Top Social

Bring world into Words

Cara Internetan Dengan Jadiin HP Sebagai Modem

Jumat, 08 Mei 2015
Tadinya, pagi-pagi sebelum berangkat ke Sumedang  untuk  mengikuti  acara bareng teman-teman blogger Bandung, saya  sudah niatin buat  nabung postingan dulu. Lumayan lah, Eh ternyata sesuatu terjadi.

Modem yang saya colokin  terasa  lebih longgar dari sebelumnya. Iya, emang sudah longgar  dan saya  udah mikir  ‘umur’ modem ini  gakan lama.   Tapi aslinya, saya ga nyangka kalau pagi itu  modem  yang setia menemani saya  browsing dan mengerjakan kerjaan saya  buat nulis dan remeh temeh lainnya  dengan dunia internet  menyerah.  Jack  modemnya lepas.  Hiks....

modem saya yang patah,hiks hiks
Niat saya  buat nabung postingan pagi itu  saya urungkan. Nanti saja, pulang dari Sumedang, pikir saya.  Terus jadi update  blog  malamnya?  Jawabanya enggak, hahaha.  Ngantuk dan cape, saya mutusin buat tidur.

Besok paginya saya  baru kembali ke laptop  dan memulai kembali   membuka  laptop, dan tentu  saja  bisa  akses internet lagi. 

Beli modem baru?  Bukan. Saya memanfaatkan fitur tethering yang ada di HP saja. HP Asus Zenfone 5 saya  manfaatin sebagai  modem. Hayo, ada  yang ngeh ga, nih dengan fasilitas  ini? 
Kali aja  ada yang  kebetulan mengalami hal yang sama seperti saya kemarin. Modemnya tiwas tapi enggak sempat  beli modem. Entah  karena  ga ada waktu atau  lagi ngumpulin tabungan dulu buat beli modem yang  bagus sekalian.

Ini nih caranya.
Cari menu setting yang ada di  hp.  Seperti ini tampilannya.
pilih menu setting yang dikasih lingkaran merah
Lalu klik   more.  
klik menu more  seperti yang dikasih tanda panah

Untuk koneksi  Wi-Fi, bisa memilih USB tehering. Caranya colokan saja  kabel USB ke laptop, nanti bakal terdeteksi. Atau bisa juga memilih  koneksi  Wi-Fi hotspot seperti  yang saya  pilih. Kasih centang aja  pilihan koneksinya. 

klik sampai muncul centang biru
Untuk seting  wi-fi hot spot ini  ada dua  pilihan. Kita bisa menentukan password agar hanya  laptop, tablet  atau smartphone lainnya yang bisa  numpang  sinyal. Semakin banyak gadget yang numpang sinyal, risikonya  bisa bikin  kecepatan koneksi jadi lemot.  Tapi kalau cuma buat sendiri,  passwordnya  kosongkan saja. Klik save. Selesai? Belum. Masih ada langkah lainnya.

pake password atau tidak?
Nah, sekarang  coba lirik ke kanan. Iya ke kanan  bawah di laptop atau pc, ya. Jangan lirik di sebelah. Enggak bakalan pernah  nyambung.  Hahaha... becanda.  Oke,  klik aja dulu yang kayak filter  panah ke atas. Nantti  muncul tampilan seperti  ini.

Klik  menu  yang kayak  batang sinyal  gitu.  Seperti ini tampilannya.

cari  aplikasi  koneksi di laptop atau netbook
Klik connect. Tunggu proses koneksinya. Ga pake lama, kok. Ga sampe semenit. Kalau sudah tersambung, nantinya jadi terlihat seperti  ini.
Done. You're connected
Gimana koneksinya? Menurut saya sih  tergantung  operator sim card yang dipake.  Ga bisa dipukul rata juga  kalau satu operator di  tempat  ini bagus, di tempat lain juga  bagus.  Pengalaman saya, kalau  sinyal di HPnya kenceng, ya  kenceng juga  buat tethering kecuali kalau banyak penumpangnya, ya. 

Cara yang sama juga bisa dilakukan  untuk gadget lainnya seperti tablet sebagai modem dadakan.  Kekurangan dari menggunakan HP atau tablet  dijadikan sebagai modem bisa bikin suhu  gadget  jadi cepat panas. Tapi so far  dengan menggunakan  HP yang saya  miliki  cuma sebagai  modem dan tidak membuka aplikasi lain sih biasa-biasa aja. Cuma sedikit hangat  aja.  Pastiin aja daya dari HP atau tablet dan laptop atau  netbook masih terisi, ya. Kalau tiba-tiba metong alias  mati, ya koneksinya terputus.  

Selamat mencoba!
21 komentar on "Cara Internetan Dengan Jadiin HP Sebagai Modem"
  1. Wah bisa dicoba nih. Kali hp samsung bs gak y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa, mbak. Coba aja utak atik HPnya. Entar ketemu kok pengaturannya.

      Hapus
  2. Wa, kalau keseringan, mungkin batre nya bisa jebol ya mbak..

    BalasHapus
  3. Aku juga pake hp buat wifi-an Mak. Modem udah lama dianggurin hehe! Praktis aja kalo tethering hotspot pake hp. Kayaknya smua hp android udah bisa ya buat modeman ky gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semua android udah bisa. Batre hpmmu drop, ga?

      Hapus
  4. aku masih pake modem teh hehehe....wifi belum pernah nyoba xixixi. jadi tau setingannya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan pake modem sih buatku. Aku lagi males jajan lagi modem :)

      Hapus
  5. Aku juga kalau modem lagi lemot suka pake henpon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku gitu, tapi sekarang dan entah sampai kapan bakal geber terus handphone jadi modem :D

      Hapus
  6. aku thethering pake hape terus :D

    BalasHapus
  7. ooh apa tergantung HP juga ya?
    kalau ada fasilitas hotspotnya lebih enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya semua hp sekaranf bisa, mak.

      Hapus
  8. Belum pernah coba. Masih pakai modem aja. Itu kok bisa patah gitu modemnya diapain, heu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga langsung patah sih Euis, awalnya jatuh kegencet laptop dalam posisi masih tecolok. Lama-lama makin longgar lalu lepas kayak gitu. Nasib, padahal baru 3 bulanan punya modem :D

      Hapus
  9. Hihihi..kreatif ah emak..
    Kpn2 mau nyobak jg ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, kalau pas pergi lupa ga bawa modem, bisa coba cara ini :)

      Hapus
  10. Thanks for sharing, Mbaaak.. :D Aku pernah cobak nih, tapi pakek hp sepupu.. Soalnya hp ku jadul ngga bisa buat theteringan.. Wahahah :D

    BalasHapus
  11. aku juga biasanya pake hape mbak buat modem...lebih efektif dan efisien hehehe

    BalasHapus
  12. Very good website you have here but I was curious about if you
    knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed here?
    I'd really love to be a part of community where I can get suggestions from other
    experienced people that share the same interest.

    If you have any suggestions, please let me know.
    Bless you!

    My site ... Oxnard

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.