Top Social

Bring world into Words

Ngabuburit Blogger Bandung Bareng BBlog dan BCA

Rabu, 15 Juni 2016
Ngabuburit Blogger Bandung Bareng BBlog dan BCA - Meskipun sudah sering ngumpul di berbagai event yang diselenggarakan di Bandung, nambah teman dari blogwalk, facebook, twitter atau instagram, ternyata hampir setiap acara yang saya ikuti, selalu saja bertemu dengan wajah-wajah baru.

Senang? Iya, dong.  Kalau di medsos berinteraksi lewat teks, secara offline kita bisa bertatap muka langsung dengan teman yang bisanya sapa-sapaan secara virtual aja.

Makanya seneng banget pas hari senin kemarin, tanggal 13 Juni 2016 saya mendapat undangan Buka bersama yang diadakan oleh Bblog dan BCA. Beberapa wajah baru yang akhirnya ketemu di acara ini adalah Rara (lupa nih, Ra, pas Road Blog kemarin ikutan ga, sih? :D ), Putri Larasati dan ehm, Ghaida Tsuraya! Seneng pisan lah.
http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html

Sengaja memilih pergi jam 3 sore dari rumah ke lokasi acara di Koffietidj yang di jalan Citarum 30, Bandung. Keluar rumah lepas Ashar pada saat bulan puasa biasanya bakal bikin kita beper, terjebak macet. Biasanya jam-jam segitu jalanan mulai padat dengan kendaraan yang berpacu dengan waktu agar segera sampai ke rumah atau beberapa meeting point yang ramai jadi ajang buka bersama. 
http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html
Sampai di tkp jam 16 kurang sedikit saya melipir dulu ke musala untuk salat Ashar. Acaranya belum dimulai dan baru beberapa undangan yang hadir. Iyes, jadi kesempatan buat foto-foto venue yang kece. Kapan-kapan, pengen main lagi ke kafe yang sudut-sutunya instagramable ini.

Sharing Seputar Ngeblog

http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html

Sekitar jam 16.30, acara pun dimulai. Dipandu oleh dua MC kocak, ada blogger Anandika yang sharing seputar fashion ngeblog. Yup, fashion, pake f. Buka Passion.

Tadinya di mindset saya, yang namanya fashion itu all about dress. Apalagi kebanyakan audiens acara hari itu adalah beauty blogger atau fashion blogger. Eh. ternyata apa yang saya bayangin itu salah saudara-saudara! Ga salah amat, sih. Tepatnya fashion bisa punya artian yang luas. Kayak yang dibilang Anandika sore itu.
http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html

Fashion tidak selalu soal pakaian, tapi bagaimana sikap kita, menyajikan sesuatu termasuk dalam hal ngeblog.

Nah,  dalam konteks ngeblog, bisa diartikan effort kita untuk menjadikan blog yang dikelola menarik bukan cuma dari segi tampilan seperti widget atau printilan lainnya yang mejeng di layar.

Ada konten, pemilihan judul dan bagaimana cara kita menyampaikan apa yang kita tulis di blog jadi menarik, read-able, dan share-able. Hmmm... yang satu ini saya masih ngulik juga. Apalagi dengan konten blog saya yang beraliran life style, ga niche atau segmented gitu.

Kalau beberapa web menjadikan blog atau situsnya sebagai etalase untuk menjual produk, maka apa yang kita lakukan di blog adalah menjual tulisan. Dari updtae blog ini kita bisa membidik page view atau menjaring followers.

Mengombinasikan penggunaan blog dengan channel lain seperti facebook, twitter dan vlog pun bisa mengoptimalkan blog yang kita kelola, lho. Selain pemirsa blog, meningkatan followers di channel-channel yang saya sebut di atas bisa kita boost-in. Bahkan menurut Anandika, aplikasi snap chat ke depannya bisa jadi chanel lain yang ga kalah menariknya untuk dioptimalkan. Huaaaa, apa saya harus install aplikasi ini juga, ya? :)

Dalam sesi diskusi, Ghaida Tsuraya yang blognya lebih banyak bercerita tentang fashion, kecantikan dan keluarga pun ikut sharing sore itu. Alumni jurusan Fisika ITB ini sudah cukup lama ngeblog, lho. Dari tahun 2009!

