Top Social

Bring world into Words

4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak

Selasa, 26 April 2016
4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak. Kalau mendengar nama kota ini yang terbayang di benak saya adalah kota titik 0, Zamrud Khatulistiwa yang dilewati garis hayal katulistiwa dalam peta dunia. disebut zamrud karena bila melintas dari atas kita seakan disajikan pemandangan hijau yang terhampar nan menyejukan mata. Well, meskipun kondisi sekarang mungkin jauh berbeda dibanding dulu, ya.

Namun, bukan berarti kebakaran hutam berhasil melalap habis pesona kota yang juga jadi ibukota propinsi kalimantan barat ini, lho. Pontianak juga punya sejumlah destinasi wisata yang wajib masuk wish list. Lagi pula akses transportasi dengan pesawat terbang membuat jarak, let say Bandung dan Pontianak ini hanya terbentang dalam hitungan beberapa jam saja dengan rate yang masih terjangkau isi dompet. Dengan menumpang pesawat Citilink, kita bisa booking tiket via online travel agent seperti traveloka [disclosure] kapan saja. Kabar bagus bagi yang tidak suka berlama-lama di perjalanan seperti mabuk laut, misalnya.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/4-hal-asik-yang-wajib-dilakukan-saat-liburan-ke-pontianak.html
Tugu Khatulistiwa
Oke, noted. What next? Pasti mau tanya itu, kan? Karena ga mungkin kita cuma bengong aja di airport atau luntang lantung ga jelas selama berada di Pontianak, hihihi. Kurang kerjaan banget itu mah. Hey,take it easy. Kalau masih bingung mau melalukan apa saja, saya kasih tips 4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak

1. Puas menyusuri Sungai Kapuas

Kalimantan memang identik dengan wisata jelajah sungai besarnya. Salah satu ikon sungai yang wajib untuk disusuri adalah sungai Kapuas. FYI, sungai ini tercatat sebagai sungai terpanjang di Indonesia, yakni 1.143 kilometer. Paling tidak dibutuhkan sekitar 2-3 jam bila menumpang kapal kayu untuk menyusurinya.

Apalah arti waktu 2-3 jam tadi kalau kita dimanjakan dengan lukisan hidup berupa hutan bakau tropis yang terbentang di tepian  sungai ini. No wonder kalau sungai Amazonnya Indonesia jadi julukan untuk sungai ini. . Hei, jangan sampai lupa juga untuk memanjakan perut. Selama menjelajahi sungai ini, kita tidak usah takut direcoki orkes keroncongan dari dalam perut alias lapar berat. Mintalah pada nahkoda kapal kayu untuk menepi sejenak. 


Ada banyak olahan seafood dengan aroma dan rasa yang menggoda dari olahan restoran yang bisa kita temukan di tepi sungai. Kita bisa menjumpai olahan udang atau kepiting berukuran jumbo yang ditawarkan dengan harga yang ramah di kantong. Please noted, kalau  punya keluhan kolestrol, pastikan selalu membawa obatnya. ya.  Jangan sampai keasikan makan sampai lupa dengan alarm tubuh dan merusak jadwal  travelingnya. No, don't!

2. Hapus bayangan sendiri saat kulminasi matahari

Pernah dong, mengamati bayangan sendiri ketika pagi, siang atau sore. Kecuali ketika matahari tersaput awan atau hujan, terbayang tidak, ketika sang surya masih terlihat di langit sana tapi kita tidak menjumpai bayangan sendiri? Amazing, kan? Nah, fenomena seperti itu bisa kita dapatkan saat berada di Kalimantan sana. Tapi ga sembarang waktu, lho. Save the date, ya. Setiap tanggal 21-23 Maret atau September adalah golden moment untuk mengabadikannya. Soalnya pada saat inilah terjadi fenomena alam yang unik, yang dikenal juga kulminasi matahari.

Pada waktu-waktu inilah, matahari berada tepat di atas kota Pontianak. Bukan cuma bayangan kita yang hilang seakan dimamah bumi, masih ada fenomena menarik lainnya juga bisa kita temukan di mana kota lain tidak bisa menyajikannya.

