Melihat Lebih Dekat Proses Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata

Kalau mendengar atau membaca tentang intan, yang pertama kali terbayang dalam pikiran saya adalah konotasi positif tentang pribadi yang  tahan banting dan punya nilai lebih dibanding dengan lainnya. Mineral yang sangat berharga ini terbentuk milyaran tahun dalam proses karbonisasi di perut bumi sedalam 160 km. Ia baru bisa muncul ke permukaan lewat  letusan gunung berapi dan tidak bisa dipatahkan kecuali dengan intan lagi.  Itu pun ga cukup karena harus diolah lagi menjadi sebongkah perhiasan yang bernilai.
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Berlian koleksi IWP
Bagi saya ini sudah cukup menjelaskan jika ingin mendapatkan sebentuk berlian (intan yang sudah diproses)  perlu banyak pengorbanan,  terutama segepok uang sampai milyaran rupiah untuk memilikinya. Huhuhu... mahal ya. Nah kalau ketemu pribadi yang karakternya seperti intan berlian, she or he is such extraordinary person. Mahluk langka. Jangan biarkan dia pergi. *apa sih?*

Sebelun saya makin ngaco mari kembali membahas topik utama. Intan atau berlian. Yang satu masih raw alias mentah, satunya lagi yang udah diproses jadi perhiasan yang bernilai.

Selama ini saya cuma pernah melihat di tv, koran, majalah atau media online bagaimana kilaunya bisa memesona mata. Begitu juga dengan orang berkepribadian berlian *mulai lagi deh*. 

Sampai kemudian beberapa hari menjelang lebaran, saya mendapat kesempatan untuk melihat lebih dekat wujud nyatanya sekaligus mengetahui lebih banyak bagaimana intan diolah. Ga usah jauh-jauh ke Martapura,  di Kalimantan sana. Saat ini di Bandung sudah ada ada Indo Wisata Permata (IWP) yang mengolah Berlian,  kawasan Dago. Menarik, karena bukan saja mellihat kilau bling blingnya dalam radius hitungan centimeter, tapi juga saya jadi nambah tau bagaimana proses pengolaannya dari dekat.
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Sebagian wajah-wajah blogger yang mengikuti wisata edukasi di IWP
Bersama beberapa teman-teman blogger di Bandung, saya menyimak paparan teh Dian dan timnya tentang karakteristik berlian yang dikenal dengan 4C, yaitu Color, Clarity, Carat (satu carat setara dengan 0,2 gram) dan Cut. Dari  4 hal inilah nilai dan harga berlian ditentukan. Saya juga baru tau lho kalau semakin jernih, berlian akan semakin tinggi nilainya.
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Proses pengolahan berlian di IWP

Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Staf ahli IWP menunjukan contoh berlian yang sudah diolah. Sekecil ini harganya lumayan pake banget
Dalam proses pengolahan dari intan menjadi berlian, batu mulia ini akan mengalami perubahan warna dulu karena pengaruh laser saat proses pemotongan. Tapi jangan khawatir, warnanya akan kembali mengilau setelah digosok. Tentu saja untuk mengerjakannya tidak bisa sembarang orang. Di IWP sendiri ada 5 tenaga ahli, 4  didatangkan langsung dari India dan satu lagi orang Indonesia yang mempunyai tugas masing-masing dalam proses pengerjaan dalam hitungan jam saja. Walau begitu kapasitas produksi di IWP tetap mempunyai batasan jumlah maksimal untuk setiap harinya.
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Staf galeri ini siap melayani pembeli dengan ramah
Setelah mengintip proses pengolahan berlian, kami diajak ke galeri yang memajang berlian yang sudah menjelma menjadi berbagai pehiasan yang indah berupa cincin, gelang, giwang dan kalung. Selain membeli perhiasan yang sudah jadi, kita juga bisa pesan custom sesuai dengan model yang kita inginkan. Siapa tau kan, di antara teman-teman yang sedang membaca tulisan ini punya rencana untuk menikah atau memberi hadiah istimewa bagi teman atau keluarganya. Pesan ke sini saja, ya. Mulai dari budget Rp. 500.000 ternyata kita sudah bisa mempunyai koleksi berlian, lho. Tertarik?
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Teh Dian yang menemani para blogger tour wisata di IWP
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Kalungnya cantik, ya?
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Jangan lupa, harganya kalikan 1.000 dari label yang tercantum
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata
koleksi perhiasan cincin di Indo Wisata Permata
Ssst... label yang terdapat di foto-foto atas itu pake hitungan K, ya. Seperti cincin yang dikasih label 35.070 itu kalikan saja seribu = Rp. 35.070.000. Seharga gitu kayaknya ada deh setara kurang lebih dengan sepertiganya city car.  Lumayan banget. Bakal nyesek kalau sampai jatuh atau hilang. Ah tidaaaak...., jangan sampai.
Pengolahan Berlian di Indo Wisata Permata Bandung
Melihat lebih dekat brlian bersertifikat. Ada lho yang harganya sampai setara 13 digit alias di atas 1 M.
Bukan hanya ajang pameran deretan perhiasan berlian saja yang bisa kita jumpai  kalau mengunjungi IWP. Di bagian lain gedung IWP ini terdapat galeri lukisan bagi para penikmat seni. Aroma cat masih tercium  dengan kentara waktu kami memasuki ruangan ini. Wajar aja karena memang masih gress alias baru. Untuk saat ini, baru lukisan karya Tjutju Widjaja yang digelar.  Ke depannya buah tangan pelukis lain pun akan mendapat kesempatan sama untuk dipamerkan baik tunggal ataupun berkolaborasi secara berkala.
Beberapa lukisan buah karya Tjutju Widjaya
Jangan takut kelaparan setelah berkeliling melihat-lihat perhiasan dan lukisan di IWP karena ada kafe yang menyediakan jamuan untuk menuntaskan rasa lapar. Berhubung karena saya mengunjungi IWP di sian hari pada bulan puasa, rencana wisata kulinernya harus ditunda dulu. Harus diagendain ke sini deh, buat nyicip-nyicip sajiannya. Pengennya sih, datang sore atau malam. Agar saya bisa menyaksikan pemandangan Bandung di malam hari dari ketinggian kafe ini.
Bagian luar Sky Light lantai 3. Dari sini kita bisa menikmati panoama city light Bandung di malam hari
foto: http://indowisatapermata.com
Yang menarik dari Skyllight Cafe yang menempati lantai 3 ini, kita bisa menikmati Bandung dari ketinggian dengan sudut 360 derajat. Eksotisme pemandangan yang cantik akan didapatkan kalau kita berkunjung ke sinip pada malam hari. Kalau ada rencana dinner romantis yang tidak biasa,  Skylight Cafe ini bisa jadi pilihan.
Berpose dulu di galeri. No photo = hoax, kan?:D
Mumpung sedang ada promo di mana tiket pengunjung wisata edukasi di IWP enggak dikenai charge alias gratis buruan saja datang ke Komplek Citra Green Dago, Blok N1-10.  IWP buka setiap hari mulai dari jam 10.00 pagi sampai jam 17.00 (kecuali Skylight Cafe yang buka sampai jam 22.00). Tidak ada batasan jumlah minimal aatu maksimal bila akan datang berkunjung. Berkelompok atau rombongan, kita akan dilayani dengan ramah dan profesional dan mendapatkan penjelasan seputar permata dari pemandu yang mendampingi.
foto: http://indowisatapermata.com

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

6 komentar:

  1. Aku sempet penasaran bangetttt ttg cara pengolahan intan berlian ini. Tp ada 1 temen smu ku dulu, skr ini designer perhiasan berlian dan batu berharga, di dubai, dan dia ngejelasin detil gmn cara mula ber ian bisa diolah sampe akhirnya jd perhiasan. Saking sudah ahlinya, dia bisa ngebedain yg palsu dan asli, ato batu mana yg paling berharga.. Ada berlian dgn wrn2 tertentu yg super duper mahalnya, dan dia cuma jual ke keluarga kerajaan arab saudi dulu :D. Hrg ga usah ditanya.. Tp aku lumayan beruntung, krn akhirnya bisa beli cincin dengan batu zamrud hasil design dia dgn hrg sahabat hahahaha :D. Ttp blm mampu beli berlian nya mba walo diksh diskon gede :p

    BalasHapus
  2. kesana ah, kesana lagi yuk teh Efi ...

    *sambil nginget2 dimana itu citra green dago* :)

    BalasHapus
  3. Hihi..prolognya oke punya tuh...klo ada jgn di lepas ya? :)

    BalasHapus
  4. cari donatur yang berjiwa berlian yuk hehehe... Bangga yah Indonesia eh Bandung punya tempat kayak ginih. IWP oke bangets

    BalasHapus
  5. Huaaa... kabita... nabung dulu, semoga dimampukan oleh Allah biar punya yang kinclong-kinclong

    BalasHapus
  6. Ada usaha maka ada hasil yang InsyaAllah baik. Harus yang teliti ini mah biar hasilnya kinclong

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.