Memperkecil Ukuran Foto Untuk Meringankan Loading Blog

Tutorial Photo Resizer
Memperkecil ukuran foto blog agar tidak loading lama.
Fotonya dari pixabay
Pernah ngecek ga laporan Google Analytic (GA) kemudian terharu sambil tersedu sedan (enggak segitunya kali) pas liat skor Bounce Ratenya montok alias gede?

Saya pernah. Sampai di angka 80%! Sekarang lumayan sih, kalau ngecek di GA ga sampai dua digit. Asiiik. Walau pun sebenarnya traffic blog saya sekarang sebenarnya lagi ngedrop. Sempet googling ternyata algoritma google yang baru, Algortima Fred punya kebijakan baru dalam menilai backlink. Yang ga relevan  ga akan dirayapi dan itu menbuat postingan blog jadi rada lama terindeks . Huhuhu PR besar buat saya cekin backlink internal saya. Eh, mungkin juga faktor bulan puasa memengaruhi kunjungan blog. Mungkin lho, ya.

Baca juga tulisan saya tentang tips agar pengunjung blog betah berkunjung, ya.

Ah baiklah curhatnya segitu aja. Jadi kan gini. Satu waktu di grup WA Emak-emak Blogger Bandung, salah seorang emak curhat (enggak harus sama Mama Dedeh aja kan mau curhat mah) soal skor bounce ratenya yang guede. Ya kali kalau gajian gede mah kita girang, pake banget. Nah, kalau bounce rate gede lain cerita.

Dari obrolan saat itu ternyata terdeteksi kalau ukuran foto yang diunggahnya punya size gede, di atas 1 MB. Ini juga jadi salah satu pencetus loading blog lama dan menyebabkan bounce rate itu tadi jadi gede skornya.

Faktor lain yang bikin bounce rate jadi menggendut bisa juga disebabkan template atau widget yang unyu tapi ga perlu, ada pop up iklan (ada yang kesel sama penampakan yang satu ini?), artikel yang dicari ternyata ga sesuai harapan pengunjung dan konten yang lama ga diupdate. Hmmm cmiiw.

Saya pernah bahas tentang memanjakan pengunjung blog juga lho di blog saya. Silahkan dibaca *wink-wink modus biar bertahan rada lama di sini hihi*

Nah biar fokus, kita bahas tentang ukuran image alias foto yang kita unggah di blog, ya. Jadi nih kira-kira kalau nyantumin foto di blog langsung naikin begitu aja dari memori kamera atau hp? Pernah ngecek berapa ukurannya? Guede Cyiiin. Udah mah lama juga ngabisin kuota. Mendingan dipake streaming kan daripada buat unggah foto doang mah.

Sebelum ini saya pake cara panjang demi unggah foto yang ukurannya kecil. Hadeuh,  katrok banget hahaha.  Jadi foto yang mau saya pake, dikasih watermark dulu atau enggak saya unggah dulu ke fb dengan setingan cuma bisa diliat oleh saya.

Foto yang udah dinaikin ke FB secara otomatis ukurannya dipress alias diperkecil jadi ukuran dibawah 100 kb. Oke emang jadi singset. Tapi ribet, ga praktis. Karena saya unduh lagi ke lappy terus dinaikin ke blog. Ya walaupun secara kuota masih lebih irit dibanding cara langsung. Tapi dari segi waktu ga efektif dan efisien. 

Ada sih cara konvensional,  file dari foto dicopy dulu ke laptop dan dikecilin resolusinya itu  pake aplikasi bawaan office. Ah tetep lama buat saya mah. Ribet.

Madam Vivera urun pengalaman di chat kami saat itu. Beliau menyarankan aplikasi Photo Resizer.  Singkat kata singkat cerita saya cobalah test drive aplikasinya. Eh iya, beneran praktis dan ga pake lama. Diih ke mana aja, neng? Hahaha...

Sebelumnya sih saya punya aplikasi enlarge photo. Ini saya pake buat ngegedein resolusi foto yang saya simpan di timeline medsos karena untuk keperluan bikin album. Biar ga pecah. Cuma ya itu ga kepikiran buat nyari aplikasi sebaliknya.  Big thanks Madame. xoxoxo :D

Nah,karena seneng banget sudah mendapat pencerahan, saya mau bagi tips dan tutorialnya, ya. Gampang kok. Bentar,dan aplicable. Gampang diaplikasiin.

Pertama-tama yang jelas unduh dulu aplikasinya dari Google Play (kalau HPnya android, yang pake iOS atau windows mudah-mudahan ada juga). Udah nemu? Oke, install ya.
Silahkan dipilih kakak :)
Setelah instalasinya sukses, buka deh aplikasinya. Lalu pilih foto mana yang akan kita sesuaikan ukurannya.  Seperti ini misalnya.

