Top Social

Bring world into Words

Bersiap Menyambut Harbolnas Bukalapak 2016

Selasa, 22 November 2016
Berbelanja secara online (alias daring, atau dalam jaringan) bukan sesuatu hal yang baru lagi buat kita. Paling nggak di antara kita sedikitnya pernah belanja sekali saja lewat ini.  Akses internet yang semakin mudah didapatkan membuat aktivitas ini membuat bisnis toko online semakin mudah kita jumpai.  

Dari beberapa toko online yang ada sebagian menawarkan produk yang membidik konsumen tertentu (misalnya toko online fashion atau obat), menyasar segmen tertentu (misalnya hanya menjual property foto atau perlengkapan olahraga) atau beberapa toko menjelma mejadi one stop shoping alias palu gada. Tau dong apaan sih palu gada? Iyes, Apa lu mau gue ada. Bukan palu gada yang suka dibawa-bawa ksatria Bima itu lho. Wrrrr…. Itu sih ngajak duel huehehe…
Nah buat yang lebih suka berbelanja lewat jalur ini, atau minimal nyimak deh kalau ga rajin pun, biasanya kita ngeh kalau di akhir tahun diramaikan dengan ajang  harbolnas. Ajang belanja online nasional ini biasanya digelar pada  akhir tahun (11 November dan  atau 12 Desember) sebagai salah satu bentuk apresiasi untuk memanjakan para pengemar belanja di  dunia maya.
Diantara sekiann toko online yang ramai berseliweran di dunia maya ini, Bukalapak menjadi salah satu e-commerce yang meramaikan  acara tahunan ini dengan memberikan diskon serta promo HarbolnasBukalapak di tahun 2016 [disclosure]
Ngomong-ngomong soal Harbolnas ini, kalau tau rame-ramenya, udah tau tau belum sih gimana awal mulanya berjalan?
Ternyata, kalau diulik, hari belanja nasional alias harbolnas  awalnya diperingati di beberapa negara di wilayah Eropa dan Amerika Serikat saja. Waktu itu ajang ini lebih familiar dengan istilah Cyber Monday. Pada saat berlangsung,  para pemilik toko-toko akan saling  berlomba untuk memberikan promo atau  diskon demi memberikan apresiasi para pelanggan setianya. 

Menariknya kegiatan Cyber Monday ini pun terinspirasi dari kegiatan lainnya, yaitu Black Friday. 

Black Friday ini berlangsung ketika musim liburan natal tiba, di mana orang-orang di Amerika atau Eropa akan menghabiskan lebih banyak uangnya untuk berburu kado Natal bagi orang-orang spesial di sekitar mereka.  
Ga heran juga kalau pada saat itu toko-toko akan buka lebih lama untuk melayani para pelangganya yang akan membeli aneka produk yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Ternyata yaaa, ga di mana, kalau yang namanya diskon atau promo mah tetep aja jadi  sesuatu hal yang mengalihkan dunia (baca: menarik mata). Kebanyakan orang akan berpikir kayak gini, “Yaaa kapan lagi saya bisa dapat barang  murah gini? Mumpung lagi banyak uang juga. Gapapa kali sesekali rada boros”

Eh saya juga suka mikir gitu, sih heuheu… Ga butuh-butuh amat, terus kadang mikir nyari pembenaran, buat membelinya.  Padahal awalnya ga diniatin.  Apalagi kalau pas lagi butuh, coba? Wah udah semangat pake banget. 

Itu juga kali ya yang bikin orang-orang tampak kalap pas belanja mid night sale. Saya sih males belanja mid night gitu. Mendingan bobo cantik aja.   Entahlah dengan Cinderella yang abis dari pestanya sang Pangeran. Kira-kira dia bakal sempetin melipir ga ya kalau tau ada mid night sale gini? Kayaknya sih iya. Secara sepatunya kan tercecer, modus biar dicariin pangeran (yeee suuzhan sama Cinderella :D)
So, udah pada tau dong ya sekarang gimana sih asal usulnya ada hari belanja online nasional di Indonesia. Harbolnas ini selain memberikan kemudahan untuk berbelanja juga jadi cara untuk mengedukasi kepada masyarakat bagaimana mudahnya berbelanja secara daring. Begitu juga dengan kelebihan yang bisa didapatkan. 

