Studi Kasus: Mengamati Statistik Blog

Apa kabar semangat ngeblognya? Muahaha.... saya bakal ngacung kalau belakangan ini lagi ngedrop. Sebenanya ada beberapa draft yang mengendap. Outlinenya pun sebenarnya udah dibuat. Foto siap. Tinggal dieksekusi aja, sih. Cuma ya itu, mengumpulkan serpihan mood itu, saat ini jadi ujian yang luar biasa. Lalu... saya keingetan kalau punya beberapa pr nulis. Huaaaa.... kalau dientar-entarin makin numpuk. Ya kali kalau uang, ditumpuk jadi banyak. Draft tulisan kalau ditumpuk  apa kabar? Stres duluan yang ada. -_-

Maka, demi pemanasan *kayak olahraga aja*, saya berusaha melawan rasa malas dengan nulis lagi. Mulai Sekarang! Salah satu kalimat  motivasi dari Aa Gym yang saya inget selain Mulai dari diri sendiri dan mulai dari hal terkecil.  

Salah satu hal yang sebenarnya bisa bikin semangat ngeblog kembali menggelora adalah kalau mengingat page view atau jumlah kunjungan blog  yang tinggi. Ya ga, sih? Terus saya kepikiran buat ngecek dashboard sendiri. Ini belum cekin via Google Analytic.   Kalau pake platform dari blogger kan di sisi kiri ada tuh menu Stats. Nah di sana ada turunan (((turunan))) menunya. 
  • Statistik berdasarkan  angka (jumlah kunjungan) termasuk di dalamnya jam-jam berapa blog kita lagi rame kedatangan pengunjung;
  • Statistik blog berdasarkan postingan (postingan mana yang banyak dibaca); 
  • Sumber traffic alias referensi kunjungan (bisa berasal dari  URL  atau kata kunci yang dibidik pengunjung dan asal kunjungan.
Jadi mari kita bahas  studi kasus (berat amat bahasannya) berdasarkan hal yang saya alami, ya.

Jam-jam Rame

Untuk hari ini, pas saya nulis ternyata jam kunjungan yang lagi rame itu  jam 8 pagi tadi.  Statistik ini belum tentu sama dengan apa yang terjadi kemarin atau besok. Kalau mau hitungan yang akurat dan mau membaca pola yang cenderung konstan baiknya sih dicatat gimana pergerakan jumlah pengunjung per hari. Lumayan sih ya usahanya. Perlu kesabaran ekstra.

Postingan Paling Rame

Nah ini juga bisa jadi barometer buat mencari tau postingan kita itu apa sih yang paling banyak diminati. Sebagai contoh postingan saya yang rame pengunjungnya seperti ini.

Saat ini

Waktu saya bikin draft ini postingan yang lagi banyak di baca adalah tulisan saya tentang tes alergi. Linknya ada di http://www.catatan-efi.com/2015/08/tes-alergi-bio-e-murah-dan-ga-bikin-parno.html

Harian

Bisa jadi angka statistik harian saya hari ini sama malam nanti hasilnya beda. Tapi untuk saat ini, statisik postingan blog saya yang rame hari ini adalah
  • http://www.catatan-efi.com/2016/12/cantik-dan-sehat-dengan-natur-e-advanced.html
  • http://www.catatan-efi.com/2016/09/cara-menambahkan-teks-pada-foto-dengan-snapseed.html
  • http://www.catatan-efi.com/2015/08/tes-alergi-bio-e-murah-dan-ga-bikin-parno.html

Mingguan

Yang mingguan gimana? Sama, ga?  Coba kita lihat
  • http://www.catatan-efi.com/2016/12/cantik-dan-sehat-dengan-natur-e-advanced.html ini muncul lagi.
  • Juga ini:
  • http://www.catatan-efi.com/2016/09/cara-menambahkan-teks-pada-foto-dengan-snapseed.html
Terus ada ini:
  • http://www.catatan-efi.com/2017/07/review-film-filosofi-kopi-2-kopi-dan-orang-ketiga.html
Hmmm... soal review film Filosofi Kopi 2 lumayan bikin saya seneng.  Nyumbang jumlah kunjungan ke blog saya di saat filmnya masih wara-wiri di bioskop. 
Bulanan
Dua postingan ini maih banyak yang menyukai.
  • http://www.catatan-efi.com/2016/12/cantik-dan-sehat-dengan-natur-e-advanced.html
  • http://www.catatan-efi.com/2016/09/cara-menambahkan-teks-pada-foto-dengan-snapseed.html
Lalu ada postingan kontes kat kunci yang masih cukup menggoda orang lain pada kepo buat baca di blog saya:
  • http://www.catatan-efi.com/2014/01/cerita-nakal-anak-sma.html
Eits, jangan punya pikiran jelek, ya.  Walau judulnya nakal, isinya ga nakal. Aman kok hahaha. Ceritanya kan waktu itu saya dan temen-teman blogger yang tergabung di komunitas Warung Blogger rame-rame memerangi kata kunci negatif. Ya, tau sendiri lah. Kalau penggunaan kata kunci begini seperti apa yang dimaui para pencarinya. Makanya dengan 'numpang' kata kunci nakal ini kami ingin mengimbangi konten-konten yang berbau pornografi. Sukses mengecoh walau akhirnya komentar yang masuk banyak yang nyeleneh. Tapi... saya sudah mengantisipasinya. Dengan memasang moderasi komentar, komen-komen nyeleneh, geje dan sejenisnya  ga bisa tayang sebelum saya saring *evil green*

