Top Social

Bring world into Words

Posisi Paling Favorit Membaca Buku

Selasa, 26 Mei 2015

Kalau disuruh duduk manis  membaca,  saya tuh palilng ga betah kalau  duduk manis ala-ala di perpustakaan  gitu.  Iya kalau di dalam kelas  atau di perpustakaan, kepaksa. hihihi....  Ga ikhlas  banget, ya.

Soalnya nih saya ga  bisa duduk  statis kalau membaca.  Kadang suka selonjoran sambil nyender  ke tepian tempat tidur, lemari  atau tembok alias dinding.  Saking asiknya, kadang-kadang punggung yang udah nempel  itu bisa menggelosor. Entah berapa derajat  tuh kemiringannya  (niat banget  buat diitung).  
Mana gaya favorit kalian? Credit: winylife.com
 Itu kalau bcanya sambil duduk di lantai (di kamar saya sih seringnya). Lain lagi  kalau di ruang tamu, biasanya saya selonjoran juga di sofa, kadang dengan cueknya  kaki naik ke meja hihihi.  Berani gini kalau di rumah lagi sepi. kalau ada ortu pasti dikomplain,  dan enggak mungkin juga  saya lakukan gaya begini  di rumah orang lain.

Biasanya, kalau malam hari, sambil nunggu ngantuk, saya suka baca ini sambil rebah-rebahan.  Kadang sukses  mengantar saya tidur, tapi  kadang enggak juga. Bisa-bisa saya  keasikan  sampai dini  hari, penasaran pengen namatin buku  yang seru.   Jam 11 malam atau di atasnya, kadang  mama atau apa (panggilan buat ayah saya) suka  ngecek ke kamar. Kalau ketahuan lagi baca-baca dengan posisi  wuenak kayak gini, suka diingetin  enggak boleh  baca-baca kayak gitu. "Nanti matanya rusak."

Iya, sih. Saya tau. Makanya saya  rada siwer kalau lihat yang rada jauh. Terakhir  ngecek, saya minus  1. Pernah juga pake kacamata, tapi rasanya kagok. lalu dilepas.  Karena  ga mengendarai motor, so far sih aman-aman.  Tapi  ya itu tadi,  mata saya jadi siwer. Makanya  kalau ada acara  yang nampilin presentasi, saya kudu duduk di depan. Itu juga sampai micingin mata karena liat tulisan jadi kabur dan buram.  Bukan kebiasaan yang baik dan patut dicontoh. Boys and Girls, don’t  try this at home, yes! 

Oke, kita kembali ke gaya baca. 
Kalau keasikan,  posisi tubuh saya ga bisa diem. Bosan duduk selonjoran,  tegak lalu  menggelosor lagi, eh kadang sampe tengkurap gitu. Enggak lagi baca di kasur atau  di lantai, sama aja. Asal bersih, dong, ya.  Asik-asik aja.

Dan.. salah satu ritual  yang  biasanya nyaris  enggak  hilang adalah  ritual ngemil.  Iyes, baca-baca  ga asik kalau ga pake  ngemil.  Kecuali  spontan, kalau niat buat ngabisin waktu baca buku, saya suka jajan ke warung atau mini market. Nyari camilan ringan  buat nemenin baca kayak keripik kentang gitu. Karena emang saya dasarrnya doyan camilan yang saltty alias asin. Sementara mata saya fokus ke halaman yang dibaca, dengan tangan kiri  yang membuka halaman berikutnya. Soalnya tangan kanan  yang saya pake buat nyuapin camilan kadang suka rada berminyak. Sayang tuh, kalau kertasnya jadi  berminyak gara-gara  sayanya 'jorok'. Makanya, 90% koleksi  buku saya rata-rata  masih mulus, bersampul dan kayak baru beli dari toko hehehe.... Ada beberapa  keadaannya rada menyedihkan, karena keteledoran saya, kesiram  air tuh bukunya. 

Selain enggak suka lihat kertas buku yang berminyak, saya suka sedih kalau halaman buku  jadi kotor, terlipat atau keriting karena tersiram air. Hiks.... jelek kelihatannya.

O, ya tips saya kalau mau enak  baca buku, jauhin dan 'cuekin' dulu  gadget. Minimal di-silent. Kalau ada pesan masuk,  kadang suka gatel  buat ngobrol ngalor ngidul apalagi kalau ada notif  komentar di sosmed. Bisa-bisa lama tuh tamat  bukunya. 


24 komentar on "Posisi Paling Favorit Membaca Buku"
  1. Akuuu bisa guling2 kalau lagi baca buku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga, kalau udah mau eneding dan gregetan pengen cepet tau akhirnya kyak gimana.

      Hapus
  2. Gegara baca buku sambil tiduran miring kanan kiri mataku minusnya nambaaaaaahhh mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah pw alias posisi wuenak emang susah mengubah kebiasaan, ya.

      Hapus
  3. yang terakhir keren tuh kayaknya sambil berdiri awkawkwakawkwakwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sambil berdiri belum nyoba. :D

      Hapus
  4. duduk atau sambil tiduran tetep jadi posisi favorit buat baca :D

    salam kenal mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, mak Hikari. Tossss yuk! :)

      Hapus
  5. baca sambil tidur , itu enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enak ya, Bu. Meski tau udahnya ga enak dan ga sehat hehehe

      Hapus
  6. Kalo Nengg Effi sambil apa sukanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir semua gaya membaca udah dicoba, bu hehehe

      Hapus
  7. Balasan
    1. Iya, enak banget tuh pas malam-malam sambil nunggu ngantuk.

      Hapus
  8. posisi membaca buku yang paling nikmat dan keren terlihat di gambar terakhir yang sedang tolak pinggang itu tuh...mantep deh ih

    BalasHapus
  9. Aku baca biasanya sambil tengkurep dan bisa tahan lama. Palingan udahannya siku cekot-cekot, hihihi..
    Tapi aku nggak bisa sambil ngemil kayak Efi. Endingnya tu buku digeletakin dan akunya asik makan :))
    Dan setuju, kalo baca harus silent hp ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalao sambil ngebakso atau makan berat baru deh aku gagal fokus. Iya tuh, udah niat mau baca2 eh ada yg ngajak ngobrol di WA, BBM atau Messenger.Jadi kacau acara baca2nya.

      Hapus
  10. no 1 enak banget posisinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi jangan dilantai. Pegel tuh sikut :D

      Hapus
  11. Kalau membaca mah emang ngga bakal betah dengan satu posisi, Mbak. :D
    Yg paling bikin betah krn ada kripik tuh. Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia, Idah. Aku tuh ga bisa diem kalau lagi baca, lagi ngeblok juga hahaha.... iya tuh baca-baca ga asik kalao ga ada makanan cemilan. *elusin perut endut*

      Hapus
  12. Unik nih tulisan! Bahas tentang posisi membaca...hehehehe, kalo saya sih apa pun posisinya penting ada cemilan atau kopi mbak :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.