Wednesday 23 August 2023

Liga Inggris Pekan Kedua: Szoboszlai Jadi Idola Baru di Anfield

Yeay, putaran minggu kedua Premier League sudah selesai. Perubahan di klasemen sementara belum terlalu signifikan meskipun ada yang naik drastis (siapa tuh? :X) tapi masih sangat mungkin bisa bergeser di pekan ketiga nanti dn mungkin di pekan lainnya. Bisa dibilang Liga Inggris makin sini makin ketat. Ya, kan?

Gimana, gimana jagoan kalian? Menang? Seri? Apak kalah? Huehehe (kenapa ketawa sih?)

Baiklah, seperti biasa saya mau bahas dulu tim jagoan saya, Bang Ipul alias Liverpool. Diatas kertas lawan Bournemouth mestinya menang mudah. Apalagi pertemuan di musim kemarin Bang Ipul menang banyak, 8-0, lho!  

Tapiii itu musim kemarin. Bournemouth ga bisa diremehin. 

Bener aja kan, di pertandingan kemarin malah Bournemouth ini memimpin skor duluan di awal-awal babak kesatu. Solenko menetak gol di menit ketiga, 0-1! Mana pake selebrasi salto. Apa  ga kebat kebit tuh? Sebagai fans mulai deh ketar ketir. Apalagi permainan Liverpool tipikal yang terbuka ditambah gelandang bertahannya bisa dibilang ga ada (sebelum Endo masuk).

Sebenarnya ada 2 gol yang tercipta di menit ke  dan ke   cuma setelah dicek lewat VAR ternyata ga sah. Skor pun tetep 0-1.

Sambil lihat menit pertandingan deg-degan deh lihat skor. Mestinya di babak kesatu ini bisa membalas gol, secara Bang Ipul ini kan mood swing (wkwkwk), kadang bagus kadang agak bagus. Bagus bangetnya itu ga bisa diprediksi.

Yeeee suuzhan deh. Ternyata di menit ke-28 Luiz Diaz bisa mengonversi umpan dari Mo Salah, 1-1! Mulai deh tensinya naik. Disusul gol Salah yang memanfaatkan bola muntah dari blocking penaltinya kiper Bournemouth, Neto. Skor berubah jadi 2-1

Meski tetep aja ya bikin ga tenang. Dalam hati mikir deh ini babak kedua harus masuk pemain Endo Wataru. Jangan sampai pertahanan jebol. Skor 2-1 ini bisa aja kesusul. Udah, ga usah ngarep lagi pesta gol kayak taun kemarin.

Idola Baru

Ada pemain anyar si abang ganteng Dominik Szoboszlai yang penampilannya  mengundang perhatian. Beuh dia kayak angin. Ada di mana aja. Bahkan gol pembuka Bang Ipul ga lepas dari andilnya yang mengecoh bek Bournemouth yang bikin dia dijegal.   

Setelah itu skema serangan permain Liverpool makin intens aja.  Szobo ini kayak ga ada capenya, vumpan-umpannya terukur, visioner pula. Udah kayak kreator serangan  Sebagian fans bilang dia ga menyia-nyiakan peran nomor 8. Yes, saya setuju.  Asiknya  lagi dia ga egois. Ya mungkin karena dia tipikal gelandang, ya. Beda sama Salah atau Diaz yang berkompetisi menunjukkan ketajamannya.

Ciwik-ciwik yang bingung mau ngefans sama pemain Ipul yang ganteng maut, boleh deh lirik doi muehehe. 

Terus buat skuad musim sekarang jagoan kamu siapa?  Saya? Andy Robertson aja.  Suka sama eksplosifnya dan dia ternyata gokil dan lucu kalau lihat postingan tim pas lagi latihan atau main. Energik pula.  

Ttitik Balik

Lanjut ke cerita ya. Intensitas permainan antara dua tim ini bikin jantung The Kop belike berhenti sebentar. Alexis Mac Allister kena espuzo alias kartu merah.  Padahal tacklingnya ga keras. Y kartu kuning lah maksimal. Tapi aturan baru liga Inggris kalau ga salah deketin wasit (misal mau protes) bisa kena hukuman aja, kan? 

Ya udah legowo. Macca juga pasarah aja harus mandi duluan (soalnya kalau kena kartu merah ya ga boleh diem di  bench kayak pemain lain yang kena rotasi). Harus nunggu di dressing room. The good news is, kartu merahnya Macca ini dibatalkan dan dia tetep bis main di match pekan ketiga nanti, pas lawan Newcaste United.

So here we go.

Momen di sini nih yang orang-orang nyangka Liverpool bakal down ternyata malah jadi titik balik. Adalah Diogo Jota yang berhasil mencetak gol ketiga di menit 62. Karena minus 1 pemain bikin komposisi pemain jomplang, Klopp menarik Gakpo dan memasang Endo di tengah.  

Dengan permainan Bournemouth yang terus mencoba peluang mengejar ketinggalan plus minus 1 pemain, emang udah bener Klopp memasang pemain yang cenderung bertahan. Meski ga semoncer Szobo, Endo yang bahkan belum sepekan bergabung ga jelek-jelek amat. Kalau kita mah kan alesannya masih jet lag lah, atau masih mau leyeh-leyeh (jitak).  

Rapor Pemain

Secara keseluruhan trio gelandang anyar ini bermain cukup baik, terutama abang Szobo itu tadi ya. Ga heran dia emang layak dapat nilai 9, paling tinggi dari temen-temen lainnya. Publik Anfield atau pemirsa setia layar kaca pasti  pada seneng (yakin, deh) kalau Szobo ini bakal jadi idola baru di Anfield. Selepas Gerrard atau Alonso, emang kayaknya belum nemu sosok yang pas buat pemain mid fielder. Ya ga, sih?

So, ini rapor para pemain Liverpool di pekan kedua versi saya

Starting XI

Alisson 8

Alexander Arnold 7

Konate 7

Virgil Van Dijk 7

Andy Robertson 8

Mac Allister 7

Szoboslai 9

Gakpo 7

Diaz 7,5

Salah 7,5

Jota 8

Subtitusi

Endo Wataru 7

Joe Gomez 6,5

Elliot 7

Tsimikas 7

Nunez 6,5

Minggu depan udah ketemu partai seru algi. Bertandang ke kandangnya Kastil Anyar alias Newcastle United. Di musim kemarin Liverpool bisa memenangkan pertandingan kandang dan tandang sama Juve cabang England ini.

Musim ini? Semoga bisa mengulang kemenangan. Dengan catatan jangan remehin juga tim besutannya Eddie Howie. Selepas periodenya Alan Shearer, sejak musim kemarin mereka jadi penantang serius di perburuan juara, Bahkan seperti kita lihat, mereka berhasil merebut tiket terakhir zona Champions hik hiks

So, kalau mau konsisten di perburuan titel juara, mesti menang lah. 2-0 atau 3-1 deh. Jangan irit, karena selisih gol juga penting



Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.