Top Social

Bring world into Words

Persiapan Wajib Buat Ngeblog Malam Hari

Senin, 11 Mei 2015
Kapan sih waktu paling enak buat  nerusin nulis draft atau   ngeblog?  Buat saya, paling pas itu ya, malam hari.  Di atas jam 10an gitu, deh udah aman  buat anteng  nulis.  Jam-jam segini  biasanya  orang-orang rumah sudah lelap tertidur. Ngedate  bareng lappy kesayangan  lebih lancar dan aman. 
Kalau buat saya,  selain faktor waktu  yang pas,  ada beberapa hal yang wajib disiapkan biar acara begadang  lancar jaya. 
 
gambarnya  pinjem dari gizmag.com
Kuota Internetan
Yang ini enggak boleh enggak. Mau ngeblog atau  nulis  artikel biasa,  bisanya kita perlu referensi buat bahan nulis.  Jangan sampai  pas  lagi urgent  apalagi mepet  dead line, tiba-tiba kuota habis.  Kita bisa ngecek  berapa  banyak sisa  kuota lewat fitur yang disediakan oleh operator. Nah, hitung deh,  kira-kira  sisa pulsa yang tersedia cukup sampai berapa  lama.  Kalau lagi kritis, buruan isi lagi. Kalau siang sih gampang masih bisa ke tukang pulsa.  Nah kalau tiba-tiba  kuota abis jam 1 malem, misalnya.  Repot kan mau ngisi di mana?  
Please note, Kalau kira-kira pas-pasan, tahan  hasarat kepengin membuka youtube yang bisa bikin kuota tersedot  habis.   

Coretan/Mind Map
Jangan jauh-jauh dari coretan/mindmap yang udah kita siapkan.  Nah, giliran nge-blank mau nulis apa lagi atau nyari bahan yang diperlukan  buat dicolekin ke Om Google  tinggal lirik  coretan yang udah disiapkan. Tapi kadang-kadang ada juga yang lebih nyaman menulis tanpa konsep, diendapkan dulu sebelum dipublish. Kalau jadi penganut  golongan kedua ini, jangan coba-coba mempraktikan mepet dead line. Dijamin bikin panik dan ngeblank. Eh,  kok ga nyambung, ya? Habis gini apa lagi?   
Radio atau Playlist
Ada yang lebih suka menulis dalam suasana  senyap. Tapi kalau saya paling seneng ngonsep atau ngetik ditemenin  radio atau playlist. Kalau nulis cerpen, bisa milih  lagu-lagu yang temanya   ngena dengan alur cerita, biar feelnya lebih dapat. Anggap aja theme songs gitu.  Tapi dalam beberapa kasus, pas giliran  buntu mikir malah ngelamun, larut dengan lagu. Jadi inget story behind the songs hahaha... Ini sih mending.  Ada  juga yang keasikan utak-atik playlist. Kalau saya lebih suka menyerahkan playlist  sama penyiar  yang muterin radio.  Dan saya udah jarang banget mindah-mindahin channel, jadi biarkan saja  penyiarnya muterin lagu. Saya mah nyimak aja. Nyetel tv? Saya yakin bakal  bikin gagal fokus, karena yang namanya mata  enggak bisa multitasking. 

Cemilan dan Minuman
Punya rencana buat lembur? Mending siapin camilan  aja.  Enggak usah yag berat-berat atau terlalu banyak. Soalnya enggak terasa malah bikin kita jadi  nimbun lemak dan cenderung bikin ngantuk. Bisa berantakan tuh yang lagi diet.  Kalau buat camilan, saya suka  camilan  yang  ringan semacam snack atau keripik-keripik gitu. Keripik pisang, misalnya.  Paling suka rasa keripik pisang yang salty alias asin. Jangan lupa  gosok gigi setelah cemilannya. Soalnya cemilan semacam keripik gini sisa-sisanya lebih banyak tersisa di sela-sela  gigi. Bisanya tuh kalau  abis  ngetik bawaannya suka pengen cepet-cepet tidur aja.
gambarnya  pinjem dari toped
Buat minuman,  kopi emang ampuh bikin melek, tapi  kadang efeknya suka bablas, bikin melek lebih lama, all night long.  Pernah tuh saya begadang udah selesai jam 12 malam. Eh gara-gara  kopi, saya malah  baru bisa merem jam 3 pagi. Tersiksa banget. Mau mikir udah males, tapi mata  belum bisa diajak kompromi buat merem.  Rasanya pengen nangis aja.   
Kalau mau minum teh sih masih aman,  buat saya. Kalau susu, saya kurang suka. Lagian efek relaksasi  dari susu malah bikin ngantuk. Lah terus, kapan mau ngetiknya? O, ya, jangan lupa buat banyak-banyak minum, soalnya melek  lebih lama malam hari  juga bisa  bikin  kita kekurangan cairan alias dehidrasi.

