Top Social

Bring world into Words

Cara Simpel Menghemat Penggunaan Listrik [infomercial]

Kamis, 25 Agustus 2016
Cara Simpel Menghemat Penggunaan Listrik [infomercial] - Baru saja saya memasukan kepala charger hp ke colokan listrik, tapi bar penanda pengisian di layar atas hp  tidak bergerak. "Lho, kenapa, ya, Pit?" Pipit, adik saya yang diajak ngobrol malah lagi asik nonton Korea dari HPnya. Huhuhu dasar. Ga denger dia karena telinganya lagi disumpal head set.

Sebentar kemudian saya melirik ke luar dari jendela kamar. Ternyata rumah tetangga juga padam semua listriknya. Pantesan aja.

Saya baru ngeh, soalnya udah kebiasaan suka memadamkan lampu sebelum tidur. Iyes, kalau  belum ngantuk dan masih pengen ngoprek gadget, saya sama Pipit udah biasa gelap-gelapan gitu. Pas keriduran, listrik udah hibernasi duluan. Ga baik emang radiasi dari hp buat kesehatan mata pas gelap-gelapan gitu. Tapi kami ngakalinnya dengan meredupkan pancaran cahaya di HP hehehe.  

Selain menekan tagihan listrik bulanan di rumah, kebiasaan memadamkan lampu sebelum tidur juga bagus untuk kesehatan, lho. Karena hormon melatonin yang aktif saat tidur malam baru bekerja efektif ketika keadaan di sekeliling kita dalam keadaan gelap.

Untungnya malam itu saya lagi ga ada pekerjaan yang harus buru-buru diselesaikan. Kebayang dong ya, kalau pas lagi dikejar deadline gitu terus listriknya mati. Masih mending kalau pas batre lappynya full berikut powerbank yang ready juga buat mendukung hp yang dijadiin wifi. Hihi... Ngehemat ini ceritanya, karena saya pake paket internetan yang full di HP, ngapain juga kalau harus beli modem yang berarti saya harus beli lagi pulsa tambahan? Otak emak ngirit detected*

Nah yang tragis itu ketika batre lappy dan batre hp yang dijadiin wifi itu tadi sama-sama dying, alias sekarat saat listrik mati. Atau nih, kalau di rumahnya pake listrik pra bayar dan ternyata lupa mengantisipasi menyediakan vouchernya dan jeng jeng jeng..... mati ketika malam hari. Oh, nooo! Iya kalau paket internetan ada yang unlimited, listrik pra bayar alias token mana ada? Bisa pake sepuasnya gitu dengan nilai yang flat? *dijitak PLN*

But lucky us. Kita ga hidup di jamannya Eyang Faraday, sang penemu listrik yang katanya punya tampang charming itu*ih Efiii, sempet-sempetnya ngebahas*. Saat semuanya serba digital, dan lupa membeli pulsa listrik online [disclosure] malam hari gitu, masih ada yang bisa kita andalkan untuk mengisi listrik. Tinggal ambil gadget, terus mainkan jarinya. Tap ini, tap itu, selesai.  Taraaa, listrik pun nyala lagi. Eh jangan bilang kalau rekening tabungannya lagi di batas minimal juga. Selamat gelap-gelapan kalau gitu mah.

Mau pakai listrik pasca atau pra bayar terus mentang-mentang kita merasa mampu membeli kebutuhan yang satu ini , ga berarti kita bisa seenaknya saja menggunakan listrik. Iya sih, sudah ada alternatif lain sebagai sumber energi semacam nuklir, panas bumi, batu bara, biomass, tenaga surya dan lainnya, tapi sampai saat ini kondisinya (paling tidak di Indonesia) belum mendukung penuh untuk mengalihkan penggunaan sumbernya. Lah, pas diumuminn rencana TDL manjat dikit udah pada heboh, kan?

credit: 91x.com
 Sudah pada tau kan ya kampanye Earth Hour Day? Biasanya gerakan mematikan listrik selama satu jam ini diselenggarakan setiap akhir  bulan Maret. Seperti yang dilansir oleh WWF, cuma sejam mematikan listrik (hanya 10%  penduduk di Jakarta) ternyata bisa menghasilkan beberapa hal seperti ini.

