Top Social

Bring world into Words

Ngopi Cantik Ala Kafe dengan Mesin Kopi Dolce Gusto [Infomercial]

Selasa, 25 Oktober 2016
Ngopi Cantik Ala Kafe dengan Mesin Kopi Dolce Gusto - Ngopi cantik. Frasa satu ini kayaknya sudah familiar banget. Kebanyakan orang memilih untuk menikmati secangkir kopi panas atau ice coffee dengan ngafe sambil hang out bareng teman. Saya juga suka gitu, tapi tentunya ga sering-sering amat :).

Kalau pas kebetulan lagi ada di rumah, males ke mana-mana, pilihan  paling gampang adalah dengan membeli kopi kemasan sachet, tinggal seduh dengan air panas atau tambahan es. Selesai. Dulu itu mah.Ternyata pengalaman baru menikmati kopi ala-ala kafe  bisa dinikmati dengan Nescafe Dolce Gusto. Semacam coffee maker, lengkap dengan kapsulnya.

Saya bukan tipikal coffee addict, yang harus minum kopi saban hari.  Tapi saya menyukai aroma kopi yang memberikan sensasi semacam aroma terapi. Kadang ketika  masuk ke sebuah kafe tempat kopi, aromanya yang menyergap hidup seperti sebuah sambutan yang pengen bilang gini, "Hey Efi! Welcome, take your time, here." Ish lebay ya, hahaha.. Tapi beneran,  suka wanginya yang bisa disesap, perlahan diselingi obrolan ringan atau curhat. Anyway, kayaknya saya perlu aroma terapi dengan wangi kopi,  nih.  

Kalau memutar lagi pelajaran sejarah, pasti inget dong, kalau hasil bumi yang satu ini juga termasuk primadona yang bikin para meneer londo sana jatuh cinta. Bukan hanya para bule dari Belanda saja, Kopi juga jadi salah satu minuman yang  disukai di belahan dunia lainnya. Sampai-sampai Manhatan Transfer kelompok band yang pernah femes tahun 80an sempat membuat sebuah lagu tentang kopi. Seperti ini liriknya.

I love java sweet and hot
Whoops Mr Moto I'm a coffee pot (yeah)
Shoot me the pot and I'll pour me a shot
a cup a cup a cup yeah

Coba deh cari di youtube videonya. Asik, lho. Catchy, dengan nuansa musiknya yang jazzy itu terdengar lucu dan unik.

Balik lagi ke soal ngopi lagi, yuk. Pernah kepikiran ga sih, membuat kopi ala-ala kafe gitu dengan layer atau signature yang cantik? What? Emang bisa? Saya yang ga punya skill kece buat membuat presentasi kopi ala-ala kafe dulu juga mikirnya gitu. Halah, males kalau harus ngulik. Tinggal cus aja ke kafe atau ke mall. Tapi...

Launching Mesin Kopi Nescafe Dolce Gusto di Bandung

Kemudian pikiran saya  berubah ketika menghadiri acara launching mesin kopi Nescafe Dolce Gusto yang bertempat di Vanilla Kitchen and Wine, di jalan Cimanuk. Waktu saya datang ke acara, derasnya hujan sedang betah mengguyur kota Bandung. Padahal selama di perjalanan saya udah pake jas hujan. Dalam perjalanan itu juga berusaha nundukin kepala, selama driver Gojek yang mengantar saya melajukan motornya dengan kecepatan sedang. Huhuhuhu mau minta dipercepat pun percuma saja karena ruas jalan lumayan padat dan cukup licin pula. Ya sudah,  pasrah aja deh.

Saat adzan Maghrib berkumandang, akhirnya saya sampai juga. Dengan sebagian baju yang dikenakan dalam kedaaan basah plus sedikit menggigil, saya berlari menuju kafe yang menempati lantai dua di gedung yang alamat lengkapnya ada di jalan Cimanuk no. 11 Bandung. Hingar bingar musik, gelak canda dengungan dari obrolan pengunjung plus sorotan lampu yang redup menyambut saya petang itu. Di sana  juga sudah hadir beberapa blogger Bandung seperti Bang Aswi, Mbak Al, Widya, Langit alias Uchan, Ratri, Nchie Hannie, Erry, Sandra, Kang Ali dan beberapa undangan lainnya dari media dan instagramer.

