Friday 25 March 2022

Belajar Tidak Menyerah dari Bayi

"Ibu, bapak, tau nggak apa hikmahnya anak bayi itu baru bisa bicara setelah bisa berjalan?"

Itu adalah sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh mentor yang saya ikuti di sebuah kelas zoom. Tentu saja jawaban bukan soal tahapan siklus tumbuh kembang anak yang harusnya begitu.

Ada filosofi di dalamnya dan ga kepikiran sama sekali oleh saya.

Bersyukurlah kita karena  Allah membuat tahapan urutan tahap tumbuh kembang anak seperti  itu.  Sang mentor bilang kalau anak-anak bisa ngomong duluan sementara dia masih belum bener berjalan, mungkin dia akan mengeluh. "Bu, aku jatuh. Sakit. Udah ah, ga mau belajar jalan lagi."

Hikmahnya kita jadi belajar dari mereka. Jatuh dalam proses belajar buka  berarti kita harus menyerah. Ayo ulang lagi. Kamu pasti bisa.

Sama seperti kita menyemangati anak-anak yang sedang belajar jatuh. Yang biasanya kita lakukan adalah membantunya berdiri lalu menyemangatinya. "Ayo, nak. Kamu bisa."

Ga pernah kan kita ngomelin mereka. Seperti "Aduh, nak. Jangan sok tahu, "

atau "Udah, udah jangan maksain kalau ga bisa."

Nggak gitu.

Dan begitu mereka bisa berjalan lancar atau lari melesat kita bersorak, ikutan seneng. Walaupun rempong ya ngejar mereka yang lincah. Mungkin di satu waktu kita merasa cape dan ngos-ngosan. "Duh, nih anak kok kayak abis ngunyah batre yang long lasting itu hahahaha

Nah ngomongin soal jatuh sebenarnya ga usah khawatir sih. Kalau tagline sebuah sabun deterjen bilang "Berani Kotor itu Baik", maka "Kalau Jatuh, ayo Bangkit."

Terluka?

Oh tentu saja tidak usah khawatir. Kan ada P3K yang bisa kita andalkan. Misalnya saja Betadine. Ngomong-ngomong soal betadine, obat yang satu ini legend sekali. Sejak saya masih bocah cilik udah eksis, lho. Kalau Betadine ini berwujud manusia, dia juga udah punya anak yang udah gede-gede malah udah punya cucu.

Saya jadi inget dulu waktu kecil pernah tuh jatuh kesandung batu. Dan pas jatuh tersungkur itu, bagian idung yang kena batu. Berdarah, dong.

Sakit?

Iya banget. Saya masih inget situasinya. Jadi waktu itu saya lagi maen di kantor tempat mama saya kerja. Kebetulan lokasinya emang deket rumah. Cuma beberapa langkah aja. Nah, pas lagi maen di halaman kantor, saya melihat Apa (bapak) pulang. Waktu itu beliau lagi mengendarai motor.

Dengan semangat 45, Efi kecil yang masih anak tk itu segera minta kunci rumah sama mama. "Mah, mana kunci? Apa pulang."

Setelah menerima kunci saya segera mengejar Apa, Tapi kan kecepatan motor sama langkah kaki kecil saya ga sepadan. Apa terus melaju. Suara saya ga kedengeran. Selain pake helm ya suara saya emang kecil. Tapi saya ga nyerah, Terus aja lari dan akhirnya jatih tersungkur. Hidung saya membentur batu. Sakit. Saya nangis. Darah mengucur deras dari hidung saya. Banyak kayaknya. Saya segera mendapat pertolongan. Dikasih kapas buat membersihkan tetesan darah dan obat. Kaki yang luka juga dikasih obat.

Kalau inget masa kecil dulu, saya yakin temen-temen pasti ngalamin juga yang namanya baret-baret. Siku dan lutut sih biasanya yang sering terkena. Coba, nanti teman-teman boleh cerita juga pengalaman luka-luka yang dialami waktu masa kecil dulu, ya.

Seiring waktu, produk dari Betadine semakin bertambah. Ada plester, mouthwash, feminine hygine sampai sabun mandi. Komplit. Kemasannya juga lucu-lucu dan menarik. Rasanya ga nahan buat mengadopsi terutama untuk sabun madi dan feminine hyginenya itu. Badan rasanya bukan cuma bersih tapi bebas dari kuman. Ya, nggak? Kalau mau detil lengakap dari produk-produknya,  bisa lihat di https://betadine.co.id/, ya.

Betadine ini keren banget. Dari yang dulunya saya kenal sebagai perawatan luka, sekarang bukan cuma merawat dan menyembuhkan, tapi juga melindungi.

Kembali soal berlari, saat kita sudah dewasa, mungkin kita sering merasa takut, atau kapok karena merasa gagal.

Padahal yang namanya gagal adalah proses belajar. Mungkin kita ga tahu kalau langkah kita menuju keberhasilan sebenarnya udah deket. Deket banget malah. Tapi kita terlanjur mengibarkan bendera emrah putih. Sayang sekali.

Makanya bener kalau Tuhan itu ga melihat hasil, tapi bagaimana proses alias ikhitiar kita. 

Jadi, kalau teman-teman sekarang lagi dalam proses mewujudkan resolusi, tetap semangat, ya. Jangan menyerah. Kita ga akan pernah tahu  kalau ga pernah mencoba. Inget aja apa yang pernah kita lakukan dulu. Jatuh, bangun lagi. Coba terus sampai bisa lari yang kencang. Sampai bikin ortu kita cape mengejar :)

 


Share:

1 comment:

  1. Eh, ternyata hikmahnya bisa jalan duluan daripada bicara tu seperti itu, yaa... Baru terpikir ih, Teh...

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.