Kopi Hijau, dan Ngopi Tanpa Merasa Bersalah

Suka  banget kopi? Atau kalau ditawarin ga bisa nolak? Untuk malam hari, memang sebisa mungkin kalau ga kepaksa saya hindari minum kopi. Lah,  ga minum kopi pun saya bisa melek terus sampai jam 11 malam atau lebih. Jarang banget malem-malem gitu saya merasa ngantuk selain  alasan ga enak badan atau kecapean.
Pagi hari?   Ini juga jaraang banget. Kemudian saya baru ngeh ternyata  ada semacam  saran minum kopi yang terjadwal biar tetap nikmat dan sehat. Seperti begini:

Hindari minum kopi di pagi hari antara jam 08.00-09.00

Mengapa? Pada saat itu, kadar hormon kortisol dalam tubuh kita sedang naik-naiknya. Minum kopi pada jam-jam ini bisa mencetus efek stres atau ketegangan. Kan ga lucu memulai pagi dengan suasana hati yang ga nyaman. Suka keterusan sampai sore. Ga asik, kan? So, dihold aja dulu kalau kebelet pengen ngopi, bentaaaar aja.


Boleh nih, minum kopi di jam 10.00-12.00

Pada waktu ini kadar kortisol dalam tubuh kita lagi turun. Karenanya meminum kopi pada jam-jam ini lebih aman, pengaruhnya relatif lebih kecil terhadap kenaikan kadar hormon kortisol.

Tahan untuk tidak minum kopi pada jam 12.00-13.00 siang

Sama seperti di waktu pagi, jam-jam tengah hari begini, kadar hormon kortisol kembali naik lagi. Padahal jam-jam segini bawaannya udah mulai kriyep-kriyep alias ngantuk, pake banget.
Kuat-kuatin iman, deh.Kalau kamu seorang muslim, coba ambil air wudu dulu lalu menjalankan salat zuhur. Biasanya udah lumayan bikin mata rada seger. Lanjut deh dengan makan siang. Menu yang hangat atau pedas, ngerujak yang buahnya kecut bisa bikin mata melek lagi.

Setelah jam 13.00 Sudah boleh lagi minum kopi

Kalau ternyata masih ngantuk juga di jam 13an, boleh deh melipir ke pantry buat nyeduh kopi. Sama seperti di jam 10an tadi, kadar hormon kortisol sudah dalam situasi aman.

Sebaiknya hindari juga untuk minum kopi di tengah-tengah makan atau sesudahnya. Atur jarak waktu sekitar sejam setelah makan. Begitu juga ketika hari akan beranjak malam. Agar waktu istirahat alias tidur malamnya aman  tanpa ganggan insomnia, enggak dulu deh ngopinya. Kecuali, ya emang harus begadang dan perlu amunisi berupa secangkir kopi untuk mengganjal mata agar tetap melek, boleh deh.

Kafein dalam kopi

Kopi memang identik dengan yang namanya kafein, di mana efek samping yang paling familiar buat kita selain melek lebih lama juga  bikin level  deg-degan naik beberapa. Ya kali lagi nunggu pengumuman lomba atau mau ditembak (kok kepikiran ke sini?). Deg-degannya cepat hilang. Sementara deg-degan karena kelebihan kafein, kan  bertahan lebih lama.  Nambah penyakit juga. Udah lah yang bertahan lama mah biar kenangan manis dan  parfum aja *halah*

Apa sih kopi hijau itu?

By the way, ada yang sudah ngeh dengan keberadan kopi hijau? Dibanding kopi biasa, ternyata kandungann kafeinnya cuma sebesar 14-60 mg saja untuk setiap satu sajian. Bandingkan deh dengan kopi biasa yang kadar kafeinnya bisa sampai 100 mg per sajian. Widiiih...! Jomplang banget!  

Karena diolah dengan cara tidak dipanggang, kopi hijau mempunyai kandungan polifenol dan asam klorogenat di mana keduanya terdapat pada ekstrak biji anggur juga teh hijau. Tau dong ya kalau keduanya ini dikenal mempunyai zat antiradikal dan antioksidan.Senyawa alami yang dipercaya bisa melawan penyakit kanker juga mempertahankan kecantikan lebih lama.
Beberapa benefit lainnya selain yang sudah saya ceritakan di atas, ternyata mengonsumsi kopi hijau juga bisa jadi mood booster yang lebih baik, lalu meminimalkan risiko terkena penyakit Alzheimer serta meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Good news juga nih, bagi yang sedang berdiet dalam rangka menurunkan berat badan. Noted, ya agar program dietnya lancar jaya, imbangi juga dengan pola makan yang sehat plus olahraga secara teratur sesuai porsi/kebutuhan masing-masing.  Masih ada juga kebaikan lainnya dari biji kopi hijau; menyeimbangkan kadar gula dan tekanan darah.
Kalau kita ga bisa enggak melalui satu hari tanpa  kopi, punya stok kopi buat diseduh jadi keharusan. Ya, kan?  Buat di rumah atau di kantor gitu lah. Kemarin-kemarin ini saya mampir ke Hypermart BIP. Sambil nunggu film yang mau ditonton di Empire XXI ceritanya. Pas belanja itu, saya nemuin penampakan kopi hijau dari Nescafe.

Dengan benefitnya yang banyak itu, ternyata harganya cincai. Satu kemasan isi 10 ini harganya cuma 27 ribuan. Kalau di store lain paling selisih dikit lah.  Jadi satu kali nyeduh modalnya ga sampai 3.000an, lebih murah dari semangkuk bubur ayam atau bakso.

Terus, gimana rasanya?

Karena namanya juga kopi hijau, pasti ada bedanya dengan kopi biasa. Rasa kopinya ga sekuat kopi hitam, lebih ringan. Namun rasa kopinya tetap terasa. Tanpa menambahkan gula, saya cukup menyeduhnya dengan air panas untuk teman saya ngemil atau ngetik misalnya. It's so me.Gue banget!


Kalau dulu mungkin merasa bersalah karena kepingin ngopi tapi di sisi lain tidak bisa menahan godaan atau memang butuh, boleh nih kopi hijau jadi pilihannya buat   ngopi. 

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

11 komentar:

  1. Baru tauuuuu minum kopi ada jam nya. Harus kasih tau suami sama ayahku nih teh, bahaya mereka ngopinya kayak minum air putihh..

    BalasHapus
  2. lah, baru tahu mas, bun. ada nescafe warna hijau?
    iklannya ud keluar belum ya ?

    BalasHapus
  3. Aku jarang ngopi,cuma kalo udah ada kopinya suami di meja,ya tak sruput hahaha....kok aku penasaran ya sama kopi ijo,kapan2 kl belanja tak coba

    BalasHapus
  4. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi link kami di
    https://goo.gl/SuzDjN

    BalasHapus
  5. Wah boleh juga nih. Saya juga suka banget minum kopi, tapi malah ngantuk karena kadar kafeinnya terlalu kuat. Semoga kopi hijau ini bikin "melek" dan segar ya :)

    BalasHapus
  6. Wah penasaran pengen nyobain kopi hijau ini

    BalasHapus
  7. penasaran sama kopi hijau ini kok sekarang lagi boobming ya?

    BalasHapus
  8. Duh aku suka ngopi dari jam 7.. kopi ijo bole juga dicoba niy ^^

    BalasHapus
  9. Asekkk, dpet ilmu lageee,
    Tengkiu ya mak,
    Praktekin wkatu yg teoat buat ngopi ah

    BalasHapus
  10. aku udah nyoba, rasanya emang lembut banget

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.