Melejitkan Kecerdasan Anak Dengan Mewarnai

Apa sih mainan yang cocok buat anak? Suka kepikiran ga, sih? kira-kira mau kalau mau kasih kado sama keponakan,  atau anaknya temen yang ulang tahun, misalnya.  Kalau yang lahiran mungkin ga jauh-jauh dari baju, peralataan makan atau toiletris khusus bayi (ini juga kadang masih bingung sama cocok-cocokkan dengan merk tertentu, ya).Kalau anaknya udah gedean, kan paling enak kasih mainan. Wait, wait.... mainannya kayak gimana dulu?

Mainan seperti robot, mobil-mobilan atau boneka sebenarnya ditujukan untuk melatih motorik kasar pada anak, bukan untuk motorik halusnya. Ada ga, sih  yang biaa memebrikan benefit  sekaligus?

Ada.Ya melatih motorik kasarnya, ya motorik halusnya juga. Murah dan menyenangkan. selain itu kita juga bisa menyelipkan unsur edukasi dalam permainan lain yang juga menyenangkan. Mewarnai misalnya. Walau kesannya cetek, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak-anak dari kegiatan ini Apalagi kalau memwarnainya menggunakan Crayon Titi  hohoho... Penasaran dong. Apa  saja, ya? 

Manfaat Mewarnai 

Seperti yang ditulis oleh Femi Olivia, manfaat mewarnai yang didapatkan oleh anak antara lain adalah: 
  • Melatih memilih kombinasi warna berikut keseimbangan dan keserasian aantara satu warna dengan warna lain. 
  • Memberikan rangsangan berupa imajinasi juga kreativitasnnya 
  • Mengenali obyek yang diwarnai, sehingga ia akan belajar memahami detail obyek sebelum memberikan sentuhan warna pilihannya. 
  • Belajar mengejar target dalam menyelesaikan. 
  • Dengan mewarnai, mereka jadi belajar mengenal garis batas yang terdapat pada bidang.
  • Melatih koordinasi tangan dan mata, seperti cara yang tepat untuk memegang crayon sampai memilih warna yang tepat. 

Mengembangkan Kemampuan Motorik 

Kegiatan mewarnai pada usia dini juga membantu meningkatkan kemampuan motorik kasar maupun halus serta membantu kinerja otot tangan anak jadi semakin Bila semakin bagus kinerja ototnya, maka pekerjaan yang melibatkan gerak fisik jadi terasa ringan. 

Melatih Indera Penglihatan Lebih Tajam Dalam Mengenali Warna-warna 

Baik dengan pensil warna atau crayon seperti crayon Titi ketika mewarnai, membantu mengasah anak indera penglihatannya jadi lebih tajam. Deretan warna crayon atau pensil warna yang bervariasi bisa menstimulasi mata si kecil. Manfaat lainnya juga bia menghindarkan risisko terjadinya kebutaan warna pada anak lebih dini.

Konsentrasi Yang Lebih Baik 

Nah ini temuan yang surprise. Menyenangkan pastinya. Kenapa? Karena dengan memwarnai ternyata melatih konsentrasi anak. Ada yang punya masalah anak-anaknya susah fokus? Challenge berupa pemilihan warna yang presisi alias mendekati dengan objek aslinya atau pulasan warna tidak melebihi garis batas gambar akan mengasah kemampuan anak untuk lebih konsentrasi. Semakin baik tingkat konsentrasi yang dimilikinya, secara tidak langsung ia belajar untuk memecahkan masalah dan berpikir lebih optimal. Tambahan lainnya, kegiatan mewarnai juga membuat anak memiliki mental yang lebih baik dalam lingkungannya berada. 

Jangan buru-buru memaksa mereka sempurna dalam mewarnai. Sabar, perlu waktu. Jika masih ada yang salah atau kurang, jangan mencela atau memarahinya. Biarkan saja mereka bermain-main warna sesuai imajinasinya. Yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan arahan pada mereka dan jangan sekali-kali mencoba untuk membandingkan mmereka dengan anak-anak yang lainnya. No no no.... itu bisa bikin mereka patah semangat dan merasa inferior.

Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi apapun hasil mewarnainya. Baik menggunakan pensil warna ataupun dengan crayon. kalau mereka sudah nyaman dan cenderung memllih crayon sebagai alat untuk mewarnainya, Crayon Titi adalah pillihan yang recomended.

Kenapa? Karena selain harganya yang affordable, Crayon Titi tidak bikin tangan anak cemong-cemong dan aman karena bersifat non-toxic. Aman dong! Gimana cara mendapatkanya? Gampiiil… Crayon ini bisa dibeli via online situs belanja online populer. Yuk,  mainkan sekarang juga. 

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

10 komentar:

  1. oalah namanya Titi toh aku sering beliin crayon ini buat anakku teh tapi namanya Neyna dulu masih cilik jadi selain buat warnain tembok juga dipotekin kecil-kecil sampe bosenlah aku beliin mulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ada sensasi tersendiri kalau crayonnya dipotekin gitu ya, Va.Kayak kita makan kue lapis terus makan lapisnya dibuka satu-satu lapisannya hihi. Analoginya kejauhan ga, sih?

      Hapus
  2. Mewarnai salah satu kegiatan favorit Alfi,tapi masih susah diarahkan dalam memilih warna, tapi tetep memberi dukungan dan mengapresiasi apapun hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Jangan runtuhin dulu semangat anak, ya.

      Hapus
  3. Sebagai Drawing Teacher, saya juga pakai Titi dan rekomendasikan ke murid cz oil pastel ini mudah nge blend, mudah di dapat dan harganya terjangkau;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah nambah deh testy dari praktisinya langsung. :)

      Hapus
  4. Yang gede bisa pakai ini juga kan ya Mba? Buat mewarnai buku mewarnai khusus dewasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bebas, boleh banget. Ga ada larangan kok, Nia.

      Hapus
  5. Titi ini yang suka dipakai anakku saat mewarnai... :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.