Top Social

Bring world into Words

Melongok Perayaan Imlek di Singapura

Senin, 07 Oktober 2013
Waktu saya masih bekerja di sebuah perusahaan distributor spare part, bos saya yang keturunan etnis Cina sering berjalan-jalan ke Singapura. Selalu saja ada buah tangan yang dibawakannya, coklat yang paling sering dibawakannya. Jika hari biasa saja doyan jalan-jalan, apalagi saat liburan imlek berlangsung. Biasanya bisa sampai dua minggu mereka berlibur, dan tentu saja ada oleh-oleh yang dibawakannya. Kalau Imlek, oleh-oleh jeruk Mandarin selalu ada. Menurut mereka, ukuran jeruk yang diberikan melambangkan kemakmuran seseorang. Bagi kami karyawan, maki besar, makin asyik dong hehehe...
sumber dari prettygarlic

Ternyata Singapura adalah spot perayaan Imlek terbesar di dunia lho. Bukan saja dengan komposisi penduduk 3/4nya adalah etnis Cina, penduduk yang berlatar etnis lainnya juga turut merayakan. Menarik, bukan? Tertarik turut merayakan Imlek 2014 di sana? Mumpung waktu masih panjang, masih ada waktu untuk menyiapkan segala remeh temehnya sampai uang saku.



Persiapan
Sudah jelas kita memerlukan pasport untuk bisa berkunjung ke sana. Dengan kebijakan sebagian besar negara-negara ASEAN, tidak perlu lagi repot-repot mengurus visa untuk bisa melancong ke Singapura. Selama tujuannya untuk berlibur dan tidak lebih dari 30 hari, gratis, bebas visa. Asyiiik.

Selain pasport, pastikan  punya tiket PP, karena sewaktu-waktu  bisa ditanyakan soal ini oleh petugas imigrasi di sana. Enggak perlu cape-cape belajar bahasa Inggris biar enggak gelagapan, petugas Imigrasi di sana juga bisa berbahasa Melayu kok.
Sejak masih di tanah air, siapkan juga dimana kita akan menginap, kita wajib bin musti tahu soal satu ini. Soalnya petugas imigrasinya bakal nanyain yang satu ini. Nah untuk cari tahu di mana saja bisa menginap, bisa dicek di sini. Pastikan juga punya bekal yang cukup, sebagai gambaran, titik aman bekal kita selama tinggal di sana adalah sebesar S$100. Kurang lebih setara Rp. 925.000,-
Kalikan dengan berapa lama  akan pelesiran di sana. Jangan sampai menggembel ya :P

Untuk kenyamanan selama pelesiran di sana, sebaiknya kenakan sepatu atau sendal dengan alas yang rata. Tata kota di sana akan membuat  turis lebih banyak jalan kaki ketimbang naik kendaraan. Enggak asyik dong kalau tumit kita sakit gara-gara salah kostum. Untuk sarana transportasi di sana, umumnya menggunakan sarana MRT dan Bus. Berhubung sarana trasnport ini tidak beroperasi sepanjang malam, sebaiknya kita memilih tempat penginapan yang dekat dengan spot perayaan Imlek yang akan kita sambangi.


Pusat Perayaan Imlek

Di mana saja pusat keramaian Imlek di Singapura? Spot utama tentunya ada China Town. Saat berada di sini kita akan disambut dengan suasana kawasan yang berdandan aneka lampion serta sudut-sudut kota yang menjajakan pernak pernik seperti kaos, amplop, batu giok dan aneka kuliner di Smith Street. Bagi anda yang beragama muslim, sebaiknya lebih berhati-hati soal makanan di Singapura. Cari makanan yang sudah dibubuhi logo MUIS (Majelis Ugama Islam Singapura). Membeli makanan di restoran vegetarian juga tidak menjamin makanan yang kita santap benar-benar halal. Selain mencari makanan di restoran Indonesia, Timur Tengah dan gerai-gerai seperti KFC, Mc Donalds, kita juga bisa memperhatikan komposisi yang tercantum di luar kemasan.

Pastikan juga  tidak salah waktu saat berkunjung ke China Town. Datang pada hari H justru kita akan disambut dengan suasana sepi. Sebagian besar penduduk Singapura (51% beragama Budha) memilih untuk bersembahyang di dalam rumah pada saat hari H.Selain di China Town, masih ada tempat lain yang tidak kalah serunya. Ada Sungai Hangbao di kawasan Marina Bay dan Esplanade Waterfront Promenade.

Jika kawasan China Town dan kawasan pertokoan sepi, kita masih bisa bermain-main ke kawasan Universal Studio, Zoo,  Orchard, Bugis dan Mustafa Centre.