O, ya kalau  alergi dingin,  jangan lupa juga  baju hangat ya, biar ngetik jalan terus dan besok  pagi pas bangu tidur enggak bersin-bersin  karena masuk angin.
23 komentar on "Persiapan Wajib Buat Ngeblog Malam Hari"
  1. Cemilan itu penting mbak,, tapi kalau saya dihadapkan sama cemilan suka silapp,,, lebih keburu ngabisin makannannya dari pada nulisnya,, hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... tenang, saya juga kadang suka gitu, kok.Cemilannnya udah abis, baru bisa lebih fokus nulis.

      Hapus
  2. Kalau saya bukan masalah kuota internet, tapi kekuatan signalnya sendiri yang kadang ngeselin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mudah-mudahan internetan di Indonesia bisa kencang kayak di negara-negaa Eropa, ya.

      Hapus
  3. Keren tipsnya, Fi. Kalo saya, yang Play list atau musik, jarang banget. Hehe. Kalo cemilan, kudu itu, mah! Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... cemilan mah wajib ya, mbak. Bair mulut juga ikutan kerja, kerja ngunyah :D

      Hapus
  4. Emang yaaa, kuota internet tuh paling penting. Langsung mati gaya dan ide kabur ke langit ketujuh deh kalo quota habis. Hehe. Nice thought, Efi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau lelet tuh suka bikin kesel. Ujung-ujungnya malah jadi tidur, hehehe

      Hapus
  5. Bener mb, tengah malam atau dini hari mmg waktu yang paling enak buat nulis...klo saya, mending tanpa suara aja...lebih khusuk nulisnya..he..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dini hari, radio kebanyakan udah pada off. Kadang saya juga bisa nulis kalau lagi hening. :)

      Hapus
  6. Aku malah sekarang ngeblog tengah malam sampek pagi Mbak, soalnya pakek paket yang murah.. Wkwkwk :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwkwkwk... jangan lupa suplemennya, mbak. Biasanya suka kliyengan kalau abis begadang.

      Hapus
  7. kalo aku udah sepakat sama dokter untuk meninggalkan ngeblog malam, dan menggunakan malam untu tidur. ehehehe.. dokter bilang "kalau mau ngeblog pagi hari aja yah yu,.jadi otaknya lebih fresh, tulisannya gak galau, lebih bermanfaat" ---nunduk-- "iya dok" (nurut) hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, Yu. Ayu mah jangan begadang, jaga kesehatan biar ga gampang cape. Iya sih apgi juga enak, fresh. Asal yang di rumah ga ngerecokin hehehe

      Hapus
  8. Ngeblog malam harinya cuma klo lagi insomnia saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah saya tuh serig kena insom, jadi banyak begadang. :)

      Hapus
  9. Sepertinya ngeblog malam hari lebih asik ya... :) lebih tenang dan banyak ide2 yang mengalir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaanya gitu, kalau keasikan bisa-bisa menjelang subuh baru beres

      Hapus
  10. Emg enak malem kalo nge blog. Bisa lebih konsen.

    BalasHapus
  11. Kalau menurut saya mah sekali ide muncul langsung ketik mengetik deh, langsut set set kalar tuh artikelnya haha

    BalasHapus
  12. hihi tambah obat nyamuk teh :P

    BalasHapus
  13. Kalo ane sih lebih enak nulis sebelum jm 12 malem., selesai publish artikel terus tidur. Mimpi indah deh..hehe Berharap pengunjung blog tiba2 membludak. Thanks infonya

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.