Top Social

Bring world into Words

Tips Simple Memulai Ngeblog

Kamis, 27 Agustus 2015
Teh, gimana sih caranya bikin blog?
Fi, ajarin dong bikin  blog
kapan kita ketemu? Aku  pengen belajar ngeblog nih

Biasanya  itu pertanyaan  yang masuk ke inbox atau aplikasi chat  di handphone saya. Beberapa teman dekat atau teman lama yang nanya ini  nanya gitu karena udah sering  liat saya posting link terbaru dari tulisan di blog.
Credit: Janefriedman.com
Punya Email dong? 
Pada dasarnya  kalau mau punya  blog yang pasti  harus punya email. Nantinya email ini  jadi semacam kartu pass atau kunci yang membuka akses kita  untuk membuka akun kita di blog.  Mau pake platform yang ada  di blogspot  yang saya pake sekarang, Wordpress, Jooma, Tumblr  dan sebagainya  sih itu menurut saya  pilihan yang personal.  
Jangan Bosen Ngulik
Setiap orang punya kecenderungan  untuk nyaman  dengan pilihannya. Ish, kesannya gimana gitu, yaaaa? Iya pilihan  paltform blog  maksudnya.  Setiap blog punya fitur yang unik dan menarik. Kalau diterangin sekali ketemu sih ga akan cukup.  Apa lagi kalau diajari  lewat online. Saran saya coba deh, sambil ngulik sendiri. Bisa googling atau tanya sama yang ngerti.  Kadang suka ada kelas offline yang ngajarin  tentang blogging.  Bayar? Anggap aja investasi, ya. 

Saya pernah punya akun di wordpress, tapi udah  lupa dengan passwordnya.  Belum banyak, dan lupa pernah nulis apa saja di situ. Dulu  sih, waktu masih suka posting geje alias ga jelas.  Jadi ya, wolesnya aja  ada  tulisan yang ga diback up atau di-repost  di sini.Waktu lagi jaman heboh-hebohnya  Multiply saya juga pernah pake.  Belum terlalu aktif dan belum ngeh seninya  berjejaring lewat  blogging.  Masih asik dengan milis dan friendster, sih. Bahahaha....  :D  

Memilih Nama Blog
Nah, selanjutnya gimana  kalau udah  punya email? Tinggal  daftarin aja untuk membuat akun.  Sebentar  kok, ga lama.  Kita akan diminta beberapa data yang harus diisi di form  yang sudah tersedia.  Setelah itu kita akan diminta untuk  menuliskan alamat blog yang diinginkan.  Kalau oke, nantinya sistem akan memberi tahu alamat blog tersedia alias bisa dipakai.  

Kalau ditolak, berarti sudah ada  yang punya alamat blog  yang didaftarkan.  Bingung memilih nama buat  alamat blog? Bisa  masukan  nama kita sendiri (tapi please, jangan alay tu lebay)  atau passion  kita yang bakal jadi  bahan tulisan yang nantinya akan kita  buat. Misalnya saja  mau  lebih banyak nulis tentang kuliner.  Cari deh kata-kata  yang unik. Bisa  jadi branding kita, lho. Beberapa  blogger  banyak yang terkenal dengan nama blognya  yang  unik dan mudah diingat.

Pilih Template dan  Widget/Gadget
Pilih template yang desainnya simple. Jangan terlalu memikirkan   printilan yang ribet-ribet.  Lagian kebanyakan widget  yang muncul di side bar bikin pusing yang lihat. Beberapa  widget atau gadget    yang bisa kita pasang di blog  misalnya  kayak yang ada di blog saya ini  hehehe... promosi jalan terus, dong :).  Sangat ga disarankan pasang widget aneh-aneh seperri iklan pop up yang maksa like atau  salju yang turun ga berhenti. Pilih widget/gadget  yang akan dipasang dengan membuka  dashboard blog dan cari  setingan lay out.  

