Saturday 7 May 2016

Manfaat Positif Permainan Edukatif Indomilk Jagoan Boboiboy

Azka, udah bilang sama Umi, belum?
Biasanya itu pertanyaan yang saya sampaikan setiap bocah kelas 2 SD itu datang ke kamar saya.  Kalau udah begini saya ngerti banget  Azka mau pinjem hp saya untuk lihat video  di youtube.

Sekali saja saya kasih tau, bocah yang tampangnya rada oriental ini  sudah tau  pola password yang harus dilukis di ponsel pintar  saya. Bayangin aja, jaman saya seusia dia mana ngerti beginian.  Dasar anak digital, nih :).

Setali tiga uang dengan Azka, Icam, adiknya  Azka si bocal kriwil yang usianya 3 tahun ini juga udah mudeng sama gadet. Repotnya kalau keduanya  sudah dateng barengan. Yang satu mau lihat princes ala-ala Elisa Frozen, yang satu mau lihat video mainan mobil. Ya ga mungkin dong ya anak laki-laki diajak main boneka-bonekaan.

Mau ga mau harus  gantian, meski kadang-kadang salah satunya jadi merengek ga sabar nunggu giliran.
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
credit: dokumen pribadi
Dulu waktu saya kecil, permainan paling canggih yang gameboard, itu pun jarang saya mainkan karena kebanyakan main ciat-ciat ala-ala kungfu. Paling banter  ya maen tetris itu hehehe. Hey, kemana ya permainan ini? Dulu sempat main di komputer atau ponsel jadul dengan layar monokrom.

Nguplekin gadgdet memang bisa membuat orang jadi anteng dan abai dengan lingkungan sekitarnya. Saya sendiri suka mengingatkan  Azka untuk menyudahi keasikannya.

Biasanya anak yang ceriwis  ini ngerti sendiri. Meski kadang-kadang dia cuma bilang "hmmm...",  "iya....",  "bentar....". 
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Icam lagi sabar nunggu giliran
Meskipun banyak gadget dengan teknologi pintarnya semakin membanjiri kita,  memainkan gadget sebenarnya masih ada permainan lain  yang membantu mengasah kecerdasan seorang anak.  Kurang lebih seperti itu inspirasi yang saya dapatkan saat menghadiri  acara Sosialisasi Indomilk Jagoan Boboiboy di Bandung pada tanggal 31 Maret kemarin.  
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Dua narsum, Ibu Vanda dan Mbak Saskhya dipandu mc dalam sesi diskusi

Diskusi interaktif

Menghadirkan narasumber Ibu Vanda Ratana selaku marketing manager Indomilk Liquid PT Indolakto dan Psikolog anak Saskhya Aulia Prima M.Psi, saya dan teman-teman blogger KEB serta awak media mendapatkan pencerahan seputar  permainan edukatif  untuk anak. Selain untuk memenuhi kebutuhan gizi Indomilk  juga ingin mendorong para orang tua di Indonesia  untuk menyediakan permaianan  yang seimbang. Selain dimainkan bersama teman-temannya, permainan ini bisa dimainkan dengan keluarga, termasuk dengan orangtuanya, lho.
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
perbandingan efek gadget dan real game pada anak
Salah satu teman blogger, Tian sempat melempar pertanyaan  yang unik. Berbeda dengan teman-temannya yang punya kecenderungan ingin menang ketiga bermain bersama teman, Marwah malah pernah berpikir untuk mengalah,  karena takut temannya akan marah kalau kalah terus. Karakter  yang unik, ya?  Mbak Saskhya memberikan tanggapannya soal ini.
Kita bisa melihat situasi dan dengan siapa anak bermain.  Ada kalanya anak  bisa mengalah dalam situasi tertentu. Let's say dengan mengalah ia akan lebih mudah mendapatkan teman, ya enggak apa-apa. Tapi  ga berarti selalu harus mengalah.   Dalam kondisi lain ia harus  percaya diri untuk tetap berusaha maksimal dan tidak takut  untuk menang.
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Tidak semua gadget bisa memenuhi aspek  yang dibutuhkan anak pada masa tumbuh kembangnya.  Gadget boleh aja, tapi sebaiknya dibatasi  porsinya.
Lalu permainan seperti apa yang bisa kita sodorkan pada anak-anak agar mereka tetap tertarik bermain meski tidak melulu harus memegang gadget? Boboiboy dipilih dengan pertimbangan sebagai salah satu permainan  yang masuk 5 besar  yang disukai dengan anak-anak.

