Saturday 15 March 2014

Netherland: My Dream Vacation To Be True


Bukan tanpa alasan kalau ditanya negeri mana yang pengin saya datengin buat jalan-jalan (occasionnya santai, ya, bukan resmi, tugas belajar dan semacamnya) adalah Belanda.

Widiiih, Belanda? Serius?
source: mypostcard-page.blogspot.com


Yup. Jadi saya kasih  bold dan italic  beberapa alasan utamanya.

  • Catatan perjalanan Summer School seorang Blogger di Utrecht
  • Novel Negeri van Oranje
  • dan... tentu saja lomba blog yang diadakan oleh Mak Indah Nuria Savitri qiqiqi


Jadi bukan karena pernah dijajah?

Errr....., enggaklah. Saya bukan tipikal seorang melankolis, tidak punya sedikit kenangan yang mengharu biru dengan negri kincir angin yang pernah menjajah Indonesia tercinta selama beberapa ratus tahun. Meskipun kebanyakan objek yang pengen saya sasar ini kental dengan romantisme masa klasik (jadi mana yang bener? :D). Hei ngomong-ngomong soal heritage dari negeri ini bakal saya sentil juga dikit di sini. Jadi jangan ngacir dulu dan close blog ini. Please... stick around cause there won’t be any break here hahaha, jelas lah. Emang bukan siaran tv, kan?


Yup,  dua tahun silam, saat hujan menderas mencandai bumi dengan bulir-bulir beningnya, lepas shubuh saya malah asik kruntelan sambil ngitik-ngitikin layar laptop, dan tidak sengaja menemukan blog milik Rahma. Perjalanan serunya saat menjalani Summer School dengan segala keceriaan seorang gadis yang Indonesia banget bikin saya terpingkal-pingkal, amaze dan tentu saja envy. Kapan, ya saya bisa merasakan asiknya tinggal di Belanda dengan tata kotanya yang rapi, klasik meskipun biaya hidupnya mahal dan ehm... soal kebebasannya yang yaaaa... gitu deh. *skip, bukan topik bahasan*


Selain Diarynya Rahma (sekarang bisa dilihat di sini), tentu saja novel Negeri van Oranje itu jadi salah satu provokator saya naksir sama Belanda. Kisah Geri, Lintang, banjar dan kawan-kawan selama di sana dengan menggambarkan suasana Belanda dengan detil lengkap dengan aneka tips menghadapi segala situasi di sana tersaji dengan komplit dan apik.


Karena Belanda tidak selebar daun kelor, mari kita persempit objek yang jadi bidikan impian saya (biar mahal, namanya juga mimpi, jadi boleh dong?) biar lebih fokus.


  • Kulinernya

Bukan kamseupay alias kampungan, lidah dan perut saya yang Indonesiana banget ini sepertinya bakal kepayahan kalau  harus beradaptasi dengan cita rasa makanan asing yang rempah-rempahnya enggak familiar di lida. Selain soal status halal-haram yang juga jadi konsen sebagian kaum muslim yang taveling keluar negeri,  selera hidangan ga boleh dicuekin, dong. Nah, untuk makanan, kita tidak perlu pusing nyari restoran yang menyajikan makanan khas Indonesia di Belanda.  Mulai rendang, pecel, sampai nasi goreng bisa dengan gampangnya kita dapatkan di sini. Jangan sampai diare, disentri karena mekanisme pencernaan kita belum siap menerima kehadiran alien alias makanan asing hahaha... lebay. Eh, ya ngomongin Belanda jangan lupakan juga dengan keju Edamnya, ya
source: www.travelwithmasha.com

 Enggak asyik kan, kalau sampai kita sakit dan dirawat di rumah sakit sana? Yaiks, masa jauh-jauh ke Belanda ujung-ujungnya ngendon di rumah sakit? Jangan dong.
Eh tapi kepengin juga nyobain makanan khas Belanda. Kayak pannekoeken, erwtensoep, poffertjes dan mungkin makanan lainnya, pastinya kudu halal dong.

