Saturday 19 November 2022

Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering

 Cung, siapa yang (pernah) punya jenis kulit kering?

Sini, sini kita ngobrol, yuk.

Kita berdoa sama-sama agar masalah kulit kering ini segera usai, ya.  Terus kulit kita jadi kembali lembab, dan plus bonus jadi kenyal, glowing dan sehat. Insya Allah


Sejak  berberapa waktu saya lagi belajar soal afirmasi positif. Saya belajar buat ngomong yang baik-baik. karena kata-kata adalah doa. Setuju? Makanya di awal saya bilang pernah pake tanda kurung. Artinya masalah ini ga akan keterusan. Siapa juga yang pengen punya masalah terus-terusan dipiara. Ya, ga?

Masih soal afirmasi positif, itu bukan cuma ngomong doang lho. Bakalan jadi gagal atau susah terwujud karena 3 masalah ini:

* Ga yakin

* Ga sabar

* Ga action

Dua poin di atas kita bahas lain waktu, ya. Janji. Nah, yang poin ketiga ini soal action. Dalam rangka mengatasi masalah kulit kering kita harus action. Ga bisa lah kulit kita jadi lembab kalau ga ada usaha.

Ini dia versi saya buat menjaga kulit kita tetap terhidrasi

Usaha dari Dalam

1. Minum air yang cukup

Udah jelas ini mah. Semuanya pasti setuju kalau harus disimpan di list numero uno alias paling awal. 

Soal ini ada beberapa patokan. Ada yang bilang 8-10 gelas. Ada yang bilang sampai 3 liter. Ada juga yang mengukur dari proporsi berat badan. Silakan mau ambil patokan yang mana, ya. Karena masing-masing punya dasarnya. tapi kita sepakati jangann sampai kurang dari 8 liter atau 2 liter sebagai standar minimal. Setuju?

Paling mudah untuk nyicil kebutuhan minum ini, kita bisa memulainya dari bangun pagi. Saya suka nyediain galon mini di kamar. Biasanya abis solat subuh saya bisa minum 2 gelas air minum tuh. Kalau ga nyediain air minum udah deh bawaanya lupa. ya, ga? 

Kalau punya tumbler bisa juga masukin ke tas buat diminum di jalan. Tapi saya suka nyempetin buat minum dulu sebelum pergi. Pas pulang ke rumah juga udah kudu minum lagi. Apalagi kalau di perjalanannya lumayan lama bisa sampai seharian. 

Saya prefer beli botol minum yang jadi biar kalau udah abis tinggal buang. males soalnya kalau menuhi tas hahaha.  Tapi inget  ya, apapun makanannya jangan lupa sempetin minum air putih.

2. Banyak makan buah dan sayur

Inni gampang-gampang susah emang. Kenapa? karena ga semua orang suka makan buah dan ga semua buah juga kita suka. masih  Saya misalnya kurang suka tuh makan melon. Palilng doyan kalau makan mangga, sirsak, stroberi, nanas dan kiwi hmmmm yummy. Selain itu seperti semangka, pir atau pepaya saya masih hayu. Repotnya kalau pas buah yang kita suka lagi ga musim. Makanya banyakin buah yang kita suka biar ada alternatif kalau pas yang kita mau itu lagi out of stock.

Sayuran? 

Serangkai sama buah ini. Ga usah yayng paling mahal, ada kok yng murah. banyak. Sabagai penganut quick cook saya tuh paling doyan dioseng aja deh hahaha.

O, ya ada cara asik makan buah dan sayur. kalau buah dijus (ga pake gula) dan sayuran itu saya ga bisa nolak kalau dihidangkan salad. Udah deh, kayak ketemu artisidola saya. Ga bisa skip. Enak banget meski cuma dikasih topping mayonese (walau ada yang bilang ini ga sehat, tapi ga sering-sering alias tiap hari ini)

3. Kurangi gorengan

Saya nyebutnya guilty pleasure. Hayo siapa yangsependapat? Yuk ngacung :D  Kalaupun ga bisa berhenti sama sekali, direm aja. Dan sekali makan cukup 2-3 potong. Jangan banyak-banyak. bagus-bagus kalau cuma sebiji. tapi susah emang ya hihihi

4. Istirahat yang cukup

Tau, ga? Kalau kita kurang tidur  atau suka begadang, cairan tubuh kita ikut berkurang. Semakin larut kita tidur semakin banyak cairan yang menguap. Makanya gag heran kan kalau kita abis begadang muka kita tuh ga seger. Ya abis gimana? Kurang cairan.

