Top Social

Bring world into Words

Infused Water, Cara Asyik dan Mudah Membuat Minuman Sehat

Rabu, 02 Oktober 2013
Beberapa hari belakangan ini timeline FB saya dipenuhi dengan posting-posting yang membahas tentang OCD, diet ala Dedi Corbuzier yang dipercaya efektif menurunkan berat badan dengan cepat. Saya pribadi tidak tertarik untuk mencoba diet itu. Alasan utamanya, jelas menyiksa sekali buat saya kalau harus berpuasa minimal 18 jam! Bayangkan kalau saya memulai puasa jam 6 pagi hari senin misalnya, saya baru bisa leluasa makan jam 12 malam hari selasa. Bisa sih saya menggeser waktunya dengan menggeser puasanya jam 12 siang, tetapi tetep saja enggak kepingin mencobanya. Hehehe... Lagipula saya enggak harus serempong itu buat menurunkan berat badan sekitar 3-4 kg. 

Selain faktor usia yang membuat saya berfikir untuk mengerem laju kenaikan berat badan, alasan saya untuk tidak sampai mengalami obesitas adalah faktor generatif. Ayah saya mempunyai penyakit diabetes. Secara genetik, saya berpotensi mengalami hal yang sama. Lain ceritanya kalau berat badan saya bertambah pesat karena hamil, itu sih suatu keniscayaan ya kalau berat badan saya bertambah. Kalau tetep kurus, yang ada malah jadi panik. Ada apa denganmu?.....


Alih-alih diet OCD ini, mendingan juga shaum daud misalnya seperti yang dilakukan ibu saya. Meski begitu, bukan juga suatu hak dibenarkan kalau pas berbuka kita jadi kalap alias balas dendam menghajar semua makanan. Saya mau buat pledoi nih, kalau puasa daud saya belum bisa menjalankan, puasa sunnah juga masih angin-anginan (tutup muka).


Infused Water
Selain mengatur pola makan, asupan makanan juga perlu diperhatikan, ya. Nah, selain OCD yang lagi rame-ramenya wara wiri di topik bahasan, ada satu lagi yang jadi topik hangat, infused water. Apa sih infused water itu?
sumbernya dari sini

Sederhananya, infused water atau juga dikenal dengan spa water  itu adalah air yang dicemplungi irisan buah-buahan, dengan syarat buah yang dipakai adalah buah yang bersifat acid alias asam, bukan yang manis ya. Beberapa diantaranya yang bisa dipakai adalah lemon, jeruk, mangga, kiwi, apel, nanas, stroberi, belimbing. Sebagian ada yang mengkombinasikannya dengan mentimun, daun mint dan rempah-rempah lainnya seperti kayu manis atau jahe.

Cara Membuatnya?
Gampang. Kita bisa sesuka hati memilih kombinasi buah yang akan dipakai. sebagai perbanding, untuk 100 ml air kita bisa memasukan 5-10 potong irisan buah-buahan. Untuk stroberi, cukup kita iris menjadi dua bagian saja, sedangkan untuk buah mangga, mending dipotong dadu biar enggak ribet dengan ukurannya yang bakal memenuhi wadahnya. Agar sari buahnya lebih berasa, saya memencet sedikit buahnya. Setelah selesai, simpan dalam kulkas dengan wadah yang tertutup. Semakin lama infused water ini disimpan, warnanya akan berubah mengikuti karakter buah-buahan yang kita pakai. Kalau kombinasi buah-buahan dirasa asam, bisa menambahkan sedikit gula. O, ya pastikan sebelum diiris, buah-buah tersebut sudah dicuci bersih untuk membuang zat pestisida yang masih menempel.

Berapa Lama?
Dengan menyimpannya di dalam kulkas minimal 2 jam, kita sudah bisa meminumnya. Air yang sudah kita minum bisa kita isi ulang lagi dengan irisan buah yang sama. Tapi, jika sudah lewat 48 jam sebaiknya diganti saja ya. Jika disimpan di dalam kulkas, infused water ini bisa bertahan sampai 5 hari lho,  tergantung  sifat dari bauh-buahannya. Jadi, kita bisa membuatnya dalam jumlah banyak sebagai persediaan. Kalau besok lusa kita sibuk, kita enggak akan kelabakan karena kehabisan stok.

Khasiatnya?
Setiap buah-buahan yang dipakai punya khasiat yang unik.
Misalnya, lemon, daun mint dan teh hijau berguna untuk detoksifikasi, membakar lemak, mengontrol nafsu makan, mengatasi sakit kepala, pernafasan, meningkatkan imunitas dan sebagainya.
Stroberi dan kiwi : kesehatan jantung, pencernaan, imunitas, peredaran darah  dsb.

Untuk anda yang mempunyai masalah dengan diabetes dan ginjal tidak saya rekomendasikan untuk mencobanya. Kandungan kalium dan air yang tinggi dari buah-buahan ini malah bisa mendatangkan masalah baru.

koleksi pribadi

Saya sendiri sudah mencobanya.  Kombinasi lemon dan stroberi yang pertama kali saya pakai. Maunya sih ditambah dengan daun mint biar ada sensasi sembriwing. Sayangnya daunt mint ini enggak mudah saya dapatkan di pasar tradisional.Besok lusa, saya coba cari ah di supermarket besar. Mau coba? Silahkan bereskperimen sesuai selera anda.

16 komentar on "Infused Water, Cara Asyik dan Mudah Membuat Minuman Sehat"
  1. wah kayaknya saya perl coba nih,
    meski kebutuhan tubuh saya harusnya digendutin bukan dikurusin, hihih

    makasi resepnya, mak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama :) Disesuaikan aja, jangan pake yanng efeknya ngurusin kayak lemon. Meski sifat buah-buahan lainnya asam ya :)

      Hapus
  2. penasaran..sering sih buatin pake irisan tomat u ayahnya anak2...tapi pake gula ...jadi kayak es buah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya manisan dong mak :)

      Hapus
  3. Makasi sharenya Mbak
    Kalo untuk sekarang sepertinya lebih suka buahnya mak lep aja hehe

    BalasHapus
  4. saya sudah sering baca infused water ini, tapi belom pernah coba. hm,, bisa dicoba tuh, mbak :)

    BalasHapus
  5. mending dimakan aja sih kalo aku buahnya, kan seratnya lumayan..hehe

    BalasHapus
  6. @EDibaFREE
    Kalo belum lewat 24 jam juga suka ku makan tuh. kalau sudah 48 jam sari2nya sudah habis,larut sama air :)

    BalasHapus
  7. saya pernah nyoba strawberry sama sunkist .. lumayan enak tapi ga manis , karena saya suka yg manis2 :D hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang makannya udah manis, kok hihihi

      Hapus
  8. belum pernah nyoba.. tapi pengen bikin juga, biar minum airnya tambah banyak.
    makasih sudah berbagi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Asyik kok mak, bisa eskperimen spa water dengan berbagai pilihan buah :D

      Hapus
  9. Hehe, saya males buatnya :p Beginilah kalau ga doyan masak, buat kaya begini aja ga telaten.. Tapi tipsnya oke mak, saya baru tau nih soal ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah gampang mak. Paling cetek itu kalau pake stroberi. Murah meriah pula

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.