Dengan spirit yang sama seperti  diusung oleh film animasi anak Boboiboy, Indomilk mensosialisasikan papan permainan  Jagoan Boboiboy. Dengan semangat dan nilai petemanan yang energik, aktif, imajinatif, dan menyenangkan,  acara peluncuran  acara yang juga dihadiri oleh beberapa anak yang diboyong oleh para emak KEB disambut dengan antusias. 

http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Jagoannya Mak Putu jadi model :)
Papan permainan edukatif Boboiboy  ini ditujukan untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Pada usia ini mereka sedang berada pada tahap concrete-operational.

Pada tahap usia ini mereka sudah bisa berpikir dengan stabil dan bisa menggunakan logika daripada instinknya. 

Manfaat positif permainan real dibanding gadget

Menurut Mbak Saskhya, piskolog yang sehari-harinya praktik di Jakarta ada beberapa hal positif yang bisa didapatkan anak dengan memainkan permainan real seperti  Jagoan Boboiboy. Dengan memainkan permainan ini, akan membantu mengasah beberapa kemampuan pada anak. Beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

Berpikir
Kemampuan berpikir pada anak akan diasah untuk melatih strategi dan melakukan perencanaan bagaimana caranya untuk memenangkan permainan.

Emosi 
Setiap anak tentunya ingin menang, tapi kenyataannya harus ada yang menang dan ada yang mengalami kekalahan. Ketika usia anak semakin bertambang, dia akan belajar menahan egonya dan siap menerima kenyataan  kalau ia kalah. Pendeknya permainan ini   akan melatih anak agar tidak mudah pundung dan berani mengambil risiko ketika memajukan salah satu karakter pilihannya.

Sosial 
Berbeda dengan gadget yang dimainkan sendiri, anak akan membutuhkan kehadiran temannya  untuk memainkan permainan ini.  Di sini lah ia akan belajar untuk berinteraksi dengan mendapatkan teman baru. 

Motorik 
Untuk dapat memainkan permianan ini selain  mendapat teman yang  bisa menjadi lawannya, terlebih dulu semua bahan harus disiapkan. Salah satunya adalah menggunting tokoh permainan dari kemasan susu yang didapatkannya. Semakin bertambah usianya, anak akan berusaha untuk menggunting tokoh  karakter  dengan lebih baik dan rapi.

Papan permainan seperti yang digunakan kedua bocah lucu di atas bisa didapatkannya dengan cara mengunduh di  situs indomilk.  Untuk karakter permainan sebanyak 24 karakter bisa didapatkan dengan membeli  Indomilk kemasan UHT ukuran 115 ml atau  ukuran 190 ml.   Jadi kalau sebelumnya  setelah meminum susu Indomilk kemasannya akan dibuang, maka sekarang jangan langsung dibuang.  Gunting dengan rapi tokoh yang akan dikumpulkan. Beberapa  tokoh dari karakter Boboiboy ini diantaranya  adalah Gopal, Yaya, Ochobot, BoBoiBoy, Ying, dan Fang.

http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
sumber foto: indomilk.com
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Karakter jagoannya bisa dipilih dengan melihat gambar yang terdapat di setiap kemasan. sumber foto: indomilk.com
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
jangan lupa download papan permainannya. sumber foto: indomilk.com
Untuk memainkan  permainan edukatif ini tidak sulit.  Setiap jagoan Boboiboy yang sudah dipilih dijajarkan pada setiap posisinya di atas kotak permainan. Untuk menentukan siapa yang berhak maju lebih dulu, dua anak yang beradu  akan memulainya dengan melakukan suit.   Setiap karakter  bisa bergerak dengan bebas, ke depan atau ke samping sebanyak satu langkah.

