6 Hal yang Pernah dialami Selama Bulan Puasa

Malam ini Sudah masuk hari ke-28 di bulan Ramadan. Tanpa terasa Lebaran sudah menjelang, ya. Tiba-tiba aja rasanya waktu berlari kencang dan suasana Ramadan yang tenang dan menentramkan akan segera pergi. Lalu tiba-tiba juga rasanya  amalan ibadah selama puasa di tahun ini masih cetek. Masih kurang dan belum maksimal. Ah semoga aja di tahun depan kita masih bertemu lagi dengan Ramadan.

Anyway, kalau ngomongin ibadah puasa, buat perempuan pasti ada aja masa ketika kita harus cuti puasa karena siklus bulanan. Ya kecuali kalau sedang hamil, belum akhil baligh atau sudah menopause. Ada juga sih yang siklus mensnya ga teratur dan bikin pusanya selalu khatam. Saya punya teman yang puasanya nyaris selalu khatam, ga ada bocornya.  Padahal teman saya ini belum menikah. Pasalnya beliau ini hormon estrogennya kacau sehingga tidak selalu setiap bulannya sel ovumnya luruh dan menjadi darah mens. 

Ngomongin soal puasa juga biasanya kejadian ini pernah kita alami, juga, lho. 

Enggak Sempat Sahur.

Pernah, kan? Ada sebagian orang yang males bangun sahur karena malas masak. Kalau saya, segimana ngantuknya, pas waktunya sahur mah dipaksain bangun.  Selain emang ada bekahnya ya biar kuat aja puasa selama sekitar 14 jam.  Satu waktu saya pernah terlambat bangun sahur. Bener-bener udah adzan. Seteguk air minum pun ga ada yang meluncur lewat kerongkongan. Waktu itu mama ngiranya saya belum bersih dari mens. Jadi pas waktu sahur itu ga dibangunin. Huhuhu.... seharian itu lemes banget saya.  Itu cuma sehari, aja. Terus kepikiran, apa kabar mereka yang 'terpaksa harus puasa' lebih dari 14 jam, ya ? T_T  

Berbuka Puasa di Jalan

Waktu masih kerja dulu, saya sering ngalamin buka puasa di perjalanan.  Ga ada pemangkasan jam kerja (keluar jam 17.00) membuat saya dan Eni, teman seperjalanan pulang kerja sering terjebak macet dan berbuka di dalam angkot.  Air minum, cokelat atau sekadar permen untuk membatalkan mesti deh ada di tas.

Kadang-kadang juga saat berbuka di angkot, suka ada aja penumpang yang menawarkan ta'jil sama penumpang lainnya. Hal yang jarang ditemui kalau di hari biasa. Biasanya ada tiga kemungkinan. Penumpang yang cuek makan atau nawarin penumpang lainnya, walau basa-basi sih, ya. Tapi kan daripada cuek ngunyah depan orang banyak gitu? Nah kemungkinan yang ketiga, meski udah bawa makanan, semisal gorengan atau batagor lihat-lihat sikon dulu. Kalau penumpangnya rame ga enak juga makan di angkot hihihi.  Kalau sekadar minum aja mah ya... masih woles deh.

Batal Puasa Sesaat Sebelum Adzan Maghrib

Pernah ngalamin ini? Saya pernah. Waktu itu sekitar 5 menit jelang adzan maghrib saya masuk ke toilet karena pengen pipis. Eh ternyata puasa saya hari itu udahan beberapa saat sebelum adzan. Sempet ngeluh, eh kemudian lalu diceramahin mama. Muahaha... Ga boleh gitu. Ya kadang nyesek sih ya. Berasa nanggung. Kepikiran kalau waktu coba ditahan dulu kepengin pipisnya. Eh tapi ga boleeeh. Ga boleh protes sama sunatullah.  Biar ga nyesek dan'protes' lalu saya berpikir gini. Ya udah deh, ga papa. Daripada saya ga mens dan ternyata ada masalah dengan organ reproduksi. Ya, kan? 

