan kerja. Huhuhuhu... Tapi masih cantik kann... *oles-oles anti-aging cream*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah gitu. Biar kenyang mienya dikasih nasi. Terus doyan banget sama gorengan. Bisa makan tiap hari dan sehari bisa abis 5-6 biji wkwkwk....maruk amat, ya. Nah sekarang jangan lupa minumnya ya, mbak. Biar sehat dan kinclong :)

      Hapus
  9. aku olahraga yang belum.. sok sibuk sih jadi sombong gak mau olahraga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga udah lamaaaa banget ga olahraga. Duh gimana coba? Hehehe

      Hapus
  10. hah? jadi kulitku yg berminyak ini justru disebabkan karena kurang air.. weeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi kalau berminyak artinya kudu banyak minum.

      Hapus
  11. wa,poin terakhir nih PR banget buat aku,,,,g suka mekapan,jadi polos terusss hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaah, masa sih? Mulai sekarang juga lupa pake pelembab lagi ya, mak.

      Hapus
  12. Waaaaaa soal karbo itu, aku msh tak sanggup pisah dari jebakan karbo hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ayo mak, move on segera abaikan jebakan yang melenakan itu.

      Hapus
  13. Aku sering dikomenin negatif karena jarang makan nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal nasi itu karbonya tinggi banget, ya. Terus makannya pake apa dong Innayah kalau ga pake nasi?

      Hapus
  14. Olahraga yang bikin saya males :D hihihi eh makanan juga suka pengen cheating aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho, Ntar dicomplain sama dr David :)

      Hapus
  15. iya kak...harusnya kita nisa mengurangi nasi...apalagi diatas jam 7 malam yak... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain jam makan malam juga sebaiknya konsumsi nasi secukupnya aja, jangan berlebihan. :)

      Hapus
  16. Hatur nuhun Mba Efi Fitriyyah, sudah berbagi rahasia cantiknya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  17. Kya suami aku, makannya banyak tapi gak gemuk-gemuk,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena metabolismenya bagus atau dia pas milih komposisi makannnya, jadi cepat dicerna tubuh, Mbak.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.