Tuesday 26 November 2019

Cerita Kenangan Dengan Guru

Sebuah pertanyaan melintas di cuitannya akun @emak2blogger. Punya kenangan apa dengan guru waktu masih sekolah dulu?

Lalu aku jawab,  salah satunya sama guru kimia waktu SMA dulu.   Sering jadi bulan-bulanan omelannya. Sebel jadi  korban melulu. Tapi sisi baiknya itu selama diajar beliau nilai kimia di raport ga pernah kebakaran.  Ada di titik aman minimal,  6.  Ngerti emang? Enggak hihihi

Tapi nih, sebenarnya mulai dari TK sampe kuliah  ada aja guru yang kenangannya membekas dalam benak.  Dulu sempet sebel (iya beneran).  Dulu itu. Sekarang  mah ga ada pikiran kayak gitu. Malah yang ada pengen ketawain kelakuan dulu. Dih ternyata kalau gantian ada di posisi guru rasanya pengeeen banget uyelin gemes sama murid macem aku. Nyubit sampe merah-merah kulit huehehe kok sadis, ya?

Waktu TK dulu aku punya guru namanya Bu Mimin. Aku tuh paling sering bandel dan kepergok pulang sekolah ga ganti baju. Dipake terus sampe sore.  Kadang eh seringnya harusnya hari ini pake baju ini, seragam yang dipake yang itu. Satu hal yang ga bisa aku lupain, aku pernah dibeliin anting sama Bu Mimin ini.  Duh Ibu baiiiik banget sih. Dasar akunya jorok, ga tau gimana nasib anting itu. Seingatku pas masuk SD antingnya udah ilang, ga tau ke mana.  Maafkan....

Beralih ke SD, ganti-ganti wali kelas dari kelas 1 sampai 6.  Kalau diceritain semuanya bakal banyak. Di bagian ini mau ceritain wali kelas waktu kelas 6 aja.  Namanya Bu Dedeh. Waktu kelas 4 atau 5 lihat beliau tuh kesannya nyeremin. Galak! Sampe kepikiran ga mau dapet wali kelas beliau.  Dan yang terjadi malah beliau jadi wali kelas. 

Jadi gimana? Nyeremin?

Ummm enggak tuh. Tegas iya.  Galak? Ya sama yang bermasalah. Waktu kelas 6 dulu tuh aku anak yang manis, kok. Baik, nurut dan ga macem-macem yang bisa bikin kepala tandukan hahaha. Hadir terus ke sekolah, PR ngerjain, nilai ulangan  ya lumayan.  So kenapa mesti takut? Di hari-hari tertentu secara berkelompok kami les ke rumahnya (for free) buat upgrading persiapan EBTANAS alias Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional. Sekarang mah kita familiarnya dengan UN itu lho. 

Nah lanjut ke SMP ya.
Waktu SMP ini banyak guru yang terkenang.  Waktu SMP kelas 1 pernah punya guru Bahasa Inggris  (cuma beberapa bulan sebelum beliau pindah). Pak Raymond namanya.  Beliau udah  galak kalau udah masuk bab spelling alias pengucapan. Harus bener. Belibet lah ni mulut yang baru bisa nyanyi Twinkle twinkle Little Star :D.

Masih di kelas 1 juga punya guru Biologi  yang asik, Pak Uus namanya.  Ganteng manis (eaaa) dan suka melucu. Belajar Biologi terasa fun. Satu waktu kami pernah ditugasin bikin percobaan bikin kecambah  dari biji kacang ijo yang ditaruh di atas kapas itu lho.  Ini untuk menguji pengaruh intensitas cahaya dan pengaruhnya sama pertumbuhan kecambah. Makanya kami harus menyiapkan dua wadah untuk disimpan di dua tempat berbeda.  Satu di tempat terang satu lagi di tempat gelap. 

Seorang temen dengan polosnya ditanya kenapa kecambahnya bisa jangkung padahal disimpan di tempat gelap.  Masa dia bilang disimpan i kamar mandi?  Koreksiannya Pak Uus lucu juga.  Bukan marahin atau ngomel-ngomelin karena cara nyimpennya yang asal itu. Beliau bilang gini: "Emang kamar mandi kamu gelap? Jadi kalau mandi gimana?"