Awalnya Ghaida terinspirasi dari fashion blogger Diana Rikasari. Waktu itu belum banyak Fashion Blogger yang passionnya untuk busana muslimah. Makanya, dari hobinya yang mix and match pakaian yang dikenakan untuk ke kampus dan aktivitas lain, Ghaida berbagi di blognya.
 
Lewat ngeblog pula jadi jalan pembuka silaturahmi dengan teman-teman di dalam dan luar negeri. Hobinya yang sharing fashion style - yang juga selalu update di instagramnya - Ghaida akhirnya mengelola bisnis fashionnya yang semakin berkembang. Kalau suka kepoin akun sosmednya, pasti familiar banget dengan gaya busananya yang kalem, girly, namun tetap menarik dengan warna-warna lembut yang jadi ciri khasnya. Buat yang bodinya imut kayak saya, bisa tuh fashion ala Ghaida jadi referensi. Kaaaan, susah banget cari busana buat yang posturnya nanggung macam abg kayak saya *please, jangan protes :D*

Hal lain yang tidak kalah menariknya dengan ngeblog adalah melatih kita untuk terus mengeksplor ide dan cara kita menulis,  mengorganisasi waktu agar lebih rapi, dan skill negosiasi ketika misalnya endorse lagi rame-ramenya. Ga semua tawaran paid post, endorse atau undangan acara bisa klik atau cocok dengan minat atau waktu yang kita miliki. Well, itu juga skill yang harus kita miliki lho.  Karena kita bertindak jadi manajer buat diri sendiri.

Menjaga komunikasi dengan follower atau pembaca blog kita juga perlu dipelihara. Karena diam-diam ketika kita hiatus dulu menulis di blog, ada yang rindu dengan tulisan atau cerita terbaru dari blog kita (uhuk). Coba deh, kalau punya blog tertentu yang sering kita kunjungi alias blogwalk kadang suka kangen berat ketika menjejak ternyata belum terupdate. Ya, kan?

Mengenal Sakuku dari BCA

http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html


Selesai sesi ngobrol cantik seputar blogging, sesi kedua dilanjutkan oleh Mbak Anna Lisa, perwakilan dari BCA yang bercerita soal inovasi baru dari BCA. Selama ini saya kalau bawa uang secukupnya aja. Setiap pemasukan tiap bulannya saya 'titipin' di rekening BCA. Kalau perlu ini itu tinggal melipir ke ATM atau membayar transaksi (termasuk isi pulsa) lewat Mobile Banking.
 
Nah, kemarin itu saya baru mudeng ada aplikasi Sakuku pas diceritain Mbak Anna Lisa. Hadooooh, kemana aja saya, ya? *tutup muka dulu*. Pernah tuh, sekali waktu saya balik lagi ke rumah karena dompet ketinggalan. HP sih iya ada di tas.

Katanya gadget terutama HP itu udah kayak separuh nafas. Bingung dan mati gaya kalau HP ketinggalan. Buat saya kalau ga nyimpen uang cash, baik  tas atau saku pakaian, tetep aja jadi GeGaNa: Gelisah, Galau dan Merana. Iya sih, bisa pinjam tapi gimana kalau pas temen yang mau kita mintain tolong minjemin uang itu lagi ga pegang uang cash juga? Ga enak ah, kalau sampai minta tolong trus ngerjain dia kudu ke
ATM dulu.

Untungnya waktu itu saya dianter kakak. Udah 60% perjalanan yang ditempuh, akhirnya saya balik aja ke rumah. Gimana coba kalau waktu itu saya pake ojek aplikasi atau angkot? Rempong deh, kalau ga pegang uang.

Back to topic.Aplikasi Sakuku dari BCA ini menjawab kebingungan just in case kalau teman-teman terjebak nostalgia eh sikon seperti saya waktu itu. Asal punya saldo di Sakuku, meski tanpa kartu ATM, saya bisa tarik tunai di
ATM BCA yang berlogo bisa tarik tunai pake Sakuku, lho. 


http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html


Aplikasi yang bisa diunduh di Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone ini juga ga mengharuskan pemilik aplikasinya harus punya rekening BCA. Jadi punya rekening di bank berbeda pun oke-oke aja. Cukup punya smartphone aja bisa punya Sakuku. Gampang kan? Kalau aplikasi Sakuku mempunyai limit saldo 1 juta saja, tapi bisa diaktifasi ke Sakuku Plus, saldo maksimal yang kita miliki bisa sampai 5 juta! Asik, kan?