FYI, penggunaan listrik oleh di Jakarta dan Tanggerang ternyata sama dengan 23% konsumsi nasional. dari porsi 23% ini, sepertiganya digunakan oleh sektor rumah tangga.

Amazing. Ini cuma sejam saja, sehari dalam setahun oleh 10%  warga Jakarta. Kebayang ga, kalau lebih banyak penduduk Indonesia yang aware soal ini?  Ga usah nunggu akhir Maret tahun depan untuk menghemat penggunan listrik. Kalau bisa dari sekarang, kenapa tidak? Semakin cepat dan semakin sering, lebih baik. Ya, ga?

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan listrik di rumah? Seperti ini, nih.

1. Matikan Lampu ketika tidur

Yup, awalnya terasa spooky juga tidur gelap-gelapan gitu. Tapi kalau ingat manfaatnya kayak yang saya bilang tadi, bikin sehat dan menghemat tagihan listrik, percaya deh, perlu beberapa hari aja buat beradaptasi. Paling lampu di halaman saja yang dibiarkan nyala. Kasian sama yang lewat depan rumah soalnya .

2. Cek Lagi semua Colokan Gadget

Lagi ngecharge gadget kayak HP, lappy? Jangan lupa ceki-ceki. Kalau udah penuh, segera cabut. Arus listrik yang tetap terhubung meski terhitung cetek wattnya, kalau diakumulasiin lumayan juga. Lagian, kalau dibiarkan terus nge-charge dalam keadaan penuh bisa bikin laptop, tablet, HP dan gadget lainnya jadi cepat rusak. Nah lho, rugi dua kali. Udah mah tagihan listrik bengkak, terus harus beli gadget baru pula. Beli charger lappy yang baru aja udah cukup bikin saya tersenyum kecut. Bisa buat beli sepatu baru dan nonton terus makan-makan di luar itu :D

3. Seting Timer

Ada kalanya ketika nonton tv terus kitanya ketiduran sampai subuh menjelang. Jadinya malah kebalik, tvnya nonton kita hahaha... Kalau saya jadi tv bakal bete. Deuh nonton orang tidur apa ramenya, sih? Kalau punya kebiasaan ketiduran pas nonton gitu, coba deh diseting timer tvnya agar dalam jam tertentu dia akan mati sendiri. TVnya udah pada canggih dong, bukan tv jadul yang masih haru dipencet-pencet manual atau yang lebih jadul, harus diputar setiap mau cari channel gitu.


Nah, masih ragu untuk mematikan lampu ketika tidur malam?  Ayolah, pasti bisa.


 
8 komentar on "Cara Simpel Menghemat Penggunaan Listrik [infomercial]"
  1. Wah yg paling sering kelupaan itu chargeran. Makasi teh lgsg cus cabut colokan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo jangan lupa, teh. Jadi abis nge-charge langsung aja cabut kepala chargernya.

      Hapus
  2. Mau lbh hemat , kembali ke jaman jadul , pake lampu teplok hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mundur dong. Mengganggu target pekerjaan

      Hapus
  3. Saya malah gak bisa tidur kalau kamar terang benderang, jadi udah pasti kudu wajib matikan lampu teh~ ;)

    BalasHapus
  4. Makasih tips nya. It's very useful.

    BalasHapus
  5. Kadang masih males matiin saklar2 gitu, emang dari sendiri harus sadar untuk hemat listrik ya Mak Ef

    BalasHapus
  6. Nah banyak juga yang bilang gini mbak "ngapain hemat listrik, orang sudah dihematin sama PLN (suka pemadaman gitu) hehe. tapi buat saya sih saya lakukan demi kesehatan (mati lampu waktu tidur) dan kesehatan kantong hehe.. Thanks tipsnya :)

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.