Guru lainnya waktu SMP yang berkesan ada guru bahasa Inggris waktu kelas dua (damn, kenapa tiba-tiba aja lupa namanya). Gara-gara beliau nih aku jadi suka lagu-lagu berbahasa Inggris karena cara ngajarinya ya seperti itu. Kami sekelas dikasih teks lagunya Michael Bolton yang judulnya To Love Somebody. Buat nguji kupingnya bisa nyimak dengan baik dan bener, beberapa kata dikosongkan dan kami disuruh ngisi setelah mendengarnya. Waktu itu bahasannya adalah tentang penggunaan some, any,  every.  Bukan cuma aku saja yang ngefans sama beliau. Ciwik-ciwik lainnya juga. Ya abis cara ngajarnya asik, cakep pula huehehe.

Entah kenapa guru-guru bahasa punya kesan tersendiri buatku. Ada mendiang Pak Yansen, guru Bahasa Indonesia waktu kelas 3  yang suka kami jailin (rada kurang ajar sih kalau diinget-inget sekarang) dan  Bu Darmi, guru Bahasa Sunda. Walau udah sepuh tapi punya mata yang awas,  ingatan yang tajam dan detil menjelaskan. Struktur bahasa sunda yang ngejelimet dengan hirarki penggunaannya dijelaskan dengan sederhana.  Selama 3 tahun di SMP  gurunya beliau terus dan jadi guru Bahasa Sunda terbaik. Apalagi waktu SMA dan kuliah aku ga dapet pelajaran atau mata kuliah Bahasa Sunda. 

Gimana waktu SMA? 

Selain guru kimia yang kuceritakan tadi, ada guru Bahasa Indonesia waktu kelas 2  yang  asik dan ehm ganteng juga.  Mukanya tipikal India gitu. Pak Edi namanya.  Nah cara ngajar dia juga asik.  Berhubung waktu kelas 2 dulu jamnya beliau setelah pelajaran olahraga,  kami dibebaskan untuk makan atau minum sambil nyimak materinya dengan syarat "ga bioleh ngobrol".  Waktu kelas 1 dan 2  secara berturut-turut aku juga dapet  Pak Syafaat, guru Biologi yang sama selama dua tahun.

Sama dengan pelajaran exact lainnya, Biologi ini ga kusukai. Ngejelimet dan banyak banget kan organ tubuh yang harus dijelaskan,  siklus hidup  jamur lah,  daur hidup  mahluk-mahluk dalam air atau mekanisme dalam tubuh yang kalau diterangkan dalam gambar bikin males.

Tapi lagi-lagi untuk Biologi aku selamat dari ancaman kebakaran di raport. Gurunya memang runut dan sistematis. Matematika dan Fisika? Gantian mereka selang-seling kebakaran waktu kelas 1 dan 2 ini. Eh Kimia juga pernah kebakaran sih waktu gurunya ganti hihihi.... Bukan salah gurunya, tapi akunya emang mbulet, susah ngerti.

Waktu kelas 3 aku ngambil jurusan IPS. Suatu kebetulan wali kelasnya nyambung dari kelas 2 sampai kelas 3. Bosen? Ya namanya juga lagi badung  dan resenya kami sekelas rada-rada ngelawan gitu. Ditambah beliau punya jatah ngajar yang lebih banyak waktu kelas 3  karena ngajar dua mata pelajaran dalam -seminggu yang itungannya banyak yaitu Sosiologi dan Antropologi. 

Sekesel-keselnya kami sekelas,  ga pernah bikin ulah atau jail.  Malah Pak Kamsa, guru Tata Negara yang suka kami jailin.  Mulai 'morotin' beliau buat jajan, cepetin jam di dinding waktu beliau keluar sebentar dari kelas sampai pernah kompak kabur sekelas karena pada pengen nonton pensi di sekolah lainnya.  Baiknya Pak Kamsa, beliau ga ngaduin kenakalan kami sama Kepala Sekolah  yang lumayan galak. Kalau iya sampai diaduin,  senin besoknya pas upacara bendera mungkin kami sudah dipermalukan dengan hukuman yang diberikan.

Sekitar dua tahun lalu aku dan teman-teman hadir di reunian angkatan yang lokasinya dilangsungkan di sekolah. Kalau mau awet muda,  jadilah guru. Itu kesan yang aku dapatkan. Suer ih, beliau-beliau ini wajahnya pada awet muda.  Ga banyak berubah setelah 20 tahun berlalu. 

Baca juga Wajah Baru Almamater SMA 9 Bandung di Mata Alumni

Pas salam-salaman dengan para guru,  ada wakasek pada masa aku sekolah dulu yang nyapa Aku.  Bu eni namanya. Meski ga ngajar aku,  kok bisa-bisanya beliau ingat aku. Huhuhu.... terharu aku tuh, Bu.