Kejadian nyaris sama, saya alami lagi tahun ini. Bedanya kali ini saya harus membatalkan puasanya jauh lebih awal. Beberapa saat saja setelah adzan subuh.  Ya udah, buat penanda kalau emang ga puasa, saya minum aja :D

Punya Utang Puasa yang Banyak

Normalnya durasi menstruasi saya selama sebulan ga lebih dari  7 hari. Kalau pas dapetnya di awal puasa, akumulasi utang puasanya bisa jadi lebih banyak. Soalnya  jeda dari satu siklus mens ke mens berikutnya ga pas 30 hari. Antara 24-28 harian gitu deh. Nah, dua tahun kemarin utang puasa saya lumayan banyak karena emang batalnya di awal bulan puasa. Ya otomatis deh, di akhir bulan puasa batal lagi. Konsekuensinya  nyicil utang puasanya jadi banyak.

Belajar dari pengalaman, nyicil utang puasanya jangan ditunda-tunda. Karena kalau dinanti-nanti, tiba-tiba aja udah jelang bulan puasa lagi. Lalu berasa ngos-ngosan deh nyicil qadha puasa. Hmmm.....enggak-enggak lagi deh.

Sahur dengan Ketupat dan Opor

Bukan hal yang baru kalau terjadi perbedaan penentuan 1 syawal.   Yang ga boleh itu kalau pas puasa ikut yang versi belakangan tapi pas 1  syawalnya ikutan yang lebih awal.. Huuu curaaang itu...

Terus pernah ga ngalamin karena ternyata sidang isbat memutuskan hilal belum muncul dan kita puasa lagi besoknya? Berhubung udah bikin ketupat dan opor, jadilah sahurnya istimewa, berasa lebaran karena menunya pake ketupat, opor, kadang pake kerecek dan sambal goreng kentang hihihi Sahur yang istimewa.

Ga Ikut Salat Ied

Pernah ngalamin juga? Jadi pas waktunya salat ied, kita ga bisa ikutan karena lagi dapet itu tadi. Tapi diem di rumah aja juga ngapain, sepi. Ga asik. Mending ikutan pergi ke lapang atau masjid bareng sama yang salat ied. Walau ga ikut salat, kan masih bisa denger khutbahnya. Bisa silaturahmi sama tetangga yang sama-sama jalan atau balik dari salat ied. Suka ada aja ketemu tetangga lama yang udah hiatus  alias hijrah eh ternyata dia lagi mudik. Lagian  kalau pergi salat ied setau saya setiap langkah akan menghapus dosa (cmiiw).  Sayang banget kalau diabaikan.

foto: republika
Hmmm... kira-kira kejadian apa lagi selama puasa ini  yang mungkin kita temui, ya? Ada yang mau nambahin? Komen, ya. :)







Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

7 komentar:

  1. Batal puasa sebelum adzan pernah tuh mba (beberapa tahun lalu) ku sangka adzan ternyata lagi ngaji yang 5 menit sebelum adzan Maghrib itu loh mba hahaha sayup sayup

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah aku selalu sahur, mba. Bangunnya jam 3 pagi. Rajin banget kan. Hahhaa. Tapi aku pernah jaman dlu nggak shaur, tapi kuat karena sebelum tidur makannya banyak. Hahhaa
    Terima kasih sudh berbagi mba

    BalasHapus
  3. Saya pernah ngalamin semuanya huhuhu, tahun ni telat sahur atau ga sahur mah aman, soalnya inget sama Marwah yang wajib sahur kl enggak kasian bisi leles

    BalasHapus
  4. puasa kali ini hamil 6bln. cita2 bisa puasa full, ehh suatu saat pagi2 muntah. terpaksa dibatalin karna nga kuat abis muntah nga minum air 😀. cita2 kandas.

    BalasHapus
  5. tahun ini 2x ga sahur ceritanya mlm krn flu minum obat flu banyak ealah alarm snooze pun ga kedengeran yg kedua kali yg zonk banget uda bangun jam 3 cuman tariris n mata masih sepet cobain tidur lagi ealah bablas tau2 uda qomat de mesjid 🤣😂 pengen nangis rasanya teh sesek didada seharian kerja lalungse di meja tidur wae 🤣😂

    BalasHapus
  6. kalau saya pribadi bukannya enggak sempat sahur tapi terlambat sangat sahurnya,tinggal 3 menit lagi sudah mau imsak baru makan sahur jadi makannya seperti balapan Mba.hehehe

    BalasHapus
  7. Aku utang puasa tahun jni dikit cuma 4 hari teh jd gk terlalu berat bayarnya,,,hehe,,, Opie ayam jeung tupat tmbh sagoti teh cuma enak klo d mkn pas lebaran euy

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.