Mbak Irma Praharsi, Marketing Managernya Nescafe Dolce Gusto yang wajah dan suaranya mengingatkan saya sama Diva Titi DJ dalam acara malam itu bilang kalau soal kualitas juga tidak lepas dari kreativitas.  Makanya Nescafe Dolce Gusto (NDG)  mempunyai komitmen untuk memberikan pengalaman   menikmati kopi yang luar biasa  dengan menjadikan kreativitas sebagai sumber inspirasi yang utama. 
Sambil menikmati makan malam, sebenarnya saya udah ga sabar pengen mencicipi kopi ala Nescafe Dulce Gusto itu hahaha... *niat amat* Sambil menyimak presentasi dari perwakilan Nescafe juga pemilik kafe yang sudah menguji kehandalan mesinnya, saya dan beberapa undangan bereksperimen membuat kopi ala-ala dengan mesin Nescafe.


Dibantu Kang Ali, saya memilih untuk mencoba kopi Hot Gingerbread Latte. Resep dan petunjuknya mudah. Taraaaa dalam hitungan kurang dari semenit, satu gelas jangkung ini selesai dibuat. Gimana? Cakep, kan?
Sebelum menyeruput kopi yang rasanya strong ini, saya bawa dulu ke galeri mini yang sudah disediakan. Utak-atik sedikit properti dan mencari angle yang pas, foto ini  lalu diunggah ke instagram.

You know what? Ternyata foto ini menang lomba foto IG yang ditujukan untuk pengunjung acara hari itu. Aaaak... tidak tidak tidak. Ini  surprise, Alfonso *eh kenapa jadi kayak telenovela?*

Seneng banget dong karena ternyata hadiahnya adalah mesin kopi Nescafe Dolce Gusto Genio! Ok, Fix. Saya bisa jadi barista dadakan di rumah *greening*
Saya terharu dapat hadiah malam itu :D
Waktu itu saya dapat mesin kopi tipe Genio. Warnanya merah, pas banget deh dengan warna favorit. Selain tipe Genio ini (Rp, 2.599.000) masih ada tipe lainnya  yaitu Drop (Rp. 3.599.000), lalu ada Mini Me (Rp. 1.999.000) dan Oblo yang ukurannya jumbo tapi harganya paling murah (Rp. 1.699.000). Mesin-mesin kopi ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, bisa dibeli secara online di beberapa situs seperti Lazada, Blibli.com, Bhinneka.com dan bukalapak.com.

Sementara untuk kapsulnya bisa dibeli secara offline. Untuk wilayah Jakarta bisa didapatkan di Best Denki, Centro, Grand Lucky,  market City, Seibu, Courts, Hero, Metro, Sogo, Carrefour, Foodhall, Jasons, Parkson, Transmart, Foodmart dan Ranchmart. Untuk di wilayah Bali bisa mencari di Carrefour.Lalu untuk yang tinggal di Bandung dan sekitarnya bisa mendapatkan produk Dolce Gusto dengan merapat ke  Sogo PVJ, Best Denki, Metro TSM, Log In Store, Setiabudhi Supermarket, Yogya Riau Junction, dan distributor di jalan Pandu no. 11 Bandung. Ga sempat ke toko terdekat atau kejauhan? Beli secara online saja di Lazada atau Blibli.com
Mini Me dengan dimensi panjang 24,2 lebar 16,1, tinggi 30,7 cm dan berat 2,1 kg.  IDR 1.999.K

Unboxing dan Test Drive

Waktu unboxing wadah mesin ini, ternyata  di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan satu dus kecil berisi 6 sample kapsul. Lumayan buat test drive. Ya, kan?  Seperti ini nih.


Soal varian rasa dari Nescafe ini ada banyak kok. Bukan cuma 6 jenis yang ini aja. Masih ada varian Black Coffee dengan rasa Lungo,  atau buat penggemar sensasi manis pahit coklat tersedia varian Milo dan Cochochino.

Untuk penggemar kopi yang rasanya soft kayak saya, selain Cappucino, masih ada Caramel Latte Machiato dan Cafe Au Lait. Buat yang suka rasa teh bisa nyobain  Green Tea Latt, Nestea Peach dan Tea Latte. Sayang euy, rasa Hazel Nut yang jadi favorit saya belum tersedia. Mudah-mudahan Nescafe membaca curhat  ini dan mengeluarkan rasa yang pernah ada eh Hazel Nut itu tadi hehehe.