Sepanjang Jalan Kenangan Masa

Gimana dengan pola postingan yang rame di blog saya sepanjang masa? Diiih sepanjang masa, kok saya jadi inget  lagu A Thousand Years gitu, ya? Baiklah, daripada saya makin ngawur ini listnya.

http://www.catatan-efi.com/2014/01/cerita-nakal-anak-sma.html Jiahaha... iya, ini paling rame.

Dan dua postingan berikutnya yang paling banyak menarik minat pengunjung adalah  tulisan saya tentang ini:
  • http://www.catatan-efi.com/2015/07/review-film-surga-yang-tak-dirindukan.html
  • http://www.catatan-efi.com/2015/01/review-film-assalamualaikum-beijing.html
Biasanya pas tv-tv lagi punya program khusus menayangkan film tertentu terutama religi dan kebetulan ada dua film di atas tadi yang diputar, ternyata cukup membantu mendongkrak jumlah pengunjung di blog saya.

Selain beberapa post di atas, beberap postingan yang lumayan rame di blog saya ini adalah:
  • http://www.catatan-efi.com/2015/11/cara-nonton-video-youtube-tanpa-kuota.html
  • http://www.catatan-efi.com/2016/06/celebrate-cafe-tempat-makan-enak-di-bandung.html
Bisa jadi postingan yang paling rame bulan ini bakal berbeda dengan bulan depan. Let's say postingan saya soal Film  Filosofi Kopi 2 akan tenggelam karena filmnya udah ga tayang lagi di bioskop misalnya. Tapi bakal naik lagi beberapa bulan ke depan ketika ada stasiun tv yang menayangkan. Lumayan juga tulisan saya tentang film lainnya suka naik lagi di blog ketika tv-tv itu tadi rame-rame menayangkan lagi. Tapi tetep ya, sampai saat ini belum ada postingan tentang film saya lainnya yang bisa menggeser posisi Review Film Surga Yang Tak Dirindukan dan Review Film Assalamualaikum Beijing. Kedua film yang diangkat dari novelnya Asma Nadia ini emang fenomenal banget.

Terus gimana statistik blog saya berdasarkn penelusuran kata kunci?

Sayangnya fitur ini ga lengkap disajikan sama dashboard blog. Jadi list kata kunci apa saja yang disodorkan sama dashboard  banyak memancing (ikan kali ah) pengunjung ga terlalu banyak membantu. Yang bikin saya bingung di postingan yang related alias berhubungan malah ga saya terapin. Kok bisa, ya? Soal SEO dan opitmasi kata kunci saya masih cetek dan sebenernya ga saya ulik (semisal dengan google kewyword planner) sebelum memosting tulian baru. Pake feeling aja hahaha...   Misalnya kayak gini:
  • cerita nakal
  • cerita anak sma
  • hijab segi empat
  • hijab pasmina
  • model hijab
Yang lainnya?  Ada deeeh hahaha...

Siapa tau dengan mengamati pola postingan blognya jadi tau tulisan seperti apa sih di blognya yang banyak dicari pembaca. Nah, nantinya bisa dibuat tulisan lain yang kurang lebih kontennya setipe dengan tulisan yang rame itu tadi.  Antara satu blog sama blog lain tentu hasilnya bakal beda apa lagi kalau niche alias tema tulisan ddi blognya sudah spesifik.

O, ya sengajas aya ga kasih link hidup di link-link tulisan ini karena kebanyakan. Kalau penasaran pengen baca, silakan copas linknya dari salin ke tab browser lainnya. Inget, ya. Copa link di tab brower, bukan menyalin isinya dan disalin ke blog lain. No, jangan!!!

