Naik uberMOTOR di Bandung



Bandung yang semakin padat dan macet jadi lebih sering membuat saya baper. Baper karena ternyata waktu yang saya perlukan untuk menempuh perjalanan jadi molor alias lambreta alias lama. Kalau mendesak atau waktunya mepet itu bikin deg-degan. Saya tipe orang yang ga suka nunggu dan suka merasa bersalah jika sudah bikin orang lain harus nunggu.

 Beberapa waktu lalu saya mau pergi ke Jakarta dengan menumpang kereta api berempat dengan teman-teman blogger. Tiketnya secara kolektkf saya yang pesan. So,  untuk mencetaknya harus nunggu saya. Terlambat sedikit, ya udah bye! Mana ada toleransi waktu buat penumpang kesiangan.  Bisa-bisa saya bikin bete temen tuh.

Untunglah sekitar 15 menit sebelum kereta berangkat, saya tiba juga di stasiun. Dengan muka tegang dan panik saya segera ngurusin pencetakan tiket. Fiuuuh...

Makanya buat pengguna transportasi umum kayak saya, menggunakan jasa transportasi yang cepat itu serupa dengan membeli waktu. Gapapa deh keluar uang sedikit lebih besar, daripada menyesal. Beberapa kali disuruh belajar mengendarai motor saya bilang no.  Lebih merasa secure jadi penumpang aja.

Daaan... kalau ngomongin soal jasa transportasi yang cepat ternyata di Bandung sudah ada layanan uberMOTOR lho. Tepatnya dilaunching sekitar Oktober 2016. Sebenarnya saya udah ngeh soal ini setelah baca beberapa status teman di akun media sosialnya.  Saya sempat mencoba untuk order. Sebelumnya sih, pernah beberapa kali menggunakan aplikasi Uber untuk memesan layanan mobil Uber (uberX). Sialnya waktu pesan uberMOTOR  malah eror. Ada pesan muncul kalau requestnya tidak bisa diproses. Awalnya saya kira karena itu masalah teknis dari sononya. Ya udah karena ga terdesak waktu, skip dulu.

Sampai kemudian beberapa hari yang lalu saya coba lagi untuk memesan uber motor lewat aplikasi Olalala.... masih eror juga. Aduh kenapa, ya? Yang bikin saya bingung juga kadang muncul pesan kalau saya harus ngecek sisa kredit yang saya miliki. Padahal metode pembayaran di setingan aplikasi Uber milik saya adalah membayar secara tunai.

Kebetulan yang menyebalkan (sebenarnya) *_-  HP saya mendadak eror. Simcard yang biasanya dipakai, saya pindahkan ke handset lain. Pagi tadi, dengan kondisi belum mandi, iseng coba pesan uberMOTOR. Eh nyambung dan langsung ditelpon sama mitra pemgemudinya.  hahahaha... ini semacam perasaan bingung campur senang. Belum siap tapi  bisa nyambung juga dengan aplikasi yang mau saya pesan. 

Mungkin lho ya, mungkin nih (CMIIW) kemarin-kemarin itu pas saya mau pesan uberMOTOR karena ada hubungannya dengan sisa memori di HP saya yang kurang dari  1 giga. Sebelumnya sih saya pernah nyoba pesan uberX  ga ada masalah.

Pas tadi pagi itu saya pesan uber dari hp lain (dengan simcard yang biasa saya pakai juga) kebetulan sekali sisa memori internalnya masih luas, 2,5 giga-an. Sementara HP yang biasa dipakai sisa memorinya  sekitar700 mega gitu lah.  Tadinya  mau coba nelpon call centre buat curhat eh nanya kenapa aplikasi saya eror. Karena cuma tersedia layanan email, saya abaikan takutnya ngantri lama (meski katanya fast respons juga).

O iya begini lho cara pesan Uber Motor. Pastikan juga kalau kita sudah menginstal aplikasinya di hp, ya.
Pilih register kalau belum pernah menginstal seama sekali aplikasinya. Kalau sudah pernah, pilih sign in aja. Jangan khawatir kalau lupa password, nanti ada bantuan untuk me-reset passwordnya, kok. Untuk masuk ke aplikasinya nanti, kita bisa pilih login via FB, G+, email atau nomer HP yang sudah didaftarkan.