View this post on Instagram

Salah satu momen pas reunian SMA seminggu lalu. Sempat nyapa Bu Eni, wakasek yang femes pada masanya walau ga kebagian diajar oleh beliau. Cuma tau aja tapi ga punya chemistry buat nanya-nanya pas sesi silaturahmi sama guru-guru. Akhirnya cuma bisa ngeluarin jurus aman senyum sambil salam-salaman. Eh beliau bilang gini, "kamu pendiem banget, neng, dari jaman sma ga berubah." Hihihi jadi salting digituin. Aslinya kalau udah kenal saya bawel padahal. Terus katanya walau ga sempat ngajar, beliau inget dan familiar sama wajah saya. Duh, Bu, terharu sekaligus tersanjung. Maafkan saya. Semoga ibu dan guru-guru lainnya sehat selalu. Banyak cinta dari kami para alumni yang tidak akan pernah bisa membalas jasa ibu dan bapak guru semuanya. #reunite #reunian #homecomingday #sma9bandung #classof97 #silaturahmi #ceritaefi
A post shared by Efi Fitriyyah (@efi_thea) on



Jaman kuliah ceritain jangan?  Yeeeh malah nanya, sih? Hehehe

Jaman ini lebih nano-nano rasanya karena 4 tahun kuliah  ngambil banyak mata kuliah dengan dosen yang bisa samaan lagi untuk mata kuliah tertentu atau cuma sekali saja tapi berkesan. Ada Bu Nur yang beberapa kali masih ketemu kalau ngaji di hari minggu dan update-annya wara wiri di beranda facebook. Ada Bu Ima, dosen wali kelas B yang udah bertahun-tahun pas ketemu lagi masih inget aku,  Bu Atih dosen sekaligus Pembantu Dekan yang sering berurusan dengan kemahasiswaan yang  ngajarin untuk berpikir sistematis dan gimana berorganisasi sampai almarhum Bu Lilis, dosen jurusan Akuntansi (waktu kuliah aku ngambil jurusan Studi Pembangunan)  yang suka nyapa dan ngobrol karena sering ketemu di angkot. 

Sampai sekarang aku masih terhubung dengan beberapa di antaranya di sosmed.  Karena beliau-beliau ini lah salah satu alasan aku ga misuh-misuh atau melampiaskan kekesalanku di media sosial. Malu soalnya.


Semoga segala kebaikan dan keberkahan Allah limpahkan untuk transfer ilmu dan pengajaran  yang diberikan oleh mereka, ya. Karena ilmu yang bermanfaat jadi sumber pahala yang terus mengalir bahkan sampai ketika seseorang sudah meninggal.





Share:

Tuesday 12 November 2019

Mencoba Kuliner di Tempat Wisata Bandung yang Terkenal

Inget Bandung yang kepikiran bakal ga jauh-jauh sama wisata kuliner, wisata belanja dan tentu saja destinasi wisata juga. Balatak alias bertebaran di mana-mana. Saking banyaknya tuh, sampai-sampai sebagai urang Bandung akutuh kalah update. Misalnya nih liat di timeline IG atau FB ada temen dari laur kota lagi maen di Dago, Maribaya atau ke Kawah Putih. Jujur sampe sekarang aku belum pernah maen ke Kawah Putih. #pukpukme 

Balik lagi soal Tempat wisata di Bandung, ada yang bikin aku kangen lho, seperti kolam air panas nan eksotik di Lembang. Udah lama ga berendam. Iya berendam aja karena ga bia renang hahaha… Kalau abis mandi atau berendam jadi lapar maksimal, aku ga usah khawatir. Soal makanan mah tersedia. Mau kulineran berkelas, menengah atau murmer di pinggiran? Banyaaak! Enak-enak pastinya. 
sumber: tripadvisor.com

Jelang akhir tahun ini ku jadi inget belum jalan-jalan lagi. Pengen banget deh refreshing membuang jenuh dan penat yang melanda. Ga harus yang mahal, kok. Yang penting mudah diakses atau banyak sarana transportasi menuju ke sana dan pastinya pelengkap berupa makanan yang enak itu tadi. Penting banget! Agar perut kenyang dan hati pun hepi alias senang. 

Guys, lagi kepikiran ide yang sama? Gimana kalau kita cek beberapa destinasi berikut ini. Ya siapa tau kita bisa kopdar. Ya, kan? 


1. Dusun Bambu Leisure Park 

Salah satu destinas wisata yang masih merupakan wacana alias rencana. Berasa kayak maen Monopoli deh akutuh, hanya lewat saja. Masuk enggak. Dari cerita beberapa teman yang pernah ke sini juga investigasi (lebay), di dalam Dusun Bambu Leisure Park ini ada banyak restoran-restoran yang unik, dan belum pernah aku sambangin. Duh kepo, kek gimana ya rasa makanannya di sana? 

