Beberapa Fitur Untuk Optimalisasi Web dan Blog

Pernah browsing atau blogwalking dan  memerhatikan alamat web atau domain blog yang kita kunjungi diawali alamat https? Pernah dong, ya. Alamat web atau blog yang sudah diawali https adalah laman yang sudah mendapatkan perlindungan SSL (Security Sockets Layer).

Mengapa Perlu SSL?

Penggunaan SSL sangat  membantu untuk melindungi informasi yang sifatnya sangat peka agar tidak mudah dibaca tanpa pengetahuan khusus (enkripsi).  Informasi dari web/situs hanya bisa dibaca oleh server yang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas di dunia maya. Contoh paling gampangnya adalah alamat internet banking atau onlineshop.

Kebayang kan kalau webnya tidak mendapat perlindungan khusus SSL itu. Data nasabah jadi lebih mudah dibobol dan dana di rekening bisa menghilang. Sereeeem....


Alpha SSL Untuk Blog Pribadi

Sebenarnya perlindungan extra berupa label SSL bukan hanya bisa diaplikasikan pada web perbankan, ecomerce, onlineshop macam Amazon, e-bay  atau tokopedia saja. Untuk blog pribadi pun bisa mengaplikasikan perlindungan Alpha SSL dengan biaya yang murah dan syarat yang mudah. Cuma 150 ribu saja untuk langganan satu tahun seperti yang ditawarkan oleh Qwords.com sebagai penyedia jasa webhosting. Lebih murah dari langganan hosting bagi blog yang menggunakan platform wordpress.

Mutasi Domain dan Hosting

Nah, sekalian ngomongin blog juga, blog saya ini juga sudah menggunakan domain TLD, namun masih menggunakan bawaan platfrom dari blogpsot. Sehingga untuk biaya hostingnya gratis karena otomatis sudah satu paket  layanan dari google yang menyediakannya. Walau platform blogspot ini adalah cinta pertama saya, saat ini saya kepikiran untuk ngulik platform wordpress berikut memanfaatkan Qwords cloud webhostingnya. Ada yang punya ide ga, kalau nanti saya nulis di WP  tema yang spesifik dan masih saya banget?

Untuk mutasi domain sendiri caranya sangat gampang. Setelah memastikan nama domain yang akan didaftarkan masih free alias belum ada yang memakainya. Misalnya saja dengan menggunakan layanan migrasi domain dari Qwords.com


Kita akan diarahkan untuk memproses pembayaran dan membuka akun login di Qwords. Nantinya selain untuk notifikasi dan konfirmasi pembayaran (juga tagihan perpanjangan nantinya), kita akan mendapatkan akses untuk pangaturan migrasi domain. Caranya sangat mudah dan singkat. Untuk pemula yang masih bingung bisa deh nanya-nanya sama admin customer service pada fitur  chatbox di qwords.com.  Kita bisa  bertanya kapan saja untuk bertanya hal-hal yang belum kita pahami atau ada masalah yang belum ketemu solusinya.

By the way seminggu yang lalu bareng 9 teman-teman blogger Bandung lainnya, saya memenuhi undangan untuk menghadiri syukuran ulang tahun ke-12 Qwords di kantornya yang menempati lantai 6 gedung Pos di jalan Banda, Bandung.

Saya sendiri sudah memutasikan domain blog saya dari tahun 2014 via Qwords dari blogspot.com (http://catatan-efi.blogspot.com) jadi  domain TLD   ke http://catatan-efi.com dengan biaya perpanjangan per tahun yang sangat terjangkau. Kalau dirata-ratakan sebulan, sama lah dengan harga  buat semangkuk  bakso. Murah, kan? :)

Bukan hanya layanan mutasi domain dan hosting saja yang disediakan oleh Qwords bagi pengguna web (personal/perusahaan/instansi). Selain paket SSL itu tadi, beberapa layanan lainnya yang tersedia di Qwords sebagai penyedia jasa cloud Indonesia, antara lain adalah tersedianya fitur  digital signature  dan email cloud collaboration suite (eccs) dengan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Digital Signature

Untuk yang satu ini fee yang harus dikeluarkan lumayan gede, sih. 3.750.000 per tahun. Namun kelebihan dari layanan tandatangan digital yang dibeikan oleh Qwords ini lebih murah dari penyedia lainnya plus bisa diakses lebih dari satu lappy. 

