Tips Nyaman Dengan Busana Muslim Setiap Hari

Kalau ditanya pakaian sehari-hari favorit, saya bakal segera menjawab dengan lugas, kasual. Which is setelan  atasan long sleeve alias kaos tangan panjang yang dipadu dengan celana jeans. Jilbab ya pasti dong saya pake.  Iya, saya masih ngoboy gitu penampilannya. 

Belakangan, saya lagi ngoleksi baju yang lebih feminim, lho. Seperti banyakin dress kutung yang selutut, atau nambahin koleksi tunik. Maunya sih banyakin rok atau gamis. Cuma susyeeeh ya nyari yang ukurannya pas buat saya. Giliran dapet yag cocok, eh budget sama harganya yang ga cocok :D. 

Secara saya ini pemilik bodi tipikal petite alias mungil. Pasti harus dibongkar lagi biar pas. Terutama panjangnya itu  bikin saya tampak kelelep. Kalau celana tinggal digulung dikit, lah gimana dengan gamis? Panjaaaang pisan, belum lagi lebarnya itu harus disesuaikan. Paling males kalau beli baju yang udah jadi tapi harus dibongkar lagi.
Wardrobe: Zaora,. Photo shoot by Yashinta
Anyway, apapun occassion dan model baju yang akan dipakai, setiap orang pastinya punya kriteria sendiri-sendiri. Yang jelas sih nyaman. Dan nyamannya setiap orang itu beda. Ya, kan? Ngomongin soal nyaman, kalau versi saya kayak gini.

Warna Pakaian yang Cocok

Tau sendiri dong, tone warna kulit kita seperti apa? Paling enak sih kalau punya warna kulit putih. Cocok aja pake warna apapun. Terus yang kulitnya eksotik (baca: sawo matang) kayak saya gimana?Ya ga gimana-gimana juga. Udah, jangan protes sama yang udah Allah kasih. mau putih atau sawo matang kan  itu format terbaik dari genetika bawaan ortu. Kita tetep bisa dandan kece, kok. 

Selain warna-warna netral putih atau hitam, saya masih bisa pake warna lain. Warna pink dan merah adalah warna favorit saya. Makanya jangan heran kalau sering banget lihat saya pake pashmina warna merah. Rasanya cocok aja ke mana-mana. Katanya juga, dengan kerudung merah atu pink itu, aura (((aura)))  jadi terpancar.  Dih :D
Merah, favoritkuuu. Photo shoot  by Yashinta

Faktor Cuaca

Sekarang lagi musim hujan, kan? Berbeda dengan musim kemarau yang selalu cerah, saat hujan sering turun gini bahan pakaian yang lebih tebal atau lebih gelap akan membuat kita merasa lebih hangat. Jangan lupa juga bawa payung, yes. Bahan pakaian yang tebal  kalau udah basah jadi terasa berat. Ga nyaman juga pakai baju basah udah gitu tebel lagi.
ceritanya lagi OOTD-an. pashmina by Zaora

Style Pakaian

Kayak saya bilang tadi, mau kasual, resmi, atau anggun ya balik lagi sama gimana nyamannya kita. Berhubung dunia kerja sudah lama saya tinggalkan, jadinya paling sering nampil eh dandan dengan gaya santai. Untuk acara semi formal seperti menghadiri resepsi pernikahan atau suasana yang rada glamour, tentunya disesuaikan. Apalagi kalau sudah ditentukan dress codenya. Ya masa aja dibilang dress codenya elegan formal terus tiba-tiba muncul dengan setelan t-shirt, celana jeans panjang, sneaker lalu nenteng ransel? Ga menghargai pengundang dong.

Ah ya untuk model pakaian yang feminim tapi semi santai bisa cobain deh tunik Zaora 7/8 yang saya pakai. Untuk lapisan dalamnya saya masih suka mengenakan celana panjang. Lebih ringkas dan leluasa bergerak. Udah mah bahannya jatuh dan ga gerah pas dipakai. Enaknya pake tunik kayak  gini juga bisa memberi kesan saya rada tinggi. Ga kayak pinjem baju kakak atau tetehnya.
Kecuali sepatu/sendal, wardrobe by Zaora. Photo shoot  by Yashinta
Dengan bahan tunik warna putih, saya pun leluasa mengombinasikannya dengan pashmina warna lain. Seperti saya bilang tadi, kalau putih ini kan netral. Tinggal tas dan sepatu aja yang menyesuaikan, biar serasi dan enak dilihat. Pergi ngaji udah pasti cocok. Dipake kondangan atau main pun hayu aja. Tinggal mainkan modifikasi aksesoris atau printilan fashion lainnya.

Jilbab, Pashimina atau Segi Empat?

Setidaknya dalam setahun terakhir ini saya konsisten dengan mengenakan jilbab model pashmina. Asik aja, modelnya bisa diutak-atik dengan macam-macam gaya. Sementara kalau jilbab segi empat saya malah jadi mati gaya. Bukan berarti segi empat jelek, cuma soal preferensi sih ini mah. By the way belakangan ini model pashmina saya lagi istiqomah dengan model yang itu-itu lagi. Mungkin bakal jadi ciri khas. Eh tapi kalau sesekali ganti model gapapa dong? Biar ga bosen.
Wardrobe: Zaora, Photo shoot  by Yashinta

Make-upan

Jarang sih. Saya sukanya minimalis. Bedak sama lipstik aja. Itu juga pernah beberapa kali lupa bawa dan pasrah ga touch up lagi abis makan atau solat :). Tapi sesekali saya rada centil juga pake blush on atau eye shadow. misalnya Kalau udah dandan gini mesti aja ada yang numbenin hihihi. Atuhlah biasa aja atuh. Kayak belum pernah lihat perempuan dandan aja.

Abaikan kaki saya yang nyeker :D  Photo shoot  by Yashinta
Nah itu 4 cara nyaman dengan fashion versi saya. Gimana dengan versi kalian? Cerita juga dong.



Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

11 komentar:

  1. aduuuh cantiknya...mojang parahyangan benerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih cantik. Atuh lah Nay, kan aku teh perempuan. :D

      Hapus
  2. Aku sekarang lagi belajar kerudungan, Mbak. Ya sama sik, atasan yg longgar longgar. Masik pakek celana kain ngestretch pulak. Wkwkwk :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bertahap aja, Beb belajarnya. Nikmati aja prosesnya.

      Hapus
  3. Aku punya pasmina 2,itupun hadiah dan g pernah dipake,g bissa hehe. Paling pake jilbab langsungan,g pake mekap pula >_<
    Selamat ulang tahun teh efi cantikkkk, baarokalloh^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang, kenapa ga dipake? hehehe soal selera sih ya. Makasih ya ucapan selamat ultahnya. Duh tambah tua ini :)

      Hapus
  4. Saya juga lagi suka model pashmina. Lebih gampang dipakenya :)

    BalasHapus
  5. Geulis, pake pisan. Jadi geulis pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tersipu nih hehehe. Tian juga geulis. :)

      Hapus
  6. wanita akan terlihat indah setelah ia memakai hijab ...

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.