Kriteria KTA Online yang Aman dan Terpercaya

by - July 19, 2019

"Jadi gimana penjualan Sostel hari ini?" tanyaku sore kemarin saat mampir ke rumah adik. Ceritanya adikku dan suaminya lagi memulai lagi usaha dengan berjualan Sostel atau Sosis Telur. Lapaknya nyewa di depan sebuah mini market dengan tenaga penjualnya dijalankan oleh saudara sepupu.  
"Hari gini  mah sepi.  Orang-orang lagi pada fokus ngurusin sekolah anak. Mana tanggal tua, kan?" cerita adikku. Hooo iya, aku manggut-manggut. Sudah mulai tahun ajaran baru, saatnya kembali ke sekolah. Bakalan banyak kebutuhan yang harus dibayar. Tidak sedikit di antara mereka yang harus lari sana lari sini mencari pinjaman termasuk dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman dari KTA Online.

Bukan hanya seragam, buku dan ATK tapi juga keperluan lain yang berkaitan dengan kegiatan di awal tahun ajaran baru.  Misalnya saja membayar Uang pangkal, SPP,  dan ini itu. Pastinya banyak kebutuhan tak terduga di saat-saat seperti ini. Contoh paling gampang, beberapa hari yang lalu mamaku baru saja bernafas lega karena suah membereskan uang kuliah adik yang totalnya setara harga motor. Lumayan bikin mules membayangkan bagaimana harus menyisihkan dananya.

Dulu sih, waktu masih aktif sebagai PNS Mama punya agunan berupa SK PNS buat mengajukan pinjaman ke bank buat keperluan awal tahun pelajaran atau kebutuhan lainnya. 

Udah pensiun atau anda yang ga punya slip gaji (karena ga kerja kantoran) atau jaminan lainnya yang bisa jadi agunan untuk pinjaman ke bank mungkin sedang mumet dibuatnya. Walaupun sebenarnya ada sertifikat rumah atau tanah, misalnya. Tapi kok ya sayang mau dijadikan agunan. Proses verifikasinya pun ga bisa diandalkan agar lekas cair. Pinjem sama teman atau tetangga ga enak juga. Bisa jadi karena lagi sama-sama butuh atau ga enak aja. Soal utang piutang kadang suka menyisakan gesekan dalam relasi petemanan atau saudara.  Betul tidak?

Jadi gimana solusinya?
Sudah pernah dengan tentang Kredit Tanpa Agunan alias KTA, kan? Yang satu ini bisa jadi solusi bagi anda yang sedang kepepet butuh dana dalam waktu cepat. Ada banyak penyedia KTA Online ini yang bisa kita jumpai. 

First of all alias hal pertama yang harus diketahui adalah pastikan lembaga penyedia pinjaman berupa KTA ini benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.  Secara berkala nama-nama lembaganya akan diumumkan, sehingga kita akan merasa aman karena tidak salah pinjam.  Ga mau kan kalau terjebak utang dengan rentenie online yang bunganya mencekik? 

Beberapa contoh penyedia KTA yang terpercaya misalnya saja ada BNI, Mandiri, BCA, BTN, Bukopin dan beberapa bank lainnya. Kalau tidak mau pusing, cek saja daftar rekomendasinya di Cekaja.com, Bakal banyak referensinya, tuh.

Berbeda dengan bank yang memerlukan syarat adminitrasi dan dokuman yang ribet, syarat yang diminta untuk KTA Online ini lebih mudah. Misalnya saja fotokopi KTP, fotokopi NPWP, cetak rekening 3 belan terakhir dan beberapa dokumen terkait sesuai dengan latar pekerjaan atau usaha.

Agar pengajuan pinjaman lekas cair, pastikan dulu hal-hal berikut ini:

Aman

Penyedia KTA sudah terdaftar di lembaga OJK.

Mudah dan Cepat Cair

Syarat dan alur pengajuan pinjaman yang tidak bebelit-belit. Biasanya proses verifikasi tidak memakan waktu lama, sekitar 3-5 hari sudah cair.

Cicilan yang Mudah

Selain soal besaran cicilan yang bisa terjangkau dengan cash flow bulanan,  bagaimana kita bisa melunasi pinjaman juga harus diperhatikan. Sudah banyak penyedia KTA Online yang mnyediakan cara cicilan pinjaman dengan membayar melalui ATM,  mobile atau internet banking, dan auto debit selain dengan cara datang langsung ke Bank. Lamanya waktu pencicilan pun bisa disesuaikan,  antara 3-5 tahun.

Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Jangan segan-segan untuk bertanya atau mencari tahu simulasi cara pembayaran. Sebaiknya jumlah cicilan tidak lebih dari 30% penghasilan agar pencicilan hutang tetap berjalan lancar dan tidak terkena denda karena mengalami keterlembatan.  Selain pinjaman pokok dan bunga yang dikenakan, penyedia pinjaman juga akan mengenakan biaya administrasi saat pengajuan pinjaman disetujui. 


Last but not least, hindari sebisa mungkin penggunaan pinjaman yang kurang produktif semisal digunakan untuk jalan-jalan atau hal lain yang sifatnya hura-hura. Ingat, setiap rupiah yang kita pinjam bakal dikenai bunga.  Kepepet uang bisa dialami siapa sja, dipepet utang karena ga pintar mengatur pinjaman jangan sampai dialami, ya. 

Semoga informasi ini bermanfaat buat anda.  Untuk contoh simulasi dan infp lainnya terkait soal KTA Online bisa cek di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/

You May Also Like

4 komentar

  1. artikel yang bagus, jangan lupa mampir untuk bermain
    Judi Online Opus Gaming Sports
    Nikmati odds terbaik di berbagai pertandingan yang disajikan dengan pengalaman yang berbeda.

    ReplyDelete
  2. Sejak rame berita soal pinjaman onlen yg nasabahnya diteror kok jadi ragu yah.padahal mungkin yg bonafid banyak yah

    ReplyDelete
  3. Kmrn sempat rame nasabah yang melaporkan kta onlen karna merasa diteros. Smg pemerintah bisa mengawasi menjamurnya kta ini sehingga tidak banyak jatuh korban lagi

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.