Top Social

Bring world into Words

Serunya Bloggercamp 2015 di Hulu Cai Bogor

Selasa, 27 Oktober 2015
Ada  apa di  tanggal  27  Oktober  2015?  Ada  yang  ulang tahun?  Iya, mungkin ada  yang  lagi ultah  di  hari ini.  Selamat  ya, kapan makan-makan?  Hahaha...  Ga, ding.  Bukan itu.

Coba deh  inget-inget  beberapa hari  terakhir  ini  hashtag  #bloggercampid  sempat ngehits di  beberapa  timeline sosmed,  khususnya twitter  dan  instagram serta facebook.

Masih  ga mudeng?

Gini  ceritanya...
Bloggercamp  adalah ajang kumpul  blogger se-Indonesia untuk  merayakan hari blogger  nasional yang jatuh  hari  ini,  27 Oktober  2015.

Oh, I see....
Pantes  ya,  hari  ini rame-rame pada  kasih greeting  di akun soial  medianya  kasih  ucapan selamat.  Iyes, selamat  Hari Blogger  Nasional!   *smile emoticon senyum paling imut*

Briefing  dulu di Harris  Hotel
Tahun 2015  ini, perayaan  hari blogger  Nasional  diselenggarakan di 4  kota.   Jakarta  (Hulu Cai, Bogor), Purwokerto (Wisma Putih  Katenger, Baturraden), Surabaya (Taman Dayu),  dan Makassar  (PPLH, Puntondo, Takalar). Saya sendiri  bersama  4 blogger  Bandung   lainnya  (Nchie,   Evi, Eva dan Ratri) mengikuti  acara  Bloggercamp yang berlokasi di Hulu Cai, Bogor  dengan jumlah peserta  kurang lebih sebanyak  100 orang.  Wuih, seru, dong!   Bisa  jadi  ajang  kopi darat  dengan teman-teman  blogger  yang suka  ber-blogwalking ria  atau  sahut-sahutan  di sosial  media, membangun networking dan pastinya  nambah  ilmu.   Keren  dong.

Apalagi  ada sponsor yang keren juga, urunan meramaikan acara  ini. Ada Indosat  yang sedang punya  program Indosat  Love,  Harris  Hotel  yang mengajak  para  Blogger keliling   kamar dan kepoin fasilitas  yang ada di sana,  Blue Bird  dengan busnya yang mengantar ke lokasi acara,  dan Uteesme untuk kaos  yang dipakai para  blogger.
Untuk tahun   ini,  Blogger camp  mengusung tema:  
"Membangun Kredibilitas  Blog".   
Tema ini  sih yang bikin saya  kepo  dan bela-belain  ikutan.  Siapa juga coba,  yang  ga pengen  nge-boots-in blognya?  Apalagi ada  para suhu  blogger  yang  urunan meramaikan acara  ini. Untuk event di  Hulu Cai, panitia  mengundang  Ndorokakung,  Iman Brotoseno  (Blogger, Film  Director  & Phoographer), Nirwan Dewanto (Indonesian Poet  & Cultural  Critic), dan Muhammad  Imran (Outstanding Data Analyst).  Nah,  lho  kepo  pake banget   kan apa aja  yang dishare  beliau di acara  ini?  Tenang,  bakal  saya bocorin di postingan  ini. Gatis!

Sebelumnya,  di  malam hari  ada  acara  api unggun sambil ngobrol santai dengan para  blogger dan mendatangkan penyanyi  Tito, sharing dari Blue Bird dan Uteesme serta  Adrian Zachary  dari  Net   Media  yang membahas Citizen Jorunalism.  
Yang menarik sharing dari  Adrian semalam, nih.  Suka lihat  dong sharing berita yang suka tayang di Net TV  yang dikirim oleh penonton?  Ternyata  buat  berbagi  berita  yang ingin ditayangkan  di Net TV  ga ribet.  Ga harus jago editing juga. Dengan materi  yang direkam dengan kamera HP dan sudut  pandang menarik  pun kalau  layak, bakal tayang  di tv.  udah gitu ada fee  yang  bakal didapatkan. Ehm... sedap, ya? Cukup kok, dengan menyampaikan materi  rekaman berita  dan narasi  berita  yang ditulis/diketik. Iya, ga usah  cape-cape editing  buat  ngisi suaranya.  Serahin aja sama  tim Net  TVnya itu mah.
suasana  api unggun  Bloggercamp  di Hulu Cai

