Top Social

Bring world into Words

Surat Kecil Untuk Tuhan

Selasa, 04 September 2012
Judul              :  Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis            : Agnes Davonar
Penerbit          : Inandra Publisher 2011
Halaman         : 228 Halaman + X
ISBN               :  978-979-18346-3-6
Ukuran           :  13 x 19 cm 



Apa yang terbayang di kepala kita jika orang yang kita sayangi atau malah kita sendiri divonis usia kita tinggal menghitung hari?
Sedih,marah, atau frustasi? Apakah kita kan terus menghitung detik yang tersisa sambil terus merajut masa depan?Ataukah hanya diam pasrah menanti sang malaikat maut datang menghampiri?

Kisah sejati Keke, panggilan dari Gita Sesa Wanda Cantika,   berhasil menginspirasi banyak orang. Kisahnya yang ditulis oleh blogger muda Agnes  Danovar dicetak hingga menembus angka 30.000 lembar eksemplar dan dicetak ulang belasan kali.

Meski ia harus terpisah dari ibunya yang sudah bercerai, Kehidupan Keke bersama ayah dan kedua kakaknya Chika dan Kiki berjalan sempurna, selalu bahagia, nyaris tanpa cela. Hingga suatu ketika, saat  Keke bermain voli bersama teman-temannya,ia merasa pusing dan mengalami mimisan.

Kondisi fisik Keke yang tidak menunjukkan pe
rbaikan, hingga membuat ayahnya membawa Keke berobat ke dokter. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, menunjukkan kanker jaringan lunak (Rabdomiosarkoma) bersarang di wajah Keke - yang menyebabkan wajahnya mengalami pembengkakan sebesar bola tenis.

Joddy, ayah Keke tidak tega membayangkan Keke harus menjalani operasi untuk mengangkat benjolan itu. Ia berusaha keras mencari alternatif lain selain operari. Keke dan ayahnya menjajal pengobatan  tradisional ke berbagai kota.

Sebuah infromasi berharga didapatkan Pak Joddy hingga membawa keduanya bertemu dengan Profesor Mukhlis. Keajaiban mulai muncul dan menerbitkan harapan kesembuhan. Keberhasilan Keke melawan penyakit kankernya itu, mengundang decak kagum dunia medis, hingga kasusnya diangkat dalam berbagai seminar nasional dan internasional.

Tak dinyana, kanker yang dikira sudah sembuh itu kembali muncul dan menyerang lebih ganas dari sebelumnya. Keajaiban yang semula diharapkan terjadi tak kunjung tiba. Sadar usianya tidak akan lama lagi, Keke bertekad untuk meninggalkan kenangan terindah untuk orang-orang yang dicintainya.

Selain mengangkat perjuangan Keke melawan penyakitnya, Agnes dan Davonar juga menceritakan kisah persahabatan Keke dengan teman-temannya, rivalitas gank teman sekelas yang berujung islah diantara kubunya Keke dan Angel, dan tentu saja kekasihnya Andi yang setia menanti kesembuhan Keke.

Agnes Davonar berhasil membuat pembaca buku ini mengharu biru, membaca kisah Keke yang dikemas dengan gaya diary ala anak SMP. Dialog yang tercipta antara Keke dan sahabat dan keluarganya pun khas ala ABG. Meski tidak ditulis dengan ejaan yang alay, ada beberapa penulisan yang terasa menganggu. Misalnya saja penulisan udah ditulis dengan uda. Tentu saja bukan homograf dengan panggilan abang  saudra tua dari Minang ya. Di bagian lain,  ada juga penulisan istilah bioksi yang merujuk pada proses pengangkatan contoh jaringan kanker di wajah Keke. Saya mencoba googling untuk mecari tahu pengertian tersebut dan tidak menemukan kecuali biopsi. Dalam beberapa bagian, penulisan partikel "Nya" yang merujuk sebagai kata ganti ketiga untuk Tuhan juga ditulis "nya", bukan "Nya".

Entah bagaimana dengan edisi perdana  buku ini. Embel-embel karikatur dari produk sponsor film dengan judul yang sama terasa menganggu sekali. Well, mungkin sponsor tidak mau rugi ya kalau tidak disediakan space khusus di buku ini.

Terlepas dari beberapa kekurangan buku ini,kisah sejati Keke melawan kankery ang dideritanya patut diacungi jempol.Seperti yang ditulis dalam buku ini, Pesan moral dari buku adalah untuk tidak menilai sesuatu dari tampilan luarnya saja.

“Di mata Tuhan, manusia cantik dari dalam hatinya, bukan dari rupanya. Kecantikan itu tidak abadi, pada akhirnya kita tidak akan meninggalkan apapun ketika kita menghadap-Nya.
Post Comment
Poskan Komentar

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.