Penampakan menggoda Poffertjes Ice Cream. source:thenaivekid.tumblr.com


  • Utrecht yang  klasik dan resik
Utrecht
 (50385896)
Kalau mau romantis, jalan-jalan sambil selusuri kanal ini aja. Source: tripadvisor.co.id

Yang paling menarik dari Utrecht, selain mempertahankan ragam gedung dengan desain kunonya adalah sistem kanal yang membelah kota ini dan jadi sarana transportasi yang romantis (haish). 
Budaya birokrasi yang ribet di Indonesia kemungkinan besar adalah warisan dari para meneer-meneer yang menjajah Indonesia (ini berdasarkan cerita di novel Negeri van Oranje yang rempongnya ngurusin aneka remeh temeh administrasi di sono). Padahal bukan yang macem begitu yang harusnya kita adopsi. Belanda punya kultur lain yang apik sangat. Sistem transportasi lain berupa bus dan sepeda yang ramah lingkungan atau kukuhnya mereka menjaga eksistensi gedung-gedung klasik bersejarah. Di sini? As we know lah....hiks.


  • Festival Bunga Keukenhof

Inget Belanda,  selain kincir angin, Dutch Lady dan Sapi yang kerap nongol di iklan susu di tahun 90an,  yang terbayang adalah bunga Tulipnya itu yang legendaris. Bule-bule londo ini memang pecinta bunga sejati. Enggak heran kalau lantas  mereka punya event keren yang menyedot banyak pengunjung dari manca negara. Tahu Festival Keukenhof,  dong? Seperti ini keriaan yang terjadi di sana.
sumber : www.keukenhof.nl
source : www.getintravel.com

source : openplac.es

Ada juga festival Zundert yang keren banget, digelar di sebuah kota kecil bernama Zundert. Festival ini digelar di awal September. Tehnik mereka juga ga kalah ciamiknya sama festival Keukenhof. Seperti gambar-gambar di bawah ini. Keren, kan?

source: www.demilked.com

source: www.technocrazed.com


source: theadventourist.com

  • Museum Zuiderzee

Nyebut museum yang satu ini  bikin lidah berdesis dan nyaris kepleset. Eh, tapi venue di sini keren banget. Bukan sekadar museum dengan mainstream standar yang menampilkan aneka benda kuno dan langka yang dalam display kaca. Museum yang satu ini diseting dengan niat yang sungguh-sungguh dan sepenuh hati.  Hasilnya, turis yang main  ke sini disuguhi miniatur  desa Belanda jaman dulu, dalam ukuran real plus dengan orang-orangnya asli dan masih hidup (pastinya) lengkap dengan kostum khas Belanda. Asyiknya lagi mereka bertingkah seolah-olah apa yang mereka perankan di museum adalah kehidupan sehari-hari mereka,  kedatangan pengunjung enggak ada apa-apanya, cuek beybeh pisan. Keren!!!

source :www.tripwolf.com
source: www.tripadvisor.co.uk
source; www.plaatsengids.nl -

Selain yang udah saya sebutkan di atas, saya juga pengin jalan-jalan ke museum Van Gogh, Valkenburg dan Maastricht yang enggak kalah klasiknya dengan Utrecht.
source: www.holland.com

Museum Van Gogh. source: www.timeslive.co.za

Adakah full sponsor? Hahahaha.... (edisi modus blogger matre). Kira-kira perlu berapa gulden biar puas jalan-jalan di Belanda, ya? Kudu jadi pewarisnya Om Ciputra dulu ini mah (siapa elu?) :D

Ah seperti yang udah saya bilang, ngelamun kan gratis.  Kali aja jadi doa dan kesampaian. Yipiiii.


*Tulisan ini disertakan dalam lomba blog My Dream Vacation yang diselenggarakan oleh blogger Indah Nuria Savitri* 
http://indahnnuria.blogspot.com/2014/02/mydreamyvacation-giveaway-timeeeee.html
Share:

27 comments:

  1. Waa enak ya teh, kayaknya ngeliatnya aja uda kayak nyium udaranya. Kek romantis gimanaa gitu xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok, bujukin suamimu buat hanimun kedua ke Belanda Mak :)

      Delete
  2. Netherland emang punya spot yang menarik buat dijajah *eh dijelajah ya mak :D
    Itu bunga bentuk ikannya keren abissss..