Berbeda dengan Sakuku yang fitur
yang tersedia isi pulsa dan bayar belanja, pemilik Sakuku Plus bisa menggunakan lebih banyak lagi fitur keren lainnya seperti Split Bill alias sharing tagihan ke maksimal 9 orang teman Sakuku saat makan bareng temen di resto atau bayar – bayar patungan kado atau bayar lainnya dan layanan lainnya yang gak kalah serunya juga.

http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html

Sakuku yang saldonya bisa ditop up  via channel BCA  di ATM BCA, KlikBCA Individu atau BCA mobile. Jadi bisa tuh nitip sama temen buat diisiin saldonya. Numpang ngisi, lho. Bukan minta diisiin. Itu mah malak :D

 

http://www.catatan-efi.com/2016/06/Ngabuburit-blogger-bandung-bareng-bblog-dan-bca.html



Coba liat deh tampilan aplikasinya juga keren. Selain bisa upload foto,  dashboardnya juga udah kekinian. Bisa kita pasangi foto juga buat header/cover kayak gini. Jadi ga bosen liatnya :)
 
Selengkapnya tentang aplikasi ini bisa liat di video youtube berikut:


Jangan khawatir soal keamanan, karena BCA sudah berusaha mendesain sedemikian rupa agar usernya tetap merasa secure tapi tetap nyaman. Pokoknya bisa makin kekinian dan hangout kamu bakal all out pake Sakuku ini.

Sebagai penutup, ini dia blogger-blogger Bandung yang kece-kece pisan..

BCA
18 komentar on "Ngabuburit Blogger Bandung Bareng BBlog dan BCA"
  1. sukaa banget dengan kata2 ini

    "Fashion tidak selalu soal pakaian, tapi bagaimana sikap kita, menyajikan sesuatu termasuk dalam hal ngeblog."

    alesannya,karena ngeblog pun harus mematchingkan tulisan dengan poto2 yang akan kita tampilkan di blog, bagaimana berkreasi dan berkarya agar tampilan blog jd kece eeaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk sikap kita di dunia medsos atau dunia nyata saat berinteraksi dengan orang lain juga penting banget ya, Nchie. Aku masih belajar nih moto-moto yang kece.

      Hapus
  2. Thanks sharingnya teh. Saya sudah dari kapan pakai rekening BCA, tapi belum install app sakuku :D

    Nanti dicobain deh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain, Mbak. Aku udah nih. :)

      Hapus
  3. Duh coba saya ga terlambat datang ya, beda lagi ceritanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, Teh Yuli kesiangan sih datangnya. hehehe.

      Hapus
  4. wah serunya mbak, dan pasti foto bersama yang paling ditunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, sesi foto bersama itu penting. Jangan sampai terlewatkan. Apalagi kalau bisa foto bareng sama yang jarang ketemu atau tokoh femes yang hadir :)

      Hapus
  5. Ngefans banget sama Ghaida :D Nungguin acaranya di Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Surabaya masuk list daftar kunjungan BCA dan BBlog ya, Mbak.

      Hapus
  6. wah...bukbernya asik ya
    bisa ngumpul2 dan dapat ilmu lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Avy. Ilmu dapet, kumpulnya juga. Berasa gathering disponsorin ini mah hehe

      Hapus
  7. ada akuuu hehehee, seru ya teh acaranya, dapet banyak ilmu baru.
    semoga lain kali bisa ikutan acara bareng teh Efi lagi yaaa <3

    The Journey

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iyaaaa. Smeoga next event bisa barengan lagi ya, Winda.

      Hapus
  8. Seru banget ya,sayang saya gagal ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks, iya. Apa daya kalau udah bentrok, ya, Tian. Mudah-mudahan acara berikutnya boleh bawa anak, biar Marwah bisa ikutan.

      Hapus
  9. wah seru, pengen deh ada acara beginian di Medan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Medan dapat kunjungan dari BCA dan Bblog juga ya, mbak :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.