Varian lain dari NDG. Sumber: FB Nescafe Dolce Gusto Indonesia
So far, saya baru nyobain dua varian rasa, yaitu Latte Machiato dan  Cappucino. Yang Latte Machiato, tampilan layernya masih belum memuaskan. *tutup muka* Eh tapi kalau yang Cappuccino mah sukses dong. Mau tau, kan? Seperti ini nih jadinya.
Layer putihnya ga muncul karena duluan masukin kapsul hitam :X
Ini kenapa layer putihnya gagal muncul?  hiks hiks.... Kemudian saya nyoba bikin lagi rasa yang lain yaitu Cappucino. Kalau yang ini bisa lah dibilang sukses, ya. Meskipun jadinya rada-rada kayak kue lapis huehehe... tapi lumayan sih. 
Dimensi Genio, dengan panjang 25,7  lebar 16,4 tinggi 29,5 cm, sertta berat  2,3 kg. IDR 2.599K

Soal rasa? Udah mirip kok dengan kopi yang biasa dipesan kalau ngafe. Bedanya yang ini lebih murah dan tinggal kemauan saya ngulik buat bikin kreativitas sajian, termasuk signaturenya. O, ya untuk yang suka kopi dengan rasa manis, tinggal tambahkan gula secukupnya saja. Karena rasa yang dihasilkan benar-benar original, belum ada sentuhan manis dari gula. 

Prinsip kerja dari mesin kopi Nescafe Dolce Gusto ini adalah praktis dan berkualitas. Praktis karena hanya memerlukan 4 langkah mudah untuk menyajikannya. Pop, Lock, Switch and Brew. 


Saat melakukan brewing, kita bisa mengatur posisi gelas atau cangkir.  Ada 3  tahapan yang bisa kita stel. yang paling atas untuk penyaian kopi atau teh ke dalam cangkir. Tahapan kedua untuk gelas atau cangkir yang sedang dan gelas yang tinggi bisa kita stel agar posisi tatakan berada di bagian paling bawah. Untuk sajian cangkir setidaknya kita membutuhkan 60 ml air dan satu gelas paling banyak bisa sampai 240 ml air. 

Kapsul Kopi Nescafe Dolce Gusto

Jangan heran dulu kalau memerhatikan beberapa kapsul terlihat mirip. Padahal sebenarnya ada perbedaan lho. 
Nescafe Dolce Gusto Latte Macchiato
Nescafe Dulco Gusto Cappucino
Yakin, sama saja?  Lihat lagi warna kapsul,  di sana juga bisa kita membedakannya. Tapi tidak semua sajian kopi membutuhkan dua kapsul. Ada juga yang butuh satu kapsul saja. Untuk menghasilkan 1 sajian Latte Macshiato atau Cappuccino, kapsul berwarna putih dimasukan lebih dulu sebelum kapsul yang berwarna cokelat kopi dimasukan ke dalam 'laci' kapsul untuk diolah.

Perhatikan indikator berupa bar/strip yang muncul di sisi kiri kemasan. Ini membantu kita untuk mengatur tekanan mesin saat kapsul dimasukan ke dalam mesin. Kalau mau ngatur sendiri alias bereksperimen boleh banget. 

Pilihan tekanan bar akan menghasilkan layer yang berbeda. Dengan menggeserkan tuas ke kiri kita bisa menyajikan ice coffee (asal sebelumny sudah dimasukan es batu) atau mendorong tuas ke sisi kanan kalau pengen mendapatkan sajian kopi yang panas. 
warna kapsul menentukan warna layer yang akan dihasilkan
Jelas beda, kan?
Setiap kapsul  Dolce Gusto  cuma bisa digunakan satu kali saja.  Saya pernah nyoba membuat satu sajian lagi dengan kapsul yang sudah dipakai. Hasilnya? Caweran kalau kata urang Sunda mah, alias encer! Ini karena sari-sari dari kopinya sudah diserap saat brewing pertama. So, ampas yang tersisa di kapsul sudah benar-benar digunakan.

Yang unik, untuk kapsul Latte Macchiato yang sudah saya pakai ternyata habis terkuras, sementara kapsul putih untuk Cappucino masih menyisakan susu yang menggumpal. Sedangkan sisa dari kapsul Latte Macchiato  dan Cappucino yang berwarna hitam masih tersisa di dalam kapsul dan tersegel oleh plastik di dalamnya. So, soal kehigienisannya terjamin dong. Waktu mau menbongkar segel luarnya aja saya ga bisa 'mocelin' dengan kuku tangan. Saya perlu bantuan tusukan ujung garpu atau gunting untuk membedahnya.. Niat banget? Abis penasaran :D.

Kekurangan 

Sayangnya kabel dari mesin Nescade Dolce Gusto ini kurang panjang, euy. Jadinya perlu bantuan terminal kalau tidak bisa meletakan posisinya mepet dengan colokan. Jangan khawatir kalau lupa mencabut kabel dari colokannya Dalam waktu 5 menit tidak dipakai, secara otomatis, dia akan mati sendirinya, kecuali untuk tipe Oblo yang masih dioperasikan secara manual.