 Kalau nyerah ga bisa utak atik template, mending jangan habiskan waktu buat mendesain. Percaya deh, wasting time banget. Bisa seharian  nguplekinnya.  Seiring waktu,  nantinya kita  bisa  memperbaiki tampilan blog   biar lebih cantik. Eh by the way, ga pernah denger kan  ya istilah atau pujian blog  yang ganteng?  :D *garing deh*

Terus nih, kalau keukeuh sumeukeuh  ngebet  pengen punya tampilan bagus  bisa  mendowload  template  yang disediakan. Tinggal googling aja. Banyak kok  yang ngasih desain gratisan.  Kalau pengen lebih personal  bisa beli atau pesan  sama yang udah jago.  Kalau yang desainnya baik dan sabar, bisa tuh request  pengen begini, pengen begitu. Tapi ya kira-kira aja kalau  request, ya.  Biasanya  juga nanti kita dikasih saran atau masukan  gimana  bagusnya template  yang cocok dengan gaya kita.

Mulai Menulis
Setelah itu  mulai deh nulis.  Tulis deh apa  yang menarik. Bisa  yang serius,  informatif atau cerita  pribadi.  Beberapa blogger  yang punya diary keseharian  bisa  jadi terkenal gara-gara tulisannya  yang banyak ngebaca.  Radtya Dika tuh, contohnya. Saya aja  tergoda ngeblog gara-gara  novelnya yang berjudul Kambing Jantan  yang ternyata diangkat dari blognya dia. 

Slow, ya.  Ga ada kesuksesan yang instan. Radtya Dika perlu waktu  dan kesabaran untuk menjadikan dirinya di posisi sekarang.  Begitu  juga dengan para blogger lainnya  yang masing-masing punya passion seperti parenting,  kecantikan,  traveling, semuanya memulai  dari nol. Kuncinya, terus menulis dan memperluas  jaringan.  Eh, asiknya nulis  di blog itu  personal banget.  Free,  ga ada  aturan baku.  Jangan nyontek alias copas , ya. Be your self and enjoy. Percaya deh yang namanya gaya  atau style nulis  bakal kita temukan  perlahan-lahan.

Berjejaring
Makanya  biar blognya ramai  dengan yang komentar,  selain membagikan link di akun sosmed seperti facebook atau twitter,juga ikutan komunitasnya.  Suka ada aja ilmu baru atau inspirasi  yang kita dapatkan. Teman baru apa lagi. Udah jelas, lah.  Jangan lupa  juga untuk blogwaking biar lebih akrab dengan sesama blogger. 

Asiknya jadi  blogger cepet banget akrab  dan cair dengan teman yang baru ketemu. Contohnya saya, nih.  Pemalu lho dulunya (jangan protes, ya. Asal jangan malu-maluin,kan?), Eh ketemu teman blogger  cepet banget akrab. Ada aja topik  yang menarik buat dibahas.  Ga ada tuh acaranya diem-dieman. Malah bisa haha hihi bareng tanpa canggung.  Ini salah satu rejeki dari ngeblog. Sekali lagi,  kuncinya konsisten alias sabar. Lalu percaya deh, akan ada keajaiban, atau hal-hal  yang tidak pernah kita  bayangkan sebelumnya  hadir dalam kehidupan kita.  *uhuk*


Masih ragu buat  ngeblog?






8 komentar on "Tips Simple Memulai Ngeblog"
  1. wah, aku baru liat ni desain template blog teteh baru ya? baguuuuus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Sin.Pas bulan puasa ganti templatenya. Keren yaaaa :)

      Hapus
  2. hahah setuju, rajin BW bisa menambah teman sekaligus inspirasi, kadang rasa malas untuk menulis ini yang harus di hilangkan, mungkin saat saya berkomentar disini, mbak efi langsung menulis judul artikel '' cara mengghilangkan rasa malas ngeblog'' hahah saya pembaca pertama deh yang baca.. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa jadi nanti saya bikin artikel tentang itu ^_^. Kalau ga ngeblog kayaknya ada sesuatu yang kurang Ya, ga?

      Hapus
  3. Ngeblog itu kayaknya bakal susah banget sama yang nggak biasa pegang laptop. Siswa-siswaku tak suruh bikin blog pada gatot semua. Wakakakakak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. iya bisa lebih lama ngajarinnya ya mbak.

      Hapus
  4. Aku ngg ragu lagiiii... Seru ajaaa ngblog hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, mbak. Ga ada alasan buat ragu.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.