Setelah masuk aplikasi dan akan memesan uberMOTOR,  tentukan di mana mau dijemput dan mau ke mana. Kalau punya kode promosi bisa dimasukan, biar dapat potongan harga. Bisa pake  kode promosi BDGBIRU khusus bagi pengguna baru. Lumayan lho, karena dapat menikmati potongan biaya uberMOTOR   50% sampai dengan sepuluh ribu rupiah untuk  lima  kali perjalanan. Promo ini berlaku Mulai tanggal 12 Desember  – tanggal 29 Desember 2016 saja. Kalau udah lewat, ya udah pake aja kode efif17ue hihihi usaha ye, gapapa kan? :D  



Setelah itu, tap fare setimate untuk mengecek estimasi ongkos yang harus kita bayar.  Jangan sampai kurang bayar, lho.

Pagi tadi itu waktu mesan saya belum sempat ngisi lokasi yang dituju. Cepet banget deh ini respon, dalam hitungan kurang dari semenit, saya menerima telpon masuk dari mitra pengemudinya dan nanyain lokasi jelasnya di mana saya minta di jemput dan mau ke mana.  Saya bilang mau ke toserba Yogya yang di jalan Pajajaran aja. Just in case ngalamin lupa nentuin tujuan perjalanan, ga usah dicancel. Drivernya nanti akan membantu kita ngisi destinasi lewat aplikasi di hpnya.  Berhubung  tadi itu  belum siap saya minta nunggu setengah jam sambil minta beliau bawa atribut uberMOTOR buat saya fotoin. "Oke, nanti sms aja kalau udah siap," gitu katanya.

Tiga puluh menit kemudian saya sudah siap dan bilang nunggu di depan masjid depan gang komplek rumah. Enggak lama setelah itu,  masuk notif dari aplikasi kalau mitra pengemudi yang akan menjemput sudah sampai, lengkap dengan nama,  foto dan nomor polisi motornya. Ok, Cuuus....

Selama di perjalanan saya sempetin ngobrol sama driver yang ternyata setiap akhir pekannya punya bisnis photo weedding barengan temannya. Sejak kali pertama uberMOTOR hadir di Bandung, Driver yang namanya Handri ini udah join. Obrolan kami terasa singkat saja karena dalam hitungan 13 menit kami sudah sampai di tkp.


abaikan muka bantal saya :D
Ada yang menarik dari warna biru jaket dan helm yang jadi atribut uberMOTOR ini. Tadinya saya kira bakal hitam mutlak, persis kayak wara dominan aplikasinya itu. Dipikir-pikir aneh juga sih kalau hars hitam gitu. Pertama kasian drivernya bakal kegerahan karena warna hitam itu kan warna yang baik menyerap panas. Kedua, kalau hitam nanti dikira tranformasi Kotaro Minami alias Ksatria Baja Hitam masa kini. Halah, analisa yang ngaco ini mah. :D 

Enggak ding. Enggak itu. Coba deh perhatikan warna biru ini identik dengan warna kostumnya tim sepakbola Persib dan bendera kota Bandung. Lagipula biru itu punya kesan sejuk dan adem.  Se-adem susana hati selama di perjalanan karena ga usah cemas berlama-lama di jalan terjebak macet.

Dalam rangka awareness warga Bandung untuk layanan uberMOTOR,  saat ini sedang berlangsung campaign #BiruItuBandung yang berlangsung  hingga 31 Desember 2016 ini. Caranya gampang pake banget. Caranya gunakan layanan uberMOTOR lalu jangan lupa untuk memoto  mitra pengemudi uberMOTOR Bandung yang mengenakan atributnya. Kalau mau foto bareng juga boleh. Jangan lupa untuk mengimbuhkan  caption foto semenarik mungkin. Upload foto bersama mitra uberMOTOR ke twitter dan instagram dengan tagar #BiruItuBandung dan mention akun @uber_IDN.  Lumaya lho hadiahnya, karena 4 pemenang dengan posting yang paling menarik akan mendapat hadiah berupa kredit Rp. 500.000. Lumayan kan buat ngirit pos pengeluaran ongkos?  Hayu atuh kita nguberMOTOR.



Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

33 komentar:

  1. teteh sebagai orang yang setia dengan armada dan angkutan umum aku ikut bahagia buat teteh, jasa transportasi kayak gini pasti membantu banget ya, teh. Sewaktu-waktu boleh juga nih dicoba kalo lagi males nyetir sendiri. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain Zia. Btw aku juga mau deh jadi penumpangnya Zia kalau lagi nyetir sendiri hehehe

      Hapus
  2. Hahah..jangan sampe ada kisah blogger ketinggalan kereta lagi gara2o jek online eror ya fi.Ahh ngebayanginnya aja deg2 seer..

