Top Social

Bring world into Words

1 milyar batang???

Kamis, 05 Juni 2008
Akhir mei kemarin tepatnya tanggal 31 mei diperingati sebagai hari anti tembako. Duh, ngenes deh. Di Indonesia kayaknya ga ada apa-apanya.
Satu hal yang bikin saya sebel, tepat tanggal 31 kemarin yang juga jatuh pas akhir pekan malah ada gelaran panggung hiburan. Yang bikin keki sebener benernya keki karena sponsornya itu produk rokok. Argh!! Kok kayak yang ngeledek ya?dari spanduk yang terbentak tepat di depan gapura menuju rumah saya tema yang diusung dalam rangka kebangkitan nasional plus ultah perumahan tempat saya tinggal.
Ultah?sumpeh loo? P'rasaan dulu-dulu ga ada perhelatan dalam rangka memperingati ultah komplek.
Jadi?buat saya sih ini mah pembodohan.
Dalam jeda waktu yang berdekatan sebuah liputan di harian Pikiran Rakyat mengungkap kalau ternyata dalam sehari ada 5 milyar batang rokok yang dibakar setiap harinya di Indonesia.
Please note saudara-saudara! Pake cetak tebal,miring,garis bawah dengan huruf yang semuanya KAPITAL, 5 MILYAR BATANG!!(sori ga bisa dicetak tebal,miring dan underline karena posting dari hp:-D). Anggap aja satu batang rokok rata-rata harganya 400
perak, dalam sehari saja berarti ada 2 trilyun yang dibakar! 2 Trilyun perak. Kalau dalam sebulan paling tidak ada 60 trilyun perak yang dibakar. (berapa persennya BLT ya?lebih dari lumayan). Itu cuma buat rokok aja, belum lagi resiko yang harus keluar akibat rokok.
Jadi, masih mau berdalih rokok ada manfaatnya selain cuma ngasih ilusi buat yang ngisap?masih mau berdalih cukai rokok punya kontribusi besar buat negara tapi biasa subsidi kesehatan yang harus keluar buat penyakit akibat rokok lebih besar?
Gimana juga opportunity cost yang muncul akibat rokok dan penderitaan orang-orang yang terpapar asap rokok?(i am one of them!).
Ga ada untungnya deh ngerokok. Kalau aja seluruh rakyat Indonesia ga ngerokok, dana yang keluar bisa dialihkan buat pos lain yang lebih penting termasuk buat mereka karyawan pabrik rokok kalau gulung tikar. Bakalan lebih banyak lagi tenaga kerja yang produktif karena tubuhnya sehat bebas dari rokok.
Jadi katakan TIDAK BUAT ROKOK!
2 komentar on "1 milyar batang???"
  1. Postingan dirimu udah oke mak dari dulu jugaaa :) dan sekarang jauh lebih oke.. *kantongin kresek*
    Saya juga benci sama ROKOK, harusnya emang gak ada pabrik rokok yang di legalin, sama halnya seperti pabrik miras di Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buahaha....galak ya mak. *pasang helm sebelum dipentung*

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.