Merintis Masa Depan Jadi Manager [infomercial]

Jadi manager? Itu pernah terlintas sedikit waktu saya masih SMA. Makanya saat seleksi kuliah dulu, jurusan manajemen jadi salah satu jurusan yang saya pilih. Begitu tau passing gradenya, mulai deh saya dirayapi cemas dan gelisah. Gila bener! Jumlah peminatnya banyak sekali. Persaingannya lumayan tinggi. 

Waktu pengumuman seleksi mahasiswa baru akhirnya saya diterima di jurusan lain. Masih satu rumpun sih, sama-sama fakultas ekonomi. Makanya saya tetap mendapatkan mata kuliah pengantar manajemen untuk beberapa semester. Selain manajemen dasar, ada juga pengantar manajemen keuangan dan ilmu bisnis. Lumaya ngejelimet hahaha… Tapi sebenarnya seru juga, apalagi sekarang ini ilmu manajemen bisa kita pelajari secara otodidak dari buku-buku umum yang cukup popular. Inget dong 7 Habbits of Effective Peoplenya Steven Covey? Suka atau tidak, tanpa disadari kita juga harus bisa me-manajemen diri sendiri dalam banyak hal keseharian. Ya waktu, ya uang, ya relationship (ish), endebra, endebre…

See? Ternyata ilmu manajemen itu sesungguhnya aplikatif, bukan teori semata. Apalagi buat yang berminat menapaki karir di perusahaan dan menduduki level manajemen perusahaan, ilmu manajemen ini wajib diperdalam. Ah, ternyata bukan soal hati saja yang harus dalam, ya? #apacoba? Salut dan respek deh, sama mereka yang mengusai ilmu manajemen ini. 

So, boys, gals, kalian yang sedang baca blog saya ini dan sedang nyari tempat kuliah, ada banyak universitas bisnis manajemen yang bisa jadi pilihan. Bahkan untuk jenjang setara sekolah menengah pun sudah ada jurusannya (di SMK). Untuk di Indonesia, manajemen bisnis jadi salah satu jurusan favorit selama beberapa tahun terakhir. Wohoo… siapa yang mau jadi bussinesman atau businesswoman? Kalian bisa mulai merintisnya dari sini.

Anyway, ternyata jumlah peminat pilihan program studi manajemen bisnis mencapai 139,109 peserta loh. Setiap peserta mempunyai 3 pilihan. Bisa jadi sebagai pilihan pertama, kedua atau ketiga. Baik lewat SNMPTN maupun SBMPTN. Walaupun masuk cabang ilmu sosial, mereka yang berasai dari jurusan eksak alias IPA bisa juga mendaftar ke jurusan ini. Makanya peminatnya bisa membludak segitu banyak karena menjanjikan masa depan yang cerah. Ehm...

Lalu gimana kalau ternyata ketika seleksi di perguruan tinggi tidak lolos? No worry ya gengs, karena kalian masih bisa kuliah di kampus swasta. Agar lebih fokus dalam mempelajarinya, beberapa jurusan ini bias jadi pilihan. Lebih cenderung ke mana minat kalian? Apakah Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Syariah, Manajemen Ekonomi Syariah atau Manajemen Produksi dan jurusan lainnya?

Dengan konsen dan fokus mempelajari ilmu manajemen ini kita disiapkan untuk menjadih manager dalam pengolaan perusahaan dan organisasi lebih spesifik sesuai latar belakang dan keahlian yang dimiliki. Jadi manajer keuangan? Kita akan belajar me-manage cash flow perusahaan. Jadi HRD? Asik juga karena kita belajar menjaga hubungan yang harmonis antara personal di dalam perusahaan dengan segala permasalahan di dalamnya. Begitu juga dengan manajemen pemasaran, manajemen produksi dan lainnya. 

Yang namanya ilmu tanpa praktek rasanya hambar dan bikin boring alias menjenuhkan. Dengan berkuliah Di universitas bisnis manajemen, kita juga akan mendapatkan pengalaman kerja berupa pelatihan di industri atau perusahaan. Teori yang sudah didapatkan selama kuliah bisa kita aplikasikan di lapangan.

Gimana, sudah mantap menatap masa depan jadi manager? Selamat merintisnya dari sekarang, ya.

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

2 komentar:

  1. Hahaii... dulu aku pernah jadi manager, dan itu suliiiit :D memanage orang & mengakomodir ekspektasi atasan + bawahan itu lelaaaah #curcol jadi emang harus ada ilmunya biar ngga pusing & stress :D

    BalasHapus
  2. dari dulu blm ada cita-cita jadi manager,hehe pengennya sih owner biar bisa nguasai bisnis sendiri..

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.