Kulminasi matahari juga membuat gravitasi yang kuat sehingga menyebabkan sebutir telur bisa berdiri tegak 0 derajat. Menarik, kan? Asik deh belajar fisika dari fenomena alam seperti ini. Learning by experienced biasanya membekas lebih lama. 

And you know what? Fenomena unik ini juga masuk list agenda wisata wajib yang dicanangkan oleh pemerintah kota Pontianak. Hayooo, mupeng, kan?

3. Berdiri di titik 0, Tugu Katulistiwa

Ah ya, destinasi yang ini juga harus masuk daftar itinerary. Jangan sampai terlewatkan, lho. Tugu yang usianya sudah 90 tahunan ini posisinya berada di sebelah utara pusat kota, tepatnya berada kecamatan Siantan. Jangan lupa juga untuk kepoin kisahnya di museum sembari menyaksikan dari dekat kemegahan tugu yang dibangun dengan teknik astronomi jadul. Yup, pembangunannya dibuat dengan patokan rasi bintang, tanpa mengandalkan bantuan GPS/satelit sama sekali. 90 tahun ke bekakang, teknologi di negeri ini masih sederhana, tidak secanggih sekarang yang serba hi-tech. Sama halnya dengan tempat wisata lainnya,  di sini juga tersedia toko souvenir yang menjual miniatur Tugu Katulistiwa. Pilihan oleh-oleh yang menarik, nih.

4. Menjajal suasana rumah adat di Rumah Betang

Setiap daerah di nusantara ini tentunya punya ciri khasnya masing-masing. Begitu juga dengan rumah adat khas Kalimantan Barat yang dikenal dengan nama Rumah Radakng. Rumah dengan gaya panggung ini juga bisa memberi inspirasi arsitektural yang tidak kalah menarik. Biasanya  rumah seperti ini  mudah sekali dijumpai di kawasan hulu sungai.  Tapi nih, kalau ingin menikmati petualangan wisata lebih leluasa tanpa mengganggu penduduk,junjungi saja objek wisata Rumah Betang sebagai alternatif yang tidak kalah asiknya.

Rumah Betang adalah replika dari Rumah Radakng yang dibangun sebanyak 2 buah. Yang satu dibuat dengan gaya orisinal dengan material kayu ulin, beserta bentuk dan sisi rumah asli. Sementara yang lainnya dirancang dengan desain yang lebih modern.
4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak
Rumah Radakng yang megah. credit: kabarkalbar.com

Selain menikmati keindahan setiap detil arsitektural, ukiran dan lukisannya yang kental dengan nuansa Dayaknya, kita juga akan dimanjakan oleh suguhan pertunjukan seni dan sanggar tari yang memukau. Untuk wisata rumah adat plus pertunjukkan seninya, kunjungi saja  Jalan Jenderal Sutoyo untuk rumah bergaya lama  lama dan Jalan Sultan Syahrir – Kota Baru untuk rumah modernnya.

Indonesia ini sangat luas dan indah. Alih-alih mengincar jalan-jalan ke luar negeri, masih banyak pesona keindahan nusantara yang sayang sekali untuk dilewatkan. Tentu saja, salah satunya ya, yang ini. So  itu tadi 4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke PontianakYuk ah, liburan berikutnya kita ke Pontianak saja.

6 komentar on "4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak"
  1. Balasan
    1. Saya juga pengen ke sana. Indonesia emang cantik ya

      Hapus
  2. kalimantan memang terkenal dengan hutannya yah Mba Efi, sayangnya sering terjadi kebakaran hutan, hiks :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, andai ga banyak yang ngebalakin hutan, Kalimantan bakal lebih cantik dari ini, ya.

      Hapus
  3. begitu indah alam-alam indonesia, namun di negera ini masalah Keadaan alam Indonesia semakin lama semakin rusak kerana kepentingan oknum untuk mengeruk sumber daya tanpa memahami kelestarian lingkungan. Sebagai masyarakat kepedulian terhadap lingkungan baik terhadap alam maupun manusia adalah cara untuk menjaga lingungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mereka mikirin kepentingan pribadi yang singkat sekali. Yang kena imbasnya orang buanyaaak banget.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.