Di tempat wisata yang eksotik dan dipenuhi bambu ini, ternyata ada restoran bertema Lutung Kasarung. Ku jadi teringat legenda cinta monyet item ini dengan Nyai Purbasari. Bukan cuma namanya aja yang nyomot legenda tanah sunda ini, di dalamnya ada replika danaunya lengkap dengan patung Si Lutung. Hayooo lho inget-inget lagi ceritanya kenapa mesti ada danau segala? Kalau mau keliling kawasan ini ga usah takut pegel dan tumit sakit soalnya disediakan fasilitas kereta api mini yang bisa kita tumpangi buat berkeliling. Ga akan bikin kaki pegel. 
sumber: Traveloka

FYI tiket masuknya murah meriah kok. Cuma Rp. 11.000 aja untuk setiap orangnya. Kalau masih betah dan berencana buat nginep, siapkan budget antara Rp850.000 sampai Rp2.000.000. 

Dusun Bambu buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Yang menarik dari Dusun Bambu ini adalah pengalaman menginap di tengah-tengah ladang bambu, Berasa di kampung gitu deh. Adem dan sejuk. 

2. Grafika Cikole 

Sebenarnya aku udah pernah ke sini waktu bulan puasa kemarin. Tapi masih pengen lagi maen ke sana. Ada beberapa wahana yang belum kucoba atau mau kuulangi lagi buat menjajal nyali di sana. Kalau flying fox atau zip bike-nya udah kucoba, maka wahana lain seperti mancakrida dan aktifitas outbond adalah obsesi (((obsesi))) yang belum terpenuhi. 

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Lapar? Jangan khwatir, Di sini juga banyak resto tersedia dan menyediakan aneka kuliner tradisional khas Sunda yang masih original. Makan di resto dengan alam terbuka di sini bisa lupa diet tuh Soalnya sayang banget kalau maen ke sini tapi mengabaikan pengalaman icip-icip kulinernya. Ya, ga? 
dokumen pribadi
Gimana dengan tiket masuk? Let me tell you, its free! Totally. Baru deh kalau mau coba wahana atau makan ya kudu bayar dong. Kalau mau merasakan pengalaman nginep plus fasilitas api unggun yang ada di Grafika Cikole jangan lupa buat memasukan nominal sebesar Rp450.000 dalam anggarannya, ya. 
dokumen pribadi

3. Ciwdey Valley 

Nah kalau punya rencana liburan sepertiku untuk berendam sambil kulineran, ya Ciwidey Valley deh bisa jadi rekomendasinya. Selain itu latar pemandangan eksotik sekitarnya bakal bikin betah. Sssst… kita juga bisa nginep ala camping lho. 
sumber: traveloka.com
Kalau ya rencananya seperti itu jangan lupa untuk reservasi dulu berhubung luas camping ground yang terbatas. Kalau soal biaya tiket masuk, setiap orangnya hanya perlu membayar Rp20.000 saja. Dan khusus bagi yang mau camping, jam bukanya Ciwidey Valley sangat fleksibel karena camping ground buka 24 jam. 


4. Cihampelas Walk 

Setelah  peleserin dari Dago, Lembang atau Bandung atas lainnya sebelum kembali ke kotaa asll, jalur CIhampelas ini nyaris selalu terlewati. Walau kadang macetnya bikin kesel, rasanya belum lengkap kalau maen di Bandung tapi belum mampir ke Cihampelas Walk? Mall yang satu ini punya konsep menarik dengan banyaj space yang terbuka ditunjang dengan pepohonan yang rindang. Ada banyak sudut-sutu kuliner beragam dengan venue yang instagramable. Kadang dalam waktu tertentu di tengah-tengah mall yang areanya terbuka itu suka digelar berbagai event yang menarik untuk disimak. 

Bahkan nih, tidak jarang juga lho event-event seni berupa pameran lukisan-lukisan dari seniman dalam negeri dan mancanegara juga igelar di sini. Jangan lupa, jam operasional i Cihampelas Walk adalah mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10.30 malam. 
sumber: ciwalk.com
Banyak pilihan kulineran di Bandung. Selain emang di mall yang banyak tersedia, di tempat-tempat wisata juga ga kalah asik dan enaknya. Malah bakalan jadi pengalaman kulineran yang tidak terlupakan dan bikin kangen buat datang dan datang lagi.
Share:

Monday 4 November 2019

All You Can Meat dan Crazy Rich Asian Buffet di Crowne Plaza Bandung

Nasi goreng buatku tuh bukan cuma menu darurat saat kelaparan di malam hari atau menu cepat buat sarapan pagi.  Yang paling sederhana kita bisa pakai telur, baso, atau sosis sebagai lauknya.  Kalau mau lebih enak bisa nambahin  bahan lainnya seperti potongan daging kambing, suwiran ayam, seafood atau  pete Misalnya.