Perawatan dari Luar

Udah ah, air wudhu aja. Cukup.

Hohoho kurang tepat, bestie. Sebagai muslim wudhu itu emang penting dan harus terjaga setiap kita mau solat. Minimal kita bisa wudhu 5 kali dalam sehari. 

Bisa sih jadi cuma 3 kali. Misalnya dari maghrib ke isya itu waktunya pendek kan, ya. Yang luar biasa itu kalau dari dzuhur ke ashar. Kan lumayan panjang. Tapi salut kalau emang bisa jaga wudhu tanpa intermezzo kentut atau kebelet pipis dan pup misalnya. 

Lah ini kenapa jadi bahas kentut? muehehehe.

Ayo kita balik ke topik.

Perawatan dari luar itu banyak sih. Mulai dari cuci muka, pakai moisturizer, dan belum lagi printilan lainnya seperti toner dan serum. 

Soal  moisturizer untuk kulit kering, kita ga usah merasa insecure dan membandingkan merk yang kita pakai dengan orang lain. Buukan soal mahal atau murah. dienrose artis atau enggak. Yang terpenting itu kenali dulu kesesuaian produknya. Cocok ga sama kebutuhan kita?

Cek komposisi

Jangan lupa untuk cek komposisi moisturizer yang akan kita beli sebelum check ouot di market place atau beli langsung di toko. Apalagi di saat ini produk perawatan yang kita pakai itu kan bukan cuma moisturizer dan sabun muka aja. 

Misalnya nih produk yang kita pakai itu menganduk niacinamide. Kalau udah tau apa aja kandungannya, pastikan komposisinya ga tabrakan dengan bahan aktif lainnya yang kita dapatkan kalau memakai serum. Atau mungkin ada bahan lain yang mana kamu tuh sebenernya alergi. Sebaiknya pilihlah moisturizer yang bebas alkohol dan pengharum agar kulit wajah tidak teriritasi.

Pilih yang berteksur krim

Pilihlah moisturizer dengan tekstur krim agar terserap lebih optimal oleh kulit. Pelembab dengan tekstur ini mempunyai kandungan minyak yang dibutuhkan kulit agar terjaga kelembabannya. 

Cocok-cocokan

Bukan cuma soal harga aja. Misala da 2 jenis produk yang hargganya ga jauh beda. taapi yang ini lagi ngehype dan banyak artis yang endorse. Tapi kalau ternyata komposisinya ga sesuai dengan kebutuhan kita, ya udah. Skip aja. 

Sudah berizin BPOM dan halal MUI?

Ga susah buat ngecek ini di label kemasan. BPOM tenteunya ga akan ngasih lisensi kalau mengandung produk berbahaya. Kalau sudah ada label BPOM berarti aman. Beberapa produk dengan zat aktif yang tinggi diperlukan pengawasan dokter untuk pemakaiannya dan biasanya harus rutin dicek secara berkala untuk memastikan kondisi kulitnya aman-aman aja.  

Khusus buat kamu yang muslim, biar tenang  dan ga khawatir, pastikan produk yang dipakai ini juga sudah bersertifikat halal.

Mudah Didapatkan

Jangan sampai udah cocok sma produk ini ternyata pas mau beli kudu PO 2 minggu misalnya.  Biasanya kita bisa mengira-ngira dengan netto kemasan 20 gram misalnya bakal kepakai berapa lama? Saran saya setiap mau repurchase alisa beli lagi jangan nunggu sampai beneran habis. Misal nih, usia pemakaian moisturizernya sebulan pas. nah, pas udah 3 minggu pemakaian jangn lupa segera stok ulang.

Masuk budget

Krimnya udah cocok tapi harganya ga cocok. Gimana ceritanya?  Ga mau kan anggaran belanja bulannya abis cuma buat beli moisturizer aja? Karenanya pas punya nominasi perskincare-an yang akan dibeli, kita udah punya patokan belanja. Misalnya untuk sebulan bakal ngabisin 300-400 ribu. Carilah produk skincare yang total pembelanjaannya ga lebih dari anggaran yang sudah ditetapkan. 

Inget, cocok enggaknya skincare dalam hal ini moisturizer ga selalu berbanding lurus dengan harga. ga usah gengsi kalau ternyata kita cocok sama produk yang terbilang murah. Malah mestinya hepi dan bersyukur karena alokasi belanjanya bisa dipakai buat yang lain. 

Biar ga galau menentukan mau pakai moisturizer  mana yang cocok, dan fokus nyari rekomendasi yang tepat, kamu bisa di ceklist.id lho.

Selamat memillih moisturizer kesayangan :)
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.