Eh tahu  ga?  Saking menariknya  kanal  citizen journalism  dari Net TV  ini, sampai-sampai ada orang Brazil  yang bergabung di  sini  dan  suka  mengirim  beritanya.  Nah, orang  Brazil  aja bela-belain  ikutan,  kita yang di sini jangan kalah, dong. Materinya pun ga usah  nunggu sesuatu yang fenomenal  dan memicu  adrenalin  kayak  liputan  musibah awan  panas  di Sinabung itu. Sebagai contoh,  ada tempat  wisata  yang menarik atau kuliner   yang unik  juga  bisa dikirim ke sini.  

Pagi  harinya, setelah  sarapan acara dilanjutkan dengan  workshop  yang menghadirkan para  pakar  yang sudah saya sebutkan tadi.  Sebelumnya sudah saya cuitin  di timeline  twitter  saya @efi_thea. Boleh follow  juga, ya. Nanti saya follow  balik  hehehe...  modus  amet, ya? Biarin.

Menurut  Nirwan Dewanto,  yang  namanya nulis  itu sama  saja dengan  ngomong. Jadi kalau  masih merasa susah  buat  nulis,  ya anggap saja gitu,  lagi sariawan dan  memindahkan media  tulisan   buat  menampaikan ide kita  (ini mah kata saya).  Susah?  ya latihan, dong.  Ibarat pepatah  bilang,  ala bisa karena  biasa.   Sama  kayak  dulu kita  masih  belajar  jalan waktu  balita, masih patah-patah  dan suka jatuh. Gitu juga dengan nulis.  Asiknya  latihan  nulis  bisa di blog,  lho.  Bisa langsung publish dan banyak yang baca.  Beda kalau ngirim ke penerbit,  lama  juga  nunggu  approval. Belum  lagi nunggu  harus revisian  yang bisa  bikin baper dan bersaing  dengan  penulis lain yang jam terbangnya udah tinggi.

FYI, penulis  travelling  semacam  Trinity  atau Agustinus Wibowo  itu  juga  memulai tulisannya dari  blog  juga, lho.  Sekarang  kita mengenal  mereka  sebagai  penulis travelling  yang ngehits.  Iya, awalnya dari  ngeblog. Itu  baru contoh  sebagian kecil.  Masih ada  contoh  lainnya  yang bisa  melejit lewat  tulisan  di blognya. Raditya  Dika,  misalnya.

Kalau  bisa  sih, kita  fokus  juga sama tulisan yang lebih spesifik, lebih niche  kerennya. Coba deh  ubekin tulisan  blog kita,  ada  ga  yang merasa  itu tulisannya feel kita banget?   Bisa tuh dijadiin  spesialisasi  tulisannya  kita. Tentang kuliner misalnya. Atau tentang hobi membuat handycraft? Ayo, optimasiin.  FYI,  37% dari  pembaca blog  biasanya datang dari pembaca  yang punya minat yang sama. Nah kalau  blog kita dibuat  kece  dengan tampilannya,   lalu  tulisannya  asik  juga,  bisa bikin  mereka  ini  jadi pembaca setia blog kita. Mereka bakal datang lagi dan lagi.

Tapi  kan,... masih  ada  63%  lagi  pembaca  blog  lainnya, ya? Ga papa  sih  kalau mau nulis yang campur-campur, itu  mah pilihan.  Ga ada  yang ngelarang, kok.  

Balik lagi  soal reputasi menulis  alias  membangun  blog  yang kredibel,   ada  beberapa  hal yang harus  diperhatikan.  Detailnya  saya  tulis  terpisah aja di postingan lainnya, ya. Selain konsisten  menulis  alias  terus update, usahakan  juga  menjaga kualitas tulisan. Usahakan  untuk menimalkan typo,  tata  bahasa  dan plot  yang runut,  biar  mudah dimengerti pembaca. Perkuat  juga tulisan  kita agar  bisa meyakinkan pembaca.  Bukan soal  benar  atau salah, sih.  Misalnya aja  nulis review  makanan.  Selain gambar  yang cakep  dari angel  yang tepat,  cara kita  menceritakan  enaknya makanan yang dicicipin  itu  juga bisa  memengaruhi pembaca untuk  mendatangi tulisan kita.