Ga percaya kalau nasi goreng tuh cuma menu instan biasa gitu? Coba kalau kulineran ke berbagai daerah,  cara penyajian nasi goreng ini banyak banget nget ragamnya.  Dari yang dijual di  pinggiran jalan sampai naik kelas diracik oleh chef di hotel. 


Beberapa waktu ini akutuh denger info komersialnya sajian di Hotel Crowne Plaza yang sering diomongin sama penyiarnya di radio.  Akhirnya aku berkesempatan mencicipi nasi Goreng Jancuk Salmon. Ga harus ke datang ke Surabaya segala, karena butuh ongkos yang banyak.  Cukup melipir  ke hotel Crowne Plaza yang ada di jalan Lembong no 19 Bandung.    


Apa yang aku jumpai di Hotel Crowne Plaza tempo hari sebenarnya  bukan cuma sajian Nasi Goreng  Jancuk itu aja sih, tapi juga ada  menu All You Can Meat dan Crazy Asian Buffet  dengan bonus live demo oleh Chefnya langsung. Hmmm.... Bikin pengalaman  makan di sana makin asik aja.



Satu size porsi sgitu banyak banget, ya?  Makan sendiri pastinya ga akan sanggup.  Biasanya bisa habis oleh 2-4 orang dengan membayar Rp. 135.000 per porsi. Kalau patungan  berempat bisa murce marice  kan ya? Ga sampai 50 ribu udah dapat nasi goreng lengkap dengan sate lilit,  telor dadar, sosis, salmon ball dan kerupuk kulit.   Kapan kita datang bisa banget  rikues nasgor  yang level pedasnya bisa disesuaikan ini, dijamin bakal bikin kenyang pake banget.

Berbeda dengan Nasi Goreng Jancuk,  untuk menu All You Can Meat atau Crazy Asian Buffet  hanya bisa dijumpai pada akhir pekan saja, tepatnya hari jumat dan sabtu dari jam 18.00-20.00

Bertempat di Mosaic All Day Dining Restaurant yang ada di lantai 1 kita bisa menikmati All You Can Meat yang konten sajian utamanya adalah olahan serba daging. Menuruf Chef  Yanto, “Beef Teppanyaki di menu Jumat itu wajib dicicipi. Bukan saja karena rasa dagingnya yang enak gurih dan empuk tapi kita juga bisa menyaksikan langsung cara pengolahannya.  Malah bisa disesuaikan dengan permintaan pengunjung, lho. 

Tamu yang hadir bisa rikues apakah mau pakai aging sapi, ayam, atau seafood. Pastikan juga untuk tidak melewatkan Paella. Selain ga muah ditemui,  makanan khas Spanyol ini harganya mahal, lho. Sementara dengan membayar 328.000 ++/orang kita bisa makan sepuasanya.   


Yang ga kalah seru dan wajib dijajal rasanya adalah menu yang disajikan pada hari sabtu  yang mengusung tema  Crazy Asian Buffet. Untuk yang satu ini, pilihan makanan yang hadir  menyajikan kuliner khas Asia yang sudah dimodifikasi oleh kreativitas tim dapurnya  Crowne Plaza Bandung. 

Misalnya nih,  ada Fried Tengkleng Noodle atau Sableng Fried Rice. Kalau biasanya setiap mengingat tengkleng yang langsung nyangkut di kepala kita itu adalah soto khas jawa dengan kuahnya,  kali ini Crowne Plaza mempersembahkan  sajian Tengkleng yang dipadukan dengan mie dan digoreng garing tanpa kuah. Eh tapi cita rasa rempah-rempahnya ala Tengkleng  tetap terasa di lidah saat kita mencicipinya, lho.



Jangan lupa untuk reservasi dulu sebelum datang ke Crowne Plaza untuk mencoba pengalaman menikmati promonya, ya.  All You Can Meat dan Asian Crazy Rich Asian Buffet ini bisa dinikmati setiap weekend selama bulan November 2019. Siapkan perut yang kosong biar kenyangnya maksimal  :)
Share: