Top Social

Bring world into Words

Tipe-tipe Senior Panitia Ospek

Senin, 27 Juli 2015
Kalo  kemarin  saya cerita  tentang pengalaman waktu jadi  peserta dan panitia  MOS dan Ospek, saya  pengen cerita lagi tentang Ospek,  khususnya  Ospek buat Maba (mahasiswa baru) atau dulu  dikenal cama-cami (calon mahasiswa –calon mahasiswi). 
Saya pengin bahas  tipe-tipe  para kakak panitianya, nih.  Jadi ga semua  panitia  ospek itu  kejam-kejam,  kok.  Ada yang baik hati kayak  saya, lho  *plis  jangan protes*  Mungkin yang terjadi  ada yang sama atau berubah. Beda dengan yang sekarang.  Karena  ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya,  yang mana udah lewat belasan tahu  lalu. Hehehe...  
Biar ga lama-lama langsung aja kita bahas di sini, ya.
credit: examiner.com
Panitia Yang Baik Hati
Biasanya  mereka  ini tipe panitia  yang  ngangenin.  Setelah  pusing dan  sakit telinga  diomelin tatib, para  panitia  yang dikangenin kehadirannya  adalah  panitia dari seksi acara  yang akan mendinginkan suasana, kasih games, ngajak nyanyi sambil bawa gitar,  atau ngajak bercanda. Selain dari seksi  acara,  seksi  kesehatan alias  P3K  juga dirindukan para peserta  yang udah lemes dan pengen buru-buru melipir  dari  TKP. 

Panitia  Yang  Cuek
Sebenarnya  panitia seperti ini  bukan ga peduli dan abai dengan adik-adiknya. Bisa aja  mereka  sibuk karena tugasnya sebagai bendahara. Mastiin jangan sampai uang acara  tekor,   para  seksi acara ga protes  karena keperluan  bagiannya ga terpenuhi.  Biasanya diam di sekretariat  ngitung uang yang tersisa, nagihin bon dari  yang udah minta uang buat dilaporin  ke LPJ, bolak balik ke rental(dulu jaman saya belum ada atau kebeli laptop)  atau nguplekin laptop  sekarang mah ya  bikin surat ini itu, dan bolak balik ke fakultas. Selain ngurusin acara  kadang  riweuh juga sama urusin soal pribadi kayak  ngurusin  nilai-nilai kuliah. Jaman saya sih,  pas acara ospek  waktunya deketan dengan semester  pendek dan registrasi ulang kuliah. Kebayang kan lieur dobelnya?   Kalau santai, baru deh main-main ke TKP  liatin  suasana ospek  jurusan, fakultas atau  universitas.

Selain bendahara,  yang dibikin  riweuh juga seksi  konsumsi  ini.  Dengan budget  pas-pasan, harus muter otak biar  gizi panitia terpenuhi  meski dengan menu  murah meriah. Lumayan lah sekadar  snack  atau makan siang buat panitia.   Yang diistimewain  biasanya  snack  buat dosen  atau alumni yang kasih materi.  Seksi konsumsi bakal menggusur seksi transportasi  buat ambil pesanan makanan. Berani ngeyel? Jangan harap seksi transportasi  dikasih jatah makanan. 

Panitia  Yang Care
Nah selain seksi absensi  ngecekin  adik-adik  baru yang jadi tanggung jawabnya,  panita  yang peduli banget sama keberadaan adiknya adalah  dari tim P3K.  Jangan sampai deh  ada  yang sakit  lalu  tiba-tiba terjadi apa-apa.

Makanya, selain berurusan  sama tim acara, tatib  juga sama tim sekretariat  buat  ngecekin siapa aja  yang punya riwayat medis  yang harus diperhatikan.  Mau adik barunya ganteng ga ganteng, cantik ga cantik,  item, putih, kurus, ndut semuanya harus diurusin. Saya sempet misuhin  temen saya yang waktu itu bilang motivasinya jadi tim P3K  biar bisa lama-lama deket mahasiswa baru yang cakep.

“Awas, ya kalau sampai ada yang ga cantik,  lu  ga mau ngurusin dia!”  Biar kecil gini, saya bisa ngancem.  Hehehe... iya sama teman sendiri  ini. Sama senior? Belom tentu, paling ngedumel dalam hati.

Panitia Jual Pesona
Ga salah lagi, deh. Yang kayak gini  niatnya  ngeceng.  Entah emang  iseng aja atau niat banget   karena  bosen jadi jomblo.   Yang parah kalau punya niat  'buka cabang'. Saya suka  melelet sebel kalau alarm  crocodile land detected nyala. 

Ga sedikit  kan yang kejadian cinta  lokasi? Ada yang cuma sebentar, ada yang awet  dan sampai nikah,  atau  awet tapi ga jadi  nikah.  Jodoh emang rahasia, ya.  Suspectnya bisa dari mana aja.  Ada  yang dari seksi acara, P3K, tatib atau  seksi  absensi. Dan biasanya seksi  absensi atau sekretariat  ini pemegang kunci karena  mereka  nyimpen semua data anak-anak. Kos atau rumahnya di mana dan berapa  nomer  HPnya. Paling sering mereka dimodusin demi melancarkan niat  pedekate alias pendekatan.    

Tukang Marah-marah
No doubt!  Ini bagiannya  tatib, ya. Kayak yang udah dibilang  di postingan  sebelumnya. Ada yang ngambek-ngambeknya proporsioanal dan seperlunya. No wonder,  mereka terlihat berwibawa di mata anak-anak mahasiswa baru. Ada juga  yang ngehe, rese dan jadi musuh abadi.  Mungkin karena terlalu sadis  ngasih hukuman atau sengaja nyari-nyari kesalahan.  Eh ada juga  lho  tatib yang  ngincer  salah satu  peserta ospek.  Jadi  selalu si itu aja  yang jadi targetnya. Bukan dalam rangka  screening milih calon ketua  angkatan atau peserta  terbaik. Yang kayak gini mah niat aja  jadiin jatah  acaranya tatib  biar bisa deket lama-lama dengan kecengannya. Aish,  yang manfatin situasi. 
kalo  ini waktu saya jadi peserta  Ospek. Lokasinya di gunung Puntang. hayo tau  ga saya yang mana?  Credit: Teh Yovie
Pernah jadi panitia  ospek  juga?  Berapa kali dan pernah pegang posisi apa? Mudah-mudahan dulu waktu jadi panitia ospek  ga sampai  ngalamin jadi  public enemy  dan disebelin juniornya karena kelewat  galak, cari perhatian, atau bau badan karena kelamaan di kampus dan lupa mandi hehehe.

Tiba-tiba  jadi kangen, pengen kumpul lagi sama teman-teman  kuliah dulu.

18 komentar on "Tipe-tipe Senior Panitia Ospek"
  1. Waaa jadi inget ospek dulu. Temenku ada yg pacaran ama senior dan skrg mereka udah nikah, pny anak.
    Sekarang ga ada ospek ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, Cinta lokasi ya, mbak hehehe. Masih ada sih kayaknya paling tiap kampus punya nama yang beda.

      Hapus
  2. Pernah jadi panitia ospek sekali dan gak mau lagi (semacam trauma) hahaha... bukan karena jadi public enemy tapi... Jadi panitia itu lebih capek ketimbang jadi yang diospek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang saya juga ngalamin. Cape banget dan abis acara biasanya balas dendam, tidur yang nyenyak seharian :D

      Hapus
  3. sering Teh jd panitia, yg jelas bukan jadi tatib, ga ada tampang *halah* hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atuh da kita mah tampangnya innocent ya, Orin.. Hihihi.....

      Hapus
  4. Alhamdulillah ngga pernah ngalamin MOS atau ospek yang aneh2 aku. Jaman SMA pernah jadi pengisi materi di MOS, banyak kejadian lucunya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius ga ada ospek waktu kuliah dulu? Keren banget tuh kampus. Ceritain dong mbak pas ngisi materi MOS di blognya :)

      Hapus
  5. Aku selalunya jadi panitia seksi acara, tapi gk pernah tebar pesona atau galakin peserta ospek. Anak seksi acara selalu hrs ready to speak, mengingat pengalaman yg sudah2 dimana setelah ospek para panita sering kehilangan suara krn keseringan teriakin maba, aku ngomong seperlunya saja, pake tone biasa aja cuma emang gak banyak senyum juga sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aish, seksi acara itu emang seru. Tapi harus kreatif, ya. Biasanya suka nular tuh kan ke peserta moodnya.

      Hapus
  6. Saya dulu suka jadi panitia ospek, eheheh tapi ga galak - galak sih cuman judes :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahahaha... judes itu satu strip di bawha galak :D

      Hapus
  7. Bener nih, aku sering jadi bagian kesenian dan akibatnya sering menghibur peserta ospek

    salam ospek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, seksi kesenian juga biasanya banyak fans karena menghibur peserta. :)

      Hapus
  8. With havin so much content and articles do you ever run into any
    issues of plagorism or copyright infringement?
    My website has a lot of unique content I've either created myself or outsourced but it seems a lot of it
    is popping it up all over the web without my authorization. Do
    you know any ways to help prevent content from being ripped off?
    I'd really appreciate it.

    my webpage: lasertest

    BalasHapus
  9. Hi there! I know this is sort of off-topic however I needed to ask.
    Does managing a well-established website such as yours require a large amount of work?
    I'm brand new to running a blog however I do write in my diary daily.
    I'd like to start a blog so I can easily share my personal experience and views online.
    Please let me know if you have any kind of suggestions
    or tips for new aspiring blog owners. Appreciate it!

    Have a look at my web page; fallout 3 ps3

    BalasHapus
  10. Church writing to me, a little child ' I feel a sort of
    responsibility about living up to some of the
    ideals. A real working telescope, The My First Lab Stargazer Telescope.
    In countless neighborhoods across the nation, there is an annual flurry of activity as pumpkins and black
    cats show up in late October to be replaced
    by inflatable turkeys in November and culminating in Santas, deer and snowmen in December.


    my blog post - Christmas EVE

    BalasHapus
  11. It's actually a cool and useful piece of info.

    I am happy that you simply shared this useful information with us.
    Please keep us up to date like this. Thanks for sharing.


    Feel free to surf to my web-site; lasertest

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.