Membangun  kredibilitas  blog juga  bisa didukung oleh  akun sosmed  kita, Twitter misalnya. Bangun branding kita di  twitter dengan menulis  bio  yang sesuai dengan  minat kita.  Passion  atau minat  yang sama  akan memancing followers  datang  dan  bisa  kita  manfaatkan untuk membangun interaksi  dengan  para tweeps  dengan memanfaatkan  hestek  yang sedang trending. Apa yang terajdi di dunia  nyata,  secara real time  bisa  viral  dan sampai  ke orang  lain di belahan dunia  lain  lewat  cuitan kita. Apalagi  orang Indonesia  itu terkenal dengan netizen  yang bawel  di twitter land.   Manfaatin, tuh.

Last  but  not least, untuk  mendukung tulisan kita di  blog  juga  bisa didukung  dengan  data  yang  kita tampilkan di blog. Ada banyak tools  gratisan  yang disediakan  oleh Google  untuk pendukung data kita.  Kekeringan ide? Ada  google  trends  yang bisa kita ulik untuk mencari tahu, sebenarnya  materi atau tulisan apa sih yang lagi banyak dicari.   Bisa  mendatangkan viewer  lebih  banyak,  lho. 

Ya  udah segitu dulu  aja bocoran dari saya soal materi  hari  ini. Besok-besok,  saya lanjutkan ceritanya. Colek aja saya  di akun twitter  (eaaaaa,  modus  lagi  ini)  buat  kepoin  materi apa  lagi yang saya dapatkan di Blogger Camp  ini.  In the  mean time, saya  udah  lapar. Sudah waktunya makan siang di sini  dan hampir  deadline  buat submit tulisan ini. :)

See  you.

19 komentar on "Serunya Bloggercamp 2015 di Hulu Cai Bogor"
  1. Selamat hari blogger mbak. Selain seru-seruan pastinya banyak juga ilmu yang didapat dan kenalan juga ya mbak. Untuk pesertanya sendiri dari mana saja mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari blogger juga, mak. Eh telat, ya? Hehehe. Sebagian besar dari jaodetabek. Tapi ada dari Bandung, Garut, Indramayu sama Yogya juga.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Selamat hari blogger juga. Telat sih, ya :D

      Hapus
  3. Selamat hari blogger teh..keren uyy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk, ga nyesel ya jadi blogger. Kita punya hari spesial.

      Hapus
  4. Apii unggunnyaa, wahhhh rame jugaa yaakk. Yang di Surabaya juga gak kalah seruu, pokoknya bloggercamp tahun ini serunya gak ketulungannn akkkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Mudah-mudahan taun depan makin rame dan masih bisa ikutan ya.

      Hapus
    2. Iya, mbak. Mudah-mudahan taun depan makin rame dan masih bisa ikutan ya.

      Hapus
  5. Jadi iri euy baca tulisan teman-teman yang ikut bloggercamp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan taun depan bisa ikutan ya, Mas. Eh, ga daftar di Makasar?

      Hapus
  6. Iri euy sama full-time blogger hehe.. Keren teh ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Mon juga keren kok. Mau full time atau paruh waktu pasti bisa nulis yang asik. :)

      Hapus
  7. Materi dan pembicaranya keren banget, mbak

    BalasHapus
  8. Materi dan pembicaranya keren banget, mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Keren semua. Makanya sayang banget kalau dilewatkan.

      Hapus
  9. ssswiiiip, ntar kucolek colek, secara waktu materi ini aku malah "berkeliaran" di seputar area workshop, sibuk ama pesenan.. ehehheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiahahaha.... Aku dicolekin sama Cici. Eh, kapan dong aku kapan dibikinin lukisan kayak yang lain, Ci?

      Hapus
  10. Seru banget mbak evi acaranya., jadi pengen greget ikutan.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.