Top Social

Bring world into Words

My First Solo : Asbabun Nuzul for Kids

Kamis, 13 Februari 2014
Kalau beberapa postingan yang sudah-sudah saya suka bercerita atau meresensi novel/buku orang lain, kali ini saya mau cerita buku solo saya yang fresh, baru aja keluar dari percetakan. Ehm, boleh, dong. Biar teman-teman punya gambaran apa sih isi buku saya ini? Nantinya ga akan ragu-ragu lagi memborong di toko buku. Bisa jadi hadiah buat anak, adik, keponakan atau calon keponakan. ^-^

Nah ini dia buku solo perdana saya


Seperti yang tercantum di cover, buku ini berjudul Asbabun Nuzul for Kids : 50 Kisah seru asal-usul ayat Quran. Keluar bulan Februari 2014, masih baru sekali. 

Ada banyak kisah-kisah para sahabat di jaman Rasulullah saw yang sudah kita dengar. Tapi, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau beberapa kisah yang terjadi menjadi asal muasal beberapa ayat diturunkan. 

Asbabun Nuzul for Kids mengompilasi 50 kisah terpilih yang menarik sekali untuk diketahui anak-anak. Ada banyak hikmah yang mudah-mudahan bisa menginspirasi anak-anak untuk lebih mencintai Al Quran. Ke-50 kisah ini dikelompokkan dalam sub cerita: tentang Ayat Quran dan Alam semesta, Berbuat Ihsan kepada orangrua, Sedekah dan kesederhanaan, Pertolongan Allah, Kepahlawanan, Hidayah, Tauhid dan Ibadah, Akhlak yang Baik serta Al-Qur'an bercerita tentang Akhlak Buruk.

Beberapa kisah yang diceritakan dalam buku ini seperti bulan yang terbelah dan tuduhan orang-orang Mekkah bahwa Rasulullah telah melakukan sihir,  kegelisahan Asma yang dikunjungi ibunya yang masih kafir dan memberinya hadiah, Pasukan kafir Quraisy yang kalah secara memalukan setelah tenda-tendanya dibuat kocar-kacir oleh angin dalam perang Khandaq. Lalu ada ekspedisi pasukan berkuda yang diceritakan dalam surat Al Balad dan hubungannya dengan qunut Nazilah, Abu Jahal yang diam-diam mengagumi keindahan Al-Qur'an atau bagaimana adilnya Rasulullah menyerahkan kunci kakbah kepada Utsman bin Thalhah, yang sampai sekarang keturunannya masih mempunyai hak untuk itu.


Berikut ini, petikan dari surat Al Fajr ayat 27-30 yang menghibur Rasulullah karena gugurnya paman tercinta, Hamzah.
Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jemaah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku
 Nah, surat-surat apa lagi yang kemudian turun menyusul kisah-kiah dia atas tadi? Masih ada kisah lainnya yang bisa disimak atau diceritakan kepada anak-anak. Silahkan tuntaskan kepenasarannya dengan membaca buku ini.

Semoga setelah mengetahui kisah-kisah ini anak-anak akan semakin bersemangat untuk mencintai dan menadaburi Al-Qur'an. Selain itu adalah contoh-contoh akhlak yang baik yang bisa jadi teladan baik terhadap orang tua saudara atau orang lain.

Buku setebal 172 halaman dengan dimensi 17 x 24 cm plus ilustrasi berwarnanya ini bisa didapatkan di seluruh toko buku Gramedia di Indonesia atau di toko buku online seperti bukabuku.com. Untuk info beberapa toko buku lainnya segera menyusul, ya. :) 


8 komentar on "My First Solo : Asbabun Nuzul for Kids"
  1. wah wajib punya nih buat si cantik marwah... langsung mau hunting ke tokbuk deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yan, kalau udah dapet di Togamas kasih tau ya, belum liat-liat ke sana.Kalau toko onlinenya belum ke-detect nih :)

      Hapus
  2. Widdih...mantap deh mba Efi, semoga bukunya laris manis diborong pembeli ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's Ndra. Jangan lupa beli juga, ya :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.