5 Things I Used To Do In Blogging

Lumayan juga hari ini  saya udah blogwalking alias bw ke beberapa blog. Masih  pengen  ber-bw ria eh tapi pas komen di salah satu blog tiba-tiba aja tiiing.... lampu ide (((ide))) nyala. Daripada keburu lupa dan dalih lainnya ya udah lah, bwnya diterusin besok aja. Doain saya semangat selalu buat  bw ya...  go efi go... #apacoba?

Ceritanya nih saya pengen bahas kebiasaan  saya dalam ngeblog yang dulu suka saya lakukan dan sekarang enggak lagi.  Apa saja itu?

1. Cek Parameter (AR, DA, PA, Bounce Rate)

Ngaku ah ahaha.... Saya pernah terobsesi sama printilan ini. Seneng banget kalau ranking blog bisa nembus di angka ratusan ribu. Terus sedih kalau ranking AR turun dan angkanya gede.   Ah betapa rempongnya saya.  Entahlah berapa ranking AR saya sekarang. Apalagi konon kata Alam  AR sekarang udah ga organik karena kekuatan kapitalis.  Ish,lebay, Fi.Ga usah aneh-aneh bahasanya. Yang sederhana aja napa?

Gini gini... katanya kalau mau punya skor AR yang ramping dan singset  kudu bayar.  Ya saya mah ogah lah.  Gak mau. Ada yang bilang kalau mau ARya ga makin bengkak pasang aja fitur ARnya di toolbar browser alias peramban kita. Entah itu Mozila, Chrome, Opera atau yang lainnya. Pernah masang, sih. Dulu.... tapi pas diinstal ulang yuk dadah yuk bye bye...

Soal DA atau PA pun saya udah jarang kepoin, kecuali kalau ditanyain, dan ini biasanya berurusan sama job. Ngapain juga atuh ya kalau bukan job nanya-nanya ginian? Dulu juga saya suka rajin mantengin bounce rate di akun google analytics. Sukses bikin saya terharu karena angkanya gede. Daripada pusing mikirin menurunkan angkanya yang montok itu saya abaikan aja. Eh beberapa waktu yang lalu pas saya coba cek analytics, bat laporan blogpost, ternyata bounce rate saya jadi ramping, entah kenapa. Biarin aja lah. 


2. Cek Notify Me

Dulu kalau ninggalin komentar saya suka centangin kolom notify me, entah itu di platform  blogspot atau wordpress. Nantinya kalau ada komentar balasan di link yang udah saya tinggalin jejak itu bakal masuk pemberitahuan email.  Kadang saya baca, kadang enggak. Tergantung kesibukan. Kebanyakan sih, enggak.
Lama-lama email yang masuk ke inbox saya makin rame. Malah jadi bikin email penting jadi kesempil atau saya ga ngeh. Akhirnya saya ga kepoan lagi dengan tidak ngasih centang di kotak notify me itu. Ada bagusnya juga, biar saya ga suuzhan kalau misalnya kenapa komen saya ga dibales. Walau saya banyak lupanya udah hinggap (burung kali ah) udah mampir di postingan siapa aja kalau udah bw dalam satu hari misalnya.  Paling kalau ada postingan yang saya baca dan suka atau merasa butuh banget tinggal dibookmark aja dengan mengabaikan komen-komen lainnya. Sekadar menyederhanakan majemen waktu saja.

3. Komen Pake Link Post Url

Nah pengakuan dosa dulu deh hahaha.... Dulu nih, dulu banget... saya suka komen pake link post. Alasannya ngejar pejwan alias posisi di google search. Saya sih, jarang ngehapus link blogpost termasuk itu yang lomba. Palingan saya matikan aja backlinknya. Nah buat mengantisipasi broken link yang mungkin salah satu penyumbangnya adalah saya, ya udah deh postingnya pake url blog aja. Kalau di antara teman-teman pas bersih-bersih broken link terus nemu link darisaya, mohon dimaafkan, ya. Suer deh, ga ada niatan buat ngerjain. 

4.  Water Mark di Foto Blog

Dulu saya rajin ngasih water mark di semua foto sendiri. Belakangan, kok males hahaha.... Beberapa postingan ada yang fotonya banyak dan saya cuekin saja ga dikasih water mark. Risikonya? Iyaaa, udah tau kok, bakal dibajak orang. Harusnya sayanya juga antisipasi. Biar ga misuh-misuh atau bete kalau kejadian. Mungkin nanti kalau lagi selow saya kasih water mark lagi, deh (sok sibuk). Nah kalau pinjem foto dari temen tetep kok, saya kasih credit di captionnya.

