Top Social

Bring world into Words

Apa Yang Dilakukan Otak Saat Sedang Bermimpi?

Selasa, 15 November 2016
Apa Yang Dilakukan Otak Saat Sedang Bermimpi? [infomercial]  Bermimpi? Ada yang ingat kapan terakhir kali bermimpi? Kalau saya  mimpinya suka geje, ga jelas. Jadi pas bingung suka bingung memetakan mimpi apa semalam. Soalnya mimpinya suka loncat-loncat gitu. Kalau dibuat jai plot film pasti bikin bingung yang nonton. Dan kalau jadi film di bioskop kayanya bakal segera turun layar hahaha... Ya sudahlah ngapain juga dipikirin, mending mikirin yang pasti aja, yang ada di dunia nyata. Ya ga, sih?

Apa yang harus dilakukan ketika bangun dari mimpi?

Eh tapi saya juga  mengalami mimpi yang alurnya jelas, kok. Ada yangg bikin seneng ada yang bikin malesin atau ini nih, spooky.  Oh no. Kalau mimpinya buruk macam gini saya abaikan dan ga mau mikirin lama-lama. Seinget saya buat yang muslim diajarkan beberapa hal.Pertama, begitu terbangun segera membaca ta'auwudz lalu disusul dengan meluah sebanyak 3 kali ke arah kiri. Ngeludahnya ga usah pake kuah gitu, ya. Apalagi kalau di sebelah kita ada orang lain  yang tidur. Udah mah mimpi buruk, nanti malah berantem. Lah temen atau pasangannya salah apa coba diludahin gitu?

Sesudah kedua hal tadi dilakukan kalau ga mager buruan ambil wudhu untuk shalat, lalu kalau masih lama ke waktu subuh, ganti deh posisi tidur. Besok paginya mimpi buruknya itu diabaikan saja, ga usah diceritakan sama orang lain dan ga usah juga susah-susah cari primbon buat menafsirkan mimpi buruknya. Bisa jadi mimpi buruk yang kita alami karena pikiran kita lagi kusut atau datangnya dari setan.

Mimpi Dari Sudut Pandang Ilmiah

Kalau dari sisi ilmiah,  ilmuwan psikologi yang femes itu,  Freud dan Jung ternyata mempunyai teori lho soal mimpi. Katanya Freud, mimpi itu merupakann hasrat yang kita miliki, namun tidak terpenuhi dan tenggelam di alam bawah sadar. Sementara kalau Jung bilang,  mimpi  itu muncul untuk merefleksikan diri, dan membantu kita untuk menyelesaikan masalah emosi di dunia nyata. Makanya ga heran kalau mereka yang sedang stres [disclosure] ruwet alias suntuk lebih banyak bermimpi dibanding yang lainnya. . 

Pengaruh Luar

Akan tetapi, mimpi pun bisa datang dalam tidur karena adanya  rangsangan dari luar di sekitar kita.Faktor yang jadi perangsang itu bisa  berupa suara, bunyi, maupun bau, kemudian diolah oleh tubuh kita dan masuk ke dalam mimpi. Pernah ga mengalami mimpi suara-suara tertentu pas bangun suara itu masih ada? Misalnya suara tv, rado atau orang lain yang masih ngobrol di sekitar kita? Kalau ngantuk berat saya lanjutin tidurnya.  Sebagian orang mungkin bakal ngomel-ngomel karena merasa terusik atau malah jadi seger dan nimbrung ngobrol sambil membahas mimpinya itu tadi. Kalau model gini biasanya obrolan bakal dibumbui dengan haha hihi . 


Aktivitas Otak Kita Selama  Bermimpi

By the way waktu kita sedang tidur dan bermimpi, ternyata otak kita ga bener-bener istirahat. Dia masih terus bekerja lho. Mulai dari batang otak hingga korteks. Dan tau ga sih, pas mimpi gitu gerak mata kita yang sedang tertutup itu jadi cepat.  Untuk yang satu ini dikenal dengan istilah  tidur REM. Ini merupakan  bagian dari siklus tidur-bangun dan dikendalikan oleh sistem pengaktif retikuler.  Sirkuitnya bekerja dari batang otak melalui thalamus ke korteks. Duh mbulet ga? Ya pokoknya gitu deh jaringan di otak kita ternyata cukup sibuk dibuatnya.

Apa sih yang memengaruhi emosi yang kita rasakan ketika tidur tadi? 
Rasa sedih, takut, senang atau marah dipengaruhi  oleh  sistem limbik, yang termasuk amigdala.  Posisinya ada di bagian tengah otak yang fungsinya itu tadi, buat mengendalikan emosi. Bukan cuma ketika tidur saja, sih. Perasaan yang kita alami saat bangun juga dipengaruhi oleh hal ini.  FYI, bagian otak yang satu ini ini punya  asosiasi yang kuat dengan rasa takut, dan ternyataaa, dia lebih aktif bekerja saat seseorang bermimpi. Mungkin karena kita lagi ga sadar, jadi tidak bisa kita kendalikan perasaan semacam ini, ya.

Terus kenapa  kita bisa mengalami mimpi yang rasanya bisa berbeda-beda itu? 
Nah bagian otak yang bernama korteks adalah bagian yang bertanggung jawab  untuk itu. dalam menentukan isi mimpi kita itu. Mau mimpinya  aneh, ngaco atau dengan mudah kita ceritakan pada orang lain adalah buah dari kerjaan Mbak atau Mas Korteks ini.  Karena manusia adalah mahluk yang sangat visual.  otak bagian belakang yang posisinya ada di sebelah kanan bekerja  lebih aktif, sewaktu kita mengalami mimpi.

Kenapa Terasa Nyata?
Uniknya nih, Selama kita bermimpi, lobus frontal, bagian otak yang  biasanya membantu kita memilih mana yang dapat dipercaya, ternyata tidak bekerja dengan baik Makanya ketika mimpi itu kita suka dibuat bingung karena mengalami  mimpi yang aneh,  paling gila  atau super ngaco jadi terasa kayak bener-benar nyata,

1 komentar on " Apa Yang Dilakukan Otak Saat Sedang Bermimpi? "
  1. barusan aku mimpi indah euy, ketemu mantan eeaaa..
    ga mau banguun, eh malah nyileuk :v

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.