Chap Goh Meh
Perayaan imlek yang berlangsung selama 15 hari ini akan ditutup dengan perayaan Chap Goh Meh,sebuah tradisi makan-makan bersama keluarga. Seorang  teman yang tinggal di Singapura bercerita, temannya yang seorang etnis Cina biasanya akan datang menjemputnya untuk ikut menikmati makan-makan. "Enggak usah khawatir, karena soal ini mereka maklum. Biasanya mereka akan memesan makanan yang berlabel halal untuk menjamu kita," katanya. Wah, asyik ya kalau pas perayaan Chap Goh Meh kita ada di sana, bisa  makan-makan enak gratis. :)

Bagaimana, semakin tertarik? Selamat berpacking ria


8 komentar on "Melongok Perayaan Imlek di Singapura"
  1. kalau mau kesana, biaya total dari mulai tiket samapi yg lainnya berapa yaah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung maskapai mana yang kita pakai, kita bisa memanfaatkan promo dari amskapai bersangkutan. Coba klik link daftar hotel, di sana ada daftar hotel yang bisa kita sambangi plus range biaya penginapannya. Setiap hotel berbeda-beda tarifnya.Untuk tiket penerbangan, PP kurang lebih harus kita siapkan sekitar 1,2-1,5an. Untuk tarif terendah hotel ada yang menarifkan 327 ribuan. Semakin bagus, tarifnya semakin mahal. Silahkan dicek link yang sudah saya cantumkan di atas. Kalau misalkan mau tingal di sana sekitar 5 hari berarti paling sedikit harus ada budget sekitar 8 jutaan.

      Hapus
    2. helo fikri dan efi, kalo boleh saya nambahin informasi mengenai akomodasi di singapura yg terkini, kebetulan tanggal 7 september kemarin baru pulang dari sana. Ya, Singapura memang negara sekaligus kota yg penuh pesona, dlm berbagai hal! dan komentar pertama sepulang dari sana adalah "pengen kesana lagi..!". Mengenai akomodasi, sebetulnya tiket pesawatnya nggak terlalu mahal bahkan terhitung murah jika kita ngambil penerbangan promo, kebetulan kemarin saya dpt tiket promo air asia dengan booking 2 bulan sebelumnya. Kebetulan waktu berangkat kemarin saya dapat tiket yg cukup murah, sekitar Rp. 900 ribuan jadi total biaya tiket saya berdua dgn istri cuman 1,8 jutaan pp. Justru yg cukup mahal adalah biaya hotelnya, saya dpt hotel sekelas hotel melati Rp 2,2jt utk 2 malam, kalau di kita dapat hotel bintang 5 tuh! tapi lokasinya cukup strategis, berada tepat didepan Mustafa Centre, super market terbesar di singapura (setahu saya) satu-satunya yang buka selama 24 jam full! jadi perlu apapun gampang..! Dn satu hal strategis lainnya dari lokasi hotel saya yaitu hanya berjarak sekitar 200 meter dari stasiun MRT Farrer Park, jadi tinggal jalan kaki 5 menit, bisa pergi kemana-mana dari stasiun MRT tersebut. Makanan dan minuman juga cukup mahal, sekali makan dengan menu sederhana biayanya sekitar 5 dolar singapur (× 9.000) dan air mineral botol kecil 1 dolar alias 9.000. Saran saya, selama disana k3mana-mana bawa minum yang dibekal dari hotel atau membeli air kemasan galon 5 liter di mustafa centre seharga 2 dolar, pasti lebih hemat. Kemudian tempat yang paling tepat untuk belanja oleh-oleh adalah:Bugis Market, China Town, dan Mustafa Centre, di tempat-tempat tsb bisaanda dapatkan oleh-oleh dengan hargavmurah meriah, jangan di tempat selain itu, pasti mahal!
      Jadi total budget selama 3 hari disana berdua dengan istri saya sekitar Rp. 8 jutaan.
      Mungkin itu informasi yang bisa saya sampaikan, tak ada maksud lain selain hanya memberi informasi terkini mengenai biaya akomodasi di Singpura.

      Hapus
    3. Iya rif, Airasia promonya suka gila-gilaan. Itu estimasi harga tiket pas saya cek dengan memasukan tanggal 16 januari 2014 dengan kepulangan 31 Januari 2014. Ada hotel yang tarifnya 4 jutaan permalem juga. :)

      Hapus
  2. kalau ke sana sekitar imlek (tgl 30 jan s/d 2 feb), toko2 buka atau tutup ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, gue jg mau nanyain, kira2 gimana master estimasi kalo ksana waktu akhir bln januari, kan mumpung libur pnjg tuh, cuma di SIN-nya gmn? apa sepi atau malah rame? soalnya imlek nih

      Hapus
    2. Baca lebih teliti deh artikel di atas. ada kok penjelasannya, sebagian besar memang sepi tapi ada spot-spot tertentu yang masih ramai :0

      Hapus
    3. Iya nih sdh ada tiket 30 jan -2 feb ke singapore sekeluarga. Kata temen banyak yg tutup tempat makanan. Apa kfc or mcd or bk jg tutup pas itu?? Food court yg dimana ya yg masih buka saat imlek d singapore?

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.