Monday 19 October 2015

Bajigur, Minuman Tradisional Yang Mulai Langka

Ini  bukan  susu  cokelat, cappucino,  coffee  lattee  atau  minuman apalah  yang biasa  dipesan di  coffee shop,  resto/gerai cepat saji  atau  tempat  hang out  lainnya.  Tapi ini adalah bajigur,  minuman khas  dari  priangan  yang  terbuat dari  air santan,  direbus dengan  gula  aren  dan  dicemplungin irisan tipis  kolang-kaling. 
http://www.catatan-efi.com/2015/10/bajigur-minuman-tradisional-yang-mulai-langka.html
dokumen pribadi

Kalau  di  coffee  shop  kita bisa  pesan komposisi  yang customize, dengan toping ini  itu  yang lucu-lucu, beda  dengan bajigur. Ya udah, takaran manisnya sami mawon,  karena  si mamang  yang  menjajakannya  sudah  menyiapkannya dalam panci besar, tinggal  ngambil  dengan  alat semacam centong gitu dan  dituangkan ke dalam gelas. 
 
Dulu waktu  saya masih  bocah,  cukup  mudah menjumpai  penjual  minuman ini.  Biasanya  muncul sore-sore  saat  langit  berpelangi.  Eh,  siapanya  Jaka  Tarub?  Hahaha...  enggak,  bukan siapa-siapanya  Jaka  Tarub.   Ini  mah kelebayan sayanya aja yang suka nyelonong  numpang   eksis :D. 

By the way  bajigur  ini  paling enak dinikmati sore  hari  setelah  hujan reda  dan meninggalkan aroma tanah  yang menguar, ditemani  dengan penganan lain semacam kelepon, getuk, pisang singkong, ubi atau kacang  rebus.  Duh,  so  klasik  banget,  ya.   

Kadang  penjual  bajigur  ini  juga  menjajakan  minuman lain  dalam panci  berbeda di gerobaknya yang sama,  ada  bandrek. Minuman hangat  yang  terbuat dari jahe, gula merah, dan bahan lainnya seperti   cengkeh, kayu manis  dan disajikan  dengan  irisan   kelapa parut yang halus.

Dulu waktu kuliah  dan ada acara camping malam keakraban (biasanya sebulan setelah ospek gitu lah), kalau mampir ke warung  di sekitar  lokasi camping,  minuman ini  yang biasa saya pesan.  Soalnya  saya ini mudah masuk angin dan minuman hangat semacam   bandrek  ini  lumayan cukup  membantu memberi rasa  nyaman di perut.  Semakin  gelap  merayapi  malam,  udara  udah makin dingin dan biasanya  jaket  yang dipake  udah kurang  efeknya. Pas teman-teman saya  milih  kopi  buat ngusir  kantuk, saya malah milih pesen  bandrek.  


Oke, kembali ke Bajigur  dan bandrek  yang mulai  langka.  Sebenarnya  kalau mau sih bisa bikin  yang instan. kalau  jalan ke lorong-lorong  khusus  minuman kemasan sachet di  supermarket,  ada banyak  minuman seperti  ini.  Tinggal tuangkan ke gelas dan seduh  dengan air panas. Cuma, rasanya  beda, lebih  enak  kalau  buat sendiri.  Mudah-mudahan aja  minuman seperti  ini masih tetap  eksis  dan  siapa tau  aja  bisa naik kasta.  Ya, kali aja ada kafe  atau resto  yang bisa  bikin  sajian baru dengan toping  es krim, whipped  cream dan dandanan cantik lainnya  atau  tampilan rasa  yang udah dikemas  modern  tapi taste  khasnya  masih tetep  kerasa. 


Share:

27 comments:

  1. Saya belum pernah nyobain bajigur, denger bajigur aja di acara TV di Net wahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Must try, mbak. Rasanya manis kayak saya, eh bukan hahaha.... :)

      Delete
  2. waahhh jadi sono k bajigur dan sukabumi. dulu pas mo k pelabuhan ratu, ada bajigur enak d terminal degung. suueerr sono pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ka Pelabuhan Ratu, jauh euy hehehehe. Mungkin teteh mau ngajak jalan-jalan ke sana?

      Delete
  3. Kayaknya mantap ya mbak :D
    tapi ane belum pernah mencobanya sama sekali. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh kalau ke Bandung. Cicipin juga penganan temannya, ya.

      Delete
    2. iya, nih kyknya mantap banget. jadi pngn bikin sendiri dirumah.. :)

      Delete
  4. Kupikir tadinya bajigur rinde teh, tetnyata yg ada santennya

    ReplyDelete
  5. Belum pernah nyobain bajigur teteh. Kapan- kapan ke Bandung traktir saya yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu sini ke Bandung, mbak. Tar aku traktir bajigur hehehe

      Delete
  6. Kurang suka bajigur, tapi suka. Kumahanya? :D

    ReplyDelete
  7. kalo di daerah saya mah masih banyak bajigur, apa lagi malem2 pasti ada bajigur paling cocok sama ubi atau singkong makan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik tuh mba. Apalagi kalau ditambah kacang ijo yang masih ada tangkainya itu ya

      Delete
  8. Saya kok kesultasn menemui wedang bajigur di Jogja
    klo wedang ronde mah di Malioboro masih ada...

    Salam kenal mbak efi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak Ari. Wah bisa jadi peluang bisnis tuh, mbak hehehhe

      Delete
  9. aku sukanya bandrek tehh yummiii...

    ReplyDelete
  10. dulu pas mo k pelabuhan ratu, ada bajigur enak d terminal degung. suueerr sono pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah ke Pelabuhan Ratu hahha. Ndeso, ya? Jadi keingetan pernah diundang temen disuruh maen ke rumahnya di Sukabumi Janji belum tertunaikan silaturahmi ke sana.

      Delete
  11. waahhh jadi sono k bajigur dan sukabumi. dulu pas mo k pelabuhan ratu, ada bajigur enak d terminal degung. suueerr sono pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh jalan-jalan bareng ke sana yuk, Vani :)Aku malah belum pernah ke Sukabumi, niiih.

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.