Top Social

Bring world into Words

Main Yuk Ke Taman Vanda Yang Cantik

Senin, 01 Juni 2015
Salah satu penyakit saya yang kadang-kadang  suka kumat adalah   linglung  di jalan atau kerennya dislokasi ruang  (laaah bangga? enggak juga, kok :D). Harusnya ngambil rute ke mana malah ngambil jalan ke mana  hehehe... ampun dah. 

Jadi  gini ceritanya.  Sekitar 2 minggu  yang lalu, setelah rapat persiapan menjelang rapat festival TIK, di kantornya Telkom  jalan pahlawan, saya pulang pake angkot lain. Biasanya  sih pake  angkot Cicahaeum - Ledeng, nantinya turun di  Balubur lalu disambung dengan angkot  Sadang Serang - Caringin. Dodolnya saya waktu itu, karena bete  nunggu angkot  lama,  jadinya naik angkot jurusan Stasiun - Sadang Serang  (pusing-pusing deh). Belum tentu  lho rute angkot yang ke Stasiun itu  ga lewat  jalan Kebon Kawung salah satu pintu masuk ke Stasiun Bandung (suka bingung juga, mana utara, mana  selatan, timur atau barat, udah kayak lagunya Wali aja deh).  Nah, ini kedodolan saya yang lainnya hahaha... *siapin  kostum ninja ah* Oke, lupakan kedodolan saya. Doakan saja semoga lekas sembuh, ya. Aamiin.
Waktu angkot yang saya tumpangi  melewati  jalan Braga, saya  tercenung, eh terpesona bercampur amaze dan entah apa lagi. Ada penampakan! Iya, penampakan yang cantik. Sebuah taman yang baru. Dengan latar belakang gedung bank Indonesia, saya  membaca tulisannya. Taman Vanda.  Iya, pake V, bukan P. Jadi siapa bilang urang sunda ga bisa nyebut F atau V? Pitnah ih...   
Taman Vanda dengan latar  gedung Bank Indonesia. 
Saya yang udah rada cape  dan kudu buru-buru balik, malah turun di situ."Kiri,... pak" *by the way ada ga di daerah lain, selain Bandung dan Jawa barat yang kalau turun dari angkot   bilang kiri?*

Tamannya belum sepenuhnya rampung (waktu itu, ya). Masih ada  beberapa gundukan batu. Tapi sumpah cuco, ciamik, cantik. Asiknya, waktu itu Taman Vanda lagi sepi. Saya jadi leluasa main jepret-jepret lokasi. Cuma ga pake selfie aja (selain muka yang udah lecek  dan ga enak dilihat , lagi jerawatan parah, sekarang juga sih hehehe). Nah, kalau jalan bareng temen, baru deh inget buat foto-foto, itu juga  bisanya difotoin atau welfie  bukan selfie.
Dibangun kembali dengan dengan dukungan  BPMD, Sumarecon dan Wilmar Nabati 
Oke, lanjut lagi bahas Taman Vanda  ini. pasti ada tanya kenapa dikasih nama Vanda, ya? Seorang teman  yang pengetahuan tentang   Bandungnya udah ngelotok  bilang  kalau di sekitar  situ (sekarang udah jadi bagian dari kantor Bank Indonesia), pernah ada biskop bernama Vanda yang ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah. Saya jadi stalking sana-sini dan ternyata  sekitar tahun 1988-1989 adalah tahun terakhir  berdirinya bisokop  ini dengan film yang diputar adalah fim Moonwalker, filmnya Michael Jackson.

Ga seperti sekarang yang namanya bioskop   ada di mall-mall,  dulu  bioskop-bioskop di Bandung punya gedung sendiri, kayak Bioskop Dian dekat Pendopo  (kalau ga salah, sekarang jadi arena futsal) atau Majestic yang ada di jalan Braga, Braga Sky di jalan Suniaraja dan masih banyak lagi bioskop lainnya. Tahun 90an akhir, bioskop  Dian sama Majestic masih  beroperasi, dan film-film yang diputar itu seingat saya adalah film-film Indonesia atau India.  Dulu  bioskop-bioskop  ini dikelola oleh PD Kerta Wisata yang mengelola beberapa aset daerah termasuk juga  beberapa mall seperti Palaguna atau Parahyangan Plaza yang waktu itu jadi tempat nongkrong  yang sempat  booming dan beberapa hotel  kelas melati.

Kembali lagi ke Taman Vanda.  Dulunya  taman ini sudah pernah ada,  namanya Skate Park. Paling asik kalau jalan ke sini malam hari, sih. Soalnya kita akan disuguhi pemandangan cantik berupa air mancur  yang berwarna warni.
Air Mancur di Taman Vanda. yang ini gambarnya pinjem dari liputan6.com
O, ya,  nama Vanda  juga adalah salah  satu varian dari anggrek (tercatat punya spesies sekitar 26.000,  dan sekitar 5.000-6.000   ada di Inonesia). Pengetahuan  saya tentang bunga-bungaan  sangat cemen sekali. Mungkin kalau  teman-teman nanti jalan-jalan ke tamanVanda bisa mengenali lebih detil bisa kasih tau ada tanaman  apa aja di sana.  Yuk, ke Taman Vanda.


