Top Social

Bring world into Words

Seru-seruan Fun Cooking Demo With Chef Arnold

Senin, 21 Oktober 2013
Sore hari tanggal 16 Oktober jam 4 sore sebuah panggilan masuk dari nomer tidak dikenal. Setelah saya angkat ternyata saya dapat konfirmasi untuk acara nonton demo masak bareng chef Arnold di Festival City Link, Bandung bersama 9 member Klub  Emak Blogger (KEB) lainnya. Wiiih, rasanya enggak sabar menunggu hari H.

Ceritanya, pada hari H saya udah sampai di TKP.  Enggak kepalang nanggung, datangnya awal banget, early edition. Jam berapa emang? Jam 12. Hahaha, rajin nian. Padahal start acara dijadwalkan jam 14. Jadi, waktu itu saya pulang ngaji dari Geger Kalong memutuskan untuk langsung meluncur karena ribet kalau harus transit dulu di rumah. 

Setelah  gempor muter-muter, akhirnya sekitar jam 13an area panggung mulai rame dan saya bertemu dengan salah satu teman saya, Nchie Hanie. Setelah registrasi, saya ngambil posisi di barisan kedua sekalian 'nge-tag' kursi buat teman-teman KEB lainnya. Tipikal emak-emak banget. Biarin aja. Kan,  care, solider dan understanding dong (kenapa jadi ngutip tagline brand lain?).
As ussual, sebagai banci kamera kita sempat duong bernarsis ria dulu, seperti ini nih.


Oh, ya ini suasana panggung yang masih sepi. 


Dari 10 orang KEB yang dapat undangan, ada satu emak yang enggak bisa datang. sayang banget, tapi ya sudahlah, the show must go on. So, ternyata acaranya molor sekitar 15 menit dari rencana. MC kenes nan kocak sekaligus dudul membuka acara ini dengan menyanyikan Engkau Masih Yang Terindahnya Krispatih. Setelah itu MC menantang pengunjung buat joget Cesar di panggung. Haduh, entar dulu yang satu ini mah. :D

Sebelum Chef Arnold unjuk gigi (tentunya bukan nyengir karena doi seorang Chef, bukan dentist), ibu Anna perwakilan dari Fiesta Seafood membuka acara dengan memperkenalkan produk Fiesta Seafood dengan kampanye Ayo Makan Seafoodnya. Wow, ternyata  bahan baku seafood yang dipakai oleh Fiesta itu dijamin kesegarannya, secara diambil langsung dari tambaknya sendiri, yang berada di Lampung. Dua jempol buat Fiesta Seafood, sebagai negara maritim terbesar, mestinya emang harus seperti itu. Ngapain coba ngimpor dari luar negeri?  Jadi berani jamin tuh mutu dan kesegaran bahan bakunya. 

Setelah sesi perkenalan, 3 pengunjung diberi kesempatan untuk bertanya. Kesempatan itu saya manfaatkan. Waktu itu, saya tanya sama ibu Anna, ada enggak tips buat yang bermasalah dengan alergi seafood? Sepertinya pertanyaan  ngasal  ya.  Eh tau tidak? Jawaban dari Ibu Anna surprise banget lho. ternyata alergi seafood itu bukan hanya dipicu kondisi fisiologis individu tapi juga ada faktor lain. Meski sih, Ibu Anna emang enggak menyarankan buat penderita alergi ini maksain diri icip-icip seafood. Jadi apa faktor lain penyebab alergi seafood itu?

Ikan yang dipakai ternyata sudah tidak segar dan proses pengolahan yang salah itu bisa jadi pemicunya lho. Satu pertanyaan lain dilontarkan oleh pengunjung soal kolestrol yang terkandung pada seafood. Ibu Anna menjelaskan kalau bahan yang kebanyakan ikan laut dan udang  dipakai Fiesta ini enggak sembarangan. Karena dengan kandungan omega 6 dan omega 9 bisa mencegah kolestrol dan kadar lemak dalam darah.

Selesai sesi tanya jawab dengan Ibu Anna, - masih dengan kekenesan MC yang rajin disambut protes penonton - akhirnya Chef Arnold muncul juga di panggung dan disambut dengan histeria massa yang didominasi Mba-mba dan Emak-emak.  Sambil acara berjalan, MC juga memberi tahu pengunjung  ada hadiah 5 apron yang sudah ditandatangani Chef Arnold. Mau? Mauuu banget. Caranya adalah dengan mentwit sebanyak-sebanyaknya dengan mention @fiestaseafood dan hastag #meetchefArnold. Dan.... iming-iming itu sukses membuat emak-emak gagal fokus. Bukannya memperhatikan step-step yang diperagakan chef Arnold, tapi malah asyik nguplekin gagdet masing-masing. Diam-diam, ternyata berlangsung persaingan sengit untuk sebuah apron. Yaa, hastag yang pas sebenarnya adalah #berpacumemburuapron hahahha. Gini deh jadinya 

Eh, tapi saya mau kasih pledoi ah. Enggak segitunya saya anteng sama gagdet, tapi saya masih nyimak kok omongannya chef Arnold, meskipun saya mati-matian najamin telinga buat nangkap uapan chef Arnold yang didominasi kosa kata englishnya itu. Enggak ngerti? Ya resiko hehehe. Ah sudahlah, nih beberapa tipsnya, mudah-mudahan berguna ya.

