Wednesday 22 July 2015

7 Fenomena Umum Setelah Lebaran

Ga kerasan, ya, lebaran  udah lewat hampir  seminggu.  Suasana  di bulan puasa kemarin  bikin baper  alias terbawa perasaan, (uhuk).  Kangen sama  kegiatan  ramadan seperti  salat tarawih, terkantuk-kantuk  nyiapin sahur,  buka puasa  bersama  keluarga  atau teman dan  momen-momen yang ga  bakalan kita temukan di bulan biasanya. Biasanya di bulan syawal,  beberapa hal ini dialami kebanyak  oleh kita. Iya, enggak semuanya, sih. Tapi 1 atau dua pasti ngalamin (maksa).  Hayooo, ngaku,  ngalamin  yang mana aja?
 
gambarnya dari shutterstock
1. Dompet Bersih Kembali
Iyes, ini  ga diragukan lagi. Seneng sih dapat THR dari bos  atau tempat kerjaan.  Tapi  yang udah dewasa  punya kewajiban  plus-plus mengestafetkan  THRnya buat  yang lain. Setelah membayar zakat fitrah, list  yang harus buru dipenuhi dari anggaran THR tidak jauh-jauh dari  tiket  mudik,   oleh-oleh  buat  saudara di kampung halaman, ngasih THR  PRT (kalau punya) dan kasih angpau  buat ponakan. Abis gitu biasanya  abis lebaran juga diisi sama acara liburan bareng  teman atau keluarga. Walhasil  dompet juga  bisa kayak  hati, suci bersih kembali.  Mudah-mudahan di ATM  ga ikutan  minta maaf karena  ga bisa ditarik, ya. Duh, ga asik ah gajian bulan depan kena potong karena udah kas-bon lagi.

2. Timbangan Berat Badan Naik
Seneng sih  pas puasa berat  badan  turun, badan jadi langsing dan ringan. Eh tapi....  gara-gara  wisata kuliner  pas silaturahmi keluarga, jarum timbangan  lari lagi  ke kanan. Sedihnya kalau berat badan udah nambah, baju-baju lama  yang asalnya muat jadi sempit  lagi. Huhuhu....  mudah-mudahan baju lebarannya  ga ikut-ikutan sempit   ya. Nah,  waktunya diet lagi. Cara paling aman, segera  puasa  lagi. Bayar utang puasa  atau  puasa syawalan.  Sekalian membantu menghemat  dompet yang udah dying alias sekarat  hehehe...

 3. Tagihan  Kerjaan  Kantor
Libur lebaran  ternyata  bisa bikin kita mencelos. Balik  lagi ke kantor tau-tau udah  udah banyak tumpukan file  yang harus dibereskan. Apalagi udah mau tutup bulan. Kepala bagian, kepala  divisi, dan aneka kepala-kepala lainnya udah kayak debt collector, nagih laporan kerjaan.

4. Cari PRT  Baru
Si mbak bilangnya  mudik, eh abis  lebaran ga balik lagi. Ada yang pindah ke lain  majikan alias kerjaan baru, ada juga yang betah di kampung dan ga mau balik lagi karena menikah atau dinikahkan. Ya, gimana? Pilihannya kalau ga cari PRT  baru ya kerjain sendiri semua kerjaan rumah.  Kalau udah gini selain mengatur waktu,  bisa kitikin anggota keluarga   buat ikutan turun tangan, berbagi tugas  kerjaan rumah.

Oke,  lebaran  udahan ga selalu jadi mimpi buruk. Ada juga yang asik  yang tertinggal dari lebaran. Kayak  yang ini, nih.

5. Oleh-oleh Dari Kampung Halaman
Urang sunda nyebutnya kakaren.  Jadi, balik dari kampung halaman,  biasanya  kita bakal dibekali makanan khas kampung. Bisa biskuit abal-abal mentah (itu lho, rengginang), aneka  jenang, wajit dan camilan khas  kampung bahkan sampai hasil bumi semacam  beras,  pisang atau sejenisnya. 

6. Punya Baju Baru                                                           
Enggak semua  orang punya kebiasaan belanja baju baru, sih. Tapi bisa juga pas lebaran  kita  dikasih baju turunan dari sodara,  seragam keluarga buat  acara silaturahmi  atau  dapet  doorprize minimal jilbab, pashmina, tas atau hadiah lainnya pas  kumpul keluarga? Keluarga saya dari bapak punya kebiasaan  ini,  pas acara silaturahmi selain arisan keluarga, makan-makan juga ada undian berhadiah dari daftar hadir buat dapat  aneka hadiah. Yang udah sepuh  malah ditraktir  pergi umrah  secara bergilir  setiap tahunnya. Sedihnya, Uwak yang punya kebiasaan baik ini  sudah pulang ke rahmatullah. Allahuyarham... dan seinget saya, para sesepuh di keluarga hampir semuanya sudah meraskan kebaikan dari  almarhumah.  

7. Reuni:   Peluang Bisnis dan Tali Kasih
Nah,  ini  juga  sisi positifnya dari  kumpul abis  keluarga.  Biasanya  abis lebaran juga jadi reuni kecil-kecilan dengan keluarga atau teman  semasa SD sampai kuliah atau teman kerja di tempat dulu. Ada  yang  nawarin info kerjaan, ngajak bisnis  atau  ini nih, kembalinya anak hilang atau meet  soulmate hehehe....

Nah,  poin mana  aja yang pernah dialami? Yakin deh, lebih dari satu. Iya, kan? Atau ada yang mau nambahin?  ^_^





Share:

12 comments:

  1. Iya ...yg kerasa banget isi dompet deh....hihi...thn ajaran baru sklh ank2 usaha libur hampir dua minggu, gajian suami msh cukup lama, kasih thr pegawai, mudik, dsb...dsb....haha *ehjadicurcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... gpp Teh, curcol. Hampir semua ngalamin juga, kok. Pas sekarang kebetulan barengan sama tahun ajaran baru. Sesuatu banget, ya.

      Delete
  2. Hahaha.... point 1 paling sering kejadian. Lebaran usai, kepala jadi puyeng gegara isi dompet ikutan suci juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... semoga ATMnya masih berisi ya, Mas. :)

      Delete
  3. Yang reuni aku absen semua Mbak. Habis tempatnya jauh-jauh semua. Kasihan perut saa yang lagi gede-gedenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga skip acara reunian tahun ini, mbak. Teman-teman lagi pada sibuk. Sehat selalu dengan debay dalam janinnya, ya :0

      Delete
  4. Nomor satu dan dua aku banget mba, dompet bersih haha...Selama puasa timbangan turun 3kg, Alhamdulillah sekarang sudah naik lagi 1kg hehhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, seneng apa sedih nih timbangannya naik, mbak? :)

      Delete
  5. Saya abis puasa sebulan (dikurangi saat haid) berhasil turun 5kg.. ehhhhh pas lebaran hari ketiga udah naik 2kg aja tuh, gegara barbar ngabisin kastengel di rumah :P

    KZL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaaa, kok ga bagi-bagi saya sih kastangelnya? Hehehe....

      Delete
  6. Halal bihalal sebagai team reunion.
    Itu yg seru.
    Salam kenal.

    Akuratu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa seru, apalagi kalau udah bertahun-tahun ga ketemu. Salam kenal juga, mbak. Thanks sudah mampir.

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.