Top Social

Bring world into Words

Wisata Kuliner di Seputaran Depok [Infomercial]

Sabtu, 17 September 2016
Meskipun jarak Depok - Jakarta tidak terlalu jauh, tapi frekuensi saya mengunjungi Depok itu bisa dihitung dengan jari. Seingat saya, cuma dua kali aja ke Depok, itu pun bukan dalam rangka jalan-jalan, cuma menengok saudara yang sakit, sisanya hanya lewat aja. Dan kalau ngomongin Depok yang teringat oleh saya sih kotanya para mahasiswa, kalau di Bandung mah mungkin kayak Jatinangor gitu, deh.  Kalau memerhatikan perkembangannya,  boleh dong warga Depok merasa bangga. Soalnya,  semakin ke sini semakin banyak kemajuan yang dialami kota di Jawa Barat yang berbatasan dengan ibukota ini.  Misalnya saja jalan Margonda, saat ini jadi pusat utama kegiatan bisnis juga perdagangan yang semakin ramai, prospektif lah. Selain itu setiap menyusuri sisi kanan dan kiri jalan ini juga mudah sekali ditemui pusat perkantoran, mal, hotel sampai apartemen.
Wisata Kuliner di Seputaran Depok
sumber: hariandepok.com
Satu hal yang  tidak bisa dilepaskan dari denyut kehidupan kota Depok  adalah keberadaan berbagai kampus pendidikan yang bergengsi.  Selain kampus bergensi  Universitas Indonesia di sini juga ada kampus lainnya yang punya gensi tidak kalah misalnya saja   Universitas Pancasila. Makanya bisnis rumah kos-kosan bagi para mahasiswa juga jadi satu hal yang tidak bisa lepas dari kota  Depok.

Kalau boleh dibilang, para mahasiswa-mahasiswa inilah yang membuat Depok seperti kotanya para pemuda. Kafe-kafe dan tempat makan unik pun menjamur. Depok menjelma bagai surga kuliner. Mau yang mahal? Siapkan kocek yang banyak untuk mengunjungi  restoran besar, food court di dalam mal-mal, atau kafe dengan gaya kekinian. Mau yang hemat? Tenang aja, ada penjual makanan kaki lima menyediakan pilihan makanan dan minuman yang ngertiin selera lidah. Nah, di antara pilihan kuliner yang ada di Depok, berikut yang bisa dicoba:

Gubug Makan Mang Engking

Meski namanya gubug ga berarti makan di sini seadanya, lho. Gubug Makan Mang Engking ini lokasinya ada di Danau Salam, Kampus UI Depok. Di sini tersedia  aneka hidangan seafood. Let's say  Udang,  Kepiting, Kepiting Lemuri, Cumi-cumi, bahkan ikan air tawar, seperti Gurame atau ikan Bandeng pun ada juga.  Bukan cuma ikan-ikanan,  untuk menu sayurannya pun cukup lengkap. Seperti  tumis kangkung, karedok alias lotek mentah khas sunda, sayur asem, dan lalapan khas sunda.

sumber: dream.co.id
Setelah makan, pasti haus juga, kan? Nah untuk minumannya  ada minuman standar seperti es teh manis, kelapa muda, kopyor, dan cincau. Sementara untuk camilannya tersedia berbagai pilihan seperti klappertart, otak-otak, pancake durian, dan lain-lain. Kalau bingung memilih menu favorit, ya sudah, ada yang recomended, alias  menu andalan, yaitu  Udang Bakar Madu.

By the way kenapa tempat makan yang satu ini diberi nama 'gubug' karena venuenya mengusung konsep tempat makan berupa gubug yang berdiri di atas kolam ikan mas. Lalu  di sekelilingnya dipayungi oleh  pepohonan yang rindang,  sehingga  memberi susana yang adem, serasa di kampung.  Sambil makan lesehan dan bercengkrama bersama teman dan keluarga, kita bisa menikmati suasana dengan melemparkan sisa makanan ke kolam yang bakal disambut ikan-ikan ini dengan senang hati.