24 komentar on "Main Yuk Ke Taman Vanda Yang Cantik "
  1. saya kalau lewat sini siang siang, suka nanya-nanya, ini taman apaan.... terus kenapa namanya vanda? berkat postingan akhirnya tau juga asal-usul namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIp. Asik bisa membantu mengatasi kekepoan

      Hapus
  2. Nanti kalo ke bandung, mau ke sini juga ah. Pensaran hehehee.. makasih infonya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo, sama-sama, Mbak.Jangan lupa foto-fotonya, ya.

      Hapus
  3. asik. klo mudik ke bandung kesini ahhh.. :)

    BalasHapus
  4. Bagus juga ada taman sbg supplier oksigen kota ya Efi :) Cantik banget tamannya.
    Betewe di kampungku klo naik angkot juga bilang 'kiri pak' buat berhenti *penting bgt inih :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cantik, mbak. Padahal ga luas-luas amaat.Samaan berarti, ya? Hehehe waktu ke Jogja pas Blognus 2013 itu ga ada angkot euy, cuma ada taksi atau becak. Ga sempat naik Trans Jogja juga.

      Hapus
  5. Kayaknya Jakarta kalah telak nih kalau ngomongin Ruang Terbuka Hijau sama bandung yang tertata apk gini, Gubernurnya Arsitek euy kereen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak maen bola aja, kalah telak :D By the way Kang Emil itu walikota lho, bukan Gubernur.

      Hapus
  6. Jadi kepo deh gw, oh ternyata depan kantor polisi dan BI ya. Masih baru juga kayaknya, selitaran bulan maret belum ada kayaknya. Tahu percis soalnya suka lewat sana dan nongkrong di BI buat FGD tentang potensi desa sendiri ( @desacikadu - www.cikadu.desa.id sekalian promo 😀😀 )

    salim buat yg punya infoh 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekitaran situ. Gampang diakses, kok. Ayo maen lagi ke sana. *salim balik*

      Hapus
  7. Neng Efi nambahin juga, dulu Bioskop Vanda sebelumnya bernama PANTI BUDAYA , tulisan nya keren Neng Efi....... salam, http://sejarah.kompasiana.com/2014/01/15/bandung-tempo-dulu-4-desak-desakan-nonton-di-bioskop-panti-budaya-vanda-theater--624719.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, makasih pisan nfo tambahnnya, Bu Sri. Maen ah ke linknya.

      Hapus
  8. Aku penasaran banget pengen ke Bandung setelah kang Emil jadi walikota. Meski banyak yang share tentang perubahan Bandung di socmed tapi pengen aja liat secara langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, feelnya lebih dapet kalau lihat sendiri. Ayo dolan ke Bandung. Nanti kita gusur mak Nchie aja jadi guide, Jangan sama aku, takut lagi kumat dodolnya hehehe

      Hapus
  9. Ah mbak Efi, istilah kiri sering digunakan di manapun. Bukan cuma Jawa Barat kok. Hehe. Istilah untuk berhenti. Malahan aku jarang denger orang bilang , Pak Stop. Hahaha

    Duh aku nggak ikutan Festik. >.< Jadi nggak bisa ketemu yak. Hahaha. Mungkin lain kali.
    Tentang Taman Vanda, Aih cantiknya itu air mancur warna warni.,, di Bojonegoro belom ada. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha jadi bukan di sini aja daerah Jabar aja ya nyuruh berhenti bilang kiri.*another dodol of me*Iya nih, moga bisa kesampaian maen ke Bandung, ya. Padahal pa sFesTIK kemaren, banyak lho pasukan dari Bojonegoro.

      Hapus
  10. wah.... dah lama ga ke bandung, jadi penasaran nih .... trims infonya

    BalasHapus
  11. 'Kiri kiri' mah di mana aja Mbak... hehehe. Itu asal usul nama Vanda ngingetin aku sama daerah rumahku. Di deket sini ada yang suka disebut dengan 'Wira', karena dulunya ada bioskop namanya Wira, tapi sekarang udah nggak ada dan orang-orang tetep nyebutnya Wira XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jangan bilang-bilang kalau aku juga dodol soal kiri-kirian ini Una. Wah, sekarang bekas Wira jadi apaan?

      Hapus
  12. Hatur nuhun infonya teteh, kebetulan saya sedang meneliti taman vanda untuk Tugas akhir saya, infonya sangat membantu untuk litelatur Tugas Akhir saya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, masa sih? Alhamdulillah kalau membantu. Ceritain, ya lanjutan hasil penelitiannya. Pasti lebih seru dan lengkap.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.