    ReplyDelete
  3. Cihaaa jadi pengen.... insya Allah bisa! Klau aku mimpi ke Belanda gara2 tulip dan mau lihat kanal2 cantik Mak. Biasanya ntar di bulan Juni/Juli ada blog contest (buat mahasiswa sih) yang hadiahnya summer course gratis plus akomodasi 2 minggu di Belanda. Semoga tahun ini ada lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konn sugesti itu disimpan alam dan suatu waktu bisa kesampaian :D Yang summer school di Utrecht itu, ya? bacanya deh diarynya Rahma yang linknya aku share di postingan. Aku sih udah ga unyu lagi, jadingarep ditraktir jalan-jalan hahaha....
      Semoga dirimu dapet ya, nanti bisa jadi novel lho ^_^

      Delete
  4. Uwaaa...kejunyaaa....eh 1 lg mbk..sendal kayu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener. Kejunya Belanda top bener, ya, mak. Sendal kayunya? nah, saya belum punya, tuh :D

      Delete
  5. Belanda memang menyenangkaaan..kecil tapi lucuuuu :D...semoga kesampaian maak....jalan di sepanjang kanal, liat kincir angin, makan keju dan hop on hop off di museuuum...menyenangkan memaaang :D...good luck et makasih sudah ikutan GAku yaaaah..mmuuuaaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaak, lucu tapi dulu binal dan buas yah. Kayak kucing preman hahaha... (apaan sih).

      Delete
  6. Keukonhof emang nyenengin bgt ya mak, betah deh Kyanya aku kl main ke sono.. Hihihi...
    Btw Makasih sdh ikutan GA ini, salam kenal dr makjur :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga mak udah transit di sini. Asyik dan betah banget kalau disediain e-wallet yang isinya cukup buat huru hara eh hore-hore di Belanda sana selama 1-2 bulan, tanpa harus menggembel :D *mulai deh mimpi lagi*

      Delete
  7. udah kebayang da disana :D ... Teh Efi disana dengan gaya bule *baca : pake mantel tebel dan boots*... keren keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha jadi pengen ketawa ngebayanginnya. :D Kudu pake boots 15 cm kali ya, biar ga disangka anak sekolah *curcol emak mungil*

      Delete
    2. Hahaha jadi pengen ketawa ngebayanginnya. :D Kudu pake boots 15 cm kali ya, biar ga disangka anak sekolah *curcol emak mungil*

      Delete
  8. mak efi, belanda ini jadi negara inceran temen saya buat sekolah pasca, ngebet banget dia, semoga mak efi juga bisa kesana ya, aamiin. saya naksir ice creamnya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga envy abis baca Negeri van Oranje. Andai aku10 tahun lebih muda :D

      Delete
  9. Poffertjes dan kejunya... bikin aku langsung lapaaarrrr....
    Aku tuh selalu membayangkan enaknya keju yang meleleh....
    Poffertjes yang lembut itu aku sukaa... tapi ga pake es krim.
    Aaahhh... jadi pengen makan! :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, aku ngiler juga lihat poffertjesnya :D yuuk ah, makan hehehe

      Delete
  10. Maakkk... ada yang kurang... kenapa gak ditampilin taman bunga tulipnya di keurkof (eh bener gak sih tulisannya spt itu)
    Aku pernah baca di manaaaa gitu... lupa sih, tapi aku terpesona banget sama taman bunga tulipnya yang warna-warni keren banget.
    BTW, semoga berjaya di GA mak Indah kali ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keukenhoff mak, iya kelewat nih fotonya :) . Aamiin, makasih doanya, mak.

      Delete
  11. foto ice creamnya itu lho..........

    ReplyDelete
  12. Kapan ya aku bisa ke sana... bener2 #MyDreamVocation

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.