Tuh liat, gede kan ukurannya? Sekarang tap fitur yang empat panah di atas. Nanti kita akan dikasih mau ngatur jadi berapa ukuran dimensinya. Kalau saya pilih 640 x 480 atau sebaliknya. Tap apa pilihan show more buat mendapatkan ukuran laih yang diinginkan.

Setelah itu ukuran foto akan diproses dan taraaaa...

Langsung singset! Yuhuuu!
Aplikasinya nanti akan bertanya apakah file foto baru ini akan ditimpakan ke file lama? Saya sih iyes, demi ruang pemyimpanan yang lebih luas.

And this is it pas saya cek di galeri.

Gampang, kan? Ukuran aplikasinya ringan kok. Ga beratin memori hp. Palingan yang rada ganggu itu ada iklan yang muncul. Ya udahlah gapapa. Kalau ga ada sponsor aplikasi ini ga bisa kita nikmati. Kalau saya lihat di playstore, ratenya bagus. 4,6. Banyak user  yang merasa puas dengan aplikasi ini.

Nah, kalau ukurannya udah oke, tinggal kita unggah aja ke badan postingan. Bisa dari hp langsung via aplikasi blog atau transfer ke lappy via kabel data atau flash disk OTG. Setuju kan kalau proses olah foto buat pendukung blogpost itu memerlukan usaha dan waktu? 

Sebenarmya mengecilkan foto ini juga bisa sih pake aplikasi PicsArt. Cuma saya udah lama ga pake aplikasi ini kecuali buat kolase. Kalau dibandingkan, saya lebih suka Photo Resizer. Untuk utak atik desain font di foto lebih suka pake Phonto

Selamat mencoba!



Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

50 komentar:

  1. Makasih mak tips nya kadang saya suka di screen capture dulu biasanya resolusi jadi kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya bisa sih kayak gitu juga. Resolusinya pecah ga kalau nanti diupload ke blog?

      Hapus
  2. Aku jarang cek2 size picture buat postingan,yaa ampun ternyata ngaruh ya. Coba mau ngubek galery dlu, diliatin size2nya kalo masih kegedean mau coba aplikasi photo resizernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak. Silahkan ceki-ceki lagi

      Hapus
  3. Waahh makasih bgt mba buat infonya. Berguna bgt buat saya yg msh newbie dlm dunia perblog-an, hheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Put. Selamat mencoba.

      Hapus
  4. Ukuran foto ideal berapa Mak? Aku biasa ke fb dulu hehe mau edit juga rempong, kucoba deh aplikasinya, thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk blog, saya biasanya pake ukuran 640x360 px mbak

      Hapus
    2. Nah, udah dibantu jawab sama Bimo dan Nita ya, Mbak Naqi.

      Hapus
  5. Wah teh Efi makasih tipsnya ya. Aku biasanya upload ke FB dulu setting only me baru deh dicopy ke laptop...aku coba deh aplikasi ini. Cuma masih bingung ukuran ideal 1 foto itu brp ya? Tq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe been that, Teh. Aku pake dimensi 640 x 480 atau bisa juga 640 x 360. Selamat mencoba.

      Hapus
    2. Teh Efi...aku belum coba nih hahhaa masih pake cara FB dulu...cuma kalo foto banyak rempong banget ya... oh itu ya dimensinya..catat ah :D

      Hapus
  6. Aku pake paint aja di windows hahahaha. Ada ukurannya juga mau berapa kali berapa. Mo berapa persen resizenya. Kalo upload foto yg asli bukan cuma pembaca yg kemakan kuotanya, kita yg ngeupload juga. Toh di windows jg ada aplikasi bawaannya.

    Etapi saya baru tahu loh kalo ada yg ngeresize dgn menguploadnya ke FB. Hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia, aku males transfer data dari hp ke lappy haha.

      Hapus
  7. Biasa discrinshut aja. Hehe... Coba ya resizer ini, Teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau skrinsut takutnya pecah, Teh. Soalnya size foto jadi kecil pisan.

      Hapus
  8. Asiiik ada aplikasinya ternyata yaa buat ngecilin file foto dr HP. Selama ini pakai cara konvensional juga 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha... Asik ada temen yang pernah pake cara gitu juga.

      Hapus
  9. Teh bounce rate dan la la lanya statistik itu apakah sdanys di domain dotcom aja? Jujur aku ga gitu mudeng. Klo di blogspot ada gitu gituannya juga ga? Paling aku cek statistiknya klo di blogspot cuma liat statistik, penelusuran kata kunci ama ikhtisar visitor gituu hue hue

    Klo resize aku masi jadul teak, ngandelin microsoft office picture manager, jadi rempong banget kudu buka leptop, mn leptopku lagi ngehang an lagie wkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ga ngecek ini di blogku yang masih gratisan, Nit. Kayaknya ngaruh. Banyak kok blog yang orientasinya seo marketing masih belum TLD. Blogku yang gratisan belum aku optimasi dan emang statistiknya masih kecil. Kalau ngecek GA lumayan sih selisihnya sama laporan dari dashboard. Pasang deh GAnya. Gratisan ini.