Layanan dan Garansi

Setiap pembelian mesin Nescafe Dolce Gusto yang asli mendapat jaminan purna jual berupa service selama 2 tahun (syarat dan ketentuan yang berlaku).  Juga layanan pesan antar kapsul yang cepat, mesin cadangan selama pemeliharaan/service, kunjungan secara berkala,  service center di kota terdekat (Bandung, Jakarta daan Bali) serta  penawaran kapsul  untuk edisi terbatas.
Pastikan setiap pembelian mesin NDG dilengkapi dengan kartu garansi
Sudah ada Dendy Darman pemlik distro Unkl347, U&KL Kitche, Ramanda Aulia Adam owner Kozl Lab dan Syagini Ratna Bulan seniman kreatif asal Bandung yang sudah merasakan eksperimen kreatif dari mesin kopi yang satu ini. Gimana, sudah mupeng dan kepincut? Sok atuh, segera hunting mesin kece Nescafe Dolce Gustonya. Ini bisa jadi investasi lho. Buat menjamu tamu di rumah, kantor atau bisa jadi lahan bisnis membuka kafe.


Nescafe Dolce Gusto
Customer Service: 001 803 657 121
website; www.dolce-gusto.co.id
Facebook: Dolce Gusto Indonesia
Twitter: @DolceGustoID
Instagram: @DolceGustoID
22 komentar on "Ngopi Cantik Ala Kafe dengan Mesin Kopi Dolce Gusto [Infomercial]"
  1. Semakin canggih ya, ada mesin kopi jadi lebih cepat menikmati secangkir kopi.... mantappppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pastinya. Ngoppi jadi lebih asik kalau punya mesin Dolce ini. Ayo mas, Invetasi mesinnya :)

      Hapus
  2. Keren mbak infonya. Saya coffee addict nih jadi pengen beli juga deh.

    BalasHapus
  3. Aha..gara2 mesin ini jadi bisa ngopi cantik di rumah kapanpun niy ga pagi, siang ayopun malaam eeaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Kakak. Murah pula kapsulnya nih.

      Hapus
  4. Mau nyobain espresso intensoooo. Enak ga Teh yang kopi itemnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum coba nih. Tetep kayaknya aku mah harus dikasih susu kopinya :)

      Hapus
  5. Efiiiii..

    kok kelakuanmu mirip Abah sih, selesai ngopi langsung bongkar si kapsul canggihnya saking penasaran sama isinya hehehe...

    Emang ngopi pake nescafe dolce gusto ini asyik banget yah Fiiii, akikah ketagihan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha.. Masa sih Erry? Yakin Abah yang bongkar kapsul? Bukan Erry? hihihi Akikah pun udah mau abis ini stok kapsulnya. Pengen nyetok lagi.

      Hapus
  6. Harga kapsulnya kisaran berapa, Teh? Jadi klo suka minum kopi rasa macam-macam kudu stock kapsul banyaak ya..
    Aku lihat gelas yang berlayer-layer itu bawannya pengen ngopi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 110 ribu itu dapatnya 16 kapsul, Yun. Iya nih stocknya kudu banyak sementara banyak banget yang pengen dicicipin :D

      Hapus
  7. Asyiknya punya Dulce Gusto. Tiap hari bisa minum kopi ala cafe. Bentar banget lagi bikinnya. Huaaa... kudu nabung nih biar bisa kebeli. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada cara cepat buat punya mesin kopi ini, Teh. Rayuin suaminya beliin :D

      Hapus
  8. Owwwouw Mb Efi jd ini tuh reward ya,.,mantap banget krn harganya jg uwow,tp berarti aku ini tipe yg kopi adict ya krn aku tiada hr tanpa kopi 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rejeki mah ga ke mana mbak hehehe. Wah tiap hari ngopi ah kudu ready terus kapsul kopinya, Mbak. Ayo beli mesin + kapsulnya ya

      Hapus
  9. Asiiik, besok mau ke rumah Efi. Mau ngopi :D

    BalasHapus
  10. Teteh syg... bagus bgt mesin buat kopinya, ishhh lucuuk. Tiap hari bisa berasa ngopi di kafe donk ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucuan mana sama aku? *abaikan* Iya nih bisa ngopi murmer kalau mager ke luar rumah. Apalagi belakangan ini Bandung hujan melulu.

      Hapus
  11. Hemm...whist list banget punya mesin kopi dolce gusto..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Niatin buat beli Viiik. Ayo nabung :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.