Bila pada satu waktu tokoh yang dimainkan saling berhadapan, pemenang akan ditentukan nilai power  yang dimiliki.  Karakter dengan nilai power  yang tinggi bisa memenangkan permainan tapi bilai nilainya sama, pemenang akan ditentukan dengan  suit.  Tapi jangan khawatir  kalau ternyata nilai powernya lebih kecil. Ada cara lain bisa digunakan untuk menentukan pemenang dengan melihat skill yang dimiliki  oleh kedua karakter yang berhadapan. 

http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Dua krucil KEB ini sedang beradu strategi


Sebelum acara berakhir, audiens dihibur dengan demo masak  oleh Chef Ari Galih yang mendemonstrasikan dua jenis masakan  yaitu Tuna Pasta dan Strawberry  Indomilk Shake dengan menggunakan susu cair Indomilk sebagai salah satu bahan yang digunakan.
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Tuna Pasta ini rasanya gurih banget, bikin nagih
http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Packaging anyar Indomilk yang ergonomis, anti tumpah dan belepotan ketika dituangkan

Tentang Indomilk:

Indomilk adalah salah satu produsen susu  ful cream yang salah satu produknya hadir dalam kemasan UHT tetra pack (115 ml dan 190 ml) dan  UHT 1 liter.  Terbuat dari 99% susu segar yang mengandung fosfor, vitamin D, A, B1, B6 dan sumber protein.  Indomilk menandung komposisi susu sapi segar, susu skim bubuk dan pesntabil nabati. Saat ini Indomilk merupakan produsen susu petama di Indonesia yang menghadirkan teknologi  tetra edge  yaitu packaging  yang ergonomic. Dengan kemasan seperti ini Indomilk lebih nyaman saat dipegang, lebih  mudah dituangkan dan tidak beleber serta lebih efisien di lemari es.

http://www.catatan-efi.com/2016/05/manfaat-positif-permainan-edukatif-indomilk-jagoan-boboiboy.html
Ritual wajib setiap acara, foto bareng. Credit foto: Mak Dwi Wulan

Share:

18 comments:

  1. Yuk kita main papan boboboi ini ☺

    ReplyDelete
  2. Yuuk, kita tanding lawan Marwah :D

    ReplyDelete
  3. Ih cakep reportasenya Maaaak. Hihi. Anak-anak aku pun sampe sekarang maish berburu jagoan indomilk di kemasan indomilk. Hihi. Semoga menang blog competitionnya ya Maaaaak. Aaaamiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirimu juga ngeliput dan nulis ya, Mak. Gudlak juga ya Mak, Aamiin. ^_^

      Delete
  4. saya gagal fokus lihat chef galih hahahahaha

    ReplyDelete
  5. wahhh Boboiboy itu tokoh fav si bungsu, dia juga ngumpulin tokoh2nya lewat susu indomilk yang dia beli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ponakanku juga suka, Mbak. Wah, asik dong si bungsunya ga kan addict sama gadget ya, mbak. :)

      Delete
  6. wuahhhh seru abiz teh
    palagi yang bagian masak masak
    #etep ya aku mah makanan muluk yang diarah hihii
    aku juga dulu sukanya permainan nyata bukan yang diawang awang, lebih kerasa di indera peraba ahai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehheheehehe... Aku juga suka makan, Kok Nit. Toss dulu, dong :)
      Aku juga kangen sama masa kecil. Kalau seumuran gini maen dolanan dulu malu, ah. Tar dikira masa kecil kurang bahagia pula :D

      Delete
  7. aku jg ga pengen anakku trs2an mainnya gadget mba..makanya ut gadget aku batasin waktunya.. untungnya sih dia jg bukan gadget freak bgt.. masih seneng main yg kyk buku, tp kalo digosok dgn uang logam, akan kluar gambar.. permainan jaman dulu bgt kan itu.. ga sengaja nemu di penjual mainan anak2 yg srg nongkrong di PAUDnya si kaka.. yg begitu2 lgs deh aku izinin utk dibeli.. ini lg niat mw beliin ular tanggal. ludo, halma, biar dia ngerti jg permainan gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka goresin uang logam di kertas gitu pas kecil dulu, mak hehhehe. Wah masih ada ya mainan gitu? Aku palingan maen ular tangga aja bisanya. Ludo sama Halma mah suka cepat nyerah hehe

      Delete
  8. saya juga liat anak-anak main real game, soalnya saya jadi bisa ikut maen. Agak susah maen bareng di gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu pernah addict sama game candy crsuh gitu. Tapi waktuku jadi ga produktif. Akhirnya delete aja permainan itu.

      Delete
  9. Huahahahah..baru perhatiin nih ada foto kita eksis di sini :D :D
    Makasih mbak efi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi asiknya jadi blogger kits suka numpang mejeng di posting an ya, mbak Andy. Sama-sama, kembali kasih. Hehe

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.