Memasak hidangan western itu lebih mudah karena kompisi bumbunya yang enggak ribet. Secara masakan Indonesia itu identik dengan rempah-rempahnya yang kaya.

Tapi itu juga lho yan bikin bule-bule londo ratusan tahun silam  jauh-jauh ke Indonesia buat menjajah (ditambah motif lainnya juga sih). Pantesan ya Master Chef lebih dominan dengan menu westernnya. Tipikal bule yang doyan yang praktis-praktis.

Jangan menggunakan Virgin Coconut Oil untuk memasak. Karena saat suhunya tinggi,molekulnya malah bakal pecah dan menimbulkan efek buruk.

Noted, chef.

Alergi seafood bisa juga disebabkan karena kita tidak terbiasa makan seafood. Seafood adalah jenis makanan yang proteinnya mudah rusak. Makanya, beli yang segar-segar aja.
Wiih, ngeri ya kalo beli yang diawetkan.

Gorengan selalu diidentikan dengan makanan yang ga baik. padahal kalau kita tahu cara mengolahnya enggak gitu juga kok. So, pastikan komposisi bahan yang kita gunakan dan cara mengolahnya itu pas. terlalu tebal bahan makanan, bakal menyerap lebih banyak minyak, begitu juga kalau terlalu tipis.
Kok jadi terngiang-ngiang dangdut jadul Veti Vera, ya? yang sedang-sedang saja. syalalala.....

Well, akhirnya selesai juga acara masak memasaknya. Sambil platting, chef Arnold bareng MC (tentu, masih dengan gayanya yang heboh abis sampai ga nyisain buat chef Arnold barang seuprit) membagikan lagi hadiah. Saya harap-harap cemas saat pengumuman twitt terbanyak. Tuh, kan! Ternyata emang emak-emak Bandung itu diam-diam cicingeun eh diam-diam serius. Pemenang twit terbanyak ternyata mentwit sebanyak 53 kali. Itu jari-jarinya enggak kapalan, gitu, ya? Pemenang ke-2, ke-3,dan ke-4 berturut-turut diumumkan. Hiks,  saya enggak masuk nominee. Saya cuma bisa mentwit  27 saja. Tadinya mau dipilih 5 pemenang, berhubung persaingan yang sengit, jadilah cuma dipilih 4 pemenang saja. sigh...

Ada satu sesi insiden pada penyerahan hadiah  yang bikin kepala saya dan teman-teman geleng-geleng. Mungkin nih, emak yang satu ini antusias dan giraaang banget dapet hadiah dan berkesempatan salaman plus foto bareng Chef Arnold yang emang unyu-unyu. Tanpa babibu lagi, emak ini langsung cipika cipiki plus main jawil-jawilin pipi. Eh... eh...  kok gitu sih? Chef Arnold sendiri merasa enggak nyaman dan meminta emak yang satu ini buat menghargai privacy. See? Meski lama tinggal di Aussie, ternyata Chef Arnold enggak sebebas bule-bule yang nganggap soal ini soal biasa. Keren, deh. Meskipun ehm, doi lumayan lempeng dan  jutek. Enggak enak juga, karena di event itu ditonton banyak orang termasuk bocah-bocah cilik. Mbok ya dipikir dulu toh, Mak, sampe segitunya ga bisa nahan diri.

Baiklah,  balik lagi omongin soal pintu berharga alias doorprize *maksa* Saya enggak patah arang, karena masih ada sesi undian hadiah dari potongan tiket. Sebelumnya sudah beberapa nomor yang  disebutkan ternyata tidak ada yang ngaku. Haduuuh,  hari gini dikasih hadiah kok ga ngaku? Bikin girang hadirin lainnya (termasuk saya). Jadilah setiap nomer yang disebut lama enggak respon disambut dengan kibasan tangan, dan koor luamyan kompak: enggak ada! Saya termasuk yang tukang kibas-kibas itu hahaha... ngarep banget.

Akhirnya, tinggal satu nomer tersisa. Kebanyakan pemenang undian yang sudah-sudah adalah pemilik tiket dengan nomer besar dengan kepala 0090an sampai 0200an. Saya yang nomer tiketnya terbilang nomer kecil mulai hopeless, ih nomer-nomer kecil pada kemana? Kurang dalem tuh ngaduknya. *sirik nih ceritanya* Salah sendiri, dateng kecepetan, sih.