Bisa disimpulkan selain film tulisan saya tentang film, tips-tips dan kesehatan punya pemirsa yang banyak. Kebetulan pas saya nulis postingan ini postingan yang berhubunga dengan kesehatan ga muncul. Tapi niiih, sudah ada beberapa email atau DM yang masuk ke ig saya yang nanya-nanya soal itu.

Bukan berarti kalau ada tulisan lain yag ternyata ga populer ga jadi atau ga uah tayang di blognya. kalau ternyata bisa berbagi manfaat dan sharing pengalaman yang positif kenapa enggak? Ya, kan? Kayak jodoh aja sih itu mah. Soal waktu, nantinya tulisan kita itu bakal bertemu dengan pembacanya yang tepat apalagi kalau memang kita serius ngulik optimasi kata kunci.

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

26 komentar:

  1. Sebenernya saya ingin popular post itu tulisan personal, bukan review produk orang tapi apa daya pendongkrak nya malah tentang review salon san kosmetik hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya aku juga suka gitu. Bisa sih nulis postingan personal yang kontroversial buat dongkrak statistik blognya, tapi ga ah, ga mau.

      Hapus
  2. Jadi pengen kepoin statistik blog saya deh, eh btw kok jadi pengen nyanyi lagu sepanjang jalan kenangan kita selalu bergandeng tangan, huhuh

    BalasHapus
  3. Saya biasanya suka ngamatin keyword yang masuk ke blog kita via Google Analytics Teh. Tapi pegel juga kalau diamatin tiap waktu. Selintas lalu aja ngamatinnya. Kalau pas lagi masuk ke GA ya dilihatin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jarang cekin GA, Mit. Emang lebih akurat di situ sih. Nanti aku nulis juga versi GA-nya.

      Hapus
  4. Weits pengetahuan bingits ini teh! Bookmark ah biar baca lagii

    BalasHapus
  5. aku ga terbiasa cek di GA teh suka sedih karena tiarap mulu entah kapan bangkitnya hahaha plg enak ya liat di dasboard hahaha nyenengin hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kita mah gampang banget ya dibikin hepi.

      Hapus
  6. Popular blogpost aku tentang biuti dong teh padahal aku nggak concern disitu. Sebenernya ingin sih jadi biuti blogger tapi ku nggak pede dan agak takut aja kalo diendorse produk yang ga cocok sama kulitku hahaha.
    Role model blogger aku teteh Prue sih, travel blog + tetep kece dimanapun berada 😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kataku sih malah Nesa emang pantes jadi biyuti bloher kok. Prue itu emang blogger yang super kece dan asik ya.

      Hapus
  7. Wa,jadi pingin tau stat blogku.

    BalasHapus
  8. Gara2 tulisan ttg kebebasan bergaul anak kost sekotar rmh..banyak jd keyword. Ternyata benar bnyk orang yg nyari begitu di internet..hmmm
    Klo cuman mikirin trafik posting yg gituan pasti banyak peminatnya ya teh...tp kita mah inget dosa ya teh Efi xixixi..
    Maaf klo komennya ga nyambung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh. blog yang isinya esek-esek gitu pasti banyak yang nyariin. Tapi apa atuh da kita mah. Ga nulis gituan aja dosa ge udah banyak, ya.

      Hapus
  9. kalau saya teh efi, statistik blognya ga setiap saat ramai. hanya pada beberapa tulisan yang memang kontennya disukai pembaca. pengennya sih semua tulisan kita disukai pembaca ya.. tapi da kumaha hahaha, sama seperti teh efi.. mencari mood di dalam tumpukan jerami itu seperti mencari jarum.. meuni hesee.. TFS ya teh, tapi semenjak gabung di g rup wa aku jadi kembali menemukan mood ku.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi siap Yu. Semoga jadi mood booster buat nulis lagi, ya.

      Hapus
  10. makasiihh banyak Teh Efi buat ilmu barunyaa :) *lgsung otak atik pengen ikutan nyoba

    BalasHapus
  11. Tulisan tentang kesehatan dan kecantikan banyak peminatnya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ran, karena itu kan salah dua dari cita-cita kita semua. Sehat dan cantik sampai tua hehehe

      Hapus
  12. Bunda suka postingan efi, selalu menarik untuk dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaaah aku terharu jadinya nih Bunda :)

      Hapus
  13. wkwkwk cerita nakal anak sma bandung kayaknya perlu deh bikin kata kunci itu hihihi. padahal isinya mah apa gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ide bagus tuh, Nay. Tar aku pikirin :D

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.