Bebek H. Slamet 
Bosan makan dengan daging ayam atau penggemar gurihnya daging bebek? Nah, tempat makan yang satu ini jangan dilewatkan kalau mengunjungi Depok, ya.  Melipir deh ke  Bebek H. Slamet yang beralamat di Jalan Margonda Raya No. 275. Aneka olahan khas dari daging bebek, mulai  kepala sampai cekernya bisa kita nikmati dengan harga yang murce marice alias  terjangkau.  Tapi jangan khawatir, di Bebek H. Slamet juga masih menyediakan olahan dari daging ayam. Yaaa, siapa tau saja di antara teman atau saudara ada yang tidak suka makan daging  bebek. Baik daging bebek atau daging ayam, di sini semuanya diolah dulu dengan cara digoreng sebelum disajikan kepada pengunjung. Pastinya menu pelengkap yang wajib berupa sambal dan lalapan plus nasi panasnya tidak akan terlewatkan.  Ga susah kok untuk menemukan tempatnya, soalnya ada di pinggi jalan, jadi ga susah untuk menjangkaunya. 
Wisata Kuliner di Seputaran Depok
sumber gambar: jajanhalal.com

Mang Kabayan

Satu lagi tempat makanan dengan suasana yang nyunda yang bisa kita kunjungi di Depok adalahh rumah makan Mang Kabayan. Udah kebayang dong suasananya yang sangat sundanese itu. Rumah makan yang menyajikan  aneka masakan khas Sunda dan seafood ini ada di jalan  Margonda Raya No. 488, Pondok Cina, Depok. Ciri bangunannya sangat khas, gampang dikenali, berupa rumah tradisional dan tulisan  besar “Mang Kabayan”  terdapat di atap pintu restoran.  Menu yang bisa kita nikmati di restoran Mang Kabayan antara lain  adalah Nasi Timbel, aneka masakan gurame (goreng, bakar, acar kuning, cobek ijo, asam manis dan lain-lain),  ayam goreng, sate ayam, bandeng, gepuk goreng, sop dan pepes. Dan pastinya tidak ketinggalan menu khas aneka  sayuran seperti  leunca, kangkung, karedok, dan kailan,. Hmmm yummy... 
Wisata Kuliner di Seputaran Depok
sumber gambar: mangkabayan.co.id

Zoe Café

Eh bagaimana kalau ingin merasakan menu yang western dan suasana yang modern saat berkumpul? Kalau begitu, wajib mampir ke  Zoe Café, Café and Library. Dari namanya bisa ditebak kalau dekorasi dan suasananya sangat kental dengan keseharian mahasiswa dan buku-buku. kalay merasa seorang bookworm alias kutu buku dan suka dengan susana seperti ini, kunjungi saja  Zoe Café. Lokasinya masih di sekitar Margonda, tepatnya di Jalan Margonda Raya No. 27.  Emang paling enak kalau sambil makan atau ngopi-ngopi ditemani sambil membaca buku. Ga usah repot-repot bawa dari rumah, pihak kafe sudah menyediakannya untuk dibaca secara gratis selama berada di sana. Eh tapi, jangan dibawa pulang, ya.
Wisata Kuliner di Seputaran Depok
sumber: gadis.co.id
Sebenarnya masih banyak lho destinasi wisata kuliner yang bisa kita sambangi selama berada di Depok. Sehari rasanya tidak akan cukup, makanya kalau kemalaman atau memang akan menhabiskan waktu untuk weekend atau liburan, kita bisa  menginap di Hotel Santika Depok [disclosure]
Wisata Kuliner di Seputaran Depok
sumber gambar: traveloka
Gimana, sudah mempersiapkan waktu dan itenerary selama mengunjungi Depok, kan?
1 komentar on "Wisata Kuliner di Seputaran Depok [Infomercial]"
  1. Depok sudah berkembang jadi Metropolitan sendiri ya Mbak Efi. Kalau dulu masih disebut kota satelit nya Jakarta tapi melihat perkembangannya sepertinya sudah tidak bisa lagi disebut seperti itu. Cari tempat jajanan saja sudah mewakili. Banyak sekali yang bisa disambangi kalau mau kulineran di Depok :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.