Beberapa situasi kadang tidak memungkinkan buat saya ngambil foto. Udah berasa gercep tapi dengan tinggi badan kayak saya gini kadang harus rela kesalip sama yang lebih tinggi atau bongsor. Jarang banget kalau ada yang ga kenal nawarin motoin foto objek atau narsum acara yang mana posisi saya lagi dalam situasi tercover gitu. Sementara temen-temen saya posisinya terpencar, ngambil angle terbaiknya masing-masing.

5. Ngontes

Kapan terakhir kali ngontes,ya? Dah lupaaaaa. Palingan kalau kewajiban nulis dan tulisannya itu dilombain ya saya tetep ikutan. Walau ga ngoyo kudu menang, saya berusaha ga ngasal bikin tulisannya. Sementara kalau lomba blog saya nyerah deh kalau bukan kualifikasinya. Apalagi kalau penilaiannya lebih menitikberatkan ke infografis. Bye, hahaha.... Sementara yang lebih fokus ke konten juga lumayan nyedot effort karena saya selalu berusahaa riset nyari referensi buat pennujang tulisan. Walau kalah, setidaknya saya berusaha ngasih yang terbaik.  Begicuuuu.

Kalau kapan-kapan ada kontes lagi yang chemistrynya ngeklik, kontennya bisa diusahakan. apa lagi kalau hadiahnya menggoda (((menggoda)))  menurut versi saya. Ya, bukan ga mungkin bakal turun gunung lagi. Soal kapannya itu, emang entah kapan hahaha.... Mudah-mudahan bisa menang kamera kek,  lappy kek,jalan-jalan (lagi) dan hadiah lainnya, Aamiin...

By the way kalau hal-hal dalam ngeblog yang dulu suka dilakukan dan sekarang jarang atau sedikit terabaikan apa saja? Cerita yaaa....  I will  really ... really.... appreciate it.

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

10 komentar:

  1. malam-malam jalan ke blog mbak :D , ah yang foto itu jangan takut dibajak mbak. kalau kita punya bukti itu milik sah kita. minimal. asal foto, masih di kita. mereka nggak akan berani. macam macam

    BalasHapus
  2. No. 1 & 5 pernah juga tapi frekuensinya pasti tidak sesering Efi. Wkwkwk. Kenapa? Karena aku bloger Senin - Kamis, Senin update, Kamis lupa password. Hahahah.

    TFS, Fi :*

    BalasHapus
  3. 1. aku ngga pernah kasih watermark, uahahaha. biarlah.. *berbaring pasrah **naon seh!
    2. dulu kalo bw ngga pernah komen, cuma sekadar seneng aja baca2in, malu buat komenin. sekarang yang biar mereka tau aku tuh mampir n baca ^^
    3. ga pernah notify2, lagi2 pasrah aja mau dibales apa engga. kadang2 mereka pasti sibuk buat ngebalesin *husnudzon
    4. jarang cek2an DA/PA karena sadar blogku mah apalah-apalah, hiks.

    sekiaaan, hehehehe

    BalasHapus
  4. Hahahah..asli semua udah ditinggalkan, soksibuuk padahal mah males ye, cek DA/PA masih kaalu ditanyain heuuu

    BalasHapus
  5. Pengen ikut lomba tapi suka telat deadline hehehe

    BalasHapus
  6. Dulu rajin kasih watermark n ngontes hehe me too

    BalasHapus
  7. Aku jarang banget malah ga pernah pake watermark haha, males

    BalasHapus
  8. I used to do when i was blogging: lebih kreatif asana mah, ga peduli ejaan, ga masang foto banyak, lebih banyak tulisan seingat saya mah fotonya jarang.

    BalasHapus
  9. Dulu segala widget dipasang, ampe lagu juga haha
    Sekarang udah tobat :D


    Teh... aku bahkan ga paham apa itu AR, DA, PA, Bounce Rate haha *kemudian googling*

    BalasHapus
  10. No 5 aku paling males ikutan lomba kalau nggak terpaksa karena jobnya begitu hehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.