Dengan interaksi yang lebih mudah secara real time, para pemilik toko online juga punya peluag untuk lebih berkembang dan menjangkau pasaran yang lebih luas. Kaaan, kalau gadget udah di tangan, selama kuota belum abis, di mana pun posisi kita dan kapan pun belanja. Cuma perlu senam jari beberapa menit aja.  Lalu barang yang sedang kita idam-idamkan sedang dikemas oleh admin olshop untuk dikirim ke alamat kita. Bukalapak tentunya jadi salah satu e-commerce yang akan meramaikan ajang ini di akhir tahun nanti.
FYI, pada Harbolnas nanti, Bukalapak menjanjikan bakalan ada  promo dan diskon akhir tahun besar-besaran yang akan dibeikan untuk para konsumen setianya. Jadi, jangan sampai melewatkan segala kemudahan untuk  berbelanja yang ditawarkan, plus layanan optimal yang akan diberikan secara total. Demi kepuasan konsumen, Bukalapak berjanji akan mmberikan kepuasan maksimal pada promo Harbolnas Bukalapak. 
Kerennya ajang ini ternyata tidak berlaku untuk satu hari saja, melain kan tiga hari untuk para konsumen setianya Bukalapak! Ish, so sweet, yes?  Dengan waktu tersedia yang lebih lama, bikin kita jadi lebih leluasa memutuskan untuk memilih barang apa yang akan dibeli. 

Tapi jangan kelamaan juga mikirnya. Karena apa?  Bisa-bisa stoknya keburu kosong karena kalah cepat sama orang lain. Dan yang nyesekin itu pas waktunya habis pula. Yaaa, ga kebagian belanja murah di harbolnas, dong?
Biar ga riweuh dan ga keduluan yang lain saat berbelanja di ajang harbolnas nanti, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Nanti, lho. Sekarang mah diinget-inget aja (kayak ulangan aja, ya). Apa saja, sih? 

Bedakan kebutuhan vs  keinginan

Iya kalau udah gini emang  batasannya jadi samar. Kayak contoh yang saya bilang tadi gitu hehehe. Tapi sebenarnya kita bisa memanfaatkan momen obral gede-gedean yang digelar para e-commerce (seperti Bukalapak). Misalnya ketika kita butuh tripod, sepatu atau tas baru tapi masih bisa ditunda. Let’s say baru akan dipake awal tahun nanti. Nah, keep aja dulu uangnya. Kalau bukan ngumpulin dulu, sabar nunggu ajang ini digelar bisa member kita benefit berupa harga yang lebih murah. 

Kalau yang dibutuhkan sudah masuk daftar dan masih ada anggaran yang tersisa boleh deh ngincer item lainnya (maunyaaa). Jangan sampai tekor dong. Kalap belanja eh tapi puasa beberapa hari karena harus nombok. Enggak banget, ah. 

Awas Lapar Mata

Saya nyebutnya mengontrol lapar mata. Ini yang bikin dompet kita cepet langsing dan rekening kita susaaah banget mau dibikin montok (apa sih).  Biasanya kalau pas awal bulan ketika pay day alias gajian tiba atau honor cair, kita suka gatel aja pengen melipir  ke mall buat belanja apalah-apalah yang sebenarnya ga butub-butuh amat. Serupa sih sama poin pertama yang udah saya bilang tadi Yang namanya skala prioritas tetap kudu dipegang. 

Tahan dulu, jangan gampang tergoda. Toh masih ada Harbolnas yang akan memberikan diskon besar atau promo menarik lainnya.  Lumayan banget kan kalau bisa ngirit?

Gunakan kartu kredit hanya untuk jaga-jaga

Ini seperti simalakama. Bisa jadi kartu kredit akan menjadi penolong di kala kita kehabisan uang segar dan dana di rekening pun masih menggantung, alias belum cair. Kebiasaan jelek yang terjadi pada sebagian orang suka asal main gesek kartu kredit dan lupa kalau nantinya bakal ditagih oleh bank penerbit kartu kredit itu. Iya kalau limitnya emang udah diperhitungkan. Gimana kalau jadi nyekik? 

Makanya, transaksi pake kartu kredit sebenarnya ga disarankan kalau tidak mau ujug-ujug kena vertigo mikirin tagihan. Lebih aman sih kalau pake dana segar, bukan uang panas alias pinjaman yang bunganya itu bikin jangar alias pusing. Ya kalau udah punya mah cukup dipake ketika situasi emang benar-benar membutuhkan aja.

Jadi untuk meramaikan harbolnas nanti sudah diinget belum barang yang lagi butuh dan akan dibeli? Siapkan dari sekarang, ya. Agar saat promo Harbolnas Bukalapak digelar kita tinggal eksekusi aja, alias fokus sama barang yang emang butuh untuk dibeli. By the way, jangan lupa juga daftarkan dirimu sebagai member Bukalapak. Keuntungan yang akan didapatkan adalah akan mendapat promo menarik dan terbatas khusus member di luar ajang Harbolnas.
4 komentar on "Bersiap Menyambut Harbolnas Bukalapak 2016"
  1. Gak sabar nunggu harbolnasss
    Kudu siap2 catetan biar gak lapar mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapin juga sponsor(baca: yang mau nambahin) biar rekening ga jebol pas direcokin lapar mata hahaha

      Hapus
  2. Sebenernya aku ada incaran di bukalapak teh yaitu komik, cumak apakh semua item dikenai diskon, cz biasanya cuma perintilan fesyen yang dikasih diskon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kali ini masuk juga list diskonan, Nit hehehe Siap-siap shopping yuk.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.