    Btw emang pesen uberMOTOR niy cepet banget,padahal teritung baru juga, mudah2an bisa keliling bdg merasakan sensasi #BiruItuBDG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ih, selama di jalan menuju staiun itu aku h22 takut terlambat. Hayu kita uber-uberan di Bandung aja, Nchie :D

      Hapus
  3. Asiiik ada uber. Mumpung lagi di Bandung, mau nyobain pake uber ah....
    Dari rumah sampe Yogya Pajajaran, lumayan cepet juga ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepet segitu mah teh. Kalau pake angkutan umum biasanya sampai setengah jam, belum diitung ngetemnya. Hayu atuh kita kopdaran lagi, Teh, Kabarin kalau maen ke Bandung, ya.

      Hapus
  4. Kontesnya tinggal bentaran lagi ya, Teh. Mesti segera panggil si biru buat ikutan ini mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya euy menghitung hari nih sebelum deadline kontes fotonya. Lagi mikir pose yang bagus buat ngontes, banyak kompetitor yang jago soalnya :D

      Hapus
  5. Aaakkk gileee ... Tinggal 15 menit lagi kereta berangkat huehehe.

    Btw, enak deh ya, kl bs cepet datengnya si driver uberMOTORnya, jadi ga usah nunggu lama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, cukup drama itu 15 menit lagi sebelum cus ditambah printilan lainnya yang kalau diceritain di sini malah jadi drama :D Bagusnya sih semua driver kayak si Aa yang ini, ya. Biar penumpang ga cemas takut kesiangan.

      Hapus
  6. Wooooaa Uber ternyata responsif gitu, pantesan sempat jadi trending topic di twitter. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmm... makanya jadi trending. Udah coba juga kan layanannya?

      Hapus
  7. Di Bandung itu memang menurut saya lebih enak naik motor. Ampun dah macetnya. Tapi kalau pakai motor mah bisa cari jalan-jalan kecil jadi ga terjebak macet. Adanya ubermotor bisa sangat membantu aktivitas kita keliling kota Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, enaknya pake motor itu bisa nyari jalan tikus. Asal jangan mintas jalan dengan nyerobot trotoar kayak gitu aja sih :) Ayo nih mak, kapan ke Bandung? Kita uber-uberan nanti hehehe

      Hapus
  8. Aku belum ke bandung....gpp muka bantal,yang penting tetep cantik^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu Mak kita kopdaran. Iya lah aku cantik, masa ganteng hehehe

      Hapus
  9. Hadirnya uberMOTOR memang jadi pilihan transportasi paling tepat saat macet dan buru2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, sedelapan, sesembilan dan seterusya :) Kalau lagi buru-buru moda transportasi kayak uberMOTOR gini jawaban yang paling pas.

      Hapus
  10. Waaaah dapet helm uber euy. Saya mah jaketnya doang, helm standar yg biasa. Hehehe. Bagus euy teh, seragam sama helmnya. Boleh dibawa pulang gak helmnya? Huehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Lu, helmnya lucu (((lucu))). Sayang euy ga bisa dibawa pulang hehhehe...

      Hapus
  11. kebayang paniknya ya kalau telat gara-gara moda umum,uberMotor ngebantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa-bisa kita ga jadi ke Jakarta pake kereta. Terus akunya dicubit rame-rame sama kalian, Ran :D

      Hapus
  12. Sy jd merasa uberMOTOR langsung dekat di hati warga Bandung gini ya... gara2 atep nih jd driver hahaha - chayooo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cie cie... Langsung dekat ke hati aja nih Kang Ade :P

      Hapus
  13. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan untuk bepergian kemana mana,,,menghindari kemacetan dengan Ubermotor dan bisa foto bareng sama drivernya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Embeeer. Jadi serba mudah. Mas Irvan juga dong selfie sama drivernya uberMOTOR ya.

      Hapus
  14. Bandung membiru kayak persib yang serba biruuuu ... Hidup PERSIB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup Persib. Vote Persib juara. *lho*

      Hapus
  15. Senangnya uberMOTOR udah ada di Bandung ya Teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Vim makin seneng aja jadi banyak kemudahan kemana-mana ya.

      Hapus
  16. sebentar, jadi kalau teteh pergi naik Uber berarti belum mandi dong hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dong, kan disuruh nunggu dulu setengah jam. Masa pergi rada jauh gitu ga mandi. :D

      Hapus
  17. Hadirnya uberMOTOR memang jadi pilihan transportasi paling tepat saat macet dan buru2

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.