Eh tapi... saya mulai harap harap cemas saat MC nyebut nomer terakhir. 

Kosong... 
Kosong... *ini pasti nomer kecil*
Lima... *tuh, kan!*
Empat. *itu mah sayaaaa*

Saya langsung acungin tangan, ga mau digugurin hadiahnya *yeeeh, mau menang sendiri* . Sambil bawa potongan tiket, lalu nunjukin nomer undian. Matching dong. Jadilah sebuah Magic Warmer Miyako jatuh ke pelukan saya. Padahal tadinya saya udah kesengsem sama Tupperware yang sudah mejeng  dan ternyata suah keburu berpindah tangan ke pemenang sebelum saya. Hahaha... syukurin kenapa, ceu? Lumayan, nambah-nambah koleksi kalau merit nanti hehehehe.

Taraaa, kesampaian juga foto-foto berdua bareng Chef Arnold



Makasih banget buat Mak Dey yang udah berbaik hati fotoin saya tanpa saya minta. unforgetable moment deh. By the way, biar tampang saya sendu, saya ini seorang banci kuis hihihi. I'am a Bouty Hunter and ready for next prize hehehe. Jadi inget Lorenzo Lamas dengan Renegade-nya itu.

Emak-emak yang enggak dapet hadiah masih dapat hiburan dari goodie bag kok. Isinya lumayan juga, selain buku resep seafood dari Fiesta  bersampul Chef Arnold, ada pisau dari Fiesta beserta misting buat wadah bekal.  


Belum puas foto-foto, akhirnya kita berhasil bujukin panitia buat kasih kesempatan eksklusif  foto-foto bareng Chef Arnold, khusus Emak-Emak Blogger saja, enggak ada imbuhan alias penyusup lain. Modusnya? Ah, bilang aja, kan kita mau review eventnya di blog. Beneran, kan? Akhirnya saya bercerita-ceriti di blog saya ini.



 Lumayan, cerah hasilnya. Yipiii. Weekend yang seru. Kapan ya kira-kira ada demo masak bareng Chef Juna?

Masih enggak puas foto-foto eksklusif bareng Chef Arnold, kita minta tolong (lagi) Bang Aswi buat fotoin kita-kita di depan panggung, seperti ini pose terakhir kita.


Emak-Emak Blogger Bandung emang fotogenic. *Pasang helm sebelum ditimpuk*

Sore hari itu, saya pulang ke rumah sambil memeluk erat-erat doorprizenya. Eh, jangan protes dulu dong. Soalnya enggak ada handley nya sih, enggak ada keresek gede juga.


*Foto-foto diculik dari upload-an FB Emak-Emak Blogger*


11 komentar on "Seru-seruan Fun Cooking Demo With Chef Arnold"
  1. Eyaampun, lengkap amat inih review nya...
    berarti kemaren beneran nyimak yah??

    Aku dong, gak ada yang nyangkut sedikit pun omongan si Chef ganteng ituh...hihihi...
    *kok malah bangga*

    Congratz udah dapet door prize nya yaaaah :)

    BalasHapus
  2. nyuri sytart ah dari sekarang....entar yg dijogja gue ngetwit sblm acara mulai...>.<....

    BalasHapus
  3. aku yang ga bisa dateng :( pdhal udah niat banget mau dateng hiks hiks .. next insya Alloh bisa ketemu yaaa

    BalasHapus
  4. @Bibi Titi Teliti
    Ah, siapa bilang. Pas si Chef kupas-kupas jagung, bahas butter dsb, terangin ini itu, aku malah roaming. Nih Chef ngomong apaan sih? wkwkwk....

    BalasHapus
  5. @catatanemak
    hahaha... boleh. Sebagai gambaran, buat tweet lebih dari 50 biar dapat doorprize. Mudah-mudahan formatnya samaan

    BalasHapus
  6. @Tian Lustiana
    Katanya mau ada acara Bloger bersih-bersih Bandung minggu depan. Mudah2an aku bisa ikutan. Yuuuk ketemuan :)

    BalasHapus
  7. mau juga donk mbak miyakonya :D
    senang ya bisa ikutan datang ke acara yg diundang dari KEB..

    BalasHapus
  8. wah asik tuuh,, kabarin yaa teh Efi .. insya Alloh bisa ketemuan deh

    BalasHapus
  9. @Yulita W.N
    Seru lho. Semoga Mak Yulita bisa ikutan acara lainnya juga ya

    BalasHapus
  10. Waahhh... Dan akupun belum nulis reportnya #basideh... Btw sekali lagi semangat buat Miyakonya juga, hehehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.