      Hapus
  10. Makasih sharingnya. Aku juga ribet banget upload fotonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan,upload foto itu emang nyita waktu ya.

      Hapus
  11. aku pakenya picresize.com dari laptop fungsinya sama juga untuk memperkecil ukuran foto :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ada aplikasi ini juga, ya. Nanti aku coba kalau mau upload dari lappy.

      Hapus
  12. Dapat tips baru nih dari mbak efi, makasih banget nih mbak. Saya juga mau bagi tips nih, kalau saya untuk resize gambar biasanya pake photoshop doang tapi savenya gak langsung tapi diubah jadi save for web and design. jadi gambarnya setelah di save udah nyesuain sama resolusi khusus di web.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen bisa ngoprek photoshop, Mo. Cuma laptopku ga support euy. Semoga kalau nanti mau upload dari hp tips ini membantu, ya.

      Hapus
  13. Makasih Teh, jadi keingetan belum install heheu

    BalasHapus
  14. Bener big, foto itu menarik sekaligus ribet klo ukuran gede. Resolusi kecil emang ringan, tp apa kualitas fotonya masih oke (g pecah)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalamanku sih enggak, Ma kalau cuma buat tampilan mah. Nah kalau yang udah dikecilkan ukurannya terus dicetak baru deh ga bagus hasilnya.

      Hapus
  15. Mau install juga ah, ribet biasanya mesti aplod ke fesbuk pake setting only me juga. Kalau ternyata bs pake ini ya,kayanya gampil jg step2nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak juga yang pake cara ke fb itu ya hehehe

      Hapus
  16. Aku mah gak pernah dari Hp, soalnya punya ukuran standar sendiri. Tapi boleh d coba juga ni aplikasinya, semoga bisa pakai 640/360

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee yang punya ukuran foto sendiri :D.

      Hapus
  17. Boleh banget neh diaplikasiin, mengingat foto Yang dimasukin ke blog suka banyak juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Lis. Udah lama makan kuota juga.

      Hapus
  18. wah kalau ada aplikasi ini aku bisa balik lagi posting dari hp deh..
    dulu kejadian loading blog lama gara2 unggah foto tanpa resize, ukurannya ada yg 2 MB..
    he.. he.. katrok banget
    makasih teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan, lama. Buffer yang bikin baper jadinya. Selamat mencoba, Mbak.

      Hapus
  19. Hp ku ada fasilitas potong foto. Kalau ada yang ini ngebantu Banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah potong foto di hp kayak gimana tuh? Sama ga dengan edit pake croping?

      Hapus
  20. Makasih sharingnya, Teh. Aku suka pengen app yg bisa ini-itu, tapi emang gak bisa yg lengkap pisan buat keperluan edit foto yah... Jadi banyak kudu nginstalnya. Nanti cobain ah yg buat resize ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang jadi banyak. Tapi 3 aja udah lumayan. Snapseed, Phonto sama Photo Resizer ini. Ringan-ringan kok ukurannya, Is.

      Hapus
  21. wuih.. ukuran foto kadang memang jadi kendala yang memberatkan loading blog itu sendiri. Photo resizer ini aplikasi pihak ketiga yang blogger friendly banget ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, friendly banget. Sangat meringankan kerjaan blogger.

      Hapus
  22. Itu aku Teh yang curhat bounce ratenya guedhe banget... hiks hiks..
    Sampai sekarang masih gedhe.. hiks
    Aku biasanya ngecilin foto pakai Photoshop. Eh ternyata ada yang lebih praktis ya. Thanks Madam dan Teh Efi sudah bikin reviewnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita ulik lagi gimana caranya biar si bounce ga montok, Mit. Photo Resizernya udah install juga, kan?

      Hapus
  23. Maaf OOT Mak, bounce rate-ku sekarang gendut banget gatau apa sebabnya. Kalo ditilik dari hal-hal yang Mak Efi sebutin tadi, nggak ada yang terjadi di aku. Terus kenapa ya? Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm kenapa ya? Berarti ada al lain yang bikin blogmu bouncenya gede, ya. Duh maaf,Ika. Aku belum bisa bantu.

      Hapus
  24. Kalau hpku sudah bisa utk resize tanpa aplikasi walaupun hp murah heheee. Utk blog biasanya aku resize smp 500kb. Kalau terlalu kecil scr estetika gak bagus di templateku. Bounce rate sering sampai 90% hwahahaa

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.