Jadi misalnya ketika kita akan mengimbuhkan tanda tangan digital pada hari ini dari lappy yang ini besok dari laptop  kantor,  dengan leluasa bisa kita lakukan. Sementara untuk layanan serupa dari provider lainnya hal ini tidak bisa kita lakukan. Kalau sejak awal kita gunakan tanda tangan digital let's say dari tablet, untuk selanjutnya ya harus dari tablet itu terus. Duh ribet kan kalau semisal satu waktu lappynya ketinggalan atau  pas mengakses internet dan membutuhkan tanda tangan digital ini kita menggunakan lappy yang berbeda.

Email Cloud Collaboration Suite (eccs)

Pengin punya email ekslusif kayak email perusahaan dengan alamat domain sendiri? kalau begitu coba saja ECCS. Kita bisa memilih versi G Suite (mirip dengan gmail) atau office 365. Misalnya kalau saya bikin email dengan layanan eccs ini bisa membuat alamat email seperti efi@catatan-efi.com. Nampak keren kan, ya?

Asiknya menggunakan layanan email kolaborasi ini antara lain adalah:
  • Lebih eksklusif dan profesional (nama@domainsaya.com)
  • Kapasitas penyimpanan sampai 25GB
  • Bisa menyimpan sampai 1.000 kontak
  • Bebas upload sampai 20MB
  • Email bisa diakses via HP dan bisa dibuka secara offline (tanpa koneksi internet)
  • Bisa membka dokumen offlice alngsung via email tanpa aplikasi
  • Anti spam untuk perlindungan  dari virus malware
  • Setiap domain yang didaftarkan  mendapat SSL gratis  dari letsencrypt membuat data login jadi lebih aman
  • Biaya mulai Rp. 41.250/bulan/user
Gimana, sudah berpikir untuk mencoba mengaplikasikan SSL untuk blog/web jualannya? Bikin tandatangan digital, eccs, beli hosting/server,  nambah blog berdomain TLD atau migrasi dari provider lain ke Qwords? Bisa, kok. Sejauh ini selama saya jadi user nyaris tidak ada masalah. Kalau pun ada sedikit eror misal web saya tiba-tiba tidak bisa dibuka, tinggal colek saja customer servicenya. Dalam hitungan jam,  permasalahannya segera teratasi.

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

11 komentar:

  1. teeeh, ajarin ngeblog yg baik dan benar dooonk.. aku binun dgn ssl dsb dsb ini :(

    BalasHapus
  2. Makin dalem ilmu ngeblognya. Kl dobel: https://www... Gimana tah teh efi ?
    Ah, baru tau rahasia ttd digital 😊😄

    BalasHapus
  3. wah sekarang udah ada ECCS yah, dari dulu saya pengen banget punya alamat email dengan domain sendiri.Tadi saya juga habis cek, harganya cukup murah juga.Kalau saya pribadi mbak, pengen juga pindah platform tapi belum terbiasa main hosting

    BalasHapus
  4. aku kira pakai SSL itu free dari google mbak. Soalnya kan ada pilihan di setting blogspot nya. Ternyata bayar yah ??

    BalasHapus
  5. yah, nunggu pulang dulu deh ngurus blognya hiks....

    BalasHapus
  6. hihi jadi inget waktu beli domain, lagi ada promo juga di qwords jd harganya murce mursidah :p

    BalasHapus
  7. Aku udah pakai SSL Teh. Tapi belum pakai tanda tangan digital.

    BalasHapus
  8. wiihh ternyata Qwords lengkap banget ya layanannya, kirain domain aja

    BalasHapus
  9. waaah banyak ilmu baru nih...nuhun pisan teeeh

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.