Tidur Ga Pake Bantal, Yes or No?

Tidur Ga Pake Bantal, Yes or No? - Sebenarnya ini udah agak lama juga mau nulis tentang ini. Kelupaan melulu *alesyan* Mumpung inget dan ada waktu luang sambil nunggu pertandingan tim kesayangan si Merah alias Liverpool tanding, saya sempetin cerita sekarang, ya. 

Harusnya jam segini saya sudah tidur lelap, tapi tadi jam 20-an sampai jam 22. lebih saya sempet tidur ayam,  merem tapi ga lepas. Kalau belum cuci muka sama gosok gigi saya suka gitu. Tidurnya ga bisa lepas hehehe.
Jadi mau bahas apa sih, Fi?

Iya itu, tentang tidur. Biasanya tidur suka pake bantal atau enggak sih?  Kalau saya sih seringnya tidur pake bantal. Ga usah banyak-banyak, satu aja udah cukup. Meski kadang-kadang ga ada bantal pun saya bisa tidur juga. 

Katanya nih, tidur yang sehat itu tidur yang ga pake bantal.

Hah? pegel dong? Ga enak, tuh! 

Iya, kalau udah kebiasaan mungkin, ya. Tapi tunggu dulu kenapa tidur bisa sehat tanpa pake bantal? Ternyata tidur tanpa bantal itu...

Mengurangi pegal

Dulu saya pernah nyobain tidur dengan bantal yang bertumpuk. Maruk? hahaha... iya. Eh besok paginya leher saya pegel dong. *rasain, siapa suruh maruk* So, katanya tidur tanpa bantal bisa mencegah hal itu terjadi. Ditambah lagi bahu dan punggung juga akan terbebas dari rasa ga nyaman saat bangun keesokan paginya.   

Kalau ditanya tingkat keempukan bantal, saya pilih yang levelnya sedang (kayak keripik saja). Ga terlalu keras atau lepek. Yang bantal atau gulingnya udah lepek lebih suka yang mana? Beli yang baru atau mempertahankan yang lama? Dih bahasanya, mempertahankan  *_-

Lebih Irit

Jelas dong lebih irit. Selain ga ussah mengganti bantal yang udah lepek itu tadi, kita juga ga usah beli sarungnya, menggantinya dengan sarung lain yang bersih dan wangi. Nah soal bersih juga jadi ngirit pemakaian deterjen buat nyuci. *males detected*

Bikin awet muda

Tidur minus bantal ternyata juga baik buat menjaga kecantikan. Katanya nih, bisa mencegah keriput yang datang dari awal atau timbulnya jerawat. Sarung bantal yang kotor karena belum diganti bisa jadi di permukaannya itu sudah banyak debu yang bisa menempel di muka. Maka muncul lah jerawat nan menyebalkan itu. Hmmm... masuk akal sih. Eh tapi ga berlaku juga sih kalau seprainya lupa ga diganti secara berkala, atau lupa tidak mencuci muka sebelum tidur. Yang lebih parah kalau masih ada sisa make up  atau riasan yang nempel di muka terus blas tidur. Ya derita elu  itu mah. 

Tapi tidur ga pake bantal itu rasanya aneh. Kayakya ga afdol aja. Meski kadang-kadang saya bisa tidur juga tanpa bantal kayak abis solat subuh (ish) atau tidur di perjalanan (travel atau kereta). Malah selimut jarang banget saya pake pas tidur. Kecuali kalau pas lagi dingiiin banget dan ga nahan. Sebenarnya tergoda juga sih dengan benefit kalau  tidur tanpa bantal bisa bikin lebih cantik itu :D.

Jadi gimana? Pake bantal atau enggak?

referensi: newhealthadvisor.com

Efi Fitriyyah

Blogger mungil asal Bandung. Penggemar musik 90an dan easy listening music yang juga senang nonton bola, apalagi kalau jagoannya Persib dan Liverpool bermain. Pembawaannya kalem tapi bisa mendadak jadi mahluk yang cerewet. Penyuka fiksi, dan referensi berbau sejarah. Kontak via email efi.f62@gmail.com

36 komentar:

  1. Saya pernah beberapa kali Mbak Efi, tidur tanpa bantal. Gak jadi pegel apa gimana sih. Ternyata emang bagus ya. Gak pake bantalnya bukan karena sengaja tapi karena lupa aja. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik donng Mas Dani, ga usah cape-cape lagi beradaptasi. Deuh emang tidur aja bisa cape, ya? :D. Gapapa lupa yang satu ini bikin sehat kok hehe

      Hapus
  2. Klo saia seh pokoknya ada guling hehehe :D

    BalasHapus
  3. Aku nggak bisa kalau tanpa bantal, mba. Nggak nyaman dan entah kenapa, jadi agak pusing. ENtah pengaruh vertigo ya. Aku juga pakai bantal khusus

    BalasHapus
  4. Aku sejak ngekos boboknya pakek bantal, Mbak. Padahal kalok di rumah dari kecil tuh gak pernah loh pakek bantal. Pantesan jadi suka pegel pegel. Huhuhu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. O ya? Mungkin bantalnya ngangenin jadu kalau ga dipake bikin kangen yang reaksinya pegel-pegel *analisa ngarang*

      Hapus
  5. Gapapa ga pakai bantal asal jangan ga pakai guling. Berasa ada yang kurang kalau ga ada yang dipeluk. Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka pake guling, sampai lepek :D

      Hapus
  6. Teh saya termasuk orang yang gampang banget tidurnya, pelor, nempel molor. Pakai bantal bisa, gak pakai juga bisa. Gimana kondisinya aja. Kalau gak ada bantal ya gak papa, toh bisa pakai siku tangan dilipat wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah fleksibel, Mita. Aneh emang, kalau tidur di kamar sendiri pasti kudu ada bantal. Tapi kalau ngantuk berat suka pelor juga.T Trus kalau tidur nginep rame-rame dan ga kebagian bantal suka ngalah wkwkwk...

      Hapus
  7. aku senangnya pake bantal kalo nggak itu berasa nyungsang.. dan agk pusing... malah pegel he2, tergantung pembiasaan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, soal kebiasaan kalau ujug-ujug berubah emang susah ya Nova.

      Hapus
  8. Aku selalu pake bantal mbak Ev ples guling. Mungkin karena kebiasaan ya, kalo ngga pake bantal rasanya pusing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantal sama guling emang sepaket, ya hehehe

      Hapus
  9. Suami enggak suka pake bantal. Tapi aku udah kebiasaan pake bantal, apalagi buat jaga2 asam lambung, posisi kepala harus lebih tinggi dari badan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngaruh ya posisi tidur sama masalah asam lambung. Aku pernah punya maag tapi ga sampai asamnya naik gitu sih.

      Hapus
  10. Kalo aku lebih enak gak pake bantal, kalo pake bantal rasanya ada yang ngeganjal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau sudah punya istri, berarti bantalnya bisa dihibahin buat dipake istrinya aja, ya hehe

      Hapus
  11. dan katanya nih mbaaaa, tidur g pake bantal bisa bikin perut jd lbh ramping krn ketarik ke dalam ;p nth bener ao ga.. aku sndiri sih kdg pake bantal, kdg ga.. tp memang mau dibiasain ga pake, supaya klit muka ga nempel di bantal, yg bikin jd cepet keriput sbnrnya.. kan memang disaranin supaya kita itu tidurnya telentang.. tp susah sih ya, kalo udh lelap gitu, mana sadar kalo gaya tidur udh kemana2 ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah coba tidur dengan posisi terlentang dan ternyata lebih nyaman posisi nyamping hehehe. DUlu malah pernah motah kalau kata urang sunda. Posisi tidur pas bangun beda banget sama sebelum tidur. Kalau tidur di bawah ga pake kasur, aku pernah kebangun ada di depan pintu. Parah, ya :D

      Hapus
  12. wah kalo idur ga pake banal saya pusing mba, ga kebiasaan hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas ga ada bantal kudu siapin obat sakit kepala di samping tempat tidu ya, Mas. Biar ga pusing :)

      Hapus
  13. aku sih pakai bantal tapi anak2ku aku biasakan gak pakai bantal semenjak bayi. tadinya karena takut habis menyusui tidur takut gumoh nanti keselek kalau pakai bantal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah kebiasaan dari kecil emang lebih mudah ya, Mbak.

      Hapus
  14. oohh gitu tho, aku nih suka ga bantalan

    BalasHapus
  15. udah kebiasaan pake bantal sih, dan kebiasaan di kasur... hahahaha... waktu jagain ortu di rumah sakit terpaksa tidur di lantai & gak nyaman bgt kl gak ada setidaknya 1 bantal deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi inget dulu, kalau nonton tv aku prefer tiduran di lantai, sampai merem. Tapi jarang sampai besok paginya, suka kebangun aja.

      Hapus
  16. kalau adik, nggak afdol kalau tidur tanpa bantal apalagi temannya, guling. jadi harus pake bantail biar enak heheheh

    BalasHapus
  17. Aku biasanya pake bantal kalo tidur, rasanya nggak enak kalo nggak pake hahaha. Tapi bantalnya nggak boleh terlalu tebal, klo terlalu tebal bangun tidur biasanya leher jadi sakit, susah nengok ke kiri atau ke kanan. Duh ribet amat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas pegel lehernya gitu pati nengoknya bukan kepala aja, seluruh badan gitu. Rempong dan berasa aneh ya :D

      Hapus
  18. Akuuu sukanya ga pake bantal mak, lebih seneng pake guling, bantalnya sering aku jadiin guling jg haha. Pusing kalo pake bantal eh ternyata